8Ways to be A Lucky Person

Monday, April 8, 2013
8 cara untuk menjadi orang yang beruntung

Konon katanya dibalik setiap angka itu memiliki makna tersendiri

Seperti angka 13 yang dipercaya membawa sial, maka angka 8 sering diidentikkan dengan angka keberuntungan. Salah satu masyarakat yang begitu kuat kepercayaannya terhadap makna dibalik angka adalah bangsa China dan keturunan Tionghoa. Mereka cinta sekali dengan angka 8. Angka 8 dianggap sebagai lambang kemapanan, karena pengucapan 8 dalam bahasa China (ba ) terdengar mirip kata makmur (fa). Makanya setiap benda bernomor 8 dipercaya bisa membawa hoki. Mereka akan sangat bersyukur jika bisa menempati rumah bernomor 8 karena dipercaya penghuninya akan selalu berkecukupan dan jarang dapat masalah.



Tidak itu saja, angka 8 juga dianggap suatu kesempurnaan, karena ia tidak memiliki awal dan akhir. Melengkung tanpa terputus.Bagi orang yang percaya, mereka akan mengusahakan angka 8 selalu menyertai kehidupan mereka. Seperti plat mobil, nomor handphone,bahkan acara-acara penting sebisa mungkin diadakan pada tanggal 8.

Tapi, benarkah sebuah angka bisa membawa keberuntungan dalam kehidupan kita?

Kalau dalam kehidupan sehari-hari, keberuntungan sering diidentikkan dengan menang undian. Sekonyong-konyong tanpa usaha, huplaa sebuah mobil diantar ke depan rumah.

Dari dulu saya tidak pernah percaya dengan yang namanya undian, karena saya yakin hanya orang-orang beruntung yang bisa menang undian, dan saya merasa saya bukan golongan the lucky person. Jangankan undian di bank yang berhadiah mobil, bahkan lucky draw dengan iming-iming mangkok pun saya tak pernah mendapatkannya. 

Sampai beberapa waktu lalu, saya mengikuti sebuah kuis tentang bahan bakar minyak yang diadakan oleh perusahaan minyak terbesar di negeri ini. Saya sama sekali tidak tahu kalau pemilihan pemenang berdasarkan undian, saya pikir berdasarkan konten tulisan. Saya menulis dengan sungguh-sungguh, saya posting sebanyak-banyaknya, ide-ide yang ada di kepala saya. Saya share di facebook, saya ajak teman-teman buat ikutan. Dan saat pengumuman pemenang yang jumlahnya cuma satu orang, Tadaaaaaaa nama saya keluar sebagai peserta yang berhasil mendapat voucher senilai 1 juta rupiah.


Apakah faktor luck yang bermain disini ?

Hmm, sebaiknya baca dulu yang ini. Ternyata keberuntungan itu bisa dipanggil loh. Jadi kalau kamu ngerasa kok hidupmu suram banget. kut lomba ngga pernah menang, Cari kerja susah dapetnya. Nyari jodoh ngga ketemu-ketemu, mungkin sebaiknya kamu mencoba 8 tips di bawah ini.

#1 Jangan Percaya pada Keberuntungan

Lucky people don't believe in luck

Coba tanyakan pada orang-orang sukses di sekitarmu, yang kamu anggap beruntung. Bob Sadino mungkin, seorang pria dengan pendidikan rendah yang bisa menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Saya yakin, kalau kita tanya, apa rahasia suksesnya, pasti jawabannya bukan keberuntungan. Karena sebagian orang menganggap keberuntungan adalah sesuatu yang tidak diusahakan dan tidak bisa dikendalikan.

Kalau saja saya percaya bahwa saya orang yang beruntung, tentu saat mengikuti lomba menulis BBM itu, saya akan asal-asalan. Dan hasilnya, bisa jadi saya malah buntung

Jadi untuk menjadi orang yang beruntung, jangan sekali-kali percaya pada keberuntungan. Tapi lakukanlah langkah ke dua di bawah ini

#2 Kesungguhan dan usaha

Saya sangat suka dengan kata-kata Thomas Jefferson, Presiden ke-3 Amerika Serikat. Ia Mengatakan,

"I'm a greater believer in luck, and i find the harder I work the more I have of it "

Oh yes, sepertinya saya ngga bisa lebih setuju dari itu.

Karena saya tidak tahu bakal diundi , jadi saya menulis semaksimal mungkin, mencari referensi lengkap.
Coba kalau dari awal saya ngeh itu undian, pasti saya bakal posting asal-asalan saja. yang penting banyak-banyakan posting, dan mengandalkan nama saya tercabut. Tapi ada hubungannya juga, dengan kesungguhan saya yang memposting banyak-banyak maka peluang saya untuk menang pun semakin besar.

Usaha akan mendekatkan keberuntungan, dibanding hanya diam tak melakukan apapun
Usaha = Peluang


#3 Raih Peluang, Jangan takut Mencoba

Jangan pernah lewatkan kesempatan apapun. Saat saya tahu pemenang yang diambil hanya satu orang, tidak menyurutkan tekad saya untuk mencoba. Walaupun kemungkinan menang kecil, satu berbanding seluruh peserta, tapai tetap ada peluang di dalamnya. Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi kalau tidak mencoba kan ?

Kebanyakan dari kita, misalnya saja saat di kantor, ada kesempatan untuk job opening, begitu melihat saingan yang ada buru-buru kita menjudge bahwa diri kita tak akan mampu bersaing. Under estimate sama diri sendiri. Akhirnya peluang di depan mata pun terlewat, bukan karena kita tak mampu, tapi karena kita menganggap kesempatan akan datang di lain waktu. Menyerah sebelum mencoba

Pernah kejadian di perusahaan saya, saat diadakan job opening untuk naik ke level lebih tinggi dengan syarat telah bekerja minimal 2 tahun. Akibatnya membludaklah pekerja yang mendaftar. beberapa teman tidak mau mencoba, dengan alasan peluangnya kecil, nanti saja periode berikutnya. Siapa sangka, ternyata saat itulah peluang terbesar, karena perusahaan sedang membutuhkan level managerial dalam jumlah besar akibat kebutuhan ekspansi. Dan bisa ditebak, periode berikutnya itu dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Padahal untuk mengikuti sebuah job opening ada batas maksimal usia. Kalau sudah begini, siapa yang menjauhi keberuntungan itu?

So Stay open for new opportunities. We don't know what will happen

#4 Positif Thinking

Dalam kasus saya, karena saya tidak berprasangka macam-macam kepada panitia, dan percaya bahwa konten tulisan adalah penilaian utama, maka saya berpositive thinking bahwa tulisan saya akan dinilai sesuai kapasitasnya. Dengan begitu persepsi yang saya timbulkan adalah seperti lomba menulis lainnya, dimana saya memilki peluang sebanding dengan kualitas tulisan yang saya kirim.

Saya sudah sering membuktikan bahwa dengan memandang suatu hal secara positif atau dengan kata lain berprasangka baik, banyak keuntungan yang kita dapat. Coba deh, saat kita melakukan kesalahan, biasanya kita akan ketakutan, trus di pikiran kita akan muncul macam-macam bayangan " Saya pasti dimarahi, mungkin bos akan menghukum saya, atau bisa jadi saya dipecat?".

Saat kita membayangkan hal-hal buruk, maka tubuh akan melepas energy negatif, wajah akan berkerut, aura yang terpancar juga aura muram. Akibatnya, saat menghadap ke bos, kita akan gugup, bicara terbata-bata, wajah ditekuk, yang memang secara alamiah akan membuat bos menjadi sebel, menganggap kita beneran ngga becus kerja, dan hasilnya mungkin amarah yang akan diterima.

Lain halnya, saat kita berfikir " Ya, saya salah, tapi saya aka bertanggung jawab, dan saya yakin bos akan memberi kesempatan kepada saya". Maka, saat menginjakkan kaki ke ruangan si bos pun, wajah kita masih cerah, dan kita akan memberi penjelasan secara mantap di hadapan bos. Beliau pun akan mempertimbangkan lagi, bahwa kita pekerja yang profesional, bertanggung jawab, dan bisa menghandle masalah.

Luck is derived from self perception,with positive energy and thinking,even when things get rough, luck will come your way inspite of what has occured. Positive love permits a succesful life

Masih ingat pelajaran jaman SD dulu, Azas Black, bahwa kalor yang diterima sama dengan kalor yang dilepas. Makanya kalau mau jadi orang yang beruntung, lepaslah energy positif, agar yang kembali ke diri kita pun hal-hal yang positif.

Energy yang dilepas = Energy yang Diterima

#5 Optimis, Never Give Up

Bayangkan bahwa keberuntungan ada di sisi anda, dekatnya sehembusan nafas. Saat kita yakin bahwa kta adalah orang yang beruntung, maka sikap diri sendiri maupun orang sekitar akan mendukung.

Saat mengirim tulisan untuk lomba itu, saya optimis akan menang. Kenapa?, karena saya sudah menulis sesuai ketentuan. Saya sudah  berusaha optimal. Dan saya percaya tulisan saya layak menang.



Sering lihat gambar di atas?

Itulah yang terjadi jika  terlalu cepat menyerah

"If you're convinced that you're a lucky person, you will have a behavior which will determine those around you to be more receptive with your person,"

# 6 Lebarkan Sayap

Beruntung sekarang banyak media sosial yang bisa kita akses dengan mudah. Hey, bukan jamannya lagi kamu mengurung diri di kamar, menjadi kutu buku yang tidak punya teman. Buka jendelamu, lihat dunia, perluas koneksimu.

Banyak orang yang menyepelekan pertemanan di dunia maya. Padahal walau kelihatan sepele, dunia maya membuka keberuntungan yang tidak diduga-duga.

Balik lagi ke cerita lomba saya di atas. Saya tahu lomba tersebut karena sebagian besar teman facebook dan twitter saya adalah para penggila lomba atau kuis hunter. Dengan tidak menutup pertemanan kepada siapapun, banyak informasi gratis yang bisa saya dapatkan. Menjelang Deadline saat saya membaca keikutsertaan seorang teman di timelinenya, maka detik itu juga saya langsung menulis.

Percaya atau tidak Kebanyakan keberuntungan itu datang dari orang lain. Bahkan nemu uang di jalan pun, tidak akan dikatakan beruntung kalau itu uangmu sendiri kan?.

#7 Berbagi

Sebenarnya kunci dari keberuntungan itu adalah berbagi. Berbagi bukan hanya dalam hal materi, tapi juga berbagi kebahagiaan, berbagi kabar gembira.

Seperti azzs black tadi, kalor yang diterima sama dengan kalor yang dilepas. Maka semakin banyak kamu berbagi semakin banyak yang akan kamu terima.

Contoh gampangnya, saat kamu memperoleh rezeki,minimal berita bahagia kamu sebarkan ke teman-temanmu, maka otomatis mereka akan memberimu ucapan selamat. Ucapan selamat itu akan dibarengi dengan doa.

Ngga percaya? , saya telah praktekkan. Pada saat saya tahu saya dimutasi ke kota tempat suami saya berada, saya langsung share di wall FB. Tak lama berhamburan ucapan selamat mengisi kolom komentar. " Selamat ya win, semoga setelah pindah langsung diberi momongan". Atau ngga " Semoga makin sukses di tempat kerja yang baru". Benar saja, begitu saya pindah, dalam tempo satu bulan, keluarga saya langsung dikejutkan oleh berita kehamilan saya. Padahal kabar itu telah kami nanti selama bertahun-tahun.

Contoh lain, pada saat kita menyumbangkan sesuatu ke panti asuhan, maka dengan spontan anak-anak kecil itu akan mendoakan kebaikan untuk kita. Dan doa yang baik tentu saja akan membawa keberuntungan.

Masih tentang lomba yang saya ikuti, saat saya membagi info lomba tersebut ke teman yang lain, bagi sebagian orang mungkin itu akan membuat peluang menang menjadi kecil. Namun ternyata, teman-teman malah memberi semangat, : "Ganbatte win, semoga menang"

Tuh, berbagi itu mendatangkan rezeki. Karena dengan berbagi, jadi banyak yang mendoakan

#8 Berdoa

Rangkaian dari berbagi, akan banyak orang yang mendoakan kita.

Jangan pernah meragukan kekuatan doa. Setelah kamu berusaha semaksimal mungkin, kamu yakin, optimis, saatnya kamu memohon kepada sang Pencipta. Doa itu bisa menembus batas langit. Doa lah yang tidak memiliki dimensi ruang dan waktu.Kamu meminta kepada manusia ada batasnya, ada pakemnya dan ada waktu dan situasi yang pas atau tidak pas. namun kalau mintanya sama Yang Kuasa, kapan saja dimana saja dalam kondisi apapun, pintu portal akan terbuka seluas-luasnya.

Ditambah dengan kebaikan hatimu karena telah dengan hati yang tulus berbagi ke orang lain, maka lebih banyak doa yang naik ke langit untuk keberhasilanmu. Dan saat kamu meraih sukses, saat itu orang akan berkata  betapa beruntungnya dirimu.

Nah, tunggu apalagi, panggillah keberuntungan dengan 8 cara di atas. Praktekkan dan lihat hasilnya.

Hanya dalam film lah keberuntungan bisa datang sekonyong-konyong. Mungkin si Untung Bebek adalah makhluk dengan gen luck terbesar di muka bumi ini. Dalam situasi apapun sepertinya kesialan akan melipir jauh darinya. Dan DOnal Bebek memiliki nasib sebaliknya.

Karena kita bukan si Untung dan tentu saja kita juga bukan si Donald, maka kita masih bisa memperoleh keberuntungan itu.

Balik ke pertanyaan di awal tadi. Mungkin saja angka 8 memang membawa keberuntungan yah ? :)











11 comments on "8Ways to be A Lucky Person"
  1. Replies
    1. hahahha, dah bisa ane jadi windi teguh beneran kan gan :D

      Delete
  2. Like-like-like.......Sukaaaaa. Moga menang ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, makasi mba . btw kita nulis tema yang sama yah ;D

      Delete
  3. banyak bgt postingnya buat lomba ini... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga dikirim semua mak niar. suka aj temanya, jadi nulis. yg dikirim yang ini sama yg lucky, yg move on ngga jadi, salah segmen. Kirain majalah remaja :D

      Delete
  4. Share ke twitter ah....*klik*

    Nice post Mba...:)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature