Tips Melupakan Mantan: Let's Move On, Karena Kamu Begitu Berharga

Monday, April 8, 2013
Tips melupakan mantan



Gara-gara baca blognya si ila Rizky yang ngomongin tentang Move on saya jadi inget masa-masa masih berseragam abu-abu.

Move on, wew kata yang populer banget saat ini. Galau dan move on , dua kata yang biasanya berdampingan. Orang yang gagal move on biasanya jadi galau, orang yang galau itu biasanya orang yang gagal move on, halah.

Ni bukan mau ngulik-ngulik masa lalu. Cuma setelah berlalu bertahun-tahun, baru deh bisa ngambil hikmah dari kejadian-kejadian dulu. Kalau waktu masih jaman centil-centilnya, dinasehatin temen gimanapun pasti membal.

Kenapa bisa ada kata move on?.

Kita disuruh bergerak, maju ke depan, ya karena ada fase dimana kita berdiam diri di tempat, akibat suatu kejadian yang dahsyat versinya kita, mungkin orang sih ngeliatnya biasa aja. Biasanya sih karena patah hati, ditolak seseorang, ditolak kerja, dipecat. Pokoknya semua kejadian yang membuat kita jatuh, terpuruk dan susah bangkit.

Kalau waktu saya SMA sih, belum ada kata move on, adanya kalau patah hati, bilangnya pasti " lanjutin hidup lo dong, lupain dia".

Tentu saja disini saya sama sekali nggak nganjurin buat pacaran. Bagi kamu-kamu yang masih muda, mending mikirin sekolah, mikirin masa depan, biar fokus pada tujuan hidup ( booooooring ).

tips melupakan mantan

Jadi ceritanya, saya dulu pernah punya seseorang yang saya sukaaaa banget. Dia juga suka sama saya. Berarti gayung bersambut. Dimana ada saya disitu ada dia. Trus singkat cerita, akhirnya kami putus. Bumi gonjang ganjing, lautan tsunami, hati saya patah berkeping-keping.

Jangan ditanya bagaimana rapuhnya hati remaja saya kala itu. Saya nangis berhari-hari. Ngga mau makan, bahkan saya minggat dari asrama ( ya saya bersekolah yang ada asramanya ). Dan yang paling norak saya jatuh sakit dan harus diopname selama sepekan. Gimana ngga?, wong saya sama sekali ngga mau makan. Parah banget lah. Trus menurut lo, apa dia peduli gitu sama saya?. Ya ngga lah, namanya juga udah putus.

Tapi, ternyata kejadian itu membawa pengaruh positif pada diri saya. Setelah capek menuntaskan rasa sedih, saya tiba-tiba punya energy lebih untuk menunjukkan ke dia bahwa without you i'm fine

Kayak lagunya si Lusi AB Three tuh

Ternyata tanpamu langit masih biru
Ternyata tanpamu bunga pun tak layu
Ternyata dunia tak berhenti berputar
Walau kau bukan milikku
Dududududududu....

Wah lagu ini benar-benar memberi suntikan semangat bagi saya. 

Karena udah ngga punya orang yang harus dimimpiin lagi, ngga punya orang yang kadang bikin sebel kalau saya dicuekin, dan ngga harus nyisihin waktu buat jalan bareng pas weekend, maka saya punya waktu buanyaaak banget untuk diri sendiri.

Waktu yang dulu saya habiskan sia-sia bersamanya, saya gunakan buat apa coba. Yes, you right, saya BELAJAR. Sekali lagi, biar dramatis, saya gunakan untuk BELAJAR. Wow, keren banget kan saya. Semua buku pelajaran saya baca tuntas, latihan-latihan soal saya lahap habis. Hasilnya ?. rangking saya meroket ( eh ini sih lebay ). Pokoknya nilai-nilai di raport saya meningkat. Dia? ah what the hell lah.

Nah biar kamu yang masih unyu-unyu nih, bisa mengambil pelajaran dari kasus saya, saya kasih beberapa tips biar ngga gagal Move On.

Oya, gagal move o itu bisa terjadi kalau kamu masih ngga rela melepas dia, masih nganggap dia berarti, masih nganggap dia istimewa. Padahal yang namanya mau move on itu, kamu kudu punya mental seperti banteng. kaya yang saya lakukan dulu 
  • Setelah putus, jangan tahan perasaanmu, kalau mau nangis kejer, nangis dah sepuas-puasnya. Karena perasaan yang dipendam itu malah bisa bikin penyakit. Tapi, caranya yang elegan yah. Pas di kelas, cool aja, ntar udah di kamar, silahkan tuh bantal lu hajar, buku lu lempar, foto dia lu robek, atau sekalian aja cemplungin ke closet. But, jangan lebih dari seminggu. Itu batas maksimalnya, karena lebih dari itu, muka lo bisa jelek banget
  • Nah, setelah puas nangis, akan muncul rasa sebel kamu pas lihat dia. Bagi yang putusnya tiba-tiba kamu pasti penasaran tuh apa penyebabnya. Ambil kertas, trus ambil pulpen, kamu tulis deh seluruh perasaanmu. Tanya disitu kenapa dia mutusin kamu, apa salah kamu, semua tumpahin uneg-unegmu. Kalau pengen maki-maki dia,puas-puasin disitu. Kalau kamu orangnya puitis bikin puisi juga boleh. Udah gitu, taruh di amplop, lem, alamatkan ke dia. Trus, ambil korek api, bakar dah tuh surat. Trust me " It's Works. Saya sudah membuktikannya.
  • Kumpulin semua barang pemberian dia. Entah itu boneka, baju, tas, apa aja deh. Taruh dalam kotak. Trus dibuang ???. Oh No no, jangan dong, rugi banget. Kalau bisa kamu jual ajah, lumayan buat nambahin uang jajan. Saya dulu, langsung ngadain cuci kamar ( semacam cuci gudang ). Karena dia sering ngasih saya baju, jaket,tas tuh barang-barang saya jual murah sama temen , xixixi hasilnya saya bisa beli baju baru lagi dan bisa makan-makan enak bareng sohib saya. yippieeee. Bisa juga kamu manjain diri dengan hasil penjualan barag-barang dia, ke salon misalnya atau beli buku yang udah lama kamu incer.
  • Jangan Pernah dengerin lagu mellow selama masa pemulihan ( kayak abis melahirkan aja ). Sekali lagi saya ingatkan JANGAN PERNAH, apalagi lagu kenanganmu sama dia, karena kalau mentalmu mental ikan asin, kamu bakal tumpah ruah air mata lagi. Nah saatnya kamu beralih aliran musik. Dengerin lagu nasyid, atau baca Qur'an lebih keren :)
  • Karena sekarang jamannya pake BB , FB, Twitter. Hapus deh nama dia dari semua kontakmu. Banyak orang nasehatin supaya kalau putus itu tetap komunikasi, kalau bisa menjadi sahabatnya. Oh, tidak, percayalah pada saya, itu sama sekali tidak akan berhasil. Lebih baik, untuk sementara kamu menghilang dulu dari kehidupannya, dari area dia. Jadi ngga usah, dengan sengaja nongkrong di tempat nongkrongnya dia ( bukan WC lo ).  Kenapa?. karena kalau kamu ngga menghapusnya, kamu pasti tetep kepo ngintipin timeline nya, penasaran dia sekarang sama siapa?. Hwaaa ngga banget deh. Ingat dia bukan siapa-siapa kamu lagi, dan dia memang bukan siapa-siapa. 
  • Oke, sekarang saatnya kamu menunjukkan bahwa bukan kamu yang ngga pantas untuknya, tapi dia yang ngga level untuk dirimu. Selami passionmu. Kalau kamu suka nulis, tulis tuh kisah kamu dengan dia, kirim ke majalah, syukur-syukur bisa menang, dan dapat hadiah. Saya melakukannya berkali-kali dan dapet duit dari situ , hihihihi #ketawa kunti. Tapi kamu ngga perlu peduli dia tahu atau ngga. Kamu lakukan itu untuk dirimu, bukan untuk siapa-siapa. Kalau kamu hobinya bikin kue, buatlah kue yang unik, misalnya cookies dengan kata-kata lucu " I Hate You", " Go to the Hell", "You're Nothing". Percaya deh, belum ada yang bikin kayak gitu, jadi kamu punya sesuatu yang unik :)
Nah kalau semua tips melupakan mantan di atas sudah kamu lakukan, maka yakin kamu itu bukan sudah siap move on, tapi kamu sudah move on. Setelah itu, saran saya ngga usah coba-coba main hati lagi. Tapi main otak, main logika. Ngapain capek-capek pacaran kalau akhirnya bakal putus juga. Apalagi kalau umurmu masih muda, ngga mungkin dong dalam setahun dua tahun kamu mau nikah. Jadi, sekarang gali potensimu sedalam-dalamnya. Ntar akan datang waktunya, seseorang yang akan menghargaimu dan mencintaimu lebih dari dirinya sendiri. Untuk itu kamu persiapkan diri dari sekarang menyambut dia.

Ngga ada siapapun yang berhak untuk menyakiti dirimu, mematahkan hatimu, apalagi sampai menghancurkan masa depanmu. Seperti kata Dian Sastro, " Karena Kamu Begitu Berharga"
10 comments on "Tips Melupakan Mantan: Let's Move On, Karena Kamu Begitu Berharga"
  1. aaaaaakkkk, mba wiiinn. jadi malu, aku masih proses move on. :D

    makasih tipsnya, mba. aku lagi rajin nulis nih, biar lupa dikit2 :D

    ReplyDelete
  2. makasi mb windi,tulisannya cukup memberi saya pencerahan..
    maklum sy sdg berusaha move on, dan maklum lg namanya seusia remaja ky sy msh suka labil,,

    ReplyDelete
  3. tipsnya ..boleh juga ..
    tak simpan ahh

    ReplyDelete
  4. Bener banget, Mbak. Menyibukan diri juga cara yang ampuh untuk move on :)

    Kita yang udah melalui sih bisa bilang gini, yang masih mellow mellow yellow, sambil bersungut-sungut bilang. "Mbak, tuh gak bisa ngertiin perasaanku" Hahaha!

    ReplyDelete
  5. Dulu saya pernah mengalami semacam cedera pada hati. obatnya dengan menyanyi. Dan efeknya alhamdulillah lagu itu justru sekarang menjadi penyemengat saya untuk terus berkarya.

    salam kenal mbak.. sukses kontesnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh udah kenal gak ya ? hahaha

      salam kenal lagi deh.. sapa tahu dikasih bonus secangkir kopi

      Delete
  6. Iya tipsnya bagus banget. Hehehe..., btw nulis uneg-uneg di kertas itu ampuh juga. Karena memang kita butuh 'sampah' untuk mengeluarkan kegelisahan. Kalau bisa sih sekalian ya dikirim ke orangnya, tapi tetap tanpa mengharap dibalas. Niatkan di awal, supaya pesan tersampaikan. Setelah itu pasti deh kita akan lega.
    Respon dia? Anggap aja itu side efect. Paling banter dianya ikutan gagal move on atau ngerasa bersalah. Di sini kita menang. Giliran kita yang ninggalin dia. Bhuakakak.. Tapi itu bisa kita lebih mudah untuk bangkit. Kenapa? Karena kekuatan 'meninggalkan' itu lebih kuat daripada 'ditinggalkan.'

    By the way aku juga menulis ~> Mengapa Ada Patah Hati? Mampir yaaa ^^

    ReplyDelete
  7. Mbaaaa Win, tulisannya masih relevan loh sama kasus-kasus patah hati zaman sekarang. Hahahaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature