Serba Serbi Perlengkapan Ibu Menjelang Persalinan

Thursday, January 7, 2016
Kalau kemarin udah bahas apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan menjelang kelahiran bayi, sekarang saya mau bahas apa saja perlengkapan ibu menjelang persalinan.

Iyaaa, terkadang sankin rempongnya sama urusan perbayian, si ibu sampai lupa kalau dirinya juga butuh persiapan. Tidak hanya persiapan batin tapi lahiriah juga, xixixi udah macam iklan si lulu tobing aja yah. Itu lo yang iklan jamu untuk keputihan itu.

Nah, persiapan si ibu menjelang persalinan banyak juga lho printilannya. Dulu pas hamil Tara saya ngga terlalu ngerti, pokoknya nyantai wae. Yang pasti selama cuti melahirkan diisi dengan baca-baca segala buku tentang kelahiran sampai nonton you tube video melahirkan.

Apa membantu?

Whaaaa malah bikin stress, bikin takut. Kebayang-bayang terus, gimana itu kepala bayi segede itu bisa keluar dari lubang yang kayaknya kok tiba-tiba bisa melar segede gaban, iiih.

Tapi saya sih mikirnya simple, kalau jutaan perempuan di dunia bisa melakukan dan melewati proses persalinan dengan selamat berarti ya saya harusnya juga bisa, dengan catatan semua dalam kondisi normal yah, ngga ada komplikasi atau masalah yang membuat dokter memutuskan untuk melakukan operasi.

Nah berdasarkan pengalaman di kehamilan pertama, saya mau sharing apa saja yang mesti dipersiapkan ibu menjelang proses persalinan.

Jadi, karena saya ibu pekerja, maka masa cuti sebulan sebelum HPL, saya manfaatkan untuk mempersiapkan segalanya, termasuk membeli beli kebutuhan bayi baru lahir, dan tentu saja kebutuhan saya juga. 

Apa saja perlengkapan ibu menjelang persalinan?

1. Gurita

Iya, jangan lupa beli gurita yah. Gurita ini dipakai setelah melahirkan. Banyak orang ngga menyarankan penggunaan gurita, apalagi dokter, katanya sih ngga ada gunanya juga, ngga ngaruh terhadap perubahan bentuk perut dan bentuk bodi setelah melahirkan.

Tapi, menurut saya sih memang tujuannya bukan untuk merampingkan perut kembali, tetapi, sesaat setelah melahirkan itu, perut kita yang dulu mengembang kan tiba-tiba mengendur karena isinya yaitu si baby unyu-unyu udah keluar. Nah menurut pengalaman, di hari-hari pertama habis melahirkan itu, kalau jalan perut rasanya goyang-goyang. Ya bayangin ajalah yang dulu ada isinya sekitar 3 kiloan, sekarang udah dikosongkan, otomatis kan kondisinya ngga langsung kembali ke bentuk semula.

Nah gurita ini, fungsinya buat menahan perut kita, supaya terasa ketat dan ngga goyang-goyang. Jadi kalau dibawa jalan itu enak, hangat lagi.

Cara pakai gurita, ya kayak guritanya anak bayi, diiket-iket ke perut. Tapi jangan kencang-kencang banget karena bisa bikin sesak nafas.

Saya suka dipakaikan gurita, karena badan rasanya lebih settle. Makainya juga ngga lama-lama kok, paling lama juga 40 hari (kalau sanggup), saya juga makainya pas siang aja. Kalau malam ya di lepas, soalnya ngga enak buat tidur.

Beli gurita yang bahannya agak kasar yah, karena lebih enak makainya. Ada juga yang bahannya lembut, ngga enak, susah diiket juga, terus kalau udah diiket cepat kendur.

Harga gurita sekitar Rp 45.000,-. Ngga mahal kok. Belinya ngga usah banyak-banyak, cukup 2 biji aja. Cuci kering xixixixi.

Kiri : Gurita, Kanan : Stagen


2. Kemben / Stagen

Nama modernnya kemben atau korset, tapi kalau orang Jawa bilangnya stagen,, itu tuh kain panjang yang dililit-lilit. Kalau kita pakai jasa tukang pijet setelah lahiran, biasanya dia nyediain tuh, tapi ngga ada salahnya juga kita beli sendiri.


Stagen. Gambar dari sini

Fungsinya ya supaya menjaga perut ngga goyang-goyang juga. Makainya setelah pakai gurita. Jadi setelah gurita diiket-iket, terus si stagen dililit-lilit ke badan kita.

Enak lo, badan jadi berasa ketat gitu, kalau dibawa jalan juga enak. Tapi ini juga ngga usah ketat-ketat banget, sesak boooo.

Kalau kalian yang ngga suka rempong, bisa juga beli kemben praktis yang dijual di mall. Tapi menurut saya kurang maknyuss. Kemben mah makainya buat pergi-pergi aja, kalau masih masa cuti dan masih di rumah, mending pakai stagen.

Kalau kata orang dulu, pakai stagen biar bisa mengembalikan bentuk badan kita ke sebelum hamil. Tapi belum terbukti benar juga sih, soalnya ada teman saya yang ngga pakai ya badannya kembali normal, ada yang pakai ya ngga balik juga. Jadi tetap tergantung pola makan, dan olahraga. 

Tapi pas anak pertama, saya pakai lhooo, tapi ngga sampai 40 hari, sebulanan doang. Dan lumayan tuh, perasaan perut cepet kempesnya.


3. Baju rumah berkancing Depan

Iya, jadi kalau udah ketahuan hamil, beli bajunya yang pakai kancing depan aja, biar sekalian untuk habis lahiran. Soalnya memudahkan untuk menyusui. Kalau saya suka beli daster yang potongan atau baju tidur yang berkancing depan dan kancingnya itu yang dari atas sampai bawah lho, biar gampang dan lebih mudah nyusuinnya, soalnya kalau yang kancingnya cuma 3 biji di depan , masih berasa agak rempong saat nyusui.


4. Bra Menyusui

Iya, Bra menyusui wajib dibeli. Paling nyaman tuh yang ngga pakai kawat. Tapi kalau untuk yang kerja, kudu sedia juga bra menyusui yang berkawat untuk ngantor, soalnya kan ukuran payudara kita mengalami perubahan saat menyusui, biar lebih nyaman aja beraktivitas, makanya pakai yang berkawat. Tapi kalau untuk di rumah, yang biasa aja. Trust me itu enak banget.

Saya rekomended Bra menyusui yang ngga berkwat itu merk AMOZ. Harganya Rp 30.000 doang, itu nyamaaaaaaan banget.

Kalau bra untuk kerjanya, enak yang merk Sorella, soalnya bahannya katun dan tebal d bagian puting, biar ngga njeplak. Harganya sekitar Rp 120 ribu-Rp 160 ribu sebiji. Beli pas diskon, biar murah, hahahaha.

Kayaknya itu aja deh, perlengkapan yang harus dipersiapkan.

Nah, kalau itu udah dibeli, aman deh. Udah tinggal nunggu tanda-tanda kelahiran aja.

Trus perlu ngga beli baju khusus menyusui?

Perlu ngga perlu sih.

Kalau menurut saya ngga perlu-perlu amat. Cukup beli baju berkancing depan aja. Ngga perlu sampai khusus yang untuk menyusui. 

Emang baju menyusui itu yang kayak mana?

Baju menyusui itu penampakannya sama dengan baju biasa, tapi ntar ada risleting tersembunyi di bagian dada, sehingga saat kita mau nyusui dimana saja, tinggal tarik, buka, hap si dede bisa menyusu dengan leluasa.

Saran saya, kalau beli baju menyusui, pilih yang risletingnya nyaman dan ngga ngenai kulit.

Iya, dulu sempet beli baju menyusui, bagian risleting dalamnya itu bergesekan dengan kulit, ih ngga enak banget. makanya saya ngga suka pakai baju menyusui. Kalau ada lebih baik yang model kancing tep aja, bukan risleting, lebih enak makainya.

Oke deh, segitu dulu, ntar kita bahas perlengkapan untuk menyusuinya yah.

Nah, menurut bu ibu, ada lagi ngga yang perlu dipersiapkan sehubungan perlengkapan ibu menjelang persalinan?




Oya fren, saya suka cerita juga lho di Instagram . Jangan lupa Follow Intagram saya yaaah @winditeguh


15 comments on "Serba Serbi Perlengkapan Ibu Menjelang Persalinan"
  1. Aku gak suka pake gurita or stagen. Tp kmrn lmyn sukses pake selama sebulan. Wkwkwk

    ReplyDelete
  2. waktu habis lahiran saya juga pake gurita Mbak Windi :)
    benar banget perut jadi gak goyang-goyang saat saya berjalan :D

    ReplyDelete
  3. Aku dulu gak pakai gurita, MBak...hihii.

    ReplyDelete
  4. Mba merk gurita nya apa y, rekomendasi dong...

    ReplyDelete
  5. Tolle Infos! Ich bin kürzlich auf Ihren Blog gestoßen und habe mitgelesen. Ich dachte, ich würde meinen ersten Kommentar hinterlassen. Ich weiß nicht, was ich sagen soll, außer dass ich es getan habe

    OBAT PENGHANCUR MIOM

    OBAT JANTUNG BOCOR

    OBAT VITILIGO

    OBAT UNTUK PROMIL

    OBAT MENOPAUSE DINI

    OBAT PELANCAR HAID

    ReplyDelete

  6. Informasi bagus Saya baru saja menemukan blog Anda dan membacanya. Saya pikir saya akan meninggalkan komentar pertama saya. Saya tidak tahu harus berkata apa kecuali yang saya punya

    Obat Zakar Bengkak

    Cara Menghilangkan Bercak Putih

    Obat Herbal Kista

    Manfaat Ikan Salmon Untuk Promil

    Hindari Makanan Ini Agar Tidak Terkena Menopause Dini

    Manfaat Asam Jawa Untuk Melancarkan Haid

    ReplyDelete

  7. I read this article. I think You put a lot of effort to create this article. I appreciate your work.
    Dissertation Writing Services

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature