Asal-Usul Pepatah Surga Ada Di Telapak Kaki Ibu

Friday, April 12, 2013
Asal-Usul Pepatah Surga Ada Di Telapak Kaki Ibu



Setelah saya pikir-pikir, sekarang saya jadi tahu kenapa ada pepatah yang mengatakan bahwa surga ada di telapak kaki ibu. Hal ini saya ketahui setelah melalui proses riset yang amat melelahkan dan seperti hal-hal yang terjadi di muka bumi, pengalaman lah yang membuka tabir segalanya. :D

Coba kita telaah sejenak, kenapa pepatah tersebut tidak menempatkan surga di kepala ibu, atau di perut ibu. Padahal kan bagian tubuh tempat kita tumbuh waktu jadi janin itu rahim yah, yang terselubung di perut?. Hayoooo, siapa bisa jawab.

Ternyata memang antara seorang ibu dan kaki itu sangat erat kaitannya. Saya baru menyadariya seminggu belakangan ini. Setelah usia kehamilan saya memasuki usia 32 minggu. Saat perut saya sudah guedee dan gerak saya sudah terbatas.

Kalau melihat ke cermin, saya bisa ngikik-ngikik sendiri. Ada pantulan perempuan yang sangat buncit, tapi tetep cantik #kibas jilbab.

Tapi walau udah nduut gini, saya masih bisa naik sepeda motor ke kantor, masih bisa naik turun tangga , tapi maksimal 4 kali bolak-balik, lebih dari itu saya ogah. Bukan ngga sanggup, tapi males aja, capek dan bikin ngos-ngosan. 

Saat gerak sudah terbatas kayak gini, tapi belum waktunya cuti dan kerjaan kantor masih numpuk, hueeeh rasanya setiap bergerak itu harus diperhitungkan untung ruginya. Mau jalan ke pantry, mikir dulu berapa langkah kesana ya?, penting banget ngga, kalau ngga mending ngga usah deh. 

Nah dari kesemua kegiatan yang bikin nafas saya gos-ngosan, ngga bisa seleluasa dulu, ada beberapa hal yang membuat saya masygul.Dan percaya ngga percaya semua ada hubungannya dengan kaki.

Pertama, sejak masuk usia 8 bulan ini, kaki saya mulai bengkak, mungkin karena kebanyakan duduk, atau karena terlalu malas jalan?. Wah ngga tahu juga sih mana yang paling dominan, pasalnya saya memang jadi malas gerak.

Karena kaki bengkak, maka sepatu yang biasa dipakai pun sudah tidak bisa menampung kaki saya yang dulunya imut-imut sekarang jadi amit-amit. Terpaksa beli sepatu baru, padahal jenis kaki saya adalah kaki yang perlu adaptasi terhadap sepatu baru alias awal-awal beli sepatu, mau semahal apapun (padahal paling mahal juga ya segitu itu ) pasti mengalami yang namanya lecet-lecet dulu. Makanya saya kalau udah pewe sama satu sepatu ngga mau ganti-ganti sampe rusak ( alibi ). 

Jadi deh saya harus ikhlas berkorban duit buat beli sepatu baru plus kaki yang lecet-lecet kembali dan ntar pasti meninggalkan bekas yang sangat tidak sedap dipandang mata.

Kedua, Karena kaki yang bengkak tadi, maka saat sholat, saya pun mengalami kesulitan saat posisi duduk tahiyat awal dan akhir. Apalagi tahiyat awal tuh, duuuh sakit banget, soalnya kan kakinya diduduki. Belum lagi karena perut rasanya mengganjal, jadi pas di posisi ini saya melakukannya dengan terburu-buru. Akhirnya karena takut ngga sah, saya ganti aja, mau tahiyat awal atau akhir , saya duduknya tetep kayak tahiyat ahir alias posisi pantat tidak menduduki kaki. Legaaa rasanya.

Trus yang ketiga, dan ini nih yang paling bikin saya uring-uringan. Saya paling concern sama urusan kebersihan kuku. Karena saya jenis orang yangg lebih kenyang kalau makan menggunakan sendok alami dari sang pencipta yaitu tangan. Makanya panjang dikit aja pasti langsung saya potong. Begitu pun dengan kuku kaki. Nah biasanya saya rutin melakukan potong kuku di hari Kamis. Kenapa Kamis?, karena besoknya Jum'at, kan saya tiap Jum'at ketemu suami, jadi maunya semua dalam keadaan bersih. 

Tapiii sekarang saya ngga bisa melakukannya lagi. Saat saya membungkuk mau motong tuh si kuku kaki, olala ternyata perut tambun saya menghalanginya. Berkali-kali saya coba ngga nyampe juga. Ganti posisi kaki dimiringkan, tangan saya yang susah menjangkau. Haduuuh, mau motong kuku aja perjuangannya luar biasa. Maka , karena dua minggu ini saya ngga ketemu suami dengan alasan saya capek banget naik kereta selama 6 jam, kuku kaki saya pun mulai panjang-panjang. Duuh gatel banget rasanya pengen membabat habis tuh kuku yang sudah terang-terangan mengintip. Ngga sabar nunggu sore ini, suami pulang kerja pasti langsung saya kasih tugas kehormatan untuk memotong kuku kaki saya.

Nah dari ketiga point di atas, saya bisa simpulkan, begitu eratnya kaitan antara kehamilan dengan kaki. Dan kaki adalah bagian tubuh yang menopang beban paling berat selama kehamilan. Makanya ngga salah dong kalau pepatahnya jadi berbunyi " Surga ada di telapak kaki Ibu".

Jadi yang mau durhaka sama ibunya, pikir lagi deh, bagaimana susahnya ibumu memotong kuku saat mengandungmu. Niscaya kamu akan berpikir ulang kalau mau membantah omongannya.

Kalau kegiatan sepele seperti potong kuku saja susah dilakukannya, maka coba pikir apalah lagi kegiatan berat lainnya. 

Suerr, ini risetnya bener-bener lho.

Nah kalau menurutmu darimana sih asal usul pepatah surga ada di telapak kaki ibu?




#postingan ini hanya pendapat pribadi, jangan dijadikan referensi karya ilmiah. Jangan sekali-kali. 

12 comments on "Asal-Usul Pepatah Surga Ada Di Telapak Kaki Ibu"
  1. kalo bengkak biasanya krn posisi kaki sering menggantung mbak.. pas duduk atau apa usahakan mijek lantai hehe.. pijit sm asam tua bisa membantu ngilangin pegel n nyeri bengkaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kalo duduk emang kakinya ga nginjek lantai mba. tapi kuganjel pake berkas2 nasabah, kok tetep bengka yah, padahal kan ada ganjelannya

      Delete
  2. Subhanallah... postingan yg keren maknyaa... kisah hamilnya mirip banget sm kondisi saya hamil dulu, tapi beneran gak pernah kepikiran yg penting begini...

    ckckckck... selalu dapat ilmu baru ketika silaturahim ke tetangga, syukran diingetin...
    keep write ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah samaan ya mak. Kirain saya aja yang lebay hamilnya. susah pake kaos kaki juga maak xixi. tapi subahanallu ya mak semuanya indah dan bikin hepi :D>

      Terima kasih udah berkunjung maak

      Delete
  3. kalo kata dokter kandungan, bengkaknya bisa dikurangi dengan mengurangi konsumsi garam dan direndam air panas Mak..

    semoga postingannya biar banyak yg baca Mak.. supaya mereka lebih mengerti perjuangan seorang ibu.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal saya ngga makan yg asin-asin lo mak. direndem air panas yah? wah bisa dicoba tuh, ditambahin garam ngga mak, biar relaks. emang normal ya kalo bengkak dan sakit. Kirain bengkak doang, tapi ternyata sakit juga :(

      Delete
    2. hmm..mungkin juga karena kehamilannya sudah besar mak. Sehingga kaki banyak menopang beratnya, jadilah bengkak (IMHO atau sok tau ya? haha)

      iya mak, dikasih garam biar relaks. pernah juga diajarin tidur telentang kaki diangkat ke atas dan disandarkan ke dinding (katanya supaya aliran darah dikaki bisa mengalir ke bagian lain mak).

      kalau dulu sih, saya cuma bengkak aja mak, tidak pernah sakit. coba tanya ke dokter mak :)

      Delete
  4. hiks, sama mommi. kalo eike pas halim gedhe gitu, selain potong kuku yang susah ya pasang-lepas celana (dalem dan panjang) dan bawahan mukena. mesti cari pegangan dulu di tangan kanan, nah tangan kiri meganng celana ato bawahan mukena itu...
    boljug ini risetnya.
    selain duduk shalat, juga pas nulis, kakinya kalo gak selonjor, lipet kanan, kiri, hadeeh mak gedebak gedebuk deh jadinya. rempong...
    oiya, ntar pas lahiran juga perlu kaki yang kuat lho...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masangnya sambil duduk mommy puji, eike juga sambil duduk . iya nih nulis blog aja rempongnyaaa amppun, mau dilipet kakinya lah bengkak, diselonjorin suah juga. xixixi, indahnya hamil ya mom

      Delete
  5. mmm... bener juga sih... hihi.. salam kenal, mak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya iya bener, :D salam kenal juga. terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  6. Jangan sekali-kali dijadikan referensi karya ilmiah ## Hehehehe 😆😄 tersenyum bacanya Win.Ok 😘 Padahal awalnya saya serius bacanya sampe mikir juga.Ada benarnya juga 😌 Kalo lagi hamil cepat capek n ngos ngosan kalo cepat2..Stuju lha sama pendapatmu 😁 Ng terpikir yg lain...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature