Review Setahun Blog Yang Bikin Bahagia

Tuesday, January 3, 2017



Tahun 2017 dibuka dengan evaluasi blogging aja deh.

2016 lalu total saya nulis postingan di blog sebanyak 164 postingan.

Jumlah terbanyak sepanjang kegiatan ngeblog saya. Artinya produktivitas di 2016 lumayan banget. Padahal di awal tahun, saya baru melahirkan bayi, xixixi. Udah sempet pesimis bakal mandeg lagi, soale pengalaman, pas abis melahirkan Tara dulu, saya vakum ngeblog, tahun 2014 cuma 18 postingan, Hwaaa blogger macam apa kamuh.

2016 ini memang semangat banget ngeblog, mungkin ada pengaruh karena di kantor saya sempet yang rada males malesan gitu, jadi energinya beralih ke blog.

Tapi untunglah cuma sementara, sampai akhirnya saya mendapatkan kembali semangat kerja yang malah ternyata berkorelasi ke semangat ngeblog juga.



Semangat kerja di kantor menururn, biasanya disebabkan oleh anak sakit atau ART ngga balik, wahahaha hidupku sangat berpengaruh pada kehadiran ART . I laf yu mba , wawak, kakak, tete. Tanpamu aku lemah.

( Baca : Pengen Resign Aja )

Nah sankin lagi on banget di dunia blogging, saya yang sempet minta dibuatkan jadwal sama neng icha annisast.

Kenapa icha?

Karena Gesi sibuk, wahahahaha.

Ngga ding, karena memang saya menganggap Icha tuh all out banget dalam ngeblog, jadi ya wajar aja minta resep dari dia.Apalagi terkadang saya tuh orangnya bisa yang nothing to loose sama sesuatu.

"Ah elaaah ngga nulis juga ngga apa-apa".

Napa harus nulis, siapa yang wajibin, kalau ngga apdet blog emang kenapa?.

Nah itulah gunanya teman yang punya kesamaan interest, biar ada yang ngingetin.

Oleh Icha saya dibuatin jadwal:

Senin : Banker's Life

Ini ngomongin hal-hal seputar keuangan dan produk-produk perbankan.

Sebenarnya saya udah sering nulis ini, udah punya tag khusus pun, namanya cerita bankir. Tapi dulu mah sak karepe dewe, sekarang udah dijadwal, pokoke tiap senin, berarti waktunya cerita bankir or sekarang labelnya diubah jadi #Banker's Life.

Tungguin yah, tiap Senin jam 7 teng.

Selasa : Beauty Corner



Ini ngga rutin seminggu sekali, cuma 2 minggu sekali aja. Isinya all about beauty. Ya bisa make-up, parfum, skincare, fashion, yang wangi-wangilah. Soalenya saya juga suka sesekali nulis review kosmetik or skincare, ya udin napa ngga dibuat jadwal aja sekaligus.

Rabu : GesiWindiTalk

Ini mah udah berjalan hampir setahun. Mulainya April tahun 2016 lalu. Isinya seputaran parenting dan keluarga.

Gesi Windi Talk ini penyumbang traffic yang lumayan banget di blog saya. Makanya selalu semangat nulis untuk GesWin.

Kamis : WomanTalk




Sebenarnya hari Kamis, dijadwalkan Icha untuk postingan khusus parenting, tapi karena saya pikir-pikir, di GesiWindiTalk juga udah ngomongin parenting, maka Kamis saya bikin labelnya WomanTalk aja, biar lebih luas yang bisa diomongin.

Ini belum rutin sih, karena biasanya abis nulis GesWin saya capek, dan pengen leyeh-leyeh dulu wahahaha.

Pillow Talk



Ada juga postingan khusus obrolan saya dan suami di pillow tall.  Isinya ga penting tapi menurut saya lucu, makanya pengen ditulis.

Jum'at, Sabtu, Minggu

Kosssooooong.

Kosong maksudnya saya boleh nulis tentang apa ajah. Ya kuliner, ya jalan-jalan, ya random thing atau nulis review, dan postingan sponsor.

Harapannya sih biar ngeblognya lebih rapi.

Dan percaya ngga percaya, dengan ngeblog teratur dan terjadwal gitu, traffic blog saya signifikan banget meningkatnya.

Saya baru memperhatikan belakangan ini sih. Yang dulu sehari PV cuma ada di kisaran 600-800 view versi GA, sekarang bisa tembus 2500-3000 view rata-rata, kalo pas panen puncak malah bisa nembus ke 4000-4500. hwaaaa, aku bahagia.

Maklum ya cyin saya suka rese soal PV. Rasanya sedih kalau capek-capek nulis ngga ada yang baca.

Iya seneng juga sih, namanya juga suka nulis, ya nulis aja. Tapi jadi lebih semangat gitu lho, kalau yang baca rame.

Makanya, saya laaaf banget sama si blogger imut-imut Annisast yang udah kasih jadwal untuk blog tersayang ini.

Serta tentu saja bersyukur banget nemu partner ngeblog kayak Gesi yang semangatnya warbiasyak. Gesi tuh, kayak ngga pernah kehabisan energy, bikin saya semangat buat mengimbanginya, jadi minim excuse ke diri sendiri.

"Ya elaaah, Gesi aja sempet masa lo ngga sih"

Gara-gara GesWin juga saya dapat pembaca baru dari blognya Gesi.

Apalagi ditambah beberapa kali Colabs bareng Sassy Thursdaynya Icha dan Nahla, yo wis nambah lagi pembaca baru, ahseeeek.

Seneng banget deh berteman dengan mereka, minim drama, banyakin ngomongin ide, ide dan ide.

Ngomongin komposisi warna blog, font mana yang bagus, sampe ukuran gambar aja dikomenin gaes, hadeeeeh. Sampai yang level " Mba Win, Judulnya Salah ih Itu, ngga pas" atau ngga " Mba ada typo tuh di kalimat ini......". Hwaaa terharu.

Walau umur kita beda banget, apalagi saya dan Nahla, beda 12 tahun cuuuy, bukannya malah jadi penghalang, malah jadi nambah referensi buat bahan tulisan.

Iyalah kalo ngga dengerin Nahla ngoceh, mana saya tau tentang Young Lex, Suhay Salim, Zen di Mystic Messenger. komik Mikoo . Astagaaaah kadang saya merasa kayak beda dimensi gitu dengan mereka. Walau ngga membuat saya jadi ikutan kepoin Young Lex, minimal jadi tau sudut pandang anak muda kayak Nahla.

Makanya, saran saya, kalau ada blogger yang bagus gitu, walau orangnya agak songong (lirik Icha
) ya jangan digibahin, tapi ditemenin. Kadang kita nih suka banget menilai orang dari kulit luar, padahal dalemnya orangnya Super baik, halah.

Balik maning.

Itu soal isi blog.

Soal pendapatan dari blogging.

Tahun ini saya mulai membatasi diri dalam ambil job. Bukan karena sok atau gimana, bukan pula karena bayaran ngga cocok, tapi karena saya punya space waktu nulis pas-pasan banget, jadi harus selektif banget, kalau ngga,saya ngga bisa bobok nyenyak ntar, hahahaha.

Alhamdulillahlah pokoke, soale walau blog ini memang ngga diniatkan buat nyari duit, tapi kalau bisa menghasilkan ya seneng lah yaw. Lumayan bisa beli lipen, beli tas, beli emas intan permata (boong banget) tanpa ambil dari gaji.

Pokoke ambil job yang mampu dikerjain aja, ngga maruk karena takut ngecewain klien. Yoi meeeen, walau bukan kerjaan utama, nerima kerjaan dari blogging juga mesti ada pertanggungjawabannya yes.

Bagi setiap bloger tentu punya tujuan masing-masing dalam ngeblog, makanya saya ngga akan iri melihat bloger yang berlimpah job, yang wara-wiri kesana-kesini dari blogging. Ngga sama sekali. Karena saya FOKUS sama tujuan sendiri ajah.

(Baca : Ngeblog Itu Yang Kayak Gini Lho )

Daripada iri atau nyinyiran gaya ngeblog orang, mending nanya sama ybs, nanya tipsnya, gimana caranya, hahahahahaha.

Iyalah ya sis, hari gini ngga usah ngurusin dapur orang, fokus pada tujuan masing-masing, ambil yang bisa memberi nilai tambah, tinggalkan yang bikin otak terdegradasi.


Lomba Blog

Wislah tahun 2016 kemarin memang diniatin ngga fokus ngelomba, soale lagi enjoy banget nulis pribadi. Sepertinya saya cuma ikutan 5 lomba blog, kalah dua menang tiga, lumayanlah ya.

Ngga memungkiri saya agak keder lihat para blogger yang turun ke kancah lomba, ngeri totalitas mereka. Bloger sekarang canggih-canggih banget cuy, ikutan lomba ngga modal tulisan doang, tapi pake animasi, infografis, video, etc etc, kerenlah.

Dalam hal ngelomba juga harus punya itung-itungan, effort yang dikeluarkan, dengan hadiah lomba plus peluang menang harus terukur dan jangan tekor-tekor banget, hahahahaha. Cemen lu win.

Iya sih, kadang cemen, tapi yang pasti saya tau potensi saya dimana. Jadi ngga mau banget asal ikutan lomba tanpa perhitungan kecuali khilaf.


Ehhm apalagi yah, kayaknya itu dulu deh, ntar di postingan selanjutnya saya mau list postingan terfavorit sepanjang tahun 2016.

Dari hasil usaha buat fokus ke perbaikan konten dan kekonsistenan nulis selama setahun ini, hasilnya memang cukup menggembirakan lho.

Nih lihat aja pergerakan PV saya versi GA, bulan perbulan selama tahun 2016.

Ini Bulan Januari 2016. Saya masih ngeblog tanpa arah, sak karepe ndewe, kapan sempet nulis, ngga sempet ya udah, bodo amat.

PV blog masih rata-rata 300 an sehari dengan user hanya 201 orang saja. Bounce rate juga gede banget.

Ni Performa bulan April. PV masih 20 ribuan atau sekitar 690 view per hari. Udah lumayan banget sih peningkatannya. User juga sudah nambah, bounce rate mengecil. 

Ini saya belum colabs bareng Gesi, tapi udah mulai rutin ngeblognya, ngga ares-aresan


Bulan April akhir, saya mulai colabs dengan Gesi . 

Tulisan pertama judulnya : Nitipin Anak Sama ART?, Ibu Macam Apa Kamu?.

Ternyata respon pembaca blog saya bagus banget. Terbukti di bulan Mei, PV naik lumayan banget. Naik sampai 65% dibanding April. Untuk user juga naik 54% gengs, horeeeeee. #kecupGesi.

Iya, ini saya akui ngaruh banget dari tambahan pembaca Gesi yang ikutan baca blog saya. Karena pembaca blog Gesi dan blog saya itu orang-orangnya beda, makanya bisa nambah. Kalau pembacanya sama tentu tidak nambah dong yah.

Oke lanjut. Sampai akhirnya, di bulan Oktober saya minta Icha buatin saya jadwal. Karena ternyata setelah dibedah, blog saya sama Icha itu karakternya mirip, tapi mengapa view saya jauh banget dibanding Icha?

Kita ambil kesimpulan, karena saya ngga rutin apdet blog, beda banget sama Icha yang punya postingan tetap. Ya gitu, akhirnya saya punya jadwal kayak yang saya bilang di atas tadi mulai Nopember 2016

Dan hasilnyaaaa...................................

Tadaaaaaaa

Bulan Oktober PV saya sehari rata-rata sekitar 1600-an view, dengan bounce rate yang masih gede juga (sedih). User juga sekitar 1000 an perhari.

Dan setelah dua bulan saya rutin apdet blog, seminggu minimal 3 kali, hasilnya gini;


PV blog saya di bulan Desember ini perbulannya 129.830, atau rata-rata 4300 view per hari. Wohooooooo, naik sebesar 155 % gengs.  User juga naik sebesar 50%.

Dan coba perhatikan bounce rate-nya. Gelaaaaaaa. 



Duh makanya saya bilang di tahun 2016 ini my best bangetlah di kegiatan blogging.

Mungkin bagi bloger kebanyakan, belum seberapa sih, tapi bagi saya peningkatan PV ini bikin bahagia banget, wahahahaha. Saya memang anaknya remeh, PV naik aja bahagia.

Soalnya saya belum menargetkan postingan SEO, blog ini masih berbasil cerita personal doang, makanya yang WOW gitu ke diri sendiri.

Jangan dibandingin sama PV bloger yang memang isi blognya spesial menyasar artikel SEO ya.

Ke depan pengen lebih banyakin ah postingan SEO, biar PV terjaga. kata para suhu bloger sih gitu, saya mah anaknya nurutan, dikasih tau ya nurut, wakakaka.

Ini postingan bukan tujuannya riya atau gimana sih. Ngga samsek. Cuma mau nunjukin, bahwa ngeblog itu bisa banget bikin bahagia. 

Seremeh lihat stat GA trus senyam senyum seharian.

Bahkan postingan curhat pun banyak lho pembacanya, bisa juga datangin traffic kece.

Kalau kata Nahla dan Gesi, saya hamba PV, wahahaha. auk ah, biarin.

DA jelek saya ngga peduli.

Alexa rank menggendut, masih bisa cuek.

Kalau PV oke, udah bisa bikin tidur nyenyak #sikap.

Dan yang pasti naikin PV itu bisa banget diusahain dengan cara yang baik, bukan hanya sekedar pake judul bombastis atau bikin postingan sensasional.

Ngga ngerti SEO, kagak ape-ape. Tapi tetep belajarlah, karena kalau jago SEO mah, urusan PV urusan remah-remah kue salju doang.

Pokoke, evaluasi blogging tahun 2016, kalau diconvert ke SMK (ala banker), hasilnya Istimewa. Saya bisa banget nih dapet bonus 16 kali gaji kalau di kantor wahahahah #sodorinstat GA ke atasan, cih.



Pokoke many thanks lah buat pembaca budiman blog windiland yang udah mau mampir dan baca tulisan-tulisan disini.

Makasi buat yang udah sering share, komen. I laf yu

Terutama buat Gesi, Icha dan Nahla yang banyak banget mensupprot. Udah ala penghargaan Oscar belum ini, wahahaha.

Jadi, gimana nih evaluasi blogging tahun 2016 kalian. Ada yang hepi kayak saya ngga? share dong.






18 comments on "Review Setahun Blog Yang Bikin Bahagia"
  1. TYPO!!!!! Support ya support!!! Muah!

    ReplyDelete
  2. Aku salah satu yang sering mampir ke blogmu ini, paling seneng kalo pas nyeritain soal Tara DipDip ato MasTeg..haha

    ReplyDelete
  3. Kereeeen Mba Windi *prokprokprok.. :D Aku termasuk reader baru d blog ini, baru aktif lg ngblog jg taun ini.. hehe.. Ngaruh bgt ya mba rajin postin tiap minggu dan postingan yg bertema dibikin jdwal kayak gitu..

    ReplyDelete
  4. ckckck hebat banget Mbaa Wind, gila itu pv-nya ngeri euy *jempol *

    ReplyDelete
  5. aih...asyik mbak. intinya terarah ya mbak. tfs mb windi.

    ReplyDelete
  6. Selamat ya mb win atas pencapaiannya. Moga nular ke aku

    ReplyDelete
  7. Saya termasuk yg nemu blognya Mba win dr annisast ����
    Moga pvnya nular ke Jurnal Saya. Aminnn sepenuh hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah makasi mba.aamiin, semoga ngeblognya makin cihuy

      Delete
  8. Hebat ihhh bisa konsisten bgt nulis gitu pake jadwal. Aku blm bisa mba.. Ini update blog seminggu sekali aja udh pusing kadang :p. Tp ya sudlah... Seminggu sekali aja udah lega aku nya kalo bisa ngapdet :p..

    ReplyDelete
  9. Wahh kerenn kali mbaa, sebenarnya sy udah buat jadwal juga tapiiii masoh aras2n juga ngeblognya heheh

    ReplyDelete
  10. Pencapaian 2016-nya amazing mba! Sukses terus yaa..

    ReplyDelete
  11. Keren Kak Windi! Emang postingan terjadwal itu ngebantu banget yak. Tapi keknya aku belum bisa ke arah sana 2017 ini, masih pengen bersenang-senang dengan giveaway sama lomba. Kalo nulis mandiri, duuhh semangatku suka melempen. Hiks.

    ReplyDelete
  12. ya Allah, pagewiew saya nggak ada apa-apanya kalo gitu mbak? pageview tertinggi saya baru 250an...itupun udah seneng banget hahaha.

    biar nggak buntu buat cari ide nulis caranya gimana mbak?

    ReplyDelete
  13. Ikut seneng, Mbaa denger orang2 yg nemu temen bs support bgt. Aku cari2 juga ah blogger yg interestnya sama, blm nemu nih *jgn2 salah pergaulan* #duh ;p. Semoga 2017 PV nya makin menggenduts yaaa

    ReplyDelete
  14. Waaa. Aku mau ikutin cara kak win juga ah, biar teratur ngeblog alias ga campur2. Soal PV itu bonus menurutku.

    ReplyDelete
  15. wiiih PV nya ngeriiik.
    keep konsisten nulis personal gini mba, aku suka lho.

    ReplyDelete
  16. Ternyata nulis dijadwal membantu banget ya. Masih harus belajar lagi nih mbaa...

    ReplyDelete
  17. Sering mampir juga ke sini mbak, salam

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)

Custom Post Signature