Gara-Gara si Fomo Lewat

Tuesday, January 5, 2016
Sebagai orang yang suka ngomentarin hal-hal yang lagi panas di timeline FB, ngga seru dong kalo saya ngga ikutan kekinian.

Iya nih lagi rame di FB tentang Fomo alias penyakit berbahaya yang bisa mengidap siapa saja. Yaitu rasa takut ketinggalan dengan berita berita kekinian, yang berujung dengan selalu update hal-hal penting ga penting yang kalo dikaitkan dengan blogger adalah kebiasaan pamer- pamer kegiatan sampai pamer hadiah yang didapatnya dari berkah ngeblog.

Fomo juga bisa berakibat timbulnya rasa iri akibat sering lihat status orang- orang yang ujung-ujungnya membuat kita pun ga mau kalah untuk melakukannya.


Heeh kira- kira gitulah maksud artikel yang lagi rame dibahas di kalangan blogger. Kalo salah ya mohon mangap namanya juga pemahaman orang beda-beda.

Ngomongin soal pamer kegiatan dan pamer hadiah hasil ngeblog, saya termasuk salah satu oknumnya tuh. Mulai dari datang ke acara, nyampe, registrasi, acara berlangsung, acara udahan, gudibek, menang live tweet, makanan, semuaaaaa dijepret trus di share di sosmed.

Tujuannya?

Ya pamer laaaaah. Masa buat dokumentasi doang. Upss. Hahahaha.

Nah ini nih yang sering ngga dimengerti orang-orang. Kalau sesama blogger pasti udah tau lah ya tujuannya untuk apa.

Jadi buat yang belum tau, semua kegiatan pamer itu memang tuntutan dari penyelenggara event. Mereka pengennya kita nih sebagai blogger yang diundang dan dibayar tentu saja, untuk woro-woro di sosmed bahwa ada acara seru lho terkait brand mereka. Bahkan ada brand yang minta minimal foto untuk kita share sekalian live tweet dengan hestek tertentu. Ntar postingan-postingan itu sebagai bukti ke mereka baru deh bayaran kita di transfer. Gitu lhoo.

Jadi bukan pamer sembarang pamer.

Terus yang kedua, mengenai posting foto hadiah.

Nah ini juga ada yang atas permintaan penyelenggara lomba, ada juga yang atas inisiatif pribadi.

Kalo saya sih memang suka memposting hadiah lomba.

Mulai dari pengumuman pemenang, hadiah datang, sampe bikin postingan khusus terkait lomba yang saya menangkan.

Kenapa?

Ya karena banggalah, seneng, hepi dan pengen mendokumentasikannya buat kenang-kenangan.Buat tabungan portofolio ke depan.

Lha namanya blogger kan nyari duitnya ya dari sosmed. Iyaaaa, saya ngga mau basa basi. Kalau dulu tujuan ngeblog sebatas sharing dan tsurhat sekarang udah nambah jadi pengen punya penghasilan dari blog ini. Ngga salah toh, wong halal, dan ngga ngerugiin orang. Lagian hari gini, nyari duit mah bisa dari mana aja. Pan katanya nyari duit paling enak itu dari hobi dan passion. Nah saya hobinya nulis, passionnya ngeblog, dapat duit dari sini?, siapa yang nolak?.

Selama ini ada yang terganggu ngga dengan kebiasan share-share yang biasanya dikasih hestek #berkahngeblog itu?

Pasti ada. Namanya juga manusia. Dalamnya lautan bisa diduga, dalamnya hati siapa yang tau ya?.

Dulu saat awal-awal nulis dan ikut-ikut lomba nulis,  saya posting buku antologi saya yang terbit terus ada penulis yang lumayan senior komen " oooh cuma antologi toh kirain buku sendiri"

Duh sakitnya tuh disini banget lah #lemparlaptop.

Berasa masih ecek-ecek banget. Tapi untungnya saya kan bukan orang yang model diremehin terus ngeper. Ih ngga banget lah yaooo. Ya saya jawab aja.

" Iya mba cuma antologi tapi terbitan mayor lo" wahahahah malah songong.

Nah si mba itu mungkin kena fomo juga tuh. Alias iri melihat prestasi orang. Tapi untung juga ada orang-orang kayak gitu saya jadi makin semangat pamer biar dese keriting hahahaha.

Pernah juga posting pengumuman menang lomba nulis kecil-kecilan. Trus ada yang komen " Oooh kirain lolos di surat kabar".

Wahahaha ngece bener tuh orang. 

Tapi ga apa, biarin aja. Orang sirik mah kurang piknik. Ngapain dipikirin

Lagian cuma segelintir orang kok, yang mikir negatif gitu, banyakan yang bisa ngambil sisi positif dari kebiasaan para blogger untuk share-share #berkahngeblog.

Setidaknya itu yang terjadi pada saya. Mau tau apa aja sisi positifnya

1. Orang jadi tahu kuis-kuis atau lomba itu ngga hoax belaka

Saya masih inget hadiah lomba pertama dari nulis yang lumayan gede itu saya dapat dari Molto. Hadiahnya mesin cuci.

Pas saya bikin status " alhamdulillah dapat mesin cuci dari molto" banyak temen fb saya yang langsung inbox. " hati- hati penipuan mba"  dan kata-kata sejenis. Iyaaa kan banyak nih orang yang ngga percayaan kalau cuma modal ketak ketik doang bisa dapat hadiah.

Begitu hadiah datang saya foto saya posting lagi, baru deh pada percaya.

Trus pernah juga saya ikutan lomba pertamina. Teman saya yang kerja di Pertamina langsung komen di postingan saya. " Awas ketipu, hati-hati lho". Trus ujung-ujungnya dese nyela-nyela tulisan saya., bilang ide saya dangkal lah, bilang saya ngga ngerti tetang distribusi BBM lah. Lha iyaaa lah kalo saya udah expert saya mah ngga jadi blogger tapi langsung jadi pegawai Pertamina aja. Ngeremehin banget lah.

Eh ga taunya tulisan saya keluar sebagai pemenang. Dapet voucher pertamax dari Pertamina. Langsung doong update status. DIa, auk ah gelap, langsung saya blokir. Orang-orang yang suka memberi pengaruh negatif saya buang jauh-jauh dari lingkran pertemanan. Hidup cuma sekali cuuuy, masalah udah banyak, ngapain repot-repot ngeladenin orang-orang kayak gitu. Lagian udah tau tulisan untuk ikut lomba, lha kok dihina dina. Bisa memberi pengaruh negatif dong sama juri.

Nah sejak itu teman- teman saya malah jadi tau ternyata kuis kuis atau lomba lomba itu beneran toh hadiahnya bukan tipu tipu.

Tuh kan saya sudah membantu merubah cara fikir orang kan yah. Dan malah ikut ngasih tau bahwa ada lho cara cari duit di internet yang halal tapi hadiahnya gede. Sekaligus juga nyadarin ke orang-orang, ngga baik lhooo meremehkan  kemampuan orang lain

Belakangan malah banyak yang minta dikasih tau kalo ada lomba sejenis dan mereka juga ikutan. Membuka peluang orang juga kan buat dapat rezeki.

2. Memotivasi blogger lain

Emang blogger butuh dimotivasi?

Perlu banget. Apalagi untuk blogger yang berkali-kali ikut lomba blog tapi ngga pernah menang. Apalagi untuk blogger yang belum pede yang merasa masih jadi remah remah terserak halah.

Kenapa?

Karena saya aja yang tulisannya cemen bisa menang berarti dia juga bisa.

Tau ngga. Lomba blog pertama yang saya menangkan hanya tulisan tentang tips dapat kursi di depan kalau naik Lion Air. Ih itu tuh sederhana banget dan ngga ada keren-kerennya. Tapi ternyata menarik juri karena aplikatif dan jujur.

Gara- gara tulisan itu, blogger lain jadi tahu kalo menang lomba blog bukan berarti tulisan harus yang wow banget gitu. Terkadang tulisan yang tepat sasaran tanpa aksesoris macem-macem malah lebih ngena di hati juri.

Trus yang saya inget banget juga pas saya menang lomba blog Anugerah Jurnalistik Aqua. Saya menangnya kan tahun 2013 yah. Itu udah Event AJA yang keempat. Yang artinya udah ada 4 batch pemenang sebelumnya. Dan setahu saya, sampai saat itu belum ada blogger perempuan yang saya kenal atau yang berada dalam lingkaran pertemanan saya yang keluar sebagai pemenang. Rata rata mentok di finalis. Pemenangnya biasanya dari blogger kompasiana atau blogger pria yang saya ngga kenal.

Setelah mempelajari tulisan-tulisan pemenang sebelumnya, saya jadi tahu ada benang merah dari kary-karya pemenang, yaitu cara berfikir penulis yang out of the box. Bukan soal kreatif atau unik atau njelimet tapi out of the box itu aja alias ngga biasa dan benar-benar menyangkut tentang kehidupan. Karen Aqua kan selalu temanya based on air dan kehidupan.

Maka jadilah tulisan save the water, sebuah pesan dari alam rahim. Dan mengantarkan saya jadi salah satu pemenang lomba itu. Hadiahnya duit 7 juta booooo. Itu gede baget menurut saya. Dari cuma nulis doang dapat segitu. Itu baru hadiahnya belum provillage yang dikasih, pesawat Garuda pulang pergi Medan-Jakarta, Nginep di hotel berbintang, masuk tivi, masuk surat kabar, dan tentu saja pengalaman yang tak terlupakan.

Gitu menang ya ngga mungkinlaaah ga share dimana-mana. Bangganya aja ga ketulungan. Itu ajang paling bergengsi yang pernah saya menangkan. walaupun nangkringnya di juara 3 bukan di juara 1, tapi udah hal yang luar biasa bagi saya.

Nah gara- gara tulisan itu juga, para blogger lain jadi semangat lhoo ikutan lomba blog aqua di tahun berikutnya. Kenapa?

Simpel. Saya aja yang jam terbangnya masih sedikit bisa menang, berarti yang lain juga bisa.

Dan tahun-tahun berikutnya, para emak blogger malah langganan juara lomba blog Aqua. Mungkin.... mugkin yah mereka baca dari tulisan saya, ambil intinya, selera juri dan mengkombinasikan dengan gaya menulis masing-masing.

Nah kan. Semangat berbagi atau boleh juga dibilang pamer itu malah bermanfaat untuk orang lain.

Makanya kalau melihat orang pamer link tulisannya yang menang jangan sirik, tapi kepoin blognya, pelajari cara dia nulis (pelajari bukan dicontek). Beberapa bogger punya ciri khas yang udah melekat , terutama yang langganan juara. 

Saya kasih bocoran yah.

Kalau mau belajar bikin konten yang kreatif dengan ilustrasi, gambar-gambar, dan pemaparan yang ala iklan gitu, kepoin blognya mak echa. Blio langganan juara lomba blog yang sifatnya brand-brand komersial, semacam produk kecantikan, otomotif atau launching website. Mak Echa ini juga langganan juara review acara gathering blogger. Soale infonya selalu kumplit dan mendetail tapi ditulis dengan bahasa sehari-hari. Selain blio, blognya mak Annisa juga sebelas dua belas dengan mak Echa dalam hal review untuk lomba.

Kalau mau belajar bikin postingan untuk lomba blog tema-tema parenting, kepoin blognya mak grace melia. Isinya saya pelajari lebih ke informasi mendetail tentang parenting dan tips-tips simple namun aplikatif. Blio langganan juara blog dengan tema ini.

Untuk Lomba blog yang rada seriusan, kayak lomba-lomba kompasiana, sila ke blog mak Arifah Wulansari. Blogger satu ini, seringan ikut lomba blog dengan tema serius dan butuh riset mendalam, dan sering banget menang boooo, Dari lomba berbau-bau energi sampai keuangan, blio jagonya.

Kalau mau belajar bikin tulisan yang disukai brand-brand untuk mempromokan produknya, kepoin blognya mba Haya aliya Zaki. Tulisannya ngga njelimet, sederhana tapi tepat sasarn. Ngga pake bunga-bunga kata-kata, tapi enak gitu bacanya, sesuai kaidah EYD tapi tetap nyantai. 

Nah ada satu lagi nih blogger yang saya ngga tau mengkategorikannya, karena dese lomba dengan tema aja selalu menang sih. Tema parenting menang, gadget menang, keuangan menang, kuliner menang. Yo wislah semua diborong kabeh. Iyaaaa benar banget blognya emak bogor ini. Mak Arin. Kalau yang saya pelajari, blio itu lebih menitikberatkan ke tema lomba. Jadi kayaknya yang benar-benar mikirin dan menyelami apa yang dimauin penyelenggara lomba. Jadi tulisannya itu selalu straight to the point, ngga ngalor ngidul, tapi benar-benar apa yang dimauin juri. 

Contohnya tuh pas lomba blog BNI kemarin, blio kan jadi juara 1 yah. Pas saya baca tulisannya itu sederhana banget, ngga macem-macem dan ngga ada unsur kreatifnya kayak gambar aneh-aneh atau apa, tapi pointnya dapet banget, bahwa nabung disitu gampang, simple, terjangkau, dan blio udah dari dulu berhubungan dengan itu bank, jadi artikelnya jujur gitu lho. Angkat topi tinggi-tinggi deh untuk blogger satu ini. Diam-diam menghanyutkan.

Tapi kalau bukan mau ikutan lomba, tapi mau belajar nulis yang asik, berisi, ngga bosenin dan selalu enak dibaca kapan aja, siapa lagi tempat belajar paling mumpuni selain blognya jihan davincka. Ini blogger ajaib banget, dari ngomongin artis, kuliner, traveling sampai politik, tastenya tetap sama, taste infotainment , jadi renyah dikunyah kapan pun. Sampai sekarang suka nyari ide nulis dari tulisan blio. 

Satu lagi yang mirip-mirip dengan mba jihan ,ya blognya mba Irrasistible. Itu juga selalu enak dibaca kapan saja. Blio jarang ikut lomba, tapi tulisannya laris manis tanjung kimpul.

Nah itu beberapa referensi blogger yang menurut saya perlu dikepoin. Bukan berarti blog lain ngga kece, tapi mereka ini yang udah malang melintang di dunia perkontesan yang ngga diragukan lagi kualitas dan kepiawaiannya. 

Nah kalau saja mereka ngga pernah woro-woro di sosmed, manalah saya bisa sampai ke blog para blogger kece ini.

3. Membuka Peluang

Hoho kalau ini pasti yah. Gara-gara sering wara-wiri update status di FB, minimal blogger lain jadi kenal saya. Bukan jadi seleb yah tapi kenal. Oooh ada toh blogger kece yang berasal dari Medan yang tulisannnya beberapa kali menang lomba. Gitu lah kira-kira. Jadi saat ada event atau job di Medan yang butuh jasa blogger, biasanya saya selalu dapat email undangan. Padahal saya ngga ada daftar. 

Tuh kan, #berkahngeblog dan pamer-pamer ituh. Dari undangan acara, seringnya saya juga diminta merekomendasikan blogger lain di Medan. Nah malah saya membuka peluang blogger lain juga. Itu cuma gara-gara sering share di sosmed lho. Coba kalau saya ngga pernah woro-woro mana tau orang tentang blog ini, yang ada saya akan tenggelam di antara lautan blogger yang ajegile sekarang keren-keren amat yak.

4. Mood Booster

Percayalah yang namanya kemenangan seorang blogger dan ajang pamer-pamer dia itu, hanya seujung kuku yang terlihat dibanding semua usaha dan lomba yang pernah diikutinnya.

Ibaratnya dari 10 tulisan lomba, palingan yang menang cuma 10 persennya. Jadi ya wajarlah ya kalo pas menang langsung share-share di sosmednya. Sebagai apresiasi juga buat diri sendiri.

FYI, dari hasil mempelajari blog dan tulisan para pemenang kelihatan banget lho effort yang mereka lakukan untuk menghasilkan tulisan pemenang.

Jadi mereka juga ngga selalu menang, banyak juga kalahnya. Nah saat-saat terpuruk gitu, trus melihat postingan-postingan lama, itu bisa jadi mood booster banget buat memompa kembali semangat yang meredup.

Kayak sayalah, contoh nyatanya. Belakangan jarang banget menang lomba. Disamping karena saya juga udah jarang ikut lomba juga memang kualitas tulisan saya yang saya akui mengalami penurunan. Kadang membuat saya mellow yellow. Duuuh kok sekarang susah banget sih menang. Tapi gitu ngelihat  lagi timeline facebook yang isinya pamer-pamer itu, saya jadi termotivasi kembali." Ayo WIndi, dulu kamu bisa sekarang juga pasti bisa". 

5. Ajang Bersyukur

Iya, share-share hadiah lomba atau prestasi-prestasi itu juga membuat kita bersyukur. Bersyukur atas talenta yang diberi sang Kuasa, bersyukur diberi rezeki dengan cara yang ngga disangka-sangka. Jadi saat kita lagi dalam posisi sedih atau merasa lagi di titik terendah, lihat aja lagi postingan-postingan itu dan kayak diingetin lagi, kalo kita itu termasuk orang yang beruntung.

Itu tuh, sebagian fungsi dan manfaat share-share serta pamer-pamer prestasi di sosmed yang bisa diambil sisi positifnya.

Pokoknya saran saya yah, kalau lihat temen FB kita pamer-pamer gitu, jangan baper, jangan sirik. Kita kan ngga pernah tahu dibalik rezeki yang didapatnya sudah berapa banyak juga usah yang dilakukannya.

Pernah baca kan, kalimat ini

" Jangan iri dengan rezeki orang lain
Kamu tidak tahu apa yang telah diambil darinya"

Sama juga, jangan iri atau sirik atau berfikir negatif kalau saya suka pamer-pamer, kalau saya ceritain apa yang telah terjadi di hidup saya, kalian ngga bisa tidur nanti, kalian bakal mewek nanti, hahaha. #malahcurcol.

Ingat aja, setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya. Kalau sekarang giliran mereka, ntar giliran kamu.

Jadi menghadapi fenomena Fomo, cuek aja beibeh, yah namanya juga hidup kalau ngga ada dramanya ya ngga seru.

Menghadapi fenomena Fomo, jangan baper, namanya juga sosmed, kalau ngga ada yang pamer-pamer terus  apa yang bisa dikepoin

Mau niat orang pamer kek, berbagi kek, memotivasi kek, atau cuma buat dokumentasi kek, bukan urursanmu. Karena apa yang dilakukan orang bukan tanggung jawabmu, tapi bagaimana reaksimu terhadap itu, yang menjadi tanggung jawab dan menggambarkan siapa dirimu.

Setuju ???.......

Jadi ayo, mengukir prestasi lagi, biar ada yang bisa di share dan dikasih hestek #berkahngeblog

Jadi ayo berbuat hal bermanfaat lagi, biar bisa ada yang dibagi

Dan ayo berkarya, biar sosmedmu isinya ngga cuma foto-foto selfie doang, hahahah #ups jangan dilempar bakiak ya ane







24 comments on "Gara-Gara si Fomo Lewat"
  1. Dari kemaren aku masih bingung...aku kategori pembuat fomo atau korban fomo?
    Kalau kategori pamer sih jelaaaas..sudah dari dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalau jenengan nggak pamer, nggak akan ada yang semangat ikut lomba mbak.... :)

      Delete
  2. Dari kemaren aku masih bingung...aku kategori pembuat fomo atau korban fomo?
    Kalau kategori pamer sih jelaaaas..sudah dari dulu.

    ReplyDelete
  3. Aku korban fomo, tp larinya kepositif

    ReplyDelete
  4. Mak Arin emang jagonya menang lomba ya Mbak. Bener banget analisisnya, tepat sasaran, ngga mbulet. Tapi justru itulah sering dilupakan.

    Kalo saya sih kalo menang jarang diupload, soalnya takut ada yang minta jatah sih alih-alih kasih selamat, wkwkwkwk *dasarpelit*

    Saya pribadi sih ga khawatir ketinggalan atau kena FoMo, wong memang ga ke mana-mana kok, jadi ga takut ketinggalan hehe.

    ReplyDelete
  5. Suka dengan tulisan mba ini ^_^ jadi terus semangat saya untuk berbagi inspirasi . Makasih tulisannya ya mba

    ReplyDelete
  6. Haha setuju banget sama tulisannya. Saya masih sering pamer, tapi untung ga baper. Blogger blogger yang disebutin itu emang yahut banget tulisannya Mak :)

    ReplyDelete
  7. More than agree.

    Suka deh baca ulasan dan review para blogger jagoan menangnya, saya belajar lagi :)

    Nuhun :)

    ReplyDelete
  8. si fomo kapan lewatnya mba? hehe, semua ada rezekinya masing2 kalo udh rezekinya ga akan kemana termasuk lomba juga aku seh mikirnya gitu mba, suka bacanya nice share :)

    ReplyDelete
  9. Bagi aku fomo berkah mak.... nah..gara2 fomo..tulisan ini jadi kan...he2, aku dapat ilmu baru... apa lagi ada referensi para mak blogger yg langganan menang...tar blognya tak acak2 deh....

    ReplyDelete
  10. Bener Wind, termotivasi bnget deh..
    Lha, Windi yg sibuk ngantor aja msh bs nulis, riset2, menang lagi.. :)
    Sukses terus yaa, Wind..

    ReplyDelete
  11. fomo semenjak ikutan komunitas blog. tapi lebih ke arah positif.negatifnya paling rada ngerasa hampa kalau belum blogwalking hahahaha

    ReplyDelete
  12. biar yang ngasih hadiah juga senang ya mbak. dan sebagai bukti kalau hadiahnya diterima dalam keadaan baik.

    ReplyDelete
  13. setumpreeeeng... awalnya memang IRI, tapi irinya dikemas jadi pengen juga kaya gitu, usaha usaha usaha, akhirnya bisa juga. Trus PAMER bahahaa.. maksudnya ya itu tadi buktiin ke penyelenggara *alibi manis*
    sisanya iya aku setuju semua kok. Berfikir dari siai positif. Semua akan baik2 saja.

    ReplyDelete
  14. Nich gara2 pak dosen galau jd nya heboh banget fomo hehehe #PakDosenBerhasil hehehe.

    Btw banyak banget orang sirik dan iri yaaa kak, tp kalo kita samoai disirikin berarti kita dah jado seseorang yg membanggakan

    ReplyDelete
  15. FoMo itu tidak salah... kalau dilihat dari sisi positifnya

    ReplyDelete
  16. Wah... Banyak link blogger keren. Jalan2 ke blog mereka ah... Makasiiih, Mbak Windi :D

    ReplyDelete
  17. aku tuh ga prnh ngerasa terganggu ama org2 yg mengidap fomo ini, malah sbnrnya suka baca/melihatnya.. malah dr org2 yg bgitulah bisa bnyk dpt info baru :D.. bisa tau kalo ada lomba, bisa tau ada tempat wisata keren bgt yg blm bnyk org tau... Memang trgantung pribadi msg2 ya mba... kalo dasarnya iri-an ato sirik mah, ngeliat org lain sukses pasti slalu ga seneng ;D

    ReplyDelete
  18. wkwkkw iyee gak ada dramanya gak seruuu, eaaaa. Mbak, headernya mirip foto zazkia adiamecca yaakk

    ReplyDelete
  19. Mari berdayakan hestek #berkahngeblog mbak #eh

    ReplyDelete
  20. Ya ampun win panjang amat tulisanmu yang ini. Terasa letupan2 isi hatinya hehe. Tapi biar panjang aku tetep asyik baca sampe titik penghabisan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha kan emang aku kalo nulis panjang-panjang mbaaaa :)

      Delete
  21. FoMo atau enggak, sebetulnya tergantung orangnya. Kayak yg ditulis pak dosen tu, selama dia nggak membuat panggung di atas panggung orang lain, menurutku ya biar saja, bukankah itu cara dia biar bisa hepi? Nggak ngaruh, dan nggak mengurangi amal ibadah kita ini he he he

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature