5 Tips Jitu Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Friday, September 2, 2016


Kemarin di rumah saya iseng nanya Tara, apa cita-citanya kalau besar nanti. Emak kepo pengen tau nih ceritanya.


Sebenarnya ngga berharap Tara bakal jawab yang fantastis sih, soalnya di usianya yang ketiga ini Tara palingan baru tau beberapa profesi doang,yaitu dokter,guru dan polisi. Itu doang.

Nah jadi pas ditanyain ini nih jawabannya.


Jawaban yang bikin bundanya berbunga-bunga, wahahahaha. Terharu ih. Tara bilang kalau udah besar dia mau kayak bunda, hwaaaa. Ngga ngerti juga sih, kayak bundanya yang bagian apanya, xixixi,

Sebagai orangtua saya mah ngga masalah anak saya pengen jadi apa kelak. Ngga harus jadi dokter atau apalah, karena saya tahu yang namanya kecerdasan itu kan macam-macam,jadi semua diserahkan ke anaknya ajalah.

Yang bisa saya lakukan adalah membantu mewujudkan cita-citanya. Ya dengan memenuhi nutrisinya, sampai menstimulasi agar bakatnya bisa berkembang ke arah positif.

Dan yang pasti, tanggung jawab besar lainnya adalah merencanakan keuangan agar dana pendidikan anak saya bisa terpenuhi. Ngga mauuu banget cita-cita Tara dan Divya terhalang hanya karena masalah biaya kayak saya dulu.

( Baca : Kenali Potensi Anak Sejak Dini dengan MI Play Plan Morinaga)

Iya, seperti yang udah seringlah saya ceritakan di blog ini, kalau dulu tuh saya dan adik saya sempet yang tertatih-tatih  untuk sekolah aja. Hahaha bahasanya kok ngeri kali yah. Karena pada suatu masa, ayah saya pernah di PHK di pekerjaannya, sementara ortu saya sama sekali ngga punya tabungan atau apapun yang bisa digunakan di situasi darurat. Jadilah, kami harus gantian kuliah karena dana yang terbatas. Termasuk saya harus mengubur cita-cita jadi dokter yang kesampaian.

Nah, saya ngga mauuuu banget itu terjadi di keluarga kami. Saya pengennya mau apapun yang terjadi sama saya dan masteg, masa depan Tara dan Divya harusnya udah terjamin gitu. Sebagai orangtua kan kami memang punya kewajiban dan tanggung jawab untuk mengusahakan yang terbaiklah bagi mereka. Terutama soal pendidikan.

Kalau denger cerita teman-teman yanga anaknya udah sekolah, saya kadang keder juga. Gila sih ya, uang untuk nyekolahin anak itu sekarang ampun-ampunan mahalnya. Udah ngalah-ngalahin kebutuhan primer yang lain. Bahkan ada dulu teman kantor saya yang pernah ngomong gini ke saya

" Pokoknya Win, kalau kamu pengen beli sesuatu sekarang, beli aja, ntar kalau anakmu udah sekolah, kamu ngga bisa ngapa-ngapain lagi, semua gaji habis buat biaya sekolah"

Duh kan ngeri itu. Masa setelah anak sekolah jadi ngga bisa ngapa-ngapain.

Tapi sepertinya apa yang dikatakan teman saya itu ada benarnya. Lha dulu ortu saya juga gitu. Kayaknya semua uang habis deh buat biaya sekolah, makanya dulu saya dimasukin sekolah gratis, hahaha, kan lumayan yah ngurang-ngurangi biaya.


( Baca : Warna-Warni Sekolah Kenangan).


Kemarin di temlen fesbuk saya juga sempet ada yang bahas soal uang sekolah. Saya mah nyimak doang. Masa katanya untuk masuk SD aja, uang pangkalnya bisa nembus ke angka 20 sampai 30 juta. Itu sekolah atau DP mobil sih, mahal amat.

Saya sempat membatin, " Ah palingan segitu di Jakarta, iyalah Jakarta apa sih yang murah".

Tapi ternyata pas saya teman-teman yang anaknya sekolah di Medan juga gitu.

" Oh iya Win, kalau di sekolah X itu, uang masuknya 27 jutaan, kalau di SD Y masih 15 jutaan, di SD M 7 juta masih bisalah"

Matek, langsung berkunang-kunang.

Ada sih memang yang ngga mahal samsek. SD negeri masih gratis katanya.

Tapi saya cita-citanya kan pengen masukin Tara SDIT aja, biar komprehensip dan ngga perlu nyari sekolah ngaji lagi sorenya. Pokoke seharian di sekolah, udah dapet semuanya ( Saya pendukung full day school, betewe hahaha).

Nah, kalau biaya SD aja udah segitu, apa kabar masuk SMP, SMA dan kuliah?

Kemarin ponakan mas Teguh baru masuk kuliah, uang kuliahnya itu satu semesternya 7 juta. Itu dia kuliah di universitas yang sama dengan saya. Hueeeh, beda banget sama jaman saya yang 4 juta udah sampe tamat.

Ya ampuuun, ternyata inflasi di ranah pendidikan malah melebihi inflasi umum yah.

Saya googling tadi, rata-rata inflasi di Indonesia berkisar di 1-7%, bahkan pada Juni 2015 inflasi di Indonesia nembus sampai 7,26 %.

Nah sialnya biaya sekolah ngga pernah mengalami penurunan. Kenaikan biaya sekolah bisa mencapai 10-15 persen per tahun, bahkan menurut data yang saya baca, kenaikan uang pangkal di SD di Jabodetabek antara tahun 2009 sampai 20013, antara 5 persen sampai 50 persen, pyuuuh elap keringet dulu.

Ngga heran , kalau sekarang misalnya biaya kuliah sekitar 50 jutaan, bisa-bisa 15 tahun lagi, saat Tara masuk kuliah, udah membengkak jadi 400 juta, Lha itu terbukti, di jaman saya kuliah cuma 360 ribuan, lha sekarang udah 7 juta aja.  walah, duite sopo iku.

Makanya sebagai ortu, tepatnya sebagai direktur keuangan keluarga pak Teguh, saya udah inisiatif dari kapan tau biar ntar ngga keteteran saat Tara dan adeknya masuk sekolah.

Sebagai ortu, untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, ada beberapa tips keuangan yang bisa dilaksanakan nih :


1. Ketahui Dana Yang Dibutuhkan

Iya dong, gimana kita mau mempersiapkan dananya kalau ngga tahu berapa dana yang harus dipersiapkan.

Untuk itu cari tahu dulu berapa biaya yang dibutuhkan dengan mencari informasi mengenai dana sekolah saat ini.

Kalau udah dapat info berapa biaya sekolah saat ini. Coba hitung berapa kebutuhannya saat anak kita mencapai jenjang pendidikan itu.

Bagaimana cara menghitungnya?

Ngga ribet kok, kita bisa gunakan kalkulator financial yang disediakan Morinaga Chil Go di websitenya.

Ilustrasinya nih, misalnya anak kita sekarang usianya 3 tahun, dan kita ingin menyiapkan dana pendidikannya dari jenjang TK sampai Universitas. Asumsi inflasi 15 % per tahun untuk biaya sekolah dan biaya kuliah, maka biaya yang dibutuhkan sebagai berikut :



Dari ilustrasi itu, kita bisa lihat bahwa kalau anak kita saat ini usianyanya baru 3 tahun, maka ntar total kebutuhan sekolahnya sampai tamat adalah sebesar Rp 587 jutaan. Itu baru uang pangkalnya doang lho.

Kalau mau ngitung sekalian uang bulanannya, kita bisa menghitungnya pakai kalkulator financial disini.


2. Cari Tahu Cara Memenuhi Kebutuhan Biaya Pendidikannya

Nah setelah kita tahu berapa dana yang dibutuhkan, barulah kita tentukan mau memenuhinya dengan cara apa.

Banyak cara sih untuk memenuhi dana pendidikan anak yang segabruk tadi.

Pertama bisa dengan cara menabung. 

Masalahnya kalau dengan menabung saja, uang yang kita simpan itu akan tergerus inflasi. Contoh kasarnya aja yah. Untuk mengumpulkan dana Rp 587 juta selama 12 tahun, (Ini perhitungan kasar ya, kalau perhitungan detailnya rumusnya ngga gini), maka sebulan kita harus nabung sebesar :

Rp 587.000.000/ 12 = Rp 4.074.000,-

Kedua, cara Investasi

Namun kalau saya coba hitung pakai kalkulator financial, yaitu dengan cara investasi,dengan asumsi tingkat keuntungan 10% , maka dana yang harus disisihkan per bulan adalah sebesar Rp 2,1 juta.


Untuk Simulasi Bisa Klik Disini


Hampir separuhnya yah.

Investasi ini, bisa dengan memasukkan ke intrumen keuangan seperti reksadana, saham, deposito, atau campuran semuanya.

Ngga tau gimana cara investasi?

Oke, Lanjut Baca .


3. Tentukan Instrumen Keuangan yang Akan Kita Pilih

Sekarang kita sudah tahu kan perbandingan biaya yang harus disisihkan antar pure menabung atau berinvestasi. Jelas lebih ringan kalau pakai cara investasi semacam reksadana, deposito, saham atau obligasi.

Namun, seperti yang saya ceritain di awal tulisan ini. Kadang kita ngga tau apa yang bakal terjadi di depan.

Menabung atau berinvestasi rutin seperti di point 2 itu, bisa dilakukan sepanjang usia orangtua produktif, masih kerja, punya penghasilan untuk mencicil dana pendidikan tadi. Namun, misalkan saja seperti kejadian di keluarga saya, dimana ayah saya di PHK justru saat kami lagi butuh-butuhnya biaya sekolah, udah deh, rencana hidup bakal hubar habir.

Nah ada pilihan instumen yang bisa menjembataninya yaitu asuransi pendidikan.

Alasannya sederhana sih, karena simple, udah include investasi dan asuransi.

Sebenarnya cara terbaik adalah membeli terpisah antara investasi dan asuransi. Tapi bagi ortu yang ngga mau ribet bisa pilih asuransi pendidikan.

Keuntungannya juga, di asuransi pendidikan, jika di tengah jalan misalnya si ortu kehilangan pekerjaan atau meninggal dunia,preminya akan dilanjutkan oleh pihak asuransi, jadi lebih tenang.


4. Disiplin dan Tepati

Kalau udah ditentukan mau pakai instrumen mana,disiplinlah untuk memenuhi target keuangan. Tepati jadwal pembayaran setiap bulan.

Biar lebih clear lagi,coba deh baca-baca tentang peeencanaan dana pendidikan untuk masa depan si kecil website bekal masa depan si kecil.


5. Ikut Program BMD Chil Go

Disamping 4 tips di atas, ada satu tips lagi yang sayang banget kalau ngga dilakukan.

Iya seperti yang pernah saya kasih tau di postingan saya lalu.

( Baca : Kesempatan Dapat Masa Depan 3 Milyar Dari Morinaga Chil Go)

Bahwa yang namanya mempersiapkan masa depan si kecil, disamping perlu biaya juga perlu stinulasi untuk bekal masa depannya.

Di program BMD Morinaga Chil Go, kita bisa melakukan dua hal itu sekaligus.

Pertama, kita bisa melakukan stimulasi untuk anak kita sesuai dengan jenis kecerdasannya.

Abis menstimulasi anak kita, trus bisa cerita nih di website bekalmasadepan.

Cerita stimulasi yang kita lakukan berkesempatan pulak untuk memenangkan hadiah asuransi pendidikan untuk anak tersayang.

Sekali merengkuh dayung, bukan cuma dua tiga pulau terlampaui, tapi langsung dua benua mah lewat.

Gimana ngga? Wong hadiahnya ratusan juta. Langsung deh bisa tenang hati ini , ngga mikirin lagi dana pendidikan anak kita, karena udah disiapkan oleh Morinaga.

Nih Hadiahnya :

Hadiah Utama Program BMD Morinaga Chil Go berupa Dana Asuransi Pendidikan senilai total Rp 3 Milyar Rupiah, yang dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :

  1. Platinum : Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)*
  2. Gold : Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)*
  3. Silver : Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)*

Jadi bakal ada 9 pemenang dari 3 periode program. Tidak hanya hadiah utama bahkan ada lebih dari tiga ribu hadiah hiburan yang siap diberikan kepada para peserta program BMD Chilgo.

Caranya saya kasih tau sekali lagi yah.




  1. Beli 6 botol susu morinaga chil go di Indomart atau Alfamart (Mekanisme Offline)
  2. Login ke website Bekal Masa Depan .
  3. Donlot formulir.
  4. Isi form, kirim ke PT. Bounche Indonesia dengan alamat Thamrin City Office Park AA03-AA05, Jl. Boulevard Teluk Betung - Jakarta 10240
  5. Ntar dapat email, berisi kode unik
  6. Login lagi, masukkan ide permainan untuk stimulasi ke anak sesuai jenis kecerdasannya.
  7. Submit


Yang harus diperhatikan , saat mengisi ide permainan, benar-benar diperiksa dulu ya moms,jangan ada yang salah atau kurang,karena 1 kode unik cuma bisa untuk sekali submit.

Programnya cuma sampai  31 Desember 2016.

Jangan kelewatan yah.


Dengan 5 tips itu, perencanaan keuangan untuk dana pendidikan anak kita,mudah-mudahan bisa terwujud.

Semoga saja semua sesuai rencana kami, biar Tara dan adeknya ga ngalami kejadian seperti saya dulu mah.








9 comments on "5 Tips Jitu Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak"
  1. Jelas banget mbak penjelasannya, singkatnya selain menabung, harus juga investasi ya mba, saya pilih investasi di emas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emas juga boleh mba, aku juga invest emas

      Delete
    2. INILAH KISAH NYATA SAYA . . . . . . .DENGAN SOLUSI CEPAT KAYA
      BAYAR HUTANG DENGAN CEPAT SUKSES DAN PUNYA USAHA SENDIRI
      MOMENT BERSEJARAH BUAT HIDUP SAYA DAN KELUARGA
      Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara indonesia saya di panggung ini, Tuhan telah benar-benar setia kepada saya dan seluruh rumah saya sejak bulan Mei 2017, kesaksian dan kabar baik saya berjalan seperti ini,
      Nama saya Y Sigit Wijatmaka, islam dalam agama dan saya berasal dari kota Serang indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
      Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, saya seorang pemasar dan juga seorang penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua hal di platform ini yang yang membutuhkan dan mencari dana dengan cepat yang tulus.
      Saya dan istri saya dapat Anda lihat di foto profil saya berada dalam hutang yang sangat besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman secara cepat dan instan tanpa resiko untuk melunasi hutang dan kami menghubungi KI JAMBRONG untuk mengajukan pinjaman dari PENARIKAN DANA GAIB yang pada bulan MEI 2017 yang lalu,
      INILAH KISAH PAHIT SAYA . . . .ATAU BISA DIBILANG DALAM SEJARAH HIDUP SAYA YANG KELAM
      kami ditipu oleh pemilik PERUSAHAAN dengan meminta kami membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjamannya, kami kehilangan sekitar 55 juta ke perusahaan pinjaman palsu di syngapore karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayar, kami tidak mendapat pinjaman dan saya dan istri saya sangat frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan .

      AWAL TITIK BALIK KEHIDUPAN SAYA. . . .BISA DIBILANG INILAH KISAH HIDUP SUKSES SAYA

      Jadi, Tuhan sangat baik hati, kami berdoa agar Tuhan mengarahkan kami ke seorang yang bisa membantu keadaan dan ke uangan kami,pada hari yang bersejarah dalam hidup saya tepatnya pada hari sabtu tanggal 20 Mei 2017, saya sedang browsing internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita indonesia dengan nama Novi Setyaningsih dengan alamat facebook/email setyaningsihnovi@yahoo.com
      yang berasal dari kota megalang, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan finansialnya melalui KI JAMBRONG dengan pinjaman DANA GAIB dia meminta saya untuk menghubungi KI JAMBRONG dan dia mengenalkan saya kepada KI JAMBRONG dan dia memberi saya keberanian UNTUK mengajukan pinjaman dari KI JAMBRONG dan saya pun menghubungi beliau dengan NOMOR 0853-1712-1219
      dan SAYA mendapat pinjaman dari KI JAMBRONG sebesar 5 MILYAR yang merupakan pemilik PADEPOKAN . PENARIKAN DANA GAIB yang kemudian mengubah hidup saya sebelumnya yang di hina dan tidak dihargai oleh orang ,sekarang saya sudah berkecukupan dan mapan sebagai 1 keluarga punya usaha sendiri dan MOBIL PRIBADI kemudian untuk informasi lebih lanjut tentang KI JAMBRONG bisa MENGHUBUNGI = 0853-1712-1219 BELIAU benar-benar membantu kehidupan saya pinjaman dari DANA GAIB benar-benar mengubah hidup saya TERIMA KASIH KI JAMBRONG SEMOGA SEHAT SELALU
      akhirnya 5 Milyar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219.)

      ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
      INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Delete
  2. ahhh cita2nya sama mba, pengen pensiun dini, saya mah udah, suami yang masih harus nunggu beberapa tahun lagi :)

    setuju banget sama tips-nya mba, terutama yang soal disiplin, karena percuma kalo udah ada rencana dll tapi akhirnya gak disiplin dan gak ditepati ..

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka melongo kalau denger teman cerita tentang biaya sekolah anaknya. Gilaaaaa perasaan dulu jama sekolah nggak segitu #___#


    Berarti kudu nyiapin jg dana sekolah walau belum merit yak? *kecepeten hihihi

    ReplyDelete
  4. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete
  5. Masih bingung dan awam banget soal investasi/tabungan buat pendidikan 😭😭

    ReplyDelete
  6. Kami menawarkan pelbagai perkhidmatan kewangan yang meliputi: Perancangan Perniagaan, Perdagangan dan Pembangunan Kewangan, Hartanah dan Gadai Janji, Pinjaman Penyatuan Hutang, Pinjaman Perniagaan, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Semula Rumah dengan kadar faedah yang rendah setiap tahun untuk individu, syarikat dan badan korporat. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga anda dan memiliki rumah impian anda serta skim Pinjaman Umum kami. Pemohon yang berminat perlu
    Hubungi Kami""""
      melalui BBM PENYERAHAN: {D8980E0B}
    WhatsApp Only: (+ 44) 7480 729811
    Tel .... (+ 44) 7480 729811
    E-mel: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. Hello Everyone,

    We Offer all types of loans

    * Commercial Loan
    * Personal Loans
    * Business Loan
    * Payday Loan
    * Student Loan
    * Mortgage Loan
    * Auto Loans
    * Bad credit Loan
    * Home equity Loan
    * Project/Contract Loan
    * Debt Consolidation

    We offer loan with a very low Interest Rates as Low as 2% within 1 year to 25 years maximum repayment plan to any part of the world.

    We give out loans within the range of $5,000 USD to $100,000,000 USD. Our loans are well insured for maximum security is our priority.

    For more enquiries Email us via: triumphantfinanceltd@gmail.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature