Serba-Serbi Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Wednesday, January 6, 2016
Apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan menjelang kelahiran anak kedua?



Ciyeee, ceritanya karena udah mau lahiran jadi sok-sok mau buat list nih apa aja yang udah dibeli untuk menyambut kelahiran si dede.

Eh iya lho, yang namanya menunggu kelahiran itu, persiapannya ternyata lumayan rempong. Rempong karena banyak biaya soale hahahaha. Kalau soal beli-belinya mah ngga rempong sama sekali, Wong banyak toko online kok, lagian toko perlengkapan bayi sekarang dimana-mana ada, jadi gampang lah kalau Cuma urusan cari-cari perlengkapan bayi menjelang kelahiran.


Dulu, waktu anak pertama, saya yang buta samsek dengan apa aja yang harus saya persiapkan. Ngga tau beneran. Ya udah daripada pusing, saya serahkan semuanya ke adik dan kakak ipar saya yang udah pengalaman. Kasih duit ke mereka, trus mereka yang belanja. Tentu saja mereka hepi banget yah, namanya orang hobi belanja, dimintain tolong belanja, ya klop banget.

Nah untuk kelahiran anak kedua ini, saya putuskan untuk belanja sendiri, kan udah pengalaman dari Tara, jadi udah taulah apa yang mau dibeli.

Tapi, yang namanya persiapan untuk anak kedua, sedikit berbeda dengan persiapan untuk anak pertama.

Kalau anak lebih gampang karena semuanya belum ada, ya udah semua-mua dibeli dalam jumlah lumayan banyak.

Kalau anak kedua, agak sedikit mikir , soale beberapa barang kakaknya kan masih ada, jadi ngga  seua dibeli. Lumayan menghemat tapi bikin pusing, karena ngga bebas beli-belinya. Ya elaaaa, susah amat yak hidup guweh, gitu aja dipikirin hahaha. Iyalah, kalau ada yang bisa dihemat kenapa ngga yah. Tapi memang jadinya saya bingung

Beli popoknya berapa yah ?

Beli Bedongnya segini cukup ngga ?

Beli bajunya yang langsung 3 bulan atau yang new born ?

Dll dll.

Soale ditambah lagi, adik saya juga baru punya bayi, jadi banyak juga barang-barang kebutuhan bayi yang bisa diturunkan ke anak saya ini. Huehehehehehe makin banyak warisan ternyata makin bikin puciiiing.

Tapi, akhirnya, saya putuskan untuk membeli  perlengkapan bayi baru lahir yang ini ajah.

2.       Bedong

Banyak sih artikel-artikel yang mengatakan sebaiknya bayi ngga usah dibedong, karena menghambat geraknya.

Kalau saya pribadi, suka membedong bayi, karena bayi baru lahir itu kan ukuran tubuhnya masih imut-imut dan ringkih, jadi agak takut-takut saat menggendongnya. Kalau pakai bedong, dia jadi kayak satu kesatuan utuh gitu, jadi gendongnya gampang. Lagian bedong itu bikin hangat bayi dan bikin dia nyenyak tidur.

Lagian selain itu,  membedong bayi itu banyak juga manfaatnya, diantaranya

  • Membantu bayi merasa tenang seperti didalam kandungan
  • Membantu bayi  agar kembali tidur saat merasa gerakan kejut saat tidur, yang biasa dikenal dengan refleks Moro
  • Membantu bayi  tetap hangat, dimana bayi masih menyesuaikan dengan suhu lingkungan sekitarnya terutama pada hari-hari pertama setelah lahir
  • Mencegah bayi menggaruk dirinya sendiri.



Bedong. Yang Kiri Bahan Flanel, Yang Kanan Katun


Nah untuk bedong saya beli  satu lusin bahan katun dipakai kalau siang hari dan 3 biji bahan fanel, dipakainya buat malam soalnya lebih tebal. Kenapa malam lebih sedikit? Karena kan malam pakai diapers. Kalau masih punya warisan kakaknya, selusin aja cukup kayaknya

Untuk bedong, pilih yang agak lebar ya mak, biar gampang ngebendongnya. Saya paling suka bahan katun karena adem dan gampang kering, jadi kalo dipipisin dalam kondisi darurat bisa diangin-anginkan doang, hahahaha emak males yah. ( 1 lusin katun biasa Rp 300.000 + Bahan fanel isi 3 biji Rp 150.000).

Saya belinya merk Nory untuk yang katun karena motifnya lucu-lucu dan merk carter untuk bahan flanel.

Namun model bedong gini kadang sama ibu baru kurang praktis. Saya kadang kesulitan nguwel-nguwelnya hahahaha.

Nah, bagi ibu yang ngga pinter pakein bedong yang lepasan gini, mungkin bisa coba bedong bayi instan.


Salah satu yang rekomended nih bedong bayi Instan Merk Lanugo.

Kalau bagi kita kita nih yang masih ibu unyu, pakai bedong instan kayak gini membantu banget. Soalnya ngga ribet untel untel bayi. Untuk Merk Lanugo kelebihannya ada di Vecronya. Itu lho, pas bagian untuk merekatkan, biasanya kan di merk bedong instan lain, dia cuma segaris tipis sehingga kita harus ngepas-ngepain sesuai garis rekatnya. Nah kalau di Lanugo, velcronya itu berbentuk sayap lebar, jadi bisa sesuai dengan ukuran tubuh bayi kita, ngga kegedean ngga kesempitan, tinggal dicari posisi yang pas.

Gambar dari sini 
Waktu Tara masih bayi dulu, saya dibedongnya ngga lama kok, palingan dua mingguan doang yang bedong full, sesudahnya ngga dibedong full, tapi sebatas dada aja, tangannya dibiarkan bebas. Gerah juga kali ye dia mak, dikekepin gitu.

Ngga apa kok, kalau udah kita rasa anaknya udah bisa dilepas tangannya, bisa aja ngga usah dibedong full.

Ada 4 posisi membedong yang bisa dijadiin referensi.

gambar dari sini 
Kalau yang model instant begini, sebijinya seharga Rp 97 ribuan. Bolehlah buat ganti-ganti sambil belajar membedong yang benar, hahahaha.

3
1.       Popok

Popok Bayi

Berdasarkan pengalaman Tara dulu, popok bayi itu butuhnya banyak. Soalnya anak kicik imut-imut itu abis mimik pasti pipis, baru diganti popoknya, ngga lama pup, gitu terus, sehari bisa sampe berpuluh kali, makanya persediaan popok harus banyak.

Saya beli kemarin 2 lusin popoknya. Soalnya sekarang juga lagi musim hujan, takut ngga kering. Beli yang bahannya tipis aja, ngga usah yang tebal-tebal. Warisan Tara entah udah dimana, jadi ga apalah beli baru aja, lagian harga popok ngga terlalu mahal. ( 2 x @ Rp 80.000 = Rp 160.000)

Kok ngga pake diapers aja mak?

Soalnya kulit bayi baru lahir kan masih sensitif ya bu ibu. Kasihan juga anaknya kalau langsung dipakein diapers. Tapi saya juga tetap sedia sih , untuk malam, biar ngga capek kali bangun-bangun setiap saat. Ini juga dari hasil pengalaman Tara dulu. Kalau malam dipakein diapers, bayinya lebih nyenyak tidur, emaknya juga. ( 1 pax Rp 65.000)

Tapi yang pasti pilih diapers yang super lembut. Kalau saya pakai Merries yang putih untuk new Born, itu lembut banget bahannya mak, ngga bikin kulit bay iritasi. Tapi malam aja ya mak. Kalau siang biarlah pakai popok dulu.

.       Baju New Born

Iya sih anak bayi gedenya cepet, jadi beli aja baju yang agak gede biar masa pakainya lama. Dulu waktu Tara gitu tuh mak, jadi pas baru lahir bajunya kedodoran semua, xixixi. Sekarang saya sediain juga baju yang new born banget, yang imut-imut kecil mungil, biar ngga kedodoran lah, biar adeknya cakepan dikit.

Baju New Born



Belinya ngga banyak, setengah lusin doang. ( 6 x @ Rp 18.000 = Rp 108.000). Recommended sih merk Nova, ivory, fluppy atau Libby. Harga terjangkau bahan lembuuuut.

Sisanya beli yang ukuran 3 bulanan. Pokoknya berdasarkan pengalaman Tara, saya ngga mau lagi beli sesuatu sebelum umurnya. Misalnya nih dari sekrang udah beli untuk ukuran 6 bulan biar ntar ngga usah beli lagi. Lha jadinya malah pas tepat usianya segitu, bajunya dah bladus, atau kalau ngga, gara-gara kebanyakan stock yang belum usianya, malah ngga kepake karena saya lupa, ketelingsut nyimpennya dan pas ke toko bayi lihat model yang lebih unyu jadi tertarik beli.

Pokoknya beli yang sesuai kebuthan saat ini aja, titik

4. Baju ukuran 3 bulan sampai 6 bulan

Sebenarnya baju ukuran new born dan 3 bulan beda tipis sih, tapi tetap beda lo. Dengan asumsi anaknya cepet gede, dan kemungkinan selama 3 bulan pertama bakal rempong kalau harus bolak balik ke toko bayi, maka baju ukuran 3 bulan bolehlah udah distock. Tapi ngga usah banyak-banyak juga, saya belinya juga setengah lusinan doang. Rekomended merk Nova, Libby atau Fluppy, lembuut soalnya. (6 x Rp 40.000 = Rp 240.000)

Baju pasangan dengan celana pop


Baju Tidur


Di mix, antara lengan panjang dan lengan pendek, beli yang sepasang dengan celana popnya. Terus saya juga beli yang merk carter, yang sepasang-sepasang itu atasan dan bawahan, lucu-lucu deh mak.  ( 1 set Baju + celana = Rp 300.000)

Baju Atasan Merk Carter, 1 Set isi 5 biji


Celana Merk Carter, 1 set isi 5 Biji


Saya ngga beli jumper, karena kurang suka. Lagian kalo beli jumper harus beli legging lagi. Mending beli setelan carter, lebih hemat dan lebih cakep.

Apa cukup segitu doang?

Berdasarkan pengalaman sih cukup, apalagi ntar biasanya bakal banyak yang ngado baju bayi. Hahahaha ngarep lo. Iyaaaa waktu Tara dulu, banyak banget dapat kado baju, sampe banyak yang ngga kepake. Bukan karena ngga sesuai slera saya, tapi saya kelupaan makaikannya, karena yang ada aja masih bagus, jadi yang baru ngga dibuka dari bungkusnya, disimpen, eh as mau dipake udah kekecilan. Makanya belinya ngga usah banyak-banyak. Lagian kalo kurang tinggal mlipr ke Athena.

( Baca : Baby Shower )

5.       Singlet


Singlet Baby
Beli yang ukuran kecil, biar pas di badanlah, Selusin cukup ( @Rp.8500 x 12 = Rp 102.000 )

6. Sarung Tangan dan Kaos Kaki, Topi

Mengenai sarung tangan, banyak juga orang berpendapat sebaiknya ngga usah dipakein, karena kebiasaan bayi mengemut jari-jari tangannya memang kebiasaan yang dibawanya dari rahim dan itu membuatnya nyaman. Namun, kalau saya pribadi tetap dipakein di awal-awal, soale waktu Tara dulu, dia suka banget masukin tangan ke mulutnya yag sampai seluruh bagian tangan itu masuk, kan bisa kelolotan mak. Di samping itu, biar kuman-kuman ngga masuk ke mulut bayi.

Sarung Tangan, Kaos Kaki dan Topi untuk menghangatkan bayi

Sarung tangan dan sarung kaki pasangan


Kalau kaos kaki, fungsinya biar si bayi hangat.
Sarung tangan dan kaos kaki ini kayak barang setan, entah bagaimana selalu hilang sebelah-sebelah, Saran saya sih beli aja semua dengan motif sama, biar kalo ada yang hilang sebelah-sebelah ya ngga masalah, masih tetap ada pasangannya. Tapi kemarin saya belinya yang 1 set isi 6 gitu, ternyata warna warn, ya udahlah ga apa. Sediain setengah lusin aja cukup. ( Setengah lusin Rp 60.000)

Nah sebenarnya untuk kebutuhan pakaian bayi, itu aja udah cukup.

Kemudian , baru deh mikirin perlengkapan bayi baru lahir lainnya.

Perlengkapan tidur:

1.       Bantal

Beli 2 set aja, yang terdiri dari bantal peyang dan gulingnya. Sebenarnya gulingnya penting ngga penting sih ya. Yang penting itu bantalnya.

Kenapa beli 2? Ya buat ganti-ganti, soalnya kepala bayi sering basah sama keringat, jadi ntar bantalnya ikut basah juga, kalau ngga diganti-ganti ya bau dong.

Tapi ada juga beberapa bayi, yang lebih suka ngga pakai bantal. Tara dulu sampe usia 3 bulanan aja pakai bantal, setelah itu dia lebih suka langsung ke kasur. ( Harga @Rp 100.000)

2.       Perlak


Perlak


Ini wajib punya biar ngga langsung ke sprei, beli 2 kalo bisa, jadi kalo satu kotor kena pup, ada gantinya. (@ Rp 70.000)

3.       Kelambu

Saya belinya yang model biasa aja, lebih simpel, buka tutup kayak payung. Ini penting punya, soalnya biar si dede ngga digigit nyamuk. Satu aja cukup. ( @Rp 50.000)

4.       Selimut

Selimut bayi sebenarnya fungsinya bukan buat tidur sih, soalnya dia kan udah dibedong, lagian bedong itu sendiri kalo ngga dipakai buat bedong bisa juga berfungsi untuk jadi selimut.

Nah makanya selimut bayi yang dibeli yang fungsinya lebih untuk kalau mau bawa bayi keluar rumah?

Lhaaa ngapain bawa bayi merah keluar ?.

Misalnya untuk imunisasi gitu lho bu ibu, bukan untuk ngemall.

Beli yang ada topinya. Satu aja cukup. Pilih bahan yang agak tebal, biar fungsi melindunginya dapet. Tapi ngga usah beli yang berbulu-bulu, soalnya takutnya si dede masih rentan, atau alergi sama bulu-bulu. Beli yang mirip bahan-handuk-handuk gitu, tapi yang lembut, selain hangat juga mudah dibersihkan. ( Rp 200.000 – Rp 300.000)

Nah itu untuk perlengkapan  tidur

Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi bayi ngga banyak kok

1.       Ember mandi

Kalau udah punya ya ngga usah beli lagi. Saya ngga beli, punya Tara masih ada. Lagian ngga harus punya juga sih, ember biasa juga ga apa ( Rp 40.000 – Rp 200.000)

2.       Baby Bather

Nah ini nih yang menurut saya harus punya, soalnya membantu banget saat mandiin bayi. Pssst biasanya juga banyak yang ngadoin ini, karena fungsinya oke, harganya ngga terlalu mahal. Belinya ntar aja, pas usia dua mingguan, soalnya di awal-awal pan dimandiin bidan (kalo saya yah), jadi belum perlu, ngarep kado juga hahahaha ( @ Rp 200.000)

3.       Sabun mandi dkk.

Perlengkapan mandi bayi baru lahir, itu bisanya sabun sekalian shampo, jadi sediain yang top to toe wash aja. Trus Baby oil buat ditetesin di air mandinya. Yan perlu dibanyakin tuh persediaan baby oil, karena multifungsi banget. Untuk air mandi, sama untuk bersih-bersih daerah lipatan-lipatan tubuh bayi. Minyak telon juga perlu banyak, karena bayi masih retan masuk angin. ( 1 set Rp 80.000)

Tapi, lagi-lagi, saya sarankan ngga usah dibeli dulu, Soalnya ntar pas kita keluar dari rumah sakit bakal dikasih seperangkat bedak, sabun, baby oil, minyak telon, sama RS nya. Cukup buat dua minggu sampe sebulanan. Seterusnya, biasanya ada yang ngado hahahahaha.

Iya lhoo, waktu Tara dulu, sampe usianya setahun saya sama sekali ngga penah beli perlengkapan toiletress ini, banyak banget soalnya.

4.       Handuk dan Wash Lap


Handuk dan Wash Lap


Handuk minimal beli 2 biji lah.  ( @Rp 70.000 = Rp 140.000).
Wash lap fungsinya buat ngelap-ngelap ( ya iyalah ), beli selusin aja. Wash lap ini juga untuk dibawa kalo pergi-pergi, buat ngelap-ngelap iler bayi. Beli yang merk carter karena lembut dan motifnya lucu-lucu. ( i set Rp 42.000 )

5.       Kapas Bola

Kapas bola keperluannya bukan untuk mandi, tapi untuk bersihin pup si bayi atau habis bayi pipis.



Dulu waktu Tara, awal-awal saya pakai tissue basah gila yah sekali pup bisa habis berapa lembar tuh tissue, padahal kan harga tissue basah lumayan ya mak. Setelah ngobrol sama adek saya dikasih tau pakai kapas bola, hemaaaat, xixixi.

Cara pakainya, kapas bolanya dicelupin di air, trus dipake bersihin pup bayinya. Pakainya satu bola sekali aja yah jangan berkali-kali, searah dari kemaluan ke anus, sekali pup paling abis 3-5 bola.

Tips biar ga repot bolak balik ambil air, sediain air di tempat khusus, di tupperware gitu, jadi kalo mau bersihin bayi, kapas dicelup ke air, trus abis dipake, kapas langsung dibuang ke tong sampah, jadi airnya tetap bersih. ( 1 bungkus isi 100 Rp 15.000)

Nah perlengkapan mandi itu aja. Selanjutny printilan perlengkapan bayi lain yang mau ngga mau juga harus punya.

Lain-lain

1.       Tas perlengkapan bayi

Ini penting, buat keluar rumah, kalau imunisasi ya moms, kalau masih sampe usia 3 bulanan kayaknya kalau ngga penting-penting amat, bayinya ngga usah diajakin ikut deh. Kasihan soalnya. Tapi itu sih terserah emak bapakanya yah. Apalagi kalau ngga punya pengasuh ya, maka mau ngga mau bayinya harus dibawa.

Tas perlengkapan bayi ini, enaknya sih ya yang bukan untuk bayi, alias harusnya untuk emaknya. Jadi ngga usah beli yang gambar-gambar boneka, hahaha biar emaknya bisa tetap gaya. Kalau untuk bayi baru lahir, sebaiknya beli yang model selempang samping aja jangan ransel, biar gampang kalau mau ambil apa-apa. Pilih yang banyak laci-lacinya.


Tas Bayi Merk Babyscot, Bisa dipakai papanya juga

Merk Baby Scot udah lumayan, tapi pilih yang motif netral, harganya sekitar Rp 150- Rp 200 ribu ajah. Kalau mau yang bagusan yanh merk Okie Dog tuh saya suka, tapi di atas 400 ribu, Terserah deh mau beli yang mana.

Atau mau nunggu kado juga?, hahaha gpp moms, siapa tahu ada yang ngadoin, lumayan kan ngga perlu beli.

Lagian kalau lahirannya di rumah sakit, ntar pas pulang dikasih tuh sama Rumah sakitnya tas bayi gratis (udah dibebabnin ke biaya persalinan), jadi bisalah sementara ngga usah beli dulu wakakaka, nunggu kado... nunggu kado.

( Baca juga : Mommy Shower )

2.       Box Bayi

Saya ngga beli. Karena lebih suka dedenya tidur sama saya. Kalau memang butuh, ntar sewa aja, 300 ribu udah untuk 2 bulan xixixi. Tapi kalau mau beli ya ga apa, harganya sekitar 700 ribu sampe tak terhingga. 

Kenapa saya ngga pakai?. Karena rumah saya ukurannya mini, ngga cukup buat disesekin box bayi, dan karena box bayi mahal. Pinjem aja punya adek saya yang udah ngga dipakai.

3.       Gendongan

Kalau masih bayi banget lebih nyaman pakai jarik sih menurut saya ( Rp 40.000- Rp 100.000), .Tapi kalau jarik ngga usah beli, minta sama ortu aja, atau ngga ntar pas kekahan bakalan ada yang ngasih hahahaha.

Kalau saya karena udah punya lungsuran Tara jadi fixed lah ngga beli. Udah punya baby wrap sama Boba juga.

Harga Boba @ Rp 1.400.000,-
Harga Ergo Baby : Ori Rp 1.800.000,-, KW  Rp 350.000,-

Boba Carrier, Recomended bangets 

Ergo Baby. Saya beli Yang KW. Abaikan DIan Sastronya, Lho hahahaha

Inget ya buibu, sebagai masukan saja, beli gendongan ngga usah yang merk abal-abal itu. Yang harganya sekitar 100-300 ribu, bisa saya jamin ngga enak sama sekali. Ngga nyaman buat yang gendong, juga ngga safe buat bayinya.

Kalaupun mau beli dengan budget segitu, mending beli yang bermerk tapi KW . Kayak ergo baby itu, KW nya lumayan sekitar 300 ribuan, atau kalo yang model sling juga, KW baba Sling sekitar 300 ribuan. Tapi lumayan banget daripada yang dijual di toko perlengkapan bayi yang model silang-silang itu. Trust me deh.

Tapi untuk bayi, pake wrap itu paling oke deh. Ngga ribet-ribet amat kok, kalau dah biasa tinggal lilit-lilit entar udah jadi. Waktu Tara saya pake baby wrap yang merk Sleepy wrap. Harga sekitar Rp 500 ribuan. Tapi ada merk lokal yang lebih murah bobyta sekitar Rp 250.000,-. Enak moms, bayinya juga nyaman.

Baby Wrap

( Baca : Tak Gendong Kemana-mana )

4.       Stroller

     Stroller ini juga penting ngga penting menurut saya, tergantung habit orangtua, tempat tinggal maupun aktivitas si ortu. Pengalaman waktu Tara, stroller cuma digunakan paling 3 kali doang, pas ngemall. Itu pun banyakan jadi tempat barang belanjaan, soalnya Tara maunya digendong.

     Kalau saya ngga butuh-butuh amat karena jarang ngemall, saya punya pengasuh, jadi kalo pergi-pergi Tara saya gendong, pengasuh yang bawa segala printilan, bayi masih mungil juga masih ringan.
 
    Namun ntar kalau udah agak gedean, stroller dibutuhkan juga, tapi kan jenis strollernya udah beda, makanya menurut saya ngga perlu beli di awal kalau ngga butuh. Kalau yang ngga punya pengasuh, stroller perlu nih, biar emaknya bisa handsfree melakukan apa-apa sambil bawa bayi. Pilih yang hadap ke ibu ya moms, soalnya pengalaman saya dulu mau hemat langsung beli yang hadap depan, ya pantes aja neng Tara ngga nyaman. ( dari R 700 ribu sampai tak terhingga)

5. Pompa Asi

    Kalau emaknya di rumah, ya ngga usah beli, mahal soalnya hahaha. Tapi kalau emaknya kerja, wajib punya. 

Rekomended merk Medela, itu yang udah pernah saya pakai. Kata temen-temen saya, merk Avent juga bagus, tapi yang model comfort ya bukan yang model tegak lurus.

Beli yang manual atau yang elektrik?

Pengalaman saya, dulu beli dua-duanya yang manual dan elektrik, ternyata lebih enak yang manual, lebih banyak hasilnya. Di samping itu harga antara manual dan elektrik itu jauh banget booo bedanya. Manual Medela Harmony sekitar Rp 675 ribu, sedangkan yang elektriknya sekitar Rp 1.800.000,- xixixi, jadi kalau saya sih lebih pilih yang manual.

Udaaah segitu dulu, ntar sambung lagi ke postingan selanjutnya, untuk keperluan emak dan perlengkapan tempur menyusui.

Hmmm, kalau udah di list gitu, jadi bisa deh memperkirakan budget yang harus disediakan untuk perlengkapan bayi baru lahir. Tapi moms, harga-harga di atas itu based on harga toko perlengkapan bayi, mungkin kalau beli di grosiran lebih murah. Saya, karena belinya dikit-dikit doang jadi lebih praktis ke toko ajah.

Kira-kira ini nih Hitungannya.


Itu belum termasuk yang gede-gede ya moms. Tenang ngga usah pusing. Rezeki dede bayi selalu ada. Beli yang penting-penting aja. Kalau mau lebih murah beli online atau tunggu kado xixixi.

Nah, semoga membantu mommy mommy newbie yang baru mau launching anaknya. Kira-kira ada yang perlu ditambahain ngga untuk perlengkapan bayi baru lahirnya nih?.




29 comments on "Serba-Serbi Perlengkapan Bayi Baru Lahir"
  1. Wah lengkap banget.. Btw baju-baju newborn nya lucu-lucu..
    Kalau celananya ada beberapa yang mirip punya saya juga *kita satu selera mbak ---Toss
    Sehat selalu ya buat baby :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah toss dulu mak yang seleranya sama. iya nih kalo dah ke toko bayi langsung kalap, lucu2 semua. pengen beli semuaaaa

      Delete
  2. Kapas bola kalo aq bikin sendiri win. Beli kapas yg kiloan di apotek lalu dibikin bulat2 sendiri. Jauh lebih hemat, hehe... Moga lancar persalinannya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh rajinnya hahahaha. Tapi memang lbh hemat ya.

      Delete
    2. Iya kk, beli yg setengah kilo, 15 ribuan, udah 4 bln blm habis2, kuncinya rajin nge bulet2in :-D haha

      Delete
  3. anakku perkiraan lahir awal maret ntr.. tp nth kenapa ya, sampe skr aku ga mood belanja2 keperluan dia -__-.. mikirnya, pake punya kakanya ntr aja.. brg2 yg msh kurang, baru deh ngarep dr kado hahahahah ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha iya kalo masih ada ga usah beli lah sayang duitnya. Untuk keperluan lain aja

      Delete
  4. Thanks ya win infonya membantu sangaaat... jgn bosen klo ditanya2 lg yaa hehehe...

    ReplyDelete
  5. Pas banget byat referensi apa aja nanti yang mau dibeli. Dan karena anak pertama jadi kayaknya smua kudu dibeli :v

    ReplyDelete
  6. Lutcu-lutcuuu...

    Anak pertama semangat belanja. Anak kedua mah aku lebih santai sih

    ReplyDelete
  7. lengkap :) saya jadi ingat waktu dulu mau punya bayi juga nge-list panjang lebar begitu. Cuma sayangnya saya gak punya foto yang ngendong bayi pake gendongan modern gitu, gak bisa makenya hehe... kalo gendong bayi saya pake jarit hihi jadul banget ya...

    ReplyDelete
  8. masihh mupeng sama gendongan ergobaby dan tas bayinya
    mksh rekomendasinya mb

    btw, ak salah satu pengunjung setiamu..
    mau ninggal jejak, ga sempat muluk #alesanbgt ya

    suka, bahasanya renyah..
    apalagi yang waktu itu tentang working mom!
    semangat!! :)

    ReplyDelete
  9. Nunggu kado *teteup, haha

    Kak win, kk win, sukaa sharingnya, gue banget, perlu tahu merk dan harga serta kualitas :-P

    ReplyDelete
  10. Terima kasih bunda Windi, telah berbagi, ini sangat membantu buat calon ibu seperti saya.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah nemu yang sharing ginian, aku hamil anak pertama sekaligus cucu pertama mama, jadi saling bingung mau beli persiapan berapa banyak. Untung mba windi sharing post ini, jadi bisa kebayang kira2 belanja nanti ^^

    Thank you

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. Terima kasi referensinya,,, ini sangat bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  14. alau pakai bedong, dia jadi kayak satu kesatuan utuh gitu, jadi gendongnya gampang. <-- eini iya banget.. ngerasa lebih safety aja gitu kalo dibedong, ngeri gendongnya kalau tanpa bedongan...

    ReplyDelete
  15. Momss berguna banget infonya ;) btw medela harmonynya kok mahal banget? Aku beli 300an di mangga dua wkwk

    ReplyDelete
  16. Lengkap sekali infonya.. Detail banget! Sampai harga-harganya juga ada, haha jadi ibu ya mesti detail ya, hahaha.

    Untuk moms yang masih bingung bagaimana merawat si kecil , boleh cek info ini!

    ReplyDelete
  17. Ya Allah, jadi makin gak sabar buat nunggu kelahiran dedek kecilku, hehehe
    Makasih ya mba infonya, sangat bermanfaat
    salam kenal

    ReplyDelete
  18. "Tenang ngga usah pusing. Rezeki dede bayi selalu ada."
    Saya sukaaa kalimat ini ☝

    ReplyDelete
  19. Infonya sangat bermanfaat untuk saya yang lagi hamil,Mak. Thank you yaa

    ReplyDelete
  20. Mendadak jd melow baca postingan ini, keinget udah naruh perlengkapan baby di kardus. Rencananya mau dikasikan org aja krn udah gak planning bikin dedek lagi hehe.

    ReplyDelete
  21. Waaa... banyak banget listnya. Tapi aku bookmark ah, kalau nanti hamil kan bisa siap-siap ya.. ^^

    ReplyDelete
  22. Tenang ngga usah pusing sekarang diapers itu sudah banyak natasha dari umurnya 4bulan sudah pake pokana , diapers korea gitu motifnya lucu lucu bun terus daya serapnya juga bagus bun saya coba pegang setelah dipake lama tetep kering loh ..

    ReplyDelete
  23. hy sis bagus juga nh postingannya .
    Ciptakan Bisnis Online Milik Anda Sendiri
    Kami Sediakan Semua Kebutuhan Bisnis Anda, GRATIS!!!

    Kunjungi website kami http://mutubiz.com/tr.php?mc=uk&pc=mn&rt=web
    daftar dan download applikasinya

    Berbisnis Online Tidak Pernah Semudah Ini.
    Jualan Yuk!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)

Custom Post Signature