Showing posts with label parenting. Show all posts

Parenting Rules : Tentang Kata Jangan Pada Anak

Penggunaan Kata Jangan dalam mendidik anak



Salah satu teori parenting yang dulu ngga ada, trus sekarang ada adalah tentang pengunaan kata JANGAN.

Dulu setahu saya ngga pernah ada yang bahas soal ini, hingga kemudian muncul teori bahwa kata JANGAN sebaiknya dihindari dalam pola asuh anak.

Kalau saya baca-baca artikel parenting rata-rata menyebutkan bahwa sebaiknya dalam mendidik anak hindari kalimat negatif dan usahakan pakai kalimat preventif. Karena menurut penelitian, otak anak susah mencerna kata " JANGAN". Jadi alih-alih mengartikan kata " Jangan nakal" - misalnya sebagai larangan untuk tidak nakal, malah yang terekam adalah kata nakalnya.

Anak dan Tontonan



Saat ini menjadi orangtua itu peernya banyak banget.

Mulai dari mikirin pendidikannya, pergaulannya, sampai melindunginya dari tontonan televisi yang kurang baik.

Tahu kan, sekarang ini banyak ortu yang merasa waswas dengan aneka acara yang ditayangkan di televisi. Karena banyak banget acara yang memang kurang mendidik.


Sebut saja sinetron-sinetron remaja yang cuma membahas masalah cinta-cintaan doang, sampai acara hiburan yang isinya cuma bully membully doang.

Ngga usahkan acara orang dewasa yang memang riskan untuk anak, acara yang jelas-jelas diperuntukkan untuk anak pun masih bikin hati ketar-ketir.

Pilih Pilih Gendongan Bayi



Tips memilih gendongan bayi.

Seorang bayi bernama Eric Matthews meninggal dunia ketika orangtuanya Marianne dan Robert mengajak berjalan-jalan untuk menenangkannya.

Eric Matthew meninggal karena tidak sengaja tercekik saat berada di gendongan ibunya. 

Selain Eric, penyelidikan tim Koroner mencatat setidaknya sudah enam anak tewas akibat gendongan di Inggris. Sedangkan 16 kematian tercatat di Amerika dan Kanada.

(sumber : http://health.liputan6.com/read/2032421/bahaya-kain-gendongan-bayi-5-minggu-meninggal-sesak-napas)

Wih, membaca berita tersebut, jantung saya rasanya mau copot.

Hal-Hal Yang Bisa Diajarkan Kepada Anak Usia 3 Tahun




Yang namanya berkeluarga tentu harus memiliki aturan.

Bukan aturan yang saklek dan tertulis sih, tapi minimal pasti punyalah hal-hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan di rumah.

Demikian juga dalam mendidik anak.

Walau masih berusia 3,5 tahun, saya dan Mas Teguh udah mulai menerapkan beberapa aturan untuk Tara.

Awalnya sangat sulit. Sankin sayangnya sama Tara, saya dan Mas Teguh dulu sempet yang sama sekali ngga pernah marah sama Tara.

Makanya  Tara tuh lama banget tau yang namanya konsep dimarahi.

Dia ngga tau kalau saya marah itu artinya saya marah. Artinya saya lagi kesal.

Dia ngga tahu kalau dibilang jangan itu artinya ngga boleh dilakukan.

Membawa Bayi ke Mall




Judge yang sering diberi di kalangan ebo-ebo yang sempet marak adalah perihal membawa bayi ke mall.

Hayooo siapa disini yang pernah membatin  di dalam sanubarinya " Iiiih apaan itu ibu-ibu, anaknya masih bayi kok udah dibawa ngemall"

Ngacuung.

Saya ngacung deh, hahahaha karena dulu sebelum punya baby, saya sering berkata dalam hati begitu, kalau ngeliat ibu-ibu bawa bayi cimut-cimut ke mall.

Hal-Hal Yang Harus Ditanyakan Kepada Orangtua-Part 2



Okeee, #GesiWindiTalk kali ini melanjutkan pertanyaan sebelumnya yah.

There is a big correlation between having a parenting philosophy and having a happy family life and successful kids.

Yup, saya setuju banget dengan kalimat di atas, bahwa ada korelasi besar antara filosofi pengasuhan kita terhadap kebahagiaan keluarga dan kesuksesan anak kita kelak. Soalnya pondasi utama pendidikan anak ya keluarga, jadi nilai-nilai yang dianut keluarga itulah yang bakal mempengaruhi gimana cara berfikir dan cara berinteraksi si anak di lingkungan sosialnya.

Nah, mareee kita lanjut ke 5 pertanyaan yang harus ditanyakan kepada orangtua sebelum / saat memiliki anak :

#GesiWindiTalk: Hal-Hal Yang Harus Ditanyakan Kepada Orangtua - Part 1



Karena sadar diri yang namanya berkeluarga itu ga mudah, maka sebagai orangtua kita wajib punya planning mau gimana ntar keluarga kita.

Ga yang asal ujug-ujug aja menjalaninya. Iyalah, karena nikah kan ngga cuma menghalalkan hubungan suami istri, tapi butuh BIAYA. 

( Baca : Tentang Jodoh )

Nah ini saya mau jawab pertanyaan-pertanyaan yang harus dipikirin oleh orangtua biar hidupnya ga ngikutin roda berputar aja. Karena kalau ngikut roda berputar ntar bisa nabrak sana nabrak sini.
Pertanyaan ini ada dibahas di blognya Ronit Baras disini.

Jangan yah.

Postingan kali ini soal anak dulu, ntar berikutnya yang lain lagi. Yuuuks

I'm Leader is Made



Video yang hanya berdurasi beberapa detik tersebut tak henti-hentinya diputar ibu di laptop kesayangannya.





Masih terbayang senyum yang merekah di wajah ibu saat menerima piagam dari menteri lingkungan hidup pada 19 April 2013 lalu di museum Wiyata Mandala. Terukir di atas piagam tersebut nama putri nya sebagai pemenang ketiga lomba blog anugerah jurnalistik yang diadakan oleh Aqua Danone. Windi Widiastuty, ya saya sendiri.

#GesiWindiTalk: Makanan Instan Anak? Yay Or Nay

Mitos dan Fakta Makanan Instan


Perkara menjadi ibu ideal itu memang ngga ada habisnya. Seperti yang saya tulis kemarin tentang ekspektasi vs kenyataan setelah menjadi ibu.

Salah satunya adalah soal makanan bayi, MPASI.

Baca punya Gesi :


Saya sih percaya banget yang namanya MPASI home made itu , pastilah lebih dipercaya soal sehatnya dibanding makanan instan. Iyalah, soalnya kan kalau makanan bayi home made, kita tahu bahan dasarnya apa, bumbunya apa saja, pakai minyak apa, dan tahu juga cara ngolahnya bagaimana.

Ekspektasi vs Kenyataan Setelah Jadi Ibu



Pelajaran Super Dari Yang Super


5 Tips Jitu Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak



Kemarin di rumah saya iseng nanya Tara, apa cita-citanya kalau besar nanti. Emak kepo pengen tau nih ceritanya.


Sebenarnya ngga berharap Tara bakal jawab yang fantastis sih, soalnya di usianya yang ketiga ini Tara palingan baru tau beberapa profesi doang,yaitu dokter,guru dan polisi. Itu doang.

Nah jadi pas ditanyain ini nih jawabannya.

Kesempatan Dapat Bekal Masa Depan 3 Milyar Nih dari Morinaga




Kalau dulu saat baru menikah trus ada yang nanya sama saya kira-kira saya pengen anak saya jadi apa ntar, pasti saya jawab pengen jadi dokter. Iyaa pengen deh punya anak dokter. Maklum yah itu kan cita-cita saya dulu yang ga kesampaian xixixi. Keren banget gitu lho kalau anak saya bisa jadi dokter.

Tentang Hari Pertama Sekolah

8 Tips Hari Pertama Sekolah Anak Playgrouop


Siapa disini yang dari kemarin ngeshare foto-foto anaknya di hari pertama sekolah?

Aku dooong ikutan euforia hari pertama sekolah. Oya, karena ini hari Rabu jadi postingan ini sekalian postingan #GesiWindiTalk. Kata Gesi kemarin ayo cerita tentang hari pertama sekolah, kamu cerita Tara aku cerita Ubi yang ngga jadi sekolah tahun ini. Mumpung lagi hangat, ayoklah kalau begitu.

Tips Mudik Lebaran Membawa Bayi dan Toddler Dengan Pesawat


Siapa yang mudik disini???

Mudiknya naik apa? naik mobil, naik kereta atau naik pesawat?

Saya dong naik pesawat, wahahahaha.

Perkara mudik, apalagi mudik sambil bawa balita , persiapannya harus paripurna nih, biar tidak ada kendala berarti selama di perjalanan. Soalnya yang namanya bayi dan toddler itu kadang bisa rewel tanpa diprediksi.

6 Tips Praktis Merayakan Ultah Anak


Ga terasa udah Rabu aja.

Hari ini #GesiWindiTalk mau ngobrolin soal acara untuk anak.

Baca Puya Gesi :


Kebetulan kemarin Tara baru ulangtahun yang ketiga, Gesi juga baru bikin acara tedak sinten Aiden plus ultah kakak Ubii yang keempat, jadi klop deh.

Seru-seruan Keliling Dunia di Explore The World Bersama Dancow

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya Hari Sabtu Minggu Tanggal 30 April sd 1 Mei 2016, Dancow mengadakan acara seru di Plaza Medan fair Medan. 

Dancow Explore The World,  wohooooo.

Apaan tuh?

Ini adalah sebuah wahana bermain untuk anak, dengan mengeksplorasi alam sekitar melalui petualangan ke berbagai negara di dunia.

Pilih Pilih Dokter Spesialis Anak



Jadi wanita memang kerempongannya tidak berakhir setelah melahirkan aja ya bok. Setelah nikah dulu heboh nyari dokter spesialis kandungan dan andrologi yang yahud. Gitu hamil juga pilih-plih dokter kandungan sempet bikin pusing. Giliran anaknya udah brojol, dapet pe-er baru lagi, nyari dokter spesialis anak yang cocok

Baca Punya Gesi disini :


Kenapa harus yang cocok, bukan yang oke?

Ya, karena menurut saya memilih dokter spesial anak itu beda dengan saat milih dokter kandungan.

Yang Berubah Setelah Punya Anak Dua


Selamat hari Rabu bu ibu. Minggu ini #GesiWindiTalk mau ngomongin tentang hal-hal yang berubah setelah kita punya anak kedua.




Apaa???? Belum tahu ya kalau kita sudah punya dua anak, xixixi, memang sih kalau dilihat sepintas ga ada bedanya sama anak gadis. Kita memang samaan sih sama si Dian Sastro, punya dua anak tapi masih singset gituuu #disambit massa.

FYI, saya punya dua anak, cewe-cewe lucu. Sementara Gesi udah sepasang , kaka Ubi sama dek Aiden. 

Cara Memandikan Bayi Dengan Benar dan Anti Ribet

Cara memandikan bayi dengan benar

Cara memandikan bayi drngan benar

Dulu, saat anak pertama lahir, saya yang panikan gitu deh begitu kami pulang dari rumah sakit.  Soalnya belum dapet ART buat bantu-bantu di rumah. Namanya mommy baru, semuanya serba baru, termasuk soal merawat bayi. Kan hal baru juga bagi saya.