#GesiWinditalk:Tentang Nama Beken (Ft SassyThursday)

Thursday, September 29, 2016


Menurut kalian, penting ngga sih punya nama yang menjual di dunia maya? Apakah seharusnya kita tetap pakai nama asli pemberian orangtua saja, atau cari nama yang lebih eyecatching biar mudah diinget. Personal branding istilahnya.

Yuk ngomongin tentang nama beken, bersama blogger kece

Gesi 

 Annisast 

Nahla 

Lho, kok berempat?.

Iyes, karena ini edisi khusus, jarang-jarang terjadi. #GesiWindiTalk feat SassyThursday.

Ide siapa Iniii???

****


Jadi, udah sejak dulu kala yang namanya artis atau pesohor banyaaak banget yang pakai nama beken, alih-alih nama aselinya.

Kecuali Dian Sastro lah yau, wong nama asli aja udah keren banget Diandra Paramitha Sastrowardoyo. Aih mba kok kamu keren banget sih, pantes ngga punya haters.



Yuk cek pengetahuan umum, halah

Apakah kalian tahu siapa nama asli Ayu Azhari?


Siti Khadijah



Whaaat??

Tunggu jangan kaget dulu.


Kalau Yuni Shara?


Wahyu Setyaning Budi

Lagi lagi

Dorce Gamalama?


Ahmad Ashadi


Terakhir-terakhir

Anya Geraldine?

SIAPA ITUUUUUUU

Hahahaha, itu lhoo selebgram baru pengganti awkarin. dan nama aslinya adalah Nur Amalina Hayati.

Who cares?

Yes, siapa yang peduli yak siapa nama asli mereka. Lha wong kita tahunya juga nama bekennya.

Nah, sekarang itu ngga cuma artis, lha kita-kita aja orang biasa udah pada bikin nama beken kok di dunia maya, ya ngga. Coba lihat akun friend di sosmedmu, pasti banyak banget kan yang ngga pake nama asli.


Dulu ada temen di grup menulis saya yang galau, trus nanya, dia harus pakai nama asli atau nama pena untuk bukunya. Beberapa ada yang menjawab nama asli aja, karena artinya kita bangga dengan nama pemberian ortu.

Beberapa menyarankan pakai nama baru, biar lebih menjual.

Bener ngga sih, kalau pakai nama beken, aka nama pena berarti kita ngga bangga dengan nama pemberian ortu?

Menurut saya mah ngga ya. Ngga ada hubungannya. Kalau memang mau pakai nama samaran or nama pena or nama beken ya sah-sah aja.

Setiap orang even bukan artis sekalipun, entah penulis, selebgram, youtuber, seleb fesbuk, seleb blog, kalau memutuskan memakai nama beken, pasti punya alasan sendiri. Beberapa alasannya :

1. Namanya pasaran, jadi ngga bisa bikin branding. 

Iya, misalnya namanya Sri Rahayu. Udah banyak banget nama itu, jadi kalau disearch di google ngga bisa merujuk ke nama itu langsung. Ngga baguslah buat branding. 

Kalau dibikin nama pena juga kurang kena. Pas bukunya cetak, ditaruh di deretan rak Gramedia, ngga bisa menarik orang langsung buat minimal baca sinopsis di belakang buku.

Ngga apa atuhlah ngga bikin branding asal pakai nama asli.

Ya terserah juga, ngga apa jugalah. Suka-suka aja


 juga kok artis pake nama pasaran dan tetap ngetop.

Irwansyah contohnya. Kurang pasaran apa coba namanya, ya beken-beken aja.


2. Namanya Terlalu Panjang, Ngga Enak Dilidah

Raden Rizki Mulawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma

Buset dah panjang amat tuh nama. Dan akhirnya disingkat jadi Dik Doang, xixixi. Ya kebayang kan kalau dia harus pakai nama sepanjang itu, belibet dan susah atuh ngingetnya.



Ntar pas dia mau perform, MC nya ngomong gini.

" Yaaak, mari kita sambut dengan meriah Raden Rizki Mulawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma"

Jadi, maklumlah ya doi pakai nama beken yang super irit.

Atau ngga, nama Aqil Barraq Badruddin Seman Said Haru.

Pyuuuuh susahnyaaaa, ya udah sih disingkat aja jadi Andrea Hirata. Gampang diinget dan diucapkan lidah.




3. Namanya Memang Errrrr

Gimana kalau ada penyanyi namanya DERITA. 

Bisa dibayangin ngga , pas dia nampil bawain lagu di tivi. Di layar tertulis

Lagu : Gubuk Derita
Penyanyi : Derita

Makanya Akhirnya muncullah nama Rita Sugiarto.




4. Biar Gampang Diingat

Yoi, nama orang udah jutaan cuy. Contoh aja di dunia blogging, berapa juta blogger yang ada saat ini. Makanya perlu juga punya nama beken yang gampang diingat orang.

Kalau ditanya nama  blogger yang paling melekat  di otak saya , yaitu itu lho si om cumi lebay dan belalang cerewet. Hahaha, nama yang aneh sekaligus unik. Siapa yang bisa lupa.


5. Ingin Menghapus Jejak

Iyaaa. ada lho orang yang ingin menghapus rekam jejaknya di dunia maya, makanya dia pakai nama palsu. Eh bukan nama palsu, nama beken.

Jadi, biar saat di search nama aslinya ngga nemu.


6. Pengen Aja

Ya pengen aja, ngga ada alasan khusus, namanya juga pengen.


Trus kalau pemilik blog ini nih Windi Teguh, napa namanya ituu kan bukan nama aseli.

Yaeelah, kalau nama saya mah ngga usah ditanya dan dibahas. Gampang banget itu, ya karena istri pak Teguh. Di kantor suami nama saya memang Windi Teguh. Ya sudahlah bikin aja semua jadi Windi Teguh, hahaha, sesimpel itu.

Ehhm tapi memang ada sih alasannya kenapa saya pakai nama beken windi teguh aja, bukan pakai nama asli seperti yang saya tulis disini.

Karena alasan nomor 5 itu.

Yup, ada satu masa saya memang pengen menghilang dari dunia dan ngga ingin ditemukan orang. Jadi saat orang searching nama asli saya, ngga akan nemu dimanapun. Karena itu pula, friendlist teman FB saya dulu hanya teman dunia maya. Baru belakangan aja saya mau konfirm teman dunia nyata. 

Selain windi teguh, saya ngga punya nama panggilan lain sih dari dulu. Palingan waktu SMA pernah ada kakak kelas yang manggil saya " Ikan teri" karena badan saya imut-imut. Sama pernah juga dipanggil dengan pangsay,alias panggilan kesayangan. wahahahaha. auk ah malu nyeritainnya.

Kesimpulannya :

Bagi saya mah ngga ada salahnya kok punya nama beken. Bukan berarti ngga menghargai nama pemberian orangtua. Kalau ternyata nama beken bisa mengupgrade rezeki, atau bisa membuat lebih pede, ya sah-sah aja. 

Nah sebagai ortu, makanya kasih nama anak harus dipikirin juga. Jangan bikin nama yang sekiranya bisa bikin dia malu atau minder yak. 

Misalnya Wulansari (Woy itu si mulan, xixi ketauan haters ya jeung).

Jadi, menurut kalian gimana nih tentang nama beken, perlukah? atau ngga perlu? 

Dan  apa nih nama asli kalian, kasih tau dong.


















36 comments on "#GesiWinditalk:Tentang Nama Beken (Ft SassyThursday)"
  1. Hampir semua sosmedku pake nama Mrs Muhandoko, blog juga. Krn dulu suka sama Mr. and Mrs. Smith, etapi brangelina skrg udah bubar grak :(
    Klo nama di WA pake nama mbak middleton :)))
    Nama asli saya? Ah, ga usah di publish ah. *alasan nomer 5 itu akuu banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba middleton? wahahahaha pangeran william mana maaaak. ckckckc

      Delete
  2. nama asli saya antung apriana, tapi buat blog pakai ayanapunya. padahal kayaknya antung apriana sudah lumayan unik namanya. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ayanapunya memang bagus ya dengernya. mudah diingat

      Delete
    2. tapi ayanapunya memang bagus ya dengernya. mudah diingat

      Delete
  3. Mbak Windi, itu yang Derita tadi beneran apa guyon aja? Hihihi...
    Aku baru tau ternyata nama Ayu Azhari itu. Yup, Who cares?

    Nama asli aku untunglah ga njelimet dan ga bikin minder juga. Tapi pake nama pena biar lebih efisien aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran laaaah. masa boong. hahaha . iya aku jg kaget nama ayu azhari. namamu udah keren mbaaa jangan diubah

      Delete
  4. kalo namaku virly ka mbak (hahaha,nggak ada yang nanya ya?) ig @phirlyv twitter @phirlyprincessa blog jurnalsaya.com
    (numpang kenalan ya mbak)
    masalah nama beken ini emang rada sensitif. kalo orang cantik namanya ndeso pasti yang denger melongo. tapi kalo namanya bagus orangnya pas-pasan pasti dinyinyirin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya.kecuali inem pelayan seksi ya. salam kenal virly. hafoooh namamu susaaaah nyebutnya

      Delete
  5. Jadi ingat pas kuliah dulu saya punya beberapa nama pena dengan beberapa alasan. Pertama tuk membuktikan pada haters (cie yang punya haters) kalau tulisan2ku yg dimuat benar2 karena kemampuanku bukan karena saya punya kenalan orang dalam. Kedua, pengen aja. Ketiga biar tulisannya bisa dimuat bersamaan (kan dapat fee nya lebih banyak). Keempat, udah ah itu aja.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah kuliah uda punya haters, arteeees hahaha. jd ini nama asli ya. cieeee udah ga punya haters dong

      Delete
  6. artis selalu pakai nama yang bukan nama aslinya,.. apa malu ya pakai nama lengkap aslinya,..wkwkwkwkwk,.. salam kenal...

    ReplyDelete
  7. Namaku pasaran banget, tapi...ya kubuat branding juga. 'N' nya ada tiga hahaga

    ReplyDelete
  8. Kok sama ya... Yg paling melekat di ingatanku juga cumilebay dan belalang cerewet. :)

    ReplyDelete
  9. aku msh galau mba.. kdg2 pake nama asli, kdg2 pake nama beken ;p.. beda2 lagi... twitter beda, fb beda, blog beda hihihihi... tp akhir2 ini nama yg srg aku tulis sih DCATQUEEN... udh taulah ya knapa pake nama itu, secara kucing buatku udh kyk anak sendiri ;p

    ReplyDelete
  10. Yg rita sugiarto beneran ituuh? :)) ada ajaa deh kocak.
    Distro ya cantiknya ngga luntur ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneraaan.iya dong kembaran akuh disas memang ngga luntur cantiknya hahaha

      Delete
  11. ya aku sih suka pakai nama asli, kok ya bangga apalagi nama belakangku pakai nama bapak, jadi kalu aku mendapatkan sesuatu rasanay bapakku juga ikut bangga.

    ReplyDelete
  12. he2.. dulu awal muncul di dumay pernah nama nova novili (singkagan nama) tapi berasa lebay.. akhirnya nama sendiri aja... tapi alamat blog sosmed segala macem masih novanovili..

    ReplyDelete
  13. kalo saya dari dulu memang pake nama asli Mba :)
    itu nama facebookku, sejak awal buat hingga saat ini gak pernah kuganti-ganti namanya :)
    dan memang tujuan saya main sosmed adalah biar gampang ditemuin teman-teman yang udah lama gak jumpa (itu tujuan awal saya bikin akun FB sih, hehe) :D

    Btw, itu benaran namanya Rita Sugiarto itu Derita? saya gak berhenti tertawa loh pas baca bagian itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuul namanya derita.banyak yg ga percaya yah.

      btw nama irawati hamis kan memang enak mba didengar

      Delete
  14. hahhaha yang namanya Sri Rahayu ikutan nongol ah, emang pasaran banget Mak, tapi aku suka nama penaku sejak dari bangku kuliah, dari zaman sebelum beken *tsaaah* lucu deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha muncul deh pemilik nama sri rahayu xixixi. tp nama penamu keren ya mba. dan unik.kyknya cm km deh yg pake

      Delete
  15. Nama beken atau nama samaran perlu dung Kaka. Misal nih, saya suka game, pakai nama samaran dari kata bahasa Inggris. Apalagi kalau nanti udah di dunia hacking harus pakai nama palsu dung. Eh, jauh amat ya sampe ngomongin hacking.

    Salam
    SabdaAwal.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabda awal juga unik yah. gampang jd branding

      Delete
  16. akuuu bikin momopururu di semua sosmed, huehehe. walau link blog tetep nama lengkap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. momopururu susaaaah ngingetnya.aku ingetnya malah mamapuru lho hahahaha

      Delete
  17. Namaku pasaran, jadi disingkat aja. Tadaaa. Jadi deh nama pena

    ReplyDelete
  18. Kalo namanya Ayu Azhari udah tau dari dulu. Cuma yg Andrea Hirata kirain namanya beneran. Soalnya di novelnya pernah ditulis asal muasal Andrea itu karena ibunya suka dg nama itu pdhl aslinya Andrea yg dimaksud adlh orang jepang yg bunuh diri apa gimanaaaa gitu. Trus Hirata itu dari akhiratakhiratakhirat yg intinya semoga si anak ini ingat akhirat. Begituuu..

    Kalo Dik Doank, barangkali karena namanya kepanjangan jadi dia bilang, "Panggil gue Dik Doank ajah." gitu kali yaa..hahaha...

    Kalo namaku, ada ide ngga Mak? Kasih nama pena yg beken dan menjual dong.. Wahaha..jd konsultasiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm arinta bagus sih. tinggal tambahin nama belakang yg kbh simpel mungkin. nama bojo gitu hahaha. arinta priambodo# terniktahmerah

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature