Sakit Saat Hamil?

Tuesday, January 26, 2016
Sakit Saat Hamil?

Pernah ngga merasakan yang namanya sakit saat hamil?


Wah saya pernah banget.

Selama hamil, cita-cita kita pastinya dong pengen sehat wal afiat sampai anak kita lahir. Saya juga pengennya gitu. Tapi apa daya yah, yang namanya kondisi orang kan beda-beda.

Sebenarnya ngga hanya saat hamil, saat dalam kondisi biasa pun kita pengennya sehat aja yah.


Nah, saya itu punya riwayat penyakit migren akut. 

Iya, dari sejak remaja dulu, penyakit yag sering membuat saya KO dan harus bed rest di rumah adalah migren. Aduuuh kalau udah kumat, udah deh ngga bisa ngapa-ngapain. Jamannya sekolah, pasti langsung absen, ngga masuk kelas. Jamannya kerja juga gitu, kalau udah terserang migren, bisa sampai 2 hari saya ngga ngantor. 

Pernah juga maksain diri tetap berangkat kerja, yang ada di kantor saya malah muntah-muntah. Yo wis sejak itu kalau migren melanda saya pilih tinggal di rumah saja, ngga kemana-mana.

Kalau dalam kondisi biasa sih, gampang yah, gitu pusing-pusing saya bakal langsung minum Paramex. Iya lho, ni obat benar-benar mujarab untuk saya. Tapi sekarang udah saya kurangi, takut kenapa-kenapa, soalnya dosisnya kan lumayan tinggi.

Nah, masalahnya kalau saat hamil tiba-tiba migren melanda. Aduh dilema banget.

Iya, walau dua kehamilan saya termasuk yang kata orang itu hamil kebo, tapi tetep yah pasti selama 9 bulan itu saya bakal ada kena migren.

Biasanya kalau terpapar panas dalam waktu agak lama, atau karena kurang tidur. Pas hamil pertama, saat pusing menyerang saya bingung banget. Mau minum obat takut pengaruh ke janin, ga minum obat, gilaaa kepala udah kayak mau pecah rasanya

Saya coba tiduran, lampu dimatiin, mata saya tutup, ternyata pusingnya ngga hilang juga. Akhirnya saya telepon dokter kandungan saya, nanyain obat apa yag bisa saya konsumsi.

Nah, oleh si dokter saya diijinkan minum obat lho,  Jadi sekarang saya mau bagi-bagi pengalaman kalau sakit saat hamil.

Sakit Kepala
Kalau sakit saat hamil yang melanda adalah pusing, atau demam, sakit gigi, maka obat yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah yang mengandug asetaminofen atau prasetamol aja. Lebih baik dari aspirin. Inget yah, yang mengandung asetaminofen atau prasetamol aja, bukan yang udah ditambahi bahan lain. 

Nah dokter saya tuh nganjurinnya minum Panadol yag warna Biru. Itu pun kalau sakit sudah ngga bisa di tahan. Kalau masih bisa ditahan sih mending tidur aja, kompres air hangat, istirahat yang cukup.

Kalau saya sih kemarin-kemarin ngga kuat , ngga reda cuma dengan istirahat, makanya mau ngga mau konsumsi obat.

Batuk

Nah pernah juga saat hamil kemarin, saya batuk sampai seminggu lebih. Duh mengganggu banget, Batuknya disertai flu lagi. Tenggorokan gatalnya minta ampun, kerja ngga konsen, waktu tidur pun berkurang, karena batuk terus sepanjang malam.

Saran dokter saya, kalau udah terasa ngga enak di tenggorokan, segera minum air lemon plus madu. Itu untuk pencegahan supaya jangan sampai jadi batuk.

Tapi kalau udah terlanjur batuk, kayak saya kemarin, ya udah dikasih juga minum obat yaitu Silex. Itu tuh sebenarnya obat batuk anak-anak, tapi bisa dikonsumsi ibu hamil. 

Alhamdulillah, ngga lama batuknya sembuh, dan bisa beraktivitas kembali seperti biasa. Dan alhamdulillah juga, ngga pengaruh apa-apa ke janin yang dikandung.

Jadi, bu ibu yag lagi hamil, usahain jaga kesehatan ya selama hamil, biar ngga sakit dan ngga perlu minum obat. Kalaupun harus minum obat, jangan sembarangan, konsultasikan dulu ke dokter kandungan kita, biar aman.

Supaya tetap fit dan sehat saat hamil, saya punya beberapa tips nih :

  • Usahakan tidur cukup. Kalau malam ngga bisa tidur karena kondisi perut yang semakin membuncit, maka ganti dengan tidur siang. Saya sih selama hamil selalu tidur siang di kantor saat jam istirahat. Lumayan bikin badan enakan
  • Jangan mengangkat barang yang berat-berat. Selalu minta tolong orang lain kalau mau ngangkat sesuatu, entah berkas-berkas di kantor, entah belanjaan, jangan sok kuat.
  • Makan makanan bergizi ( pastilah ya)
  • Jangan lupa tetap ke salon, hahaha biar tetap bugar. Pijat ringan diperbolehkan kok selama hamil. Tetapi hindari memijat bagian perut dan bagian belakang sejajar perut.
  • Pakai sepatu yang nyaman jangan asal flat tapi pilih yang beneran nyaman, soalnya kaki paling rentan mengalami sakit saat hamil.
  • Jangan meregang-regangkan tubuh saat merasa pegal, karena bisa menyebabkan otot tertarik dan bisa bikin naik betis, rasanya sakit banget lho kalau udah nak betis.
Apalagi yaaah, udah deh kayaknya, yang lain-lain standarlah, pokoknya yang baik-baik.


Semoga bermanfaat yah.

Kalau ada yang mau nambahin obat apa saja yang boleh dikonsumsi kalau sakit saat hamil monggo ditambahin.





2 comments on "Sakit Saat Hamil?"
  1. Harus bahagia biar ngga gampang sakit :-)

    ReplyDelete
  2. wahh informasinya sangat membantu sekali kak buat para calon ibu muda yang sedang mengandung..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature