Bisakah Kita tanpa gadget di Rumah?

Monday, November 2, 2015
Pernah ngga kita ngitung berapa jam dalam sehari hidup kita terbebas dari gadget. Terbebas sama sekali, kecuali tidur ya?

1 jam ?
2 jam?
atau malah sama sekali ngga bisa hidup tanpa gadget?

Gambar Dari Sini

Kalau saya pribadi ya, mending ketinggalan dompet deh daripada ketinggalan hape. 

Kalau ketinggalan dompet no problema. Mau makan? Gampang, hape saya mash ada mobile bankingnya. Tinggal capcus ke kantin kantor, bayar pakai Mocash udah bisa makan. Seapes-apesnya kalau saldo minim ya tinggal pinjam teman.

Tapi kalau yang ketinggalan hape, bisa mati gaya dirikuuuh.

Kegiatan saya sehari-hari yang berhubungan dengan gadget dimulai dari saat saya tiba di kantor. Kalau di rumah, pagi-pagi saya rempong ngurusin Tara, suami, dan persiapan diri sendiri ke kantor.

Gitu nyampe kantor, cek hape dulu, buka email - balas email yang penting. Cek group WA, nyapa-nyapa bentar. Cek FB- balas notif. Cek path - balas notif. Cek twitter bentar buat tahu aja apa yang lagi in, lanjut buka IG, mantengin akun favorit saya, kayak Dagelan, Disas dan Rumah bayi. Itu sambil lewat aja, ngga pake lama, setengah jam-an cukuplah. Setelah itu, baru deh mulai kerja, sambil ngelirik hape sesekali, xixixi.

Istirahat, kalau ngga makan di luar, kadang saya sempetin buat nulis blog (yang biasanya cuma dapat satu paragraph doang karena diselingi FB dan WA an). Kalo lagi longgar setengah jam sebelum pulang saya lanjutin lagi ngeblognya. Kalo lagi ribet ya salam, blognya dianggurin.

Nyampe rumah,mandi,sholat makan, main sama Tara sambiiiil...... Pegang hape lageee. Duh, bener-bener deh ya. Hape tuh lengket di tangan terus.

Padahal Tara tuh sebel banget kalo saya udah pegang-pegang hape saat main sama dia. Udah bolak balik hape saya dibantingnya, yang terakhir malah sampe mati total. Dasar ya emak sok digital, tetep aja curi-curi ngintip sosmed kalo Tara meleng.

Ngga bisa dipungkiri bagi emak-emak kayak saya yg dari jam 7 sampe jam 5 sore berkutat di kerjaan. Malam hari bersosmed ria itu seperti rekreasi. Bisa bikin tersenyum-senyum sendiri, sekalian biar selalu apdet sama apa yg lagi terjadi di dunia. Karena sudah beberapa tahun belakangan tivi bukan menjadi teman saya. Jarang banget nonton tivi. Jadi semua sumber berita tahunya ya dari internet. Karena itulah ga megang hape sejaman aja rasanya langsung hilang dari dunia. Lebay banget deh gw.


Tapi kayaknya saya ga sendiri deh, banyak jg yg seperti saya, tapi ngga mau ngaku hahaaha.

Ini dari blognya mba arin, nemu sebaran waktu penggunaan gadget di kalangan emak-emak.

Sumber Dari Sini


Truuus saat baca-baca berita, kok banyak banget tindak kriminalitas dengan pelaku anak yang akhir-akhir ini terungkap. Yang kayak anak SD berantem sampe ada yang meninggal lah, pelaku sodomi anak di bawah umur, sampe anak yang ngga peduli sama lingkungan karena yaitu tadi addiktif sama yang namanya gadget.

Gimana ngga , lha ortunya model kayak saya, yang pegang hape mulu, anaknya juga otomatis meniru. Kalau saya sih Tara pegang gadget tapi yang ga ada kartunya,cuma diinstalin lagu-lagu sama game edukatif gitu oleh papanya. Tapi tetep saya perhatikan ,tara kalo udah sama tab nya ngga bisa diganggu, asik banget.

Ternyata kata teman saya yang seorang psikolog, memang kebiasaan-kebiasaan di rumah itu turut mempengaruhi tingkah laku anak, termasuk pola asuh orangtua. Kalau di rumah semua sibuk dengan gadget, ditambah ortu juga ga ngawasin apa games yag dimainkan anak, yg sekarang banyak banget lho, berisi kekerasan. Menendang, mencekik, membunuh, seperti hal yang biasa yang dilakukan si jagoan untuk memenangkan games. Mungkin tanpa sadar si anak jadi terpengaruh, oooh jagoan itu seperti itu yah.

Duuuh ngeri kan kalo anak kita jadi korbannya, lebih-lebih kalo sempat anak kita jadi pelaku. Gara-gara kita keasikan dengan gadget. Gara-gara maunya kita gampangan, anak rewel sok atuh kasih tab aja. Anak nangis,yo wis puterin video ajah di gadgetnya.

Nah kemarin,kayak ditampol bolak balik deh, pas lagi ngobrol sama temen, trus saya nanya, "Itu kemarin ada yang nanya tuh,belum dijawab."

" Udah malam win, program 6-3-9 di rumahku, sorry ya"

Apaan tuh program 6-3-9?

Ini nih yang mau saya share disini.

Jadi teman saya itu nerapin program 639.

Maksudnya?

Jam 6, kalau bisa sudah sampai di rumah, hape mulai disingkirkan. Ga perlu dimatikan sih, takutnya ada yang penting, tapi di silent dan dijauhkan dari jangkauan.

3 jam berikutnya ,quality time bersama keluarga. Makan,sholat,belajar,main sama anak, atau sekedar ngobrol sama pasangan.

Yup, antara jam 6 sampe jam 9 itu kan anak-anak kita memang lagi on on nya ya. Kalau Tara disitulah dia lagi heboh-hebohnya lari-lari,lompat, nanya ini itu. Nah itu kesempatan kita sebagai ortu buat full perhatian mendampingi anak. Ngajarin doa,ngaji,atau sekedar membacakan cerita.

Kalo yang anaknya udah sekolah,disitu saatnya nemenin belajar, dampingi bikin PR, atau ngepoin tadi disekolah ngapain aja, ada yg jahat ga di sekolah, termasuk ngorek-ngorek info apakah anak kita kena bully apa ga.

Jam 9, waktunya persiapan tidur.

Setelah anak-anak tidur, boleh deh kita ambil lagi tuh hape, kalau masih mau bersosmed ria atau sekedar baca-baca berita.

Waaah, simpel banget yah kayaknya rumusnya. Dan ternyata ga terlalu lama juga kita hilang dari dunia maya. Hanya 3 jam dari 24 jam yang kita miliki, full untuk keluarga.

Kemarin-kemarin saya sih ya sambil nemenin Tara main, sambil jawabin pertanyaannya, ya juga disambi BW ke blog orang. Pantes lah Tara suka ngambek ke saya.

Ini udah 3 harian saya coba terapin 6-3-9. Bikin kesepakatan sama suami. Dan Hey, ternyata biasa-biasa aja tuh. Ngga yang gimana gitu ga pegang hape selama 3 jam hahaha. Kemajuan nih buat saya pribadi.

Saya juga jadi lebih fokus ke Tara. Walau tetep yah jam tidur Tara masih jadi peer banget buat kami. Itu anak kecil jam 9 mah masih jam kecil sama dia xixixi. Tapi lumayan juga,minimal hape saya udah ga dibanting-banting lagi -__-.

Kayaknya program 6-3-9 ini, cocok deh diterapin ke emak-emak sosmed addict kayak saya. Dan karena teman dumay saya kebanyakan adalah emak-emak itu, ya saya ajak sekalian ah buat nerapinnya. Tenaaaang, masih panjang waktu nulis kita, itu dari jam 9 malam sampe jam 4 pagi masih ada waktu jiahahahaha.

Eh tapi kalo bagi para buzzer mungkin agak berat ya, secara prime time sosmed itu di sekitaran jam 8-10 malam hahaha. Yo wis silahkan diatur sesuai kebutuhan.

Semoga aja, dengan demikian, kita sudah melakukan perubahan kecil untuk kebaikan generasi mendatang.

Hal-hal besar kan memang selalu dimulai dari yang kecil ya moms. Yuk mulai dari diri kita, sebelum menularkannya ke anak kita. Faktor-faktor lain, nanti menyusul kita perbaiki yah.

Sometimes we Have to Disconnect

To Make a Connection

77 comments on "Bisakah Kita tanpa gadget di Rumah?"
  1. Duh aku banget nih yg mulai addict sama gadget. Bersyukur baca ini pas hamil, jd kelak punya anak harus mulai dikurangi hehe thanks sharingnya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maaak. sebelum anaknya lahir yaah. satu lagi mak jangan suka begadang ntar anaknya ikutan suka begadang hahaha

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maaaak, cobain deh, awalnya agak gimana yah, masih pengen ngintip2 juga, tapi kalo dah biasa jadi enteng :)

      Delete
  3. Aku udah hampir setahun ini diet screen nih. Kerasa banget efeknya. Jadi kurang gahol sih di socmed dan blogging, tapi dapat banyak banget quality time untuk anak, keluarga dan diri sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha itu dia mak, kadang suka ga siap jadi kirang gahol yah, berasa ga eksis lagi . tapi gantinya kan lebih maknyuss ya mak, quality time sama anak ;)

      Delete
  4. saya butuh banget yang begini,tapi biasanya agak susah ngatur waktu, karena internetnya lambat banget *berasa dia yg mau ngatur* Akhirnya pake metode manfaatin anak tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo anak dah tidur gpp mak. kalau saya, anak tidur sayanya juga ikutan tidur, sangkin malamnya anak saya tidur hahahah

      Delete
  5. Ikutan program 639nya Windi aaahh... iya nih, gadget selalu menari2 cantik dan mengundang utk dipegang melulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak manggil2 gitu ya mak, apalagi kalo ada notifnya bunyi tang ting tung :)

      Delete
  6. Pengen ikut nerapin 639 nya, tapi sepertinya nggak bakalan bisa. Hahaha, dicoba lagi deh nanti. Makasih tips nya yah Mba Windi

    ReplyDelete
    Replies
    1. beraaat banget kayaknya ya mba. tapi kalo dah dicoba ngga parah2 bgt ternyata, paling stres bentar hahahah

      Delete
  7. Aku full seharian sama anak-anak, paling klo dini hari cek2 hp tar pas subuh sampai jam 8 g pegang HP :D

    ReplyDelete
  8. Saya biasanya jauh dari gadget ketika mau bobo dan nonaktif hape hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut penelitian memang gadget itu mengganggu tidur mak

      Delete
  9. Saya banget tuh kecanduan gadget. Ga bisa lepas :(
    Makasiih tipsnya ya, Mbak Windi. Pengin deh melatih diri seharian ga pegang gadget. Entah bisa atau tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah seharian mak. kalau seharian berat euuuy xixixi. 3 jam aja

      Delete
  10. Alhamdulillah aku bisa kok sehari tanpa gadget. Ya gak sehari banget sih. Aku ada tips yg mungkin bisa dipakai utk terapi lepas gadget.Jadi punya ide buat post blog ttg itu. Tungguin yaaa ;) thanks ya Mbak. jadi punya list posting. hihihuu

    ReplyDelete
  11. Mungkin krn aku produk jadul tapi pengen eksis, hahaha... jadi kalo abis maghrib, semua gak boleh pegang hape, nonton tv. Yg ada anak2 belajar, aku dan suami ngobrol. Pengecualian kalo suami luar kota, baru aku bebas socmed-an kalo malam. Jadi sebenarnya aku udh nerapin program 639 ya, Wind :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantaplah mak kalo udah diterapin. dulu di rumahku jg gitu pas jaman kecil. kalo skrg kok susah yah hahahah

      Delete
  12. Baru tau gerakan 3-6-9 mabk hihiiii
    saya juga orangnya lengket bgt sama yg namanya gadget duuuh negri juga ya kalau perilaku anak dipengaruhi sama kebiasaan kita di rumah (main hp misalnya)

    pengin akh menerapkan pola 369 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh salah judul tadi. 6-3-9 ding. ayo mba diterapin, ternyata ga susah2 amat :)

      Delete
  13. Bener banget mending ketinggalan dompet daripada HP ya mba hahhaa...
    639, bisa dicoba terapkan nih bsok kl udah nikah...sekarang masih sendiri mah masih buebass hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaa, kalo ketinggalan hape langsung linglung, ahahaha parah banget dah kita :)

      Delete
  14. nonton tv saja saya dilempar barang sama bayi saya apalgi pegang gadget tapi teteeep curi2 kesempatan kalau dia lagi sibuk atau tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakaka toss dulu mak, berarti sama anak kita yah. ngga mau diduain sama emaknya :)

      Delete
  15. Aku juga lagi menerapkan mengurangi gadget nih biar gak dibilang antisosial. Haha tapi tipsnya bagus sih kak, kalo buat mahasiswa yg enak apa ya? Karna kan gadget menjadi kebutuhan setiaphari kayaknya .-.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mahasiswa, minimal pas ngumpul sama temen, ya ngobrol jangan main gadget terus xixixi

      Delete
  16. Sampe rumah hape-ku udah langsung pindah tangan ke anak2, hehe, paling nyuri2 bentar kalo ada notif. Dan anak2ku pada mata kalong semua, hiks, sampe jam 11 juga masih betah main hape. Kalo sama yang kecil masih bisa dialihin ajak maen bola, meski badan udah remuk rasanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbaaa. Tara juga tidurnya malam banget. curi2 pegang hape, kalau ketauan tara hapenya langsung dibanting :(, makanya kapok :)

      Delete
  17. kalau buat ibu-ibu RT yg kerjanya di rumah dan anaknya msh kecil2 gimana Mak? hiyaaa...curcol nih. ga bisa 639 dong ya? nunggu anak tidur jg ga bisa krn kalo anak tidur pikirannya udah mau ngerjain ini itu ono..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicari yang pas aja mak, tapi 639 itu pas, soale disitu juga papanya anak-anak udah pulang, jadi no gadgetnya jam segitu. di luar itu kalo masih ga bisa pegang gadget ya gpp mak, yang penting anaknya terhandle dengan baik ;)

      Delete
  18. Jadi buat tambahan ilmu nih kl punya anak nanti. Mkdh infonya mbak

    ReplyDelete
  19. Jadi buat tambahan ilmu nih kl punya anak nanti. Mkdh infonya mbak

    ReplyDelete
  20. Emang susah sekarang jauh dari gadget,, pengen coba juga ni rumus tapi sedikit modifikasi..loh,, hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes modifikasi sesuai kondisi mas hahaha. secara kalo di jakarta, jam 6 masih gentayangan di jalan yah

      Delete
  21. berarti dari dulu, saya udah terapin gerakan ini, ya. Makanya, anak-anak saya tidurnya cepet. Paling telat, jam 9 juga udah nyenyak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah bagi tipsnya dong mak supaya anaknya bisa tidur cepet.Tara kalau ga tidur siang iya bisa tidur jam 9 nan, tapi kan kasihan kalo ga tidur siang :(

      Delete
  22. thanks mbak, jadi tau kapan posting blog biar diliat orang, hehehe

    ReplyDelete
  23. aku pengen ga nontonin gadget mulu nih, mataku gatel iritasi huhuhuhu

    ReplyDelete
  24. wahhh, patut di coba nih mbak windy :)
    semoga saya dan suami bisa melakukannya :)
    thanks for sharing yah mbak :)

    ReplyDelete
  25. aku juga lagi nerapin ini di rumah
    tapi kadang masih suka iseng ngintip notif :D

    ReplyDelete
  26. gadget oh gadget..kalo saya sih selalu berusaha ngutamain anak, tpi paling bimbang kalo WA udah ke read trus tiba2 anak rewel, kan udah keburu ke read tapi belom kebales soalnya si baby uda manggil2, hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Anak tetep yg diutamain lah walau sambil wa an hahahaha

      Delete
  27. Biar ngga pegang gadget terus, biasanya kalo hape lobet aku biarin ngga dicas, abis itu dikomplen sana-sini karena slowres :D

    ReplyDelete
  28. Kadang main HP sampe mata pandaan, eh besoknya minus kacamata nambah. 3 jam sehari, saya juga mau nerapin ah.. :))

    ReplyDelete
  29. Kadang main HP sampe mata pandaan, eh besoknya minus kacamata nambah. 3 jam sehari, saya juga mau nerapin ah.. :))

    ReplyDelete
  30. Aku juga pernah nulis soal efek negatif gadget, dan iya aku sedih banget liat perilaku orang2 sekarang yang seakan gak punya dunia nyata. Akupun dulu sama seperti mereka, sebelum aku sadar dunia luar jauh lebih indah daripada layar 7 inch

    ReplyDelete
  31. untung udah 2 bulan lebih saya bisa mengatasi kecanduan sama smartphone :)

    ReplyDelete
  32. klo saya menjelang tidur pegang gadged hanya sekedar blogwalking :D

    ReplyDelete
  33. Aku kemaren juga sempet dikomplen anakku mbak mama ni pegang hape aja kerjanya...hiks.. jd ga enak hati. Kayanya harus mulai gerakan 369 juga nih dirumah

    ReplyDelete
  34. Saya donk hampir 24 jam sama anak. kalau pegang gadget di depan anak langsung diminta terus di matiin. Jadi jam online saya, asal anak terlena ehehe

    ReplyDelete
  35. Aku anak ahensi yg harus stenbay sama gadgetnya mak hiks, jadi palingan aku jauhin aja gadgetnya. Sejam sekali baru aku cek. Bales dll terus aku tinggal, sejam berikutnya cek lagi, klo ada email dkk, bales, tinggal lg, gitu lah. hahah

    ReplyDelete
  36. One of the common elements in all the schools and programs I work with is what I call Parent-Choice. It is an attitude, or even a philosophy, more than just a technique. In a traditional procedure, the professional was the decision maker and the parents were mostly passive bystanders but with Parent-Choice programs parent involvement is a must. parenting teenagers website

    ReplyDelete
  37. Formerly titled, "What it Takes to be a Good Parent", this article is a compilation of the essential parenting actions required to be a good and positive parent. Babymeng article has been called the thirty commandments for parents.

    ReplyDelete
  38. Anyway the closest companions mum had done as Monica's parents asked and not enabled her to remain in their home. By and by I see these systems carry accomplishment to parents.How we put your son onto the path of success

    ReplyDelete
  39. This article discusses the baby crib of sleep in the healthy development of babies. It also looks at various types of baby cribs as the environment to support the deep rest that is required.

    ReplyDelete
  40. There is no dispute - the better you become at training your baby to sleep, the more joy you will get out of your newborn baby during the first few months and even year of his life. If your baby sleeps well through the night you will be much more able to handle anything he throws at you during the day. A four-hour straight stretch of sleep at night will be enough to keep you sane and functional. A baby who sleeps well through the day gives you freedom to catch up on your own sleep or other chores during valuable daytime hours. Read on to discover a baby sleep training guide you will find extremely useful. Prams U.K.

    ReplyDelete
  41. Exercise is critical to children with Down syndrome and the perfect start to their healthy future can start with yoga as a baby. It can break the vicious cycle of low muscle tone leading to inactivity and obesity. baby safety

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature