Ekspektasi vs Kenyataan Setelah Jadi Ibu

Wednesday, September 21, 2016



Saya itu sebenarnya orang yang menjunjung tinggi idealisme....... versi saya dong tentunya. Maksudnya , ada pakem-pakem tertentu dalam hidup yang saya punya aturan sendiri.

Kayak dulu saat mau  menikah dan nyari jodoh, dari jaman SMA, udah bikin list di kertas, calon suami ideal versi saya yang gimana. Pokoknya harus lebih tua dari saya, lebih pintar, ngga mau sama yang ada bau-bau seragam angkatan, titik. Dan memang ternyata suami saya ya ngga jauh lah dari list yang saya buat kecuali satu hal, bahwa ternyata saya dapat suami yang very very kind, xixiix, lucky me.
Jangankan milih pasangan hidup, ngeblog aja saya punya idealisme sendiri lho, pantang memasukkan produk bank sebelah disini, berapapun bayarannya, hahahaha.

( Baca : Tentang Idealisme )

Sebelum menjadi ibu juga demikian, saya udah mikirin idealisme-idealisme yang bakal saya pegang untuk keluarga saya, khususnya saya sebagai seorang ibu kelak. Soalnya sering banget baca-baca di temlen facebook, jadi ibu harus begini harus begitu, yang kayaknya kalau saya pikir-pikir, ealaaah gampanglah itu, gitu doang.

Tapi, ternyata hidup kadang ngga semudah pesen gojek kalau pengen martabak.

Pas udah jadi ibu beneran, saya suka membatin " Manaa...... itu teori, kok susah sih, " wahahaha.

Nih beberapa hal setelah jadi ibu yang ngga sesuai antara ekspektasi dan kenyataan.

1. Pasca Melahirkan

Ekspektasi : Badan Singset sebelum masuk kantor

Udah bayangin ntar sehabis melahirkan saya bakal perawatan ala putri keraton, pakai segala lulur, mandi kembang, ratus, apalah yang bisa bikin body kembali ke awal. Makan juga bakal dijaga, banyakin sayur, porsi nasi sedikit ajah. Biar tetep kece kayak mami zaskia.



Kenyataan :

Ya Allah, ternyata pakai gurita dan stagen itu begitu menyiksaaa. Kenapa??? Kenapa..... para wanita mau memakainya. Itu benda paling saya benci pasca melahirkan. Jadilah, pasca lahiran Tara saya cuma sempat pakai gurita dan stagen sebulanan doang. Itupun saya pakai siang doang, malam saya lepas, sesak booook. Udahlah pakai korset aja -___-

( Baca : Serba-Serbi Perlengkapan Ibu Menjelang Persalinan )

Masalah makan juga, awal-awal iyalah, saya makan banyakin sayur, nasi dikit aja. Eh lha kok ASI ku seret, akhirnya sama ibu saya disuruh makan yang banyak biar sehat, biar ASInya banyak, biar anaknya juga sehat.

Hepi juga sih disuruh makan banyak xixixi, semacam ada pembenaran gitu. Eh lama-lama kok memang malah kalau makan dikit itu ngga nampol ya, jadilah walau udah sarapan, saya masih sanggup ngemil (ketoprak) di kantor di jam 10, dan masih sanggup makan nasi padang saat makan siang. Ya ampuuun, kok pas menyusui itu nafsu makan gila-gilaan. Mau ngunyaaah aja. Sampai sekarang, ngga mau deket-deket timbangan. Ntar aja kalau udah ngga nyusui lagi, wahahaha.

Me rite now versi badan dimiringin untuk ilusi optik wahahaha


2. Menidurkan Bayi versi 1

Ekspektasi :

Anak saya ngga akan saya pakaikan ayunan kayak adek-adek saya. Ih ngga lah ya, ntar kebiasaan, ketergangtungan. Susah kan kalau kemana-mana harus bawa ayunan. Anak itu tidur harus dikondisikan, lampu dimatikan, cukup di puk puk pantatnya .

Kenyataan :

Sampai jam 12 malam, ngga ada tanda-tanda si bayi mau bobo. Dinenenin bobo, gitu diletakin bangun, dinenenin lagi bobok, diletakin bangun, gitu terus sampai negara api hengkang dari muka bumi. Padahal emaknya dah ngantuk parah, dan kalau tidur kayak kebo, ngga pengen digangu.

" Pakai ayunan aja kak", kata adek saya.

Akhirnya saya nyerah, masukin Tara di ayunan yang memang ada di rumah omanya, dan ajaib yang tadi nangis-nangis, diayun bentaran doang udah liyer-liyer, dan pules boook. Sujud sukur, Besoknya langsung suruh suami beli ayunan buat di rumah



Pas anak kedua, ya udin ngga pakai coba-coba, langsung aja pakai ayunan. Sungguh ayunan itu sudah mempermudah hidup saya 70 persenlah soal menidurkan bayi. tauk dah anak guwe kok pada susah diajak tidur, maunya main muluk. Kemarin aja pas mudik ke Jogja, perlengkapan ayunan saya bawa dong, hahaha. Ngga satu set sih, cuma bagian atas dan per nya aja, biar Divya bisa bobo nyenyak walau di tempat baru. Ah ternyata ngga merepotkan juga kok bawa-bawa ayunan kemana-mana.



3. Menidurkan Bayi versi 2

Ekspektasi :

Setelah pules diayunan, diangkat ke tempat tidur, bayi bobok dengan sempurna. Emaknya juga bisa bobok dengan tenang.

Kenyataan :

Balik lagi ke kasus nomor 2, Gitu udah lelap di ayunan, dipindahin ke kasur, eh melek lagi dong si bayi, disusuin dulu biar bobo. Udah bobok, letakin ke kasur, melek lagi, hwaaaaaa kapan akoh tiduuuur kalau gini.

" Pakaikan kompeng aja kak" sayup-sayup, penasehat saya berbicara. Iyaaa adek saya,

" Nih, coba pakai kompeng Fadlan dulu"

Kasihkanlah kompeng ke Tara, Langsung dikenyot, nyot nyot nyot, eh dia tertidur lagi, Masih deg-degan saya tungguin, bakal bangun ngga, ternyata ngaaa....... Wuhuuuu. Saya pun bisa tidur. Dan iyes, itu si anak bayi, tidurnya jadi nyenyak setelah dikasih kompeng. Mungkin berasa nenen di payudara saya kali yak.



Besok, kembali si papah disuruh beli kompeng buat anaknya. 

Saya bahagia.karena setidaknya bisa tidur minimal sampai Tara merasa haus 2 jam ke depan, 

Kompeng telah menyelamatkan tidurku.



4. Membawa Bayi Ke Mall

Ekspektasi :

Saat lihat abang saya ngemall sama kakak ipar di usia anaknya sebulan, saya udah berjanji dalam hati, ngga akan mungkin saya bawa anak saya ngemoll, minimal sampai usia 6 bulan lah. Masih bayi, kasihan, mol itu kan banyak kuman, banyak penyakit, ngga steril untuk bayi.

Kenyataan :

Cuti melahirkan di rumah selama 2 bulan dengan bayi yang entahlah, kadang ngga bisa dibaca isi hatinya, membuat diriku butuh hiburan. Di usia Tara 2 bulanan, saya udah merengek ke suami " Papaaaah ayo kita ngemoll". Jadilah kami bertiga akhirnya ngemoll. Ngga ngapa-ngapain sih, cuma makan doang, sama beli-beli keperluan Tara yang kurang.

" Huuuuu, katanya ngga akan ke moll sama bayi" ejek kakak ipar.



Aku butuh refreshiiiing.


5. Makanan Bayi

Ekspektasi :

Ntar bayi guwe pastilah makanannya home made 100 persen. Lhaa apa susahnya sih bikin makanan bayi. Palingan cuma pure buah, bubur. Ah kecil mah itu. Heran deh kok ada  ibu-ibu yang kasih makanan instan ke bayinya.

Kenyataan :

Tetep makanan home made dooong. Walau kerja, masih nyempetinlah masak Mpasi untuk Tara. Udah bikin stok beras merah tumbuk yang sudah di sangrai. Tinggal dimasak bentar di kompor, tambahin asi, jadi deh bubur susu. Itu sebelum masuk kantor.

Gitu ngantor mulai keteteran, eh pas ke Berastagi Supermarket nemu bubur Gasol. Itu lhoo, aneka bubur yang udah dikemas, jadi tinggal dimasak doang di rumah, ngga rempong numbuk-numbuk beras segala.

Langsung saya beli yang beras merah dan kacang ijo. Di rumah tinggal dimasak doang. xixiix ngga tau sih ini termasuk makanan instan atau ngga, soalnya kan harus dimasak juga.

Trus saat usia tara 8 bulan, kami liburan ke Jogja, udah segala macam peralatan tempur Mpasi dibawa. Tupperware yang bisa mencacah makanan itu pun ngga ketinggalan, ekspketasinya ntar disana saya masak aneka makanan sehat untuk Tara kayak biasa di rumah. Malahan saya udah bawa segala wortel, alpukat, brokoli, dari rumah, wahahaha.

Ternyata pas liburan itu rempong ya cyin, boro-boro mau masak, mau bangun aja males, hahaha. Jadilah selama seminggu di rumah papanya di Kutoarjo, Tara makannya Milna, dan teman-temannya #tutup muka.

( Baca : Milna, Mpasi Fortifikasi )


6. Diapers

Ekspektasi : 

Kalau punya anak pokoknya harus pakai clody. Saya kan pecinta lingkungan. Biar bumi bebas sampah diapers. Lagian clody kan bisa dipakai ulang, hemat, dan katanya mencegah ruam pada pantat bayi.

Kenyataan :

Pakai sih sebentar, kan adek saya jualan clodi. Jadi saat lahiran Tara, saya dikasih dua biji clodi untuk dicobain.

Kemudian, kok ya ribet yah. Masa kalau kena pup harus langsung dicuci, Saat itu kan ART baru satu orang, kasihan juga dia harus cuci popok terus. Cuma bertahan sebulanan doang, udah gitu saya coba diapers merk Merries yang lembut banget itu. Untuk pantat Tara , sebelum dipakein diapers diolesin cream dulu, horeeee sampai sat ini Tara ngga pernah kena ruam popok. Dan ngga rempong ya bu ibu, habis pakai langsung buang.

Maafkan diriku bumi tercinta.Kali ini saya egois ajalah, demi tidur yang lebih lama.




7. Gadget untuk Anak

Ekspektasi :

Nooooo, anak saya ngga akan dikasih gadget. Saya bakal jadi teman bermain paling menyenangkan di dunia.

Kenyataan :

Selama setahun mah sukses dijalani, ehmmm setengah tahun berikutnya juga masih oke, masuk usia hampir dua tahunan , anaknya aktifnya udah luar biasa. Alhamdulillah ya. Tapi jadinya kalau makan di luar, dia heboh sendiri, serak-serak makanan, kalau ngga ya lari sana lari sini. Yang mana emaknya pengen juga makan sambil duduk manis. Kasihin tab aja deh, dan Tara anteng, duduk manis mainin tabnya. emak sama papanya bisa makan dengan tenang.



Usia dua tahunan lebih, saat saya hamil anak kedua, waaah badan udah mau remuk redam pulang kerja, pengennya istirahat, pengen tidur. Jadi demi emaknya bisa tenang barang sejaman, si Tara dikasih tablet dulu, nonton upin ipin dan main sama Diva. Anak tenang, emak senang, plus ternyata gadget ngga jelek-jelek amat kok. Gara-gara sering nonton upin ipin Tara jadi tau baca doa, nonton Diva, dia jadi cepet belajar warna, dan kosakatanya juga jadi banyak banget.

( Baca : Gerakan No Gadget, 639)

Pokoke sepanjang ada batasnya, ngasih gadget ke anak, menurut pengalaman saya, ngga selalu buruk kok.#pembelaandiri. Yang penting jangan over dan kita sebagai ortu juga mesti tau diri saat menggunakan gadget di depan anak (ngomong sama bayangan sendiri)

8. Selalu Berkata Dengan Kalimat Positif

Ekspetasi :

Apaan itu ortu kok marah sama anak, bilang jangan, ngelarang ini itu. Ntar kalau saya punya anak, saya bakal yang lemah lembut, kalau bisa jangan sampai marah berlebihan sama anak, dan cencu saja menghindari penggunaan kata " JANGAN'. Kata ahli parenting itu ngga baik buat pertumbuhan psikologis anak.

Kenyataan :

Kenapa??? kenapa ngga boleh bilang "Jangan" saat ingin melarang anak. Menurut saya mah kata jangan boleh-boleh sajalah dilakukan, biar anak tahu mana yang boleh mana yang tidak dilakukannya. Awal-awal sih masih nahan diri, setiap mau melarang Tara, kudu mikir kalimat positif yang harus digunakan.

Misal : Tara mau manjat ke tangga tangki air di dapur.

Kalimat positif : " Taraaa, mainnya disini aja sayang, disitu bahaya"

Yang keluar :" Taraaaa, jangan panjat-panjat naaak, nanti jatuh ".

Kelamaan sih saya mikirnya, takut anaknya jatuh beneran.xixixi.

Atau ngga saat Tara udah pinter jalan dan mulai mengeksplor seluruh rumah, dispenser adalah benda yang paling menarik minatnya. Maka daripada berjuta kata jangan keluar, saya pilih ganti dispenser aja yang lebih aman, yang ngga bisa dipencet Tara, beres.

Marah sama anak.

Kenapa?? kenapa ngga boleh marah?

Menurut saya orangtua itu perlu sesekali marah, saat anaknya buat salah. Misal saat anak menggigit adeknya, masa ngga boleh marah.

Tara itu dulu ngga pernah kami marahin, Sampai usia dua tahun, dia ngga kenal konsep dimarahi.

 Dimarahi itu seperti apa?

Jadi misalnya dia numpah-numpahin makanan, trus saya marahin.

" Tara jangan , ngga boleh gitu, dimakan rotinya bukan dibuang-buang"

Eh dia malah ketawa-ketawa. Dikiranya saya ngomong biasa. Pernah juga dia dudukin kucing sampai kucingnya meronta-ronta, saya larang, dia ngga peduli, akhirnya saya marahin. Eh si anak kicik itu ketawa-ketawa aja. Hadeeeh, sampai frustasi.

Kadang malah kalau dimarahin, dianya malah meluk saya, nyium-nyium, ngga tau kalau bundanya itu lagi marah.

Hari berganti, bulan berlalu, akhirnya saya tahu, apa yang membuat Tara tahu kalau saya marah. yaitu mimik wajah saya. Jadi kalau mau marah, wajah saya harus serem (udah serem sih sebenarnya), mata harus sedikit melotot.

" Tara... Ngga boleh!!!, bunda bilang ngga boleh !!"

Intonasi tegas, wajah kaku, tatap. matanya.

Doi, diem..... wajahnya mulai mewek, satu detik du detik, hwaaaaaa, nangis deh si anak.


Trus saya galau, mau peluk apa biarin, peluk apa biarin. Akhirnya saya biarin dia nangis, ngga mau lihat, takut luluh. Eh ngga lama, si Tara langsung datengin saya, meluk-meluk, sambil nangis, minta disayang gitu, xixixi. Saya peluklah.

" Makanyaaa jangan buat gitu lagi yah, kasihan kucingnya. " ni sambil nyium-nyium Tara.

Trus berikutnya saya tanya dia

" Siapa yang nakal tadi "

" Talaaa bunda"

" Ngga boleh injek kucing ya"

" Iyaaa bundaaa.."

And, case closed, Tara diem nangisnya, saya peluk-peluk anaknya, dan si kucing ngga jadi teraniaya.

Iyesss, saya kadang jadi ibu yang nyeremin kalau diperlukan. Tapi saya pikir, ngga apa sih sekali-kali.



9. We Time Bersama Pasangan

Ekspektasi :

Saya dan suami bakal sering pergi berduaan, ke mall atau nonton. Anak-anak dijaga sama pengasuh di rumah. Pacaran lagi euuuy.

Kenyataan :

Saya dan Mas Teguh beberapa kali pernah pergi berdua aja. Misalnya mau beli pakaian sambil jalan-jalan, karena kalau bawa Tara itu yang ada kami malah lari-lari ngejar dia, ngga jadi belanja. Jadi pergilah kami berduaan, udah bayangin nih dari rumah ntar mau makan dimana, pokoke mau hepi-hepi tanpa anak dululah.

Di jalan pergi sih masih seneng, ngobrol tanpa direcokin Tara.



Nyampe mallnya, sambil jalan, kok berasa ada yang kurang yah. Jadi sambil jalan kami malah diem-dieman. Trus saya nyeletuk.

" Mas, kok sepi ya Tara ngga ikut, kalau ada Tara enak nih bisa main kereta api ntu"

" Iya ya dek"

Lanjut lagi kami muter-muter di mall, trus saya melihat ada balon di sebuah toko.

" Waah ini kalau ada Tara pasti udah merengek minta balon"

" Hahaha iya, pastilah itu"

Trus kami pandang-pandangan.

" Pulang yuk mas, besok aja jalan-jalannya, sama Tara"

" Ayoklah dek"

Wahahahaha, jadi kami batal ngedate. Ngga jadi, sepanjang jalan kok kepikiran Tara teruuus. Ini aneh banget sih menurut saya. Karena kalau saya perginya bareng adik saya atau pergi sendirian, malah ngga kepikiran anak, belanja aja kayak biasa. Tapi giliran perginya sama suami, kok malah inget Tara terus. Kenapa??? kenapa???

(Baca : Me Time )

Akhirnya sampai sekarang, kecuali niatnya nonton yang ada tulisan untuk dewasa alias anak-anak ngga boleh nonton, kami selalu ngemall ya sama Tara. Palingan Divya yang ditinggal karena masih kecil. Oya Divya sampai detik ini belum pernah ke mall lho.

Mungkin memang ngedatenya versi kami udah beda. Kalau mau diniatin jalan berdua, kayaknya cuma nonton aja deh, sampai sekarang yang berduaan. Selain itu, maunya Tara ikut , soalnya Tara anaknya rame, jadi di jalan itu seneng banget denger celotehannya. Papanya juga maunya kemana-mana bawa Tara.

Mungkin karena kami dulu dah lama banget berduaan doang kali ya, hahaha . Kan dulu lima tahun udah puas banget pacaran berdua setelah nikah, jadi sekarang maunya pacaran sambil sama anak. Mbuhlah. 

Apa lagi ya???

Kayaknya itu dulu deh. Ntar kalo ada tambahan ditulis lagi.

Intinya apa? Banyak banget hal yang saya sadari setelah punya anak


  • Jadi orangtua itu ngga gampang. Semua teori parenting itu tujuannya baik banget, tapi ngga semudah itu menjalankannya. Ada banyak kondisi yang berbeda di masing-masing keluarga sehingga membuat gaya pengasuhan anak pun berbeda.

  • Bahwa, terkadang orangtua memang harus dihadapkan pada pilihan, melakukan sesuatu untuk kebaikan bersama, alih-alih cuma mikirin soal idealisme doang. Kayak masalah diapers dan makanan instan itu. Memang benar sih diapers sekali pakai mencemari lingkungan, dan makanan instan tidak baik untuk manusia, apalagi untuk anak. Tapi ada kondisi tertentu dimana menurut saya lebih baik, ngga papalah jahat sama bumi dikit, demi waktu istirahat yang lebih panjang, huhuhu, maaf yah. Untuk makanan instan, baiknya sih dihindari tapi ngga bikin mengharamkan jugalah, biasa-biasa aja, asal jangan 100 persen makanan instan.

  • Bahwa yang namanya menjadi orangtua, prioritas hidup itu jadi berubah, bahkan prioritas terhadap pasangan aja bisa tergantikan. Anak jadi center of universe kita. Kalau kita terus menerus terjerumus dengan stigma bahwa anak adalah segalanya, bisa bahaya juga bagi keluarga dan bagi perkembangan jiwa diri sendiri. Makanya perlu keseimbangan dan kesadaran, bahwa ga apa kok sekali-kali mendahulukan kepentingan ibunya misalnya. Kayak masalah kompeng dan ayunan itu. Kalau memang diperlukan alat bantu, saya rasa ngga ada salahnya kok ortu menggunakannya. Demi anak tidur lebih nyenyak dan ibu lebih banyak istirahat.

Pokoke intinya (dari tadi intinya terus), it's ok not to be a perfect mother versi buku parenting. Sepanjang tidak membahayakan anak, kita bahagia, improvisasi dalam hal pengasuhan anak, sah-sah saja menurut saya.

Kalau saya sih gitu, ngga tau kalau mas anang.

Kalau kamu, gimana nih moms, ada ngga hal-hal yang dulunya jadi ekspektasi kita, tapi kenyataannya ngga bisa terealisir. Share dong



21 comments on "Ekspektasi vs Kenyataan Setelah Jadi Ibu"
  1. Yang memberikan kalimat positif itu memang syusah sekali mba, akupun klo anak dah lakuin something yg bikin jantung deg2an refleknya adalah "Jangan" tapi ada kok mba yang bilang di Al-Quran saja untuk melarang menggunakan kata Jangan jadi boleh2 saja *versi parenting lain :) CMIIW

    ReplyDelete
  2. Idealisme tentan diapers aku banget haha. Jadi dulu berniat utk ga pakein Emir diapers di rumah. Toh aku d rumah doang, ga kemana-mana. Ealah krn ayahnya kerja di rumah, dan gamau seragamnya kena ompol yauda akhirnya make diapers terus :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga males nyuci, dan males ngepel rumah kalau lantai abis dipipisin, xixii

      Delete
  3. Mba Windi kece banget ulasannya.

    Kl saya, pakai popok kain.
    Yang asal anak ngompol, basah doonk sampe baju.

    Jd kl cebok (pesen ibu, ceboknya pakai air, bukan kapas di airin)...ganti baju dan popok kain (lg).

    Cucian numpuk.
    Mesin cuci rusak.
    Di Bandung jarang panas.


    Jadi cucian ga kering-kering.

    Alhasil,
    Lepaslah idealisme dan ajaran ibu yg udah turun-temurun.

    Pakai pospak.

    Heuu...masalah lain, jadilaaah ruam.
    Beli krim ruam, de el el.

    Hawwuu...
    Alhamdulillah, ada clodi.

    Jadi gonta ganti antara pospak dan clodi.

    Bahagiaanyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahagiaaaaa hahahah. pkai clodi enak juga sih, dan lebih irit ya, yg mana yang enaknya lah, pakai dua-duanya juga okeeee. yg penting bahagia,sip

      Delete
  4. Wakakaka.. ekspektasi saya Babam bisa diajak travelling jd cowo2 cool gtu dan enak diajak diskusi, kenyataannya hahayhahayhahay masih banyak pe er

    ReplyDelete
  5. apa yang dapat aku rasakan ketika jadi bapak kelak nanti yaa

    ahh gelap lah kk

    ReplyDelete
  6. Bhuahahaaa ternyata banyaaak ya hehhee...

    Hmmmm aku jd pengen segera punya bayi hehehehe menikmati ekspektasi dan kenyataan ini eaaaaa heheheh

    ReplyDelete
  7. wekeke, tapi katanya gurita bikin perut jadi singset kayak masih gadis dulu, mba win. :P kata ibuku sih, dulu disuruh make itu juga. hehe

    ReplyDelete
  8. umm..jadi kan dulu awak bersumpah demi langit dan bumi kalau anakku gak boleh makan sambil jalan-jalan. harus makan di high chair atau meja makan.
    tapi eh tapi....pada saatnya si boy makan, sirnalah semua teori itu...lebih senang dia makan kalau jalan-jalan sambil kumpul-kumpul sama anak tetangga yang lagi makan jugak.
    ya udahlah ya...yang penting si boy senang...
    awak makanlah teori itu...wakakakakkaka.... :)

    ReplyDelete
  9. ngomong kata jangan kok susah banget... pake mikir kalimat apa yang cocok..anak keburu kabur..

    ReplyDelete
  10. ekspektasi: Adrian (18m) diajak ke kebun binatang, liat hewan2 seneng poto2 selfi, jalan sendiri kejar2an sama babenya.

    realita: dari rumah ceria, doi tidur dari perjalanan sampe ke kebun binatang gendongan sampe akhirnya pulang, djalan pulang doi bangun -___-

    ReplyDelete
  11. Aku tinggal praktek. Skrg praktek sama ponakan tetep aja pakai jangan. Butuh kekuatan ekstra

    ReplyDelete
  12. Setelah jadi ibu, semua hal diatas aku mengalaminya... Kecuali berkata positif karna masih baby hihi...
    Tapi bner bgt, soal diapers, bedong, apalagi soal asi msh jd dilema sampai saat ini karna asiku seret :( hiks...

    ReplyDelete
  13. Lhah Mba..dari Kutoarjo to suaminya? Saya jg Purworejo lhooo.. *komennya ngga nyambung yo ben..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaaa. tp kalo pulkam mefet terus waktunya, pengen ketemu emak2 di purworejo dan kutoarjo padahl huhuhu

      Delete
  14. Sama banget semuanya Mb wind kecuali yg gadget br aku kasih di usia 3 tahunan krn temen2 mainnya udh dibebasin maen gadget tanpa didampingi,.,tp tetep ada waktu2 tertentu ajah boleh maen gadget

    ReplyDelete
  15. banyak sekali ya hal-hal yang gak sesuai, tapi meskipun begitu dengan adanya anak, rumah semakin hangat dan ramai.. hehe

    ReplyDelete
  16. Sharing seru nih. Sepertinya kalau si dedek udah launching nanti, aku bisa nerapin hal hal yang bisa jadi beda banget dari ekspektasi aku sekarang.

    ReplyDelete
  17. Yang terakhir itu gue banget dan suami. Kalo lagi di rumah kadang ngobrol "yuk besok jalan berdua aja, Faizah titip di Opa dulu", giliran jalan berdua malah kepikiran dia dan jadi buru-buru pengen pulang cepat, padahal dia juga lagi dibawa main sama Opa-Omanya ��

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature