Ngeblog Itu Yang Kayak Gini Lho

Tuesday, April 5, 2016
Sebagai saingan Dian Sastro, saya ngga mau ketinggalan. Karena doi bentar lagi bakal rilis film AADC 2 maka saya pun mau rilis postingan tandingan, AADB Ada Apa Dengan Blogger.
Memangnya ada apa sih?.

Kalau Milli cs dulu resah bertanya-tanya tentang perubahan sikap si Cinta, maka saya pun sekarang bertanya-tanya dengan dinamika dunia bloger.


( Baca : Gara-gara skandal Dian, dapet untung dobel )

Iya rada heran kok sekarang ngeblog jadi ribet bener yak. Adaaaa aja yang harus diributin. Mulai dari kasta dalam pergaulan blogger sampai job ripiu.Baru ngerti soal rangking-rangkingan udah muncul soal tarif blogger. Masalah tarif lewat muncul disclosure. Disclosure kelar masuk si do follow no follow.

Mulai bersahabat dengan do dan no tiba-tiba masalah kunbal, komen dan temen-temennya seliweran.

Mulai tenang dikit, mengudaralah soal penting ga penting kehadiran blogger di sebuah event.



Astagaaah ini dunia blogger atau dunia persilatan sih, banyak bener pertumpahan darahnya. Mulai ga asik nih. Kalau udah ga asik saya jadi terusik.

Yang intinya dari seluruh perkara edebre-edebre di atas adalah adanya pihak-pihak yang pengen nyampein ke semua blogger bahwa " ngeblog tuh kayak gini lho ".

"Kayak gini" nya itu mengacu ke caranya dia.

Kayak gini 1 : blog itu jangan cuma buat menggalau, hasilin duit dong dari blog. Daftar adsense kek, affiliate, job ripiu  content placement, buzzer. Ayo dong bikin blognya bisa menghasilkan

Kayak gini 2 : yang namanya ngeblog tulisannya harus bermanfaat, yang banyak dicari orang, bukan hanya catatan pribadi doang. Bikin content SEO atau viral dong, masa blog isinya curhat doang



Kayak gini 3 : ngeblog itu pake ilmu. Ilmu SEO, desain grafis, fotografi, video editing, jangan mandeg di nulis doang. Belajar dong ah.

Kayak gini 4: ngeblog itu harus merhatiin parameter-parameter Alexa rank, domain autorithy, klout, google rank. Edebre edebre.

(Baca : tentang blogger remahan nastar )

Kayak gini 5 : ngeblog itu sarana silaturahim, jangan sok kecakepan mentang- mentang ini itu jadi ga mau bewe, ga pernah kunbal, komen ga dibalas. Situ seleb?



Kayak gini 6 : jadi blogger itu harus punya harga diri. Jangan maulah dibayar cuma ceban untuk nulis, murahan amat lu. Jangan gara-gara kamu terima bayaran segitu pasaran bloggger lain jadi turun. Edukasi brand cuuuy.

Kayak gini 7: kalau ngeblog cuma buat reportase jangan ngaku-ngaku blogger kamu. Kelihatan sih blogger gudibek.

Kayak gini 8 : ngakunya blogger tapi isi  blognya cuma buat lomba semua, situ blogger atau competition hunter?



Kayak gini 9:
Xyehskfmjrurk

Uuu yeaaaah. Banyak amat mak aturan ketebelecenya.

Saya mau ulas satu persatu ah dari sudut pandang windiland.

Bukan berarti saya ga suka lho dengan hiruk pikuk di dunia blogger. Saya suka, karena kalo ga ada blogger yang mempermasalahkan hal-hal di atas mungkin saya ngeblognya ya dari dulu gitu-gitu aja. Nulis doang, ikut lomba. Udah.

Tapi gegara lihat ada teman blogger yg isi blognya kok banyak reportasenya ya, jadi tahu eh ternyata blogger sering diundang event-event tertentu dan dibayar.

Lihat temen yang blognya bertaburan banner iklan jadi tau juga tentang affiliate dan adsense.

( baca : affiliate program mataharimall)

Trus pas lihat postingan temen kok ada ngelink ke brand-brand tertentu. Eh rupanya dia lagi dihire untuk penulisan artikel produk si brand.

Bener deh kalau semua blogger tipenya kayak saya yang awalnya hanya jadiin blog untuk nulis kejadian sehari-hari plus ikut lomba pasti saya ya mentok disitu. Nah itulah gunanya banyak temen biar ga kudet.

Tapi.... tapi...secara pribadi saya kurang nyaman dengan fenomena (istilahmu nduk) yang setahunan ini berkembang di dunia blogging. Seperti yang saya sebut di awal. Semacam ada pelabelan tertentu terhadap macam-macam blogger.

Kalau dulu sebutan blogger palingan dibedain sama niche blognya, sekarang sesama blogger kok gampang banget saling merendahkan.

Merendahkannya sih no mention, tapi tetep aja yang keselepet banyak.

Tentang EYD

Blogger yang banyak typo tulisannya dikatain begolah. Iya saya mah baper kalo soal ini. Soalnya saya sering banget typo. Maklum cyin suka nulis dari hape. Ato ga nulisnya sambil rebutan keyboard sama Tara xixixi. Jadi ya begitulah.

Malah pernah saya nulis artikel dengan judul " Cara Merubah Domain Menjadi Dot Com".

Iyaaa bully aku bully aku. Saya sebenarnya udah dari kapan tau mengerti kalo ubah itu dikasih imbuhan me jadinya mengubah bukan merubah. Tapi mungkin saat itu saya lupa makanya nulis gitu. Trus ada blogger yang menyindir sambil ngetawain saya dan dijadikan statusnya pulak. Rasanya gimana yah?. Baper lah pastinya.

Tapi kemudian saya berterima kasih sih sama blio karena udah ngingetin walau caranya agak ga enak. Karena saya sadar pembawaan orang kan beda-beda. Ada yang lemah lembut ada yang suka to the point. Nyantai broooooh

Kesini sini demi mengurangi kadar typo di blog, saya berusaha semaksimal mungkin buat cek cek dulu sebelum publish. Tapi ya tetep aja ada yang kelewat. Biarin ajalah pikir saya, soalnya kalau kelamaan ngurusin typo saya jadi ga nulis-nulis. Seiring waktu pasti saya terbiasa sendiri buat lebih hati-hati pas ngetik.

Ada beberapa blogger senior yang sering membuat status di FB tentang EYD, statusnya singkat-singkat, misalnya : apotek bukan apotik.

Nah gw demen yang kayak gini. Memberitahu tanpa merendahkan.


Tentang bayaran blogger

Ini juga pernah rame. Memang ya kalau udah masalah dapur pasti rame bahasannya.

Blogger yang bayarannya udah jut jut pengen blogger lain supaya jangan banting harga sama brand. Karena menurut mereka itu bisa menjatuhkan pasaran para blogger lain. Takut brand mikirnya " Ah lu ngga mau segitu ya udah, masih ada yag mau dibayar lebih murah kok".

Padahal saat blogger-blogger itu ngeributin rate card, sementara si blogger pemula, boro-boro mikirin  nego harga, dapat tawaran job aja senengnya minta ampun. Jadi harga berapapun hajar bleh.

Lhadalah ga ketemu solusinya.

Apa itu salah?

Menurut saya ngga. Soal rate card itu hanya butuh proses dan waktu aja. Janganlah samakan blogger yang namanya udah dikenal brand dengan blogger baru lahir. Tenang aja semua berproses.

Tahu ngga sih, masih banyak lho blogger yang bukan karena murahan atau melacurkan diri atau apalah makanya mau nerima bayaran rendah untuk nulis atau sekedar content placement. Tapi sesungguhnya karena dia memang tidak tahu berapa pasaran harga tulisan. Ya kalau elu udah sering nerima job mah gampang yah, bagi yang masih sekali-kali dilamar brand itu beda ceritanya. 

Kalau saya pribadi, pengalaman pertama kali dapat job itu aduh senenge rek. Dibayarnya juga ya segitu-itu. Tapi seiring berjalannya waktu, dan juga terbatasnya waktu saya nulis, jadi lebih selektif kalau dapat tawaran nulis. Kalau gampang mah,cocok harga, hajar. Kalau agak ribet, mintanya ya lebih gede lah.

Tapi, jujur aja sampai sekarang masih sering khilaf kok nentuin harga dan nego dengan agen. Pernah dibayar cuma 100 ribu, saya rasa biasa aja, ga merasa rugi, karena yang ditulis juga gampang. Walau ada blogger yang menganggap murahan amat 100 ribu, kok mau.

Pernah juga dibayar 1.5 jutaan, pernah sejutaan tapi kemudian saya nyesel, Beneran nyesel kok cuma segitu karena effortnya untuk nulis saat itu lumayan melelahkan. 

Jadi, menurut saya parameternya ya bukan soal jumlah rupiahnya, tapi ada hal lain.

Apalagi sekarang saat udah ngerti kalau tulisan berbayar yang menitipkan link itu ternyata ngaruh ke performa blog, jadi lebih selektif lagi.

Sekali lagi itu hanya masalah proses dan jam terbang.

Kalau dulu mana ngerti yang gituan, malah sanking senengnya, si brand minta satu link, dengan senang hati saya kasih 2 link. Maklum blogger unyu.

Makanya jangan sembarangan langsung nuduh, ih blogger murahan. Seiring proses ngeblognya seseorang, ntar bisa menghargai sendirilah berapa nilai tulisan blio.

Lagian kita ga pernah tau dapur orang seperti apa.

Edukasi yes, judgemental no

Soal Menghadiri Event

Nah ini yang lagi seru.

Kalau pendapat saya pribadi. Soal hadir menghadiri event, mah urusan bloggernya. Ngga serta merta misalnya karena dia wara-wiri terus di event-event trus bisa kita labellin blogger maruk, atau situ blogger atau wartawan?

Lha namanya ngeblog kan bisa saja mengalami pergeseran nilai-nilai. Samalah kayak hape.

Dulu fungsi hape kan cuma buat nelfon dan kirim SMS. Trus bergeser jadi bisa buat MMS, geser lagi jadi bisa buat dengerin radio. Trus bisa buat foto-foto. Seiring jaman fungsi hape berubah.

Coba ngaku , sekarang kalau beli hape yang ditanyain apanya. Kebanyakan kameranyalah, kecepatannya, kapasitasnya. Fungsi-fungsi pendukung malah yang ditanyain pertama kali. Dan produsen hape juga berinovasi ya disitu , di fungsi pendukung hapenya.

Ngeblog saya rasa juga demikian.

Walau secara arti harfiah dan tujuan awal, ngeblog itu adalah catatan pribadi yang ditulis secara online, namun seiring jaman, blog juga beralih fungsi. Bukan hanya sekedar tempat curhat, tapi bisa sebagai tempat jualan, tempat buat ikutan lomba, buat nulis reportase. Macem-macamlah tergantung tujuan ngeblog dia untuk apa.

Jadi, kalau kita masih membatasi defenisi blogger itu seperti apa, rasanya naif sekali. Karena segala sesuatu itu akan mengikuti jamannya. Inovasi atau mati.

Balik ke undangan blogger.

Yup, saya setuju, kalau menghadiri event itu mesti berhitung untung ruginya. Utung rugi ini sendiri ga bisa disamakan parameternya

Bagi blogger pemula, kayak saya dulu, diundang ke event tertentu itu seperti sebuah pengakuan. Diakui sebagai blogger. Sama sekali ngga merasa jadi cheerleader atau apa. Saya pribadi sih memang hanya menghadiri event yang sesuai sama blog saya aja. Karena blog saya lebih ke parenting jadi ya saya ikut kalau event bertema itu saja.

Nah untuk menghindari kecewa atau merasa dimanfaatkan oleh brand, jangan ragu untuk bertanya.

Saya biasanya sebelum hadir nanya dulu ke agencynya. Disana kegiatannya apa saja. Ada live tweetkah, ada lomba blognya kah?, kompensasi apa yang saya dapat.

Itu penting buat mengukur effort yang kita keluarkan sebanding ngga dengan yang kita dapat.

Bukan berarti blogger itungan yah?. Tapi biar ga ada kejadian kecewa di belakang hari.

Kalau saya menghadiri event memang ngga mau rugi. Udah nyempetin datang jangan sampai disia-siain. Makanya kalau ada live tweet saya biasanya menang, kalo ada hadiah lainnya biasanya pun saya dapat.

Apa lantas saya jadi blogger gudi bek?



Yah terserah penilaiannya. Yang pasti saya seneng aja melakukannya. Udah dapat ilmu, menang live tweet. Dari tweet itu jadi gampang bikin tulisan. Hepinya beruntun gitu lo. Jadi ya jangan setengah-setengah kalo dah datang.

Saya pernah diundang produsen susu untuk ngeliput acara semacam playdate gitu. Pas saya tanya kompensasinya, ternyata cuma gratis tiket doang. Tapi brandnya minta saya ngetwit dan nulis di blog. Ya saya ngga mau. Karena untuk bisa ngetweet dan nulis di blog saya harus mengikuti acaranya. Kebetulan acaranya di mall dan harus bawa anak sama suami. Waa tekor dong, belum makannya, belum capeknya anak saya.

Tapi pernah juga dengan brand yang sama saya diundang buat seminar tentang tumbuh kembang anak. Karena saya pengen tahu ya saya mau aja datang walau ga dibayar. Kenapa?

Karena kalau saya harus bayar pun saya mau datang.

"Ih dia sering ikut event, siapa yang jaga anaknya? Apa ga dimarahin suaminya tuh? Kapan waktu istirahatnya?"

Duh banyak yah yang dikepoin, xixixixi. Udaaah ga usah kepo. Kalau kamu ga bisa ngatur waktu, ngga punya orang yang jagain anakmu, bukan berarti orang lain juga gitu.

Wah kalau tau setiap event yang saya datangi di hari kerja, pasti pusinglah kalian mikirin gimana saya bisa ada disitu, ikut live tweet, menang pulak, bikin reportase kumplit, balik kantor lagi kayak ga terjadi apa-apa.  Itu ada triknya sis yang ga ngerugiin siapapun.

Daripada menduga- duga trus berprasangka buruk mending nanya aja langsung.

Tentang komen dan kunbal




Hmmm..... saya malas bahasnya. Karena masalah ini banyakan bapernya.

Tapi sama kayak yang di atas-atas tadi, ini pun berproses. Seiring waktu, blogger-blogger yang mempermasalahkan ini akan tahu bahwa tidak membalas komen atau tidak kunbal itu ngga ada kaitannya dengan sombong tidaknya si blogger.

Ga percaya?

Gini deh saya kasih pertanyaan. Menurut kamu mak Winda Krisnadefa itu sombong ngga orangnya?.

Menurut saya ngga. Malah orangnya asik banget.

Nah sekarang coba deh lu komen di blognya trus tunggu aja blio bakal kunbal ga ke blogmu?.

Mungkin blio abis mosting tulisan, share ke fb, twitter abis itu balik maning bakar mug xixixi.

Soal postingan bermanfaat?

Masa sih ada tulisan ngga punya manfaat?

Ngga manfaat di kamu bukan berarti ga manfaat di orang lain kan?.

Coba dulu saat Raditya Dika belum tenar, emangnya tulisan dia ada manfaatnya apah? Wong blognya isinya tentang ayamnya, tentang adiknya yang ga jelas gitu.

Tapi bisa bikin orang sakit perut nahan tawa. Manfaat banget tuh buat bikin orang bahagia.

Tentang SEO dan Parameter lain

Blogger yang ga peduli dengan semua itu terkadang bukan karena dia ga mau belajar, tapi mungkin saja kan memang dia ga peduli. Wong tujuan dia ngeblog buat curhat ngapain pulak harus mikirin alexa rank.

Kecuali tujuannya ngeblog buat jualan, kalo dia ga mau tau tentang SEO ya kesempatan dia buat menjaring lebih banyak pembeli bakal berkurang.

And sekali lagi, untuk sampai tahap si blogger ngerti nganu nganu itu butuh proses dan waktu.

Semua blogger punya tujuan yang berbeda

Jadi.... ngapain lah repot-repot ngurusin si anu kok ngeblognya gitu, ga kayak gini. Udah urus aja blog sendiri.

Karena sama dengan hape. Untuk jenis hape yang sama, ada orang yang merasa cukup hanya menggunakan fasilitas telfon dan sms doang. Ada yang merasa itu saja tak cukup, dia donlot game biar bisa ngegame.  Ga cukup juga, dia pasang semua aplikasi sosmed biar tetap eksis. Demikian seterusnya.

Karena kebutuhan  dan tujuan orang beda-beda.

Ngeblog buat curhat? 

Silahkan tinggalkan alamat blog di komen. Saya pecinta blogger curhat.

Ngeblog buat ikutan lomba?

Ya bagus toh, sukur-sukur menang dapat hadiah gede sekalian update blog.

Ngeblog buat adsense?

Asik banget, bisa digaji google tanpa harus cari down line ^_^

Ngeblog buat job ripiu dan content placement?

Selagi halal dan ga nyenggol hidup orang, kenapa ngga?. Itung-itung latihan buat nulis soft selling.

Punya ratusan blog untuk mendulang dollar?

Bukan berarti dia ga punya skill menulis dan cuma ngandelian SEO doang kan?

Pakdhe cholik tuh blognya buanyak banget tapi tulisannya saya rasa ga ada yang akan berani bilang ngasal doang.

Jangan under estimate gitu ah.

Kalau blog ini?

Ya curhat iya, lomba apalagi, hobi mah saya. Job ripiu & content plaecement ?welcome. Affiliate aja yang belum, masih belajar cuy.

Jadi bagi para blogger yang minder kalau ngeblognya masih "gitu-gitu aja", tenang.... keep calm and terus belajar. Nikmati prosesnya, ojo kesusu. Ini ngeblog cyin bukan lomba lari yang ada garis finishnya.

Bagi blogger yang gatal pengen ngasih tau "ngeblog yang bener" itu yang kayak mana, santai juga sis. Ngeblog bukan aliran agama, ga ada benar salahnya.

Dibawa asik aja biar ga lelah hati adek.

Seperti Pesan admin windiland ini




Dan ini yang paling penting


Jadi kalau menurut windiland, ngeblog itu yang kayak mana?

Ya.... yang kayak gini ini.

Set dah panjang amat postingan gw ngomongin ini. Jadi inget sebuah cerita. Baca nih 



Trus mlipir berasa digampar

Betewe kalo kamu, gimana gaya ngeblog asikmu? Seperti saya atau seperti gaya ngeblog grace melia ini ?









223 comments on "Ngeblog Itu Yang Kayak Gini Lho"
  1. Terima.kasih tulisannya yg mencerahkan ini mba. Jujur aja... saya yg baru rajin menekuni dunia blog ini sempat terkaget kget dengan dunia blog ini. Tapi saya coba menilai positif dan belajar saja lah..

    btw... saya suka gambar jangan lupa sedekah biar ngeblogny berkah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn kaget mba. Memang dinamikanya begitu. Tetep belajar biar ngeblognya makin asik :)

      Delete
  2. Bakar menyan.... Terpaksa ninggalin komen, ada yg ngomongin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiihhh, kemajuan, mak gaoel mulai bergaul *ehhh kabuur

      Delete
    2. Mak Gaoel sekarang jualan menyan juga? warbiyasak..

      Delete
    3. Tuh kaaan. Siala bilang mak gaol sombong wahahahaha

      Delete
    4. Astaga. Gw nulis komen aja typo. Cemana lah ini

      Delete
  3. Sudut pandang yang menarik, Mak :)

    ReplyDelete
  4. Kamu kok keren sih mbak, aku follow nih.. haha

    ReplyDelete
  5. Sepakat Win!
    Ngacung ah sebagai blogger curhat...hahahaha :D

    ReplyDelete
  6. Set dah. .. panjang amat :)
    Makasih sharingnya, anyway.
    Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nulisnya pake hape lgo.tau2 dah panjang aja hahahaha

      Delete
  7. Maak... Saya blogger curhat :D
    Sepakat, Mbak. Dibikin happy aja :D

    ReplyDelete
  8. Aku suka curhat di blog. Hihi. Nulis apapun pasti diawali dan diakhiri curhat.

    ReplyDelete
  9. Aku bacanya kadang kesindir, kadang setuju, kadang bikin semangat kudu perbaikin sistem ngeblog *halah sistem apaan* Apik mbak ulasannya! Hahaa... aku blogger apa ya? Blogger yang 9 tahun ngeblog, baru mikirin niche dua bulan terakhir! Wakakakak iya. telat. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger apa pun Anda, yg penting Heppii... :)

      Delete
  10. Aku blogger apa ya? Blogger gado-gado udah ga ada ya? Ganti lifestyle? Haisshh.

    ReplyDelete
  11. Mantaaap mba.. intinya gak perlu ngeribetin dapur orang yaaa

    ReplyDelete
  12. first time I came here, salam kenal teh hehe

    dapet istilah baru nih,.. blogger godibek hahaha lucu bgt

    aku rasa emang kita harus jadi diri sendiri lah, nggak usah ngurusn orang lain. merdeka terhadap diri sendiri, asal jangan bikin hal negatif ajah (cie so bijak)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak mas istilah blogger. haahhaha

      Delete
  13. Aku blogger apa dunk mak Windi?
    Blogget kaku, yess :)

    ReplyDelete
  14. Akuuu mbak... Ituuu akuuu... Ngeblog masih gitu2 aja :D
    Mva windi sombong ih, ga pernah kunbal ke saya, padahal isinya curhat semua blog saya. Haha *kabuurrrr*

    ReplyDelete
  15. Kenapa namaku gak sekalian disebutin juga Win sebagai blogger yg mengkritik kata "merubah" itu? Kan biar tambah beken gue :D ih Windi masih dendam aja. I'm sorry deh.. Gara-gara dendam Windi itu, aku sekarang jadi blogger event dah. Soalnya kalo nulis yg nyindir-nyindir gitu nanti malah nyakitin orang wkwkwkwk... Aku malah lagi malas ngeblog, pengennya jalan2. Jadi blogger event itu bisa jalan2 sekaligus update blog. So, proses setiap blogger memang beda-beda. Dulu aku ngeblog curhat, kemudian ikut lomba blog, dan sekarang sering ikut event. Ke depannya lagi ga tau gimana. Hanya Allah yang Tahu (ter-Uttaran) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha mba leyla aku ga dendaaam. Aku baper tp ga sampe dendam lah. Kan udah kubilang aku tau yg namanya org beda2 cara penyampaiannya.

      Sama mba. Ngeblogku juga brrptoses dan ganti2 selera. Dulu curhater, trus contest hunter, lalu ngelirik job ripiu skrg mau coba affiliate kalo sempet mempelajarinya. Ke depananya. Hanya Allah yang tahu ^_^

      Delete
    2. Ngapa jadi pada ngikutin nenek yang sekarang di penjara xixixixixixi (happy gue si nenek akhirnya dijeblosin ke penjara. padahal sempet ngayal si nenek dibakar)

      Delete
    3. nenek siapa si? yang mana, yang mana ... (ini kepo apa kudet sih? he he he)

      Delete
    4. Lho udah dipenjara ya. Wah aku ketinggalan

      Delete
    5. Aku kudet nenek siapa sih Mbk Eni? Mbk Windi? hadeeeh

      Delete
  16. Aku ngeblog udah 8 tahun. Blog sekarang usianya udah hampir 6 tahun. Tapi isinya? Ya gitu gitu aja. Curhat. Kejadian sehari hari di rumah di kantor disekitar. Kadang ada yang nyindir harus ini harus itu. Lah wong gitu gitu aja kok udah nganggap jadi blogger. Terus yg dicap blogger itu kayak gimana? Harus ikut ini itu nulis yg kayak gini gitu? Males ah. Wong aku ngeblog cuma buat suka suka aja kok. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting tetep nulis dan hepi ya mbaaa. toss dulu

      Delete
  17. Lengkap banget Mbak. Saya malah belum ngeh ada yg kayak ginian di dunia perbloggeran. Yang blogger pemula mana tahu Mbak bayaran perartikel berapa, kecuali mungkin jika ada list minimum maximum tarif kayak organda gitu, haha. Isi tulisannya mewakili perasaan juga niy. Kayak EYD, hihi...saya masih sering bingung apalagi kalo udah akhiran an yang ujungnya katanya huruf k. Ujung2nya saya ganti katanya. wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha eyd aku juga sering banget salah. memang mesti banyak belajar sih. semoga makin lama makin banyak tahu biar ga salah2 juga , kalo typo apalagi, aku ratunyaaaa xixixi

      Delete
  18. Sebagai blogger pemula, beberapa hari ini emang ngerasa syok, kaget-kaget, step-step *ini lebay* ngeliat hebohnya dunia blogger. Apa aku yang salah kali ya kenapa baru jadi blogger sekarang? Kenapa nggak dari dulu pas dunia blogging masih asik dan hepi2? yudahlah aku aja yang bikin hepi, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada yang salah la maaak. mau jadi blogger dulu atau sekrang, sama aj, sama-sama asyik :)

      Delete
  19. Iya harusnya ngeblog ga perlu ada pengkotak-kotakkan ya. Karena masing" punya tujuan. Yang penting selama happy ya mbak :D

    ReplyDelete
  20. aku jd inget entri seseorang. kok ini kyk entri balasan hihi.
    Tp aku setuju bgt sm mba. Definisi kdg membatasi, sdgkn jaman tiap hr makin maju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga mba ini bukan entry balasan kok. ini nulis secara umum aja.

      Delete
  21. Mantap Mak, kupas tuntas... :)
    Windaland itu keren klu jd trade mark, mirip Sundaland... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip podomoro land , lhaaa ini blog personal atau poperty hahaha

      Delete
  22. Kalo aku mah sebodoh kata orang, bahagia ku dengan caraku. Jd ngblog karna tujuan nya senang2 share kebahagiaan yaaa mari kita lanjutkan. Dapat undangan kalo ngak cocok yaaa tolak, diajak ketemuan kalo malesss yaaa tolak, ada job ripiu kalo bayaran nya ngak cocok yaaa tolak.

    Mau blog isi nya galau mau isi nya curhat mau eyd berantakan mah sebodoh amat. Blog2 gw kok situ yg repot yaaaa hahaha.

    Silahkan yg lain melangkah sesuka kalian dan gw dengan cara gw sendiri yg penting happy yaaaa.


    Yuk kunjung manja ke cumilebay aja dari pada streeassss mikirin ngak jelas hahahaha #Iklan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kunjungan ke cumilebay bikin stresss banget... isinya makan atau jalan terus ditambah pemandangan segitiga.... *kabooooor ah*

      peace om

      Delete
    2. Hwahahah...aku sealiran lah sama om Cum. Suka sebodo...dan kadang pura pura gtau lagi ada pertumpahan darah wkwkkw

      Delete
  23. cara menuliskannya seru... top...

    ReplyDelete
  24. Intinya dibuat asyik aja ya, Mbak, lha wong awalnya ngeblog ini kan agar hidup kita lebih asyik, lha kok malah jadi ribet, maka biarlah yang pilih ribet, sedang kita mari back to asyik, hehehe.

    ReplyDelete
  25. Ngeblog aja dengan ikhlas. Biasanya sih terus terasa mudah ;)

    ReplyDelete
  26. Di dunia apapun pasti ada drama2 yah mba sepertinya :)
    Tetap berpelukan mau gimana pun beda cara nge blognya, karena kesukaan dan kecintaan yg sama kan ^^ sesama blogger..

    ReplyDelete
  27. Ulasannya menarik. Dibuka dg gaya gokil, ditutup dengan pesan bijak :D. Aku mah blognya personal, tapi sambil belajar bereksperimen dengan tulisan juga *apaan. Yah, intinya, sembari curhat, sekalian buat praktek menulis, karena udah seneng nulis dari dulu.
    Ketika ngeblog udh gak enjoy, waktunya merenung & berdialog dg diri sendiri :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka dialog dg diri sendiru.kadang kyk org gila juga ya wakakaka

      Delete
  28. Itu emak gaoel jarang BW toh blognya tetap rame ya. Pasti yang BW kesono orangnya ikhlas semua ehehe

    Quote terakhir nampol banget :)

    ReplyDelete
  29. Bhuahahaha, aku suka gaya loe, Wind ^_^

    Iya sih makin hari blogger makin baper, eh gak semua. Aku juga gak peduli, biar aja ada yang bilang gini gitu, ini hidup aku :D

    ReplyDelete
  30. Aku suka ini. Good one! Hahahaha...

    Ngeblog memang harusnya suka-suka aja sih. Gak usah dibawa ribet. Hidup udah berat, kalo urusan ngeblog aja rempong, aduuuh :)))

    ReplyDelete
  31. AYO SEMUAAAA SUNGKEM KE MBA WINDIIIIIII.. aku juga gerah dengan aturan2 kaya gini, blog aku ya aturan aku, sebaliknya pun begitu

    ReplyDelete
  32. Oiya mbak. Jaman awal2 ngeblog, taun 2006, ada temen blogger cewek namanya Jurig Cantik. Tagline blognya 'Blog Aing Kumaha Aing'. Hahahaha...

    ReplyDelete
  33. Aku blogger curhat. Udah coba bikin konten viral, udah coba merhatiin DA dan Alexa, yang ada malah bete.

    Walhasil balik ke prinsip semula: ngeblog only to make me happy. It's enough.

    ReplyDelete
  34. Aku blogger curhat. Udah coba bikin konten viral, udah coba merhatiin DA dan Alexa, yang ada malah bete.

    Walhasil balik ke prinsip semula: ngeblog only to make me happy. It's enough.

    ReplyDelete
  35. Syukaaaaaa sama tulisan ini. Betul banget, tujuan ngeblog itu urusan bloggernya. Capek banget baca tulisan penuh penghakiman selama ini, mbak. Semoga bisa membuka mata supaya kita nggak usil nunjuk2 orang. Cukup diri sendiri aja yg ditunjuk.. yg penting nggak berhenti belajar..

    Btw, tunjuk tangan dulu ah, saya blogger curhat juga lho mbak. *toss Kapan2 sempat main yak.. nggak dikomen juga nggak papa. Saya emang fakir komen tp bukan yg suka minta2 dikomenin kok. Hhihi. Ngenes banget xD

    Quote yg sedekah biar berkah bagus. Jadi ingat. Makasih ya mbak win...

    ReplyDelete
  36. Aku dong pengen disebut blogger sombong yang kunbal-nya sering nunggu berganti bulan. Trus Mbak Windi jawab... "Siapa elo, Mbak... main ke sini saja baru 2 kali... gak nyantol blas....""

    Btw, suka gaya nulismu yg ini Mbak. hehehe.... Gak ngajak ribut meski nyentil sana-sini.

    ReplyDelete
  37. Adudu.. pesan terakhirnya, ngena banget Mbak

    ReplyDelete
  38. Salam kenal dari newbi dari Jepara Mbak. Belajar fenomena di dunia blogger yang seru bin saru. Hehehehe....

    ReplyDelete
  39. Heheh ini tulisan yang menggelitik, dari awal memang pengen aja nulis tanpa ribet ini itu, kalau dapet job ripiu ataupun menang ngontes ya anggap aja bonus. terimakasih udah mau sharing. :)

    ReplyDelete
  40. Jangankan dapet job ripiu, aku bisa ganti header sendiri aja udah hebring banget mak...kalau ngeblog harus ini itu, tambah mumet:D

    ReplyDelete
  41. Jangankan dapet job ripiu, aku bisa ganti header sendiri aja udah hebring banget mak...kalau ngeblog harus ini itu, tambah mumet:D

    ReplyDelete
  42. Aku aliran blogger edebre edebre itu aja deh :D

    ReplyDelete
  43. Halo mbak Windi, salam kenal :)
    Makasih udah menulis yg kurang lebih sama dengan suara hati saya hehehe. Blogger mah blogger aja, apapun tujuan dia ngeblog yawda lah yaaa XD

    ReplyDelete
  44. Hahhahhaa...
    Iya..makanua kadang pusing aja...
    7 tahun ngeblog.. 4 tahun pertama isisnua hahahihi gajelas aja.. Sekarang aja mulai agak bener..

    Bahasa blog yang amburadul,aku suka... Biar rasanya ngobrol aja

    Bru skrg aja bljr seo apalah2 itu...

    ReplyDelete
  45. Hahhahhaa...
    Iya..makanua kadang pusing aja...
    7 tahun ngeblog.. 4 tahun pertama isisnua hahahihi gajelas aja.. Sekarang aja mulai agak bener..

    Bahasa blog yang amburadul,aku suka... Biar rasanya ngobrol aja

    Bru skrg aja bljr seo apalah2 itu...

    ReplyDelete
  46. Makasih untuk curhatannya mama Tara :)) Kalau mikirin omongan orang sih nggak pernah ada benernya dan habisnya. Aku ngeBlog ya sak karepku, wong ngeblog tujuannya buat heppy, refresing, mikirin harga bawang aja udah pusing, males kalau ditambah ribet ini itu ttg ngeBlog pulak :D

    ReplyDelete
  47. Banyak yg keselepet kayaknya, mbak. Haha. Termasuk daku. Tema ini seakan jd tema paling abadi krn selalu diomongin tiap temu blogger. Ini saya, ya. Makasih sharingnya, mbak. So kul! Kas. :D salken, btw. Jgn lupa kunbal, yes.

    ReplyDelete
  48. sukaaaaa deh.....awalnya pengen punya blog ya buat curhat-curhatan. Menulis apa yang saya suka maupun tidak saya suka dan tidak menuliskan apa yang tidak ingin saya tulis (moga gak ribet bahasane). Beberapa waktu kemudian ada yang nulis kalo nge-blog itu "harus" kayak gini, gak boleh kayak gitu, de el el. Sempat kepikiran juga sih, duh jangan-jangan blog saya yang termasuk gak boleh begini begitu itu. Sempat down juga sih, wong tujuan saya ngeblog buat happy-happy aja. Alhamdulillah nemu tulisan yang mencerahkan kembali dunia nge-blogku. Ini blog-ku....saya mau ngapain aja di situ ya suka-suka saya dong. Toh, masing-masing kita hanya mempertanggungjawabkan apa yang kita perbuat bukan apa yang orang lain buat. Salam damai dari Terengganu.

    ReplyDelete
  49. Dinamika dalam ranah blogging luar biasa kencanngnya. Ini karena kita semua (blogger) sering menggunakan otak kanan. Bagus menurutku, membiasakan kita berpikir kreatif. Yang perlu dijaga adalah jangan terlalu mudah baper. Dan apapun yg terjadi, pro atau kontra, bagi saya mah soalnya tetap satu: I love blogging :)

    ReplyDelete
  50. Mamhmudnya Taraaaa...asiiik tulisannya. Bikin aku ngakak, tpi beneran aku setuju sengan tulisanu dan kisah syaikh yg kayak gampar muka kita

    ReplyDelete
  51. Yaaah ngeblog kok dibikin susah. Ngeblog kan suka-suka ya Mak? :D

    Aku juga blogger curhat. Malah lebih suka BW ke postingan curhatan xixixi.

    ReplyDelete
  52. sukaaaaa dan tertohok sama penutupnya....duh duhh duhh marilah kita urusi urusan masing2 sajaa yaaa :)

    ReplyDelete
  53. Ahzeg... *itu aja komennya :))

    ReplyDelete
  54. aku mah blogger narsis..
    yang penting have fun ngeblog

    mantaab

    ReplyDelete
  55. Alhamdulillah gara-gara ada ribut-ribut di dunia blogger jadi terdampar di blog ini. Nice post!

    ReplyDelete
  56. aku mah blogger narsis..
    yang penting have fun ngeblog

    mantaab

    ReplyDelete
  57. saya sukaaaa ... saya sukaaaa ... saya sukaaaa .... *udah cukup kan 3 kali pengulangannya hahaha*

    Kalau saya baca lagi tulisan pertama di blog saya hingga sekarang iu kelihatan banget perubahannya. Dulu saya nuli ya nulis aja. Gak mikirin EYD dan lainnya. Sekarang mulai belajar merapikan tulisan. Itulah kenapa saya juga gak mau membego-begokan orang karena kesalahan yang diperbuat. Karena saya juga gak akan terima dibilang bego karena kesalahan yang saya buat. Kalau harus diingatkan, pakai dengan cara baik. Semua butuh proses, bisa panjang atau pendek.

    Urusan fee juga balik ke masing-masing. Setiap orang punya alasan dan dapur yang berbeda. Jangankan 100 ribu cash. Dibayar pake voucher 100 ribu aja saya pernah hahaha. Tapi kalau sayanya hepi dan ikhlas gimana?

    Udahlah selebihnya saya setuju banget sama tulisan ini :)

    ReplyDelete
  58. Ieu pisan, Windi! Yuk kita viralkan...

    ReplyDelete
  59. Yang intinya dari seluruh perkara edebre-edebre di atas adalah adanya pihak-pihak yang pengen nyampein ke semua blogger bahwa " ngeblog tuh kayak gini lho ".

    "Kayak gini" nya itu mengacu ke caranya dia.

    >>> tulisan ini mengacu caranya windiland ya? hehehe.
    Kalau mengacu pada konteks tulisan di atas, ini bisa diartikan, "ngeblog tuh kayak gini lho" nggak mbak?

    ReplyDelete
  60. Haduh rame amat dunia blogger sekarang ya. Kalo dulu waktu th 2007 an blogger adem ayem, yg rame malah sidebar blog nya, dikasih jam, buku tamu, salju-saljuan hahaha, aku jugaaaa.
    Ngeblog dibawa enjoy ajalah. Aku blogger gado-gado yang suka makan gado-gado :D

    ReplyDelete
  61. Tulisannya bagus, Windi. Meluaskan diri.

    ReplyDelete
  62. Keren mak sudut pandangnya itu..keliatan banget blogger yg sdh makan asam garam lebih bijak..krn tau proses...:) suka...

    ReplyDelete
  63. Merindukan saat2 ngeblog dimana orang bebas bercerita apa saja, mau ngapain aja dan yg lain gk menghakimi ini dan itu :)

    Blog ku dlu blog curhat tapi mbk windi jarang main sekarang blog jadi lahan duit malah main hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha aku mah orangnya gitu, suka telat

      Delete
  64. Udah ngeblog dari 10 tahun yang lalu, dan baru ngeuh kalo sekarang sampe ada kasta-kasta-an segala LOLOLOL BTW, blog saya blog curhat~ monggo silakan yang mau mampir ke rannasubhan.wordpress.com. terima kasih~

    ReplyDelete
  65. nah ini... tulisannya bernas dan mencerahkan. enak banget dibacanya!

    ReplyDelete
  66. Tulisan ini jleb..jleb...tanpa basa-basi. Emangnya rokok ya Wind? Hihi...Tapi syukaaa.....

    ReplyDelete
  67. Bagus banget, mantap dah. Dikomen balik gak ya? Xixixi

    ReplyDelete
  68. aku blogger norak2 bergembiraa :D

    ReplyDelete
  69. keren mbak tulisannya...mencerahkan banget

    ReplyDelete
  70. Keren tulisannya, salam kenal windiland. Sebagai newbie baru 2 bulang ngeblog dan rame bgt mental saya sempat tumbang takut dimaki2 karena kemampuan baru segini-gininya tapi termotifasi lagi setelah baca ini. Wah keren pengalamannya jd banyak belajar juga ya ��

    Aku merasakan bahagia saat ikut event, bahagia pertama kali menang lomba, aku juga bahagia saat ada job ya walau masih dibayar recehan tapi bahagia. Aku anggap hal yg sedang ramai ini biarlah ramai selama apa yang saya dapat Halal, tidak merugikan orang dan membuat bahagia saya akan tetap GO. Suksey ya ��

    ReplyDelete
  71. saya masih baru di dunia perbloggingan ini Mbak Windi..
    dan saya kaget banget dengan segala permasalahan yang ada, ternyata dunia blogger itu kejam :)
    saya suka sama tulisan ini :)

    ReplyDelete
  72. colek ah ke yang lagi bakar mug *trus ngakak guling2*

    ReplyDelete
  73. Sila kunjungi dimspm.wordpress.com, Mbak. Masih pemula hehe.

    ReplyDelete
  74. Blog ku campur-campur. Tapi semakin dewasa tentunya pengennya sih semakin bermanfaat isinya buat saya dan pengunjung dong ah. Hehehehe.

    ReplyDelete
  75. bermanfaat sekali buat nubie... :D

    ReplyDelete
  76. Pesan admin yang terakhir adem banget mba, jleb banget tuh. Wasting time rasanya kalo harus membuat parameter kayak gini secara subyektif.

    Sharing is caring, sok atuh nulis aja. Mo ngegombal juga boleh "Mba Windi cantiiik deh, kek blognya unyuuuu banget!

    ReplyDelete
  77. Nah ini nih yang kite suke..
    Mak Tara nih..diem-diem ajib deh. Kudu di share nih.. :D

    ReplyDelete
  78. Gw jagoin Windi jadi duta perdamaian Blogger :D

    Positingan yang bernas dan bisa menyatukan semua blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. angkat aku jadi duta...a ngkat aku jadi duta, nah lho hahahaha

      Delete
  79. alhamdulillaahhhh, kelihatan jg kolom komennya, ngos-ngosan, rame bener, :)

    ReplyDelete
  80. Aaaaak tapi gara-gara rame masalah ini aku jadi tahu blogger-blogger senior lho kak! *salim* dari blogger nggak jelas apa tujuannya* \:p/

    ReplyDelete
  81. Saingan Distro ini emang kece badai lah, duh dunia per-bloggeran emang udah kayak dunia persilatan ya, keren emang ni postingan, wajib dapet share g+ nih :D

    ReplyDelete
  82. Semuanya berproses ya.. Aku juga kadang terkaget kaget smaa banyaknya perubahan dalam dunia blogger, tapi setidaknya itulah pembelajaran tempat kita belajar , kalau mampu ya diikuti kalau nggak ya jangan berhenti..lanjut aja sembari terus belajar..

    ReplyDelete
  83. Gif-nya keren2, hahaha.... Yoyoi, pusing kalau ikutin aturan2 para police blogger, musti gini ga boleh gitu, kalo gitu akibatnya begini *gigit-gigit mug-nya Winda*

    Inget jaman-jaman blog curhatan bebas merdeka mau postingan nggak jelas kayak apa juga wakakakaa... Itu pun melahirkan masalah2nya tersendiri, auuuwow..yeah. Jadi ya, nggak dulu nggak sekarang, blog dinamikanya ya gitu deh, seru...

    ReplyDelete
  84. kewl ! aku blogger pemula, belum pernah ikut temu blogger dan lainnya, masih iseng nulis cuma buat sekedar nulis aja, syukur-syukur di review atau dibaca, gak dibaca juga gak masalah.

    ReplyDelete
  85. Manteb banget mbak wind tulisannya, ngena bget...aku suka...

    ReplyDelete
  86. Waaahhhh baca tulisan ini ngangguk-ngangguk setuju.

    Di luaran sana emang banyak banget jenis-jenis blog, pemilik, dan tujuannya.
    Dan saya pun kepengen jadi salah satunya juga (baca: bisa dapetin penghasilan dari blog).

    Tapi setuju dengan statement kalau ngeblog itu dibikin hepi aja. Gak perlu riweuh-riweuh.

    Salam kenal, Mbak... :)

    ReplyDelete
  87. Aku sih ngeblog ya buat nulis beberapa hal yang suatu saat pas akan jd kenangan. Isinya campur2 ajah

    ReplyDelete
  88. Gif-nya keren2, hahaha.... Yoyoi, pusing kalau ikutin aturan2 para police blogger, musti gini ga boleh gitu, kalo gitu akibatnya begini *gigit-gigit mug-nya Winda*

    Inget jaman-jaman blog curhatan bebas merdeka mau postingan nggak jelas kayak apa juga wakakakaa... Itu pun melahirkan masalah2nya tersendiri, auuuwow..yeah. Jadi ya, nggak dulu nggak sekarang, blog dinamikanya ya gitu deh, seru...

    ReplyDelete
  89. kenyang bacanya :D tapi ok..bagus masukannya
    ngeblog be happy aja

    ReplyDelete
  90. Bacanya sambil ngikik... trending topik... heheheh

    ReplyDelete
  91. Hahhaa... kalo saya dibawa santai aja mbak. Asal ga kena semprit dr mbah google. Plus ttp menjaga kejujuran.
    Jujur, jujur, & jujur. Semoga berkah. Aamiin...

    ReplyDelete
  92. Yang penting, apapun itu yang bikin happy ya Mama Tara :)))

    ReplyDelete
  93. komen apaan ya? udah diborong semua.

    ReplyDelete
  94. Ayoo mampir ke Ciapus, kalo lagi jalan.
    Biar ngeBlognya Fokus, Gak inget Mantan... hehe ;)

    ReplyDelete
  95. sepertinya eike harus menetapkan pilihan menjadi blogger curcol biar dikunjungi neng windi hihiiii... asyik ya rimba perbloggeran sekarang ;)

    ReplyDelete
  96. saya sih ngeblog buat iseng aja, ehh lama2 jadi hobby, terus bosen vakum ngeblog, etapi skarang lagi mulai aktif ngeblog lagih... :P

    ReplyDelete
  97. da aku mah apa..
    ngeblog aja pengunjungnya bisa diitung jari
    jarang update sampai blog aku sekarang udah banyak sarang laba-labanya. di halaman depannya aja udah tumbuh ilalang :(

    yauda sih gitu aja..

    ReplyDelete
  98. selalu ada balasan dari windiland soal cerita yg lg happening, like this like this..

    ReplyDelete
  99. suka banget cara penyampaian tulisannya, mbak
    keren... ^_^

    ReplyDelete
  100. Sukaa bangeet.. Buat aku blog itu perjalanan.. Bisa diliat perkembangan n kisah hidup seseorang dr awal nulis sampe sekarang.. Eeh itu aku ding.. Pokoknya suka tulisannya adeem pisan :)

    ReplyDelete
  101. Dengan maraknya komentar pedas dan jeboh sana sini saya suka dengan penyampaian yang lebih santun disini. Ngebacanya lebih meresap kedalem hati dan ngga perlu baperan

    Kemaren ngeliatin beberapa blog yang langsung memberikan komentar pedas dan berusaha counter attack balik malah jadi seperti kebakaran jenggot.

    Ah.... saya senang ngebacanya

    ReplyDelete
  102. Alamakkkkk... Panjangnyeeeeee tulisannnnnnnnn... Dah lah, singkat cerite saye sih setuju jak dengan inti tulisannye. Saye bantu share ye biar tambah virallllllllll... Salam kenal dari #BloggerKalimantan :-D

    ReplyDelete
  103. ilmu baru ni; kalo mau ke event, tanya dulu ada live tweet ato enggak. Sip, noted mbak.

    ReplyDelete
  104. Nice sharing mbak, salam kenal :)

    ReplyDelete
  105. Makasih Mbak Windi. Hihihi. Baca dari pagi baru khatam sekarang. Kesimpulannya memang ada di cerita terakhir itu. Sukak deh Mbak sama is postingannya. Udahlah terserah aja masing-masing bloggernyaaa.

    ReplyDelete
  106. Karena kebutuhan dan tujuan orang beda-beda. -->> iyeesss banget inih! hihi. udah lama gak mau ngejudge blogger ini ngeblognya gitu blogger anu ngeblognya ngono. udahlah biarin aja mereka mau ngeblog gimana, yang penting gw mah tetep weh ngeblog buat me-time, huehehe

    dan suka banget sis meme terakhirnya, "jangan lupa sedekah biar ngeblognya berkah". semoga berkah yah tulisannya, hehehe

    ReplyDelete
  107. wah.... keren keren.... nusuk :D

    djangki.wordpress.com

    ReplyDelete
  108. Nggak ada yg salah dg postingan2 ttg masalah2 diatas. Aku udah baca dr berbagai sudut pandang. Yang salah aku, ngapain jadi blogger, gini amat? Wkwkwkkk.... Penginnya jadi mentri luar negeri, keren & nggak pusing cengkonek2 perbloggeran wkwkwkk.... Salahin akoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga mau lah mak jadi menteri luar negeri. menteri luar angkasa pun jadilah hahahaha

      Delete
  109. Wiin, postinganmu di share kemana-mana, sampai mblenger bacanya wkwk
    EYD salah, gapapa.. sudah bagus blognya diupdate, daripada lumutan. Bukan ahli bahasa juga, penulis buku pun punya editor hihi

    ReplyDelete
  110. Makasih mba windi pencerahannya.. Dan ini mewakili banyak blogger, termasuk saya hehhe.

    ReplyDelete
  111. Jiahaha.. Aku masih suka typo. Perasaan udah oke pas ngedraft. Begitu tayang eh baru nyadar ada yang harus dikoreksi. Dan soal bayaran aku pernah nulis gratisan juga. Ya kalau aku suka, gapapa kan? Hehhehehe.. Dibawa asik aja ngeblog mah. Terus aku blogger apa, ya? Blogger yang ngeblog (ya iyalah). Love you full, Mak.

    ReplyDelete
  112. Busyeeet Wind, panen traffik ini postingannya. Haha. Selamat yaaa.

    ReplyDelete
  113. pertama kali mampir banget. bagus ulasannya. sekarang dunia blogger riuh banget ya, padahal aku baru aja mulai aktif ngeblog lagi hihihi salam kenal mbak! :D

    ReplyDelete
  114. Baru tau, ya ginilah kalo blog isinya cuma cerita-cerita pribadi dan temen-temen doang. Gak peduli apapun yg penting nulis aja hahaha boleh kalo mau mampir nekat baca-baca cerita saya

    http://irvannavri.blogspot.com/

    ReplyDelete
  115. Sukaaaa banget sama postingan ini.
    Jujur aku juga pernah baper sama blogger terkenal yang nyindir lewat komentar

    Jadi aku udah komen di blog kamu nih, kamu harus kun bal ya!
    Kemudian temennya kunjungan balik sambil bilang oke. Nice post.

    Dan kemudian aku ilfil sama kedua orang itu.

    Maksudku, kenapa harus menyindir blogger lain. Terserah ya mau bloggernya suka BW apa engga, atau gimana.
    Blogging just for fun awalnya, tp kalau kedepannya makin berkembang ya gapapa jg kan ya. Semua blogging tergantung kebutuhan
    uw setujuuu banget. hahaa.

    ReplyDelete
  116. Melipir terus merasa digampar. duh... mati gue mati. Hahahaha

    ReplyDelete
  117. ya salam, mau komen aja sampai nyecroll down panjang bener. keren deh mba windi. suka suka suka

    ReplyDelete
  118. Aku blogger curhat mba windi. Tapi aku juga mau nulis apa aja di blog aku. Aku ga ada niche khusus tuh. Mba windi, mainlah ke blog aku. HAHA!

    ReplyDelete
  119. Scroll mau komennya butuh tenaga ini *haduhh lebay ya saya.

    Akhirnya selesai juga baca tulisan super panjang ini hehehe

    ReplyDelete
  120. Alamak panjang kali tulisan nya mbak, tapi bagus ...saya suka suka, ngikutin yang cerita cheerleader kemarin eh nyampai juga sama sudut pandang yang bisa saya katakan di tengah-tengah lah. he salam kenal mbak wind

    ReplyDelete
  121. Aaak..telat komen di postingan viral iniii...kamu kok makin kece deh mak. Gemes adek. Wkwkwk

    ReplyDelete
  122. 141 komen....
    Warbiyasak....
    Wuasiiiik mocone

    ReplyDelete
  123. Aih lengkapnya...

    aku blogger hepi doyan ngopi, udah itu aja :D

    ReplyDelete
  124. warbiyasa, ngos-ngosan ampek juga ke sini
    minum-mana-minum
    duh mak, apalagi aku paling banyak nulis komen di postingan sendiri
    hahahaha...
    payah kali mo jadi seleb blog

    ReplyDelete
  125. @windiland....wow artikelnya panjaaaaaaannng bangeeeeet.....tapi saya suka banget isi artikelnya....sangat inspiratif dan mencerahkan.....
    .
    salam kenal dari blogger Purbalingga, Jawa Tengah.. :-)

    ReplyDelete
  126. nice sharing kak :D :D lah hobi kite mau apaa juga.. we can't please everybody :D :D by the way.. salam kenal kak windy ^^

    ReplyDelete
  127. Blogku juga curhat2 doank.. Nggak ngerti skor2 an gitu, ga ambil pusing soal itu juga sih

    ReplyDelete
  128. Huuft ngos2an aku maakk!!!

    Panjaang bener komennya.. Haha

    Viraalkaan viralkaaan


    Jangan lupa makan lemperr.. Biar ngeblognya nggak baperr..

    Love you maakk

    ReplyDelete
  129. Salam kenal mbak. Saya blogger juga.

    Baru ngeh ternyata fenomena yg seperti ini ada toh, soalnya 3 tahun terakhir saya tinggal di Belanda, jadi gak terlau up to date. Saya ngeblog juga hanya utk menyalurkan hobi menulis. I write what I like, I write what I know. Gak terlalu masalah mau ada yg baca apa ngga. Boro2 mikirin adsense, hehe.

    Ada beberapa yg email setelah baca blog. Nanya ttg ichthyosis (penyakit langka yg diderita anak saya), gimana bisa kuliah tp duit ga ada, jurusan2 di kampus tempat saya mengajar, dll. Itu saya malah seneng. Merasa bermanfaat.

    ReplyDelete
  130. ramenyaaaaa....cemilan mana cemilan...

    ReplyDelete
  131. Salam kenal, Mbak.
    Jujur, tulisan ini mewakili keresahanku juga (terlebih sebagai blogger curhat yang kadang nyambil sebagai blogger tipe lainnya juga) (kalau mesti dilabelin) hehe.

    Apalagi pict yang paling akhir, bikin berasa di gampar~~~

    ReplyDelete
  132. aku bukan siapa2 dijagat perbloggeran (nulis be kalang kabut), tapi mengikutinya. Hmmm, katanya tulisannya membuat rame jagat blogger, ternyata yo emang begitulah dunia blogger sekarang. banyak yang baper, di pecat sama yang itu sakit hatinya minta ampun, curcol sana curcol sini kebakaran jenggot. Intinya sekarang banyak yang ingin menjadi blogger untuk mencari uang bukan buat curcol ato nulis dengan hati. Yang dibahas yo uang, adsen, job ripiu, lu terkenal ato kagak, seleb ato kagak, dapat uang banyak ato kagak, masuk grup ini grup itu, dan apa inti dari semua itu, ujung ujungnya ya duit.
    Mo kasih tahu aja banyak kok blogger yang dapat uang banyak tapi nggak ikut ikutan baper dan pamer didunia perbloggeran, bahkan temenku dikira ngepet (digruduk) oleh orang seRT gara2 dapat banyak uang dari ngeBlog (adsen dan teman2nya) dan Bisnis OL di Inet (gimana nggak, nggak pernah kliatan kerja tapi rumah mewah punya mobil dll). slow aja ..bro and sis, kalo emang udah rejekinya nggak akan hilang itu rejeki .. mo ngasih cendol silahkan mo lempar bata yo silahkan .. piss.

    Good @windiland, teruskan !!

    ReplyDelete
  133. Ngeblog yo ngono.....

    Bihihihi, syuka2 sma tulisan ini

    Soal kunbal, saya jd lg sok sibuk krn blm bewe, bahahai

    ReplyDelete
  134. Kudu komen tapi ngomenin yang ada di paling bawah yang dikasih kotak.

    Jangan lupa Ngeblog biar kenal Windiland, apalagi posting curhat, bakalan dikunbal...hahahaahg, curhat ach....

    ReplyDelete
  135. Apa pun alasan ngeblognya, yang penting bahagia :D

    ReplyDelete
  136. setuju banget mba..
    sekarang terlalu banyak ini itunya di blog..
    masih ngak ngerti sama do follow sama no follow..
    ini kayak kita ngejar orang yang lari, tapi kita ngejarnya sambil jalan.. hehehe
    tapi kalo saya mah, ngeblog buat santai aja sih.. ngeluarin semua unek-unek yang terpendam.. hehehe

    ReplyDelete
  137. Komenku bakal tenggelem gak ini mak? Buset mak Windi seleb blog dach hahahhaa
    Kalau aku masuk kategori mana ya? kayaknya blogger hunter, suka ikut lomba wkwkwkwkkw

    ReplyDelete
  138. Ibarat fashion, isu-isu seputar blogger pun ada cyclenya yah. Topik paid blogger vs blogger curhat beberapa tahun lalu pernah hot, mendadak sekarang hot lagi.

    Setuju dengan Windi bahwa ngeblog itu proses. Blog bisa mengalami pergeseran fungsi, bloggernya pun bisa mengalami pergeseran nilai (yang bisa jadi memperkaya pengalaman dan pergaulan).

    ReplyDelete
  139. Terima kasih, Mbak Windi. Saya selaku blogger pemula dan bahkan baru tahu fenomena(halah) sekte ngeblog, merasa ada sandaran.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  140. I heart this writing. Witty without nasty, dan cukup mewakili suara hati *tsah*

    Waktu pertama kali ngeblog tahun 2001, nggak kebayang dunia perbloggeran bakal jadi seruwet sekarang. Dulu awal 2000an itu kekeluargaan banget. Tiap ada yg baru disambut hangat, bahkan dibikin kopdar khusus. Makanya sesama blogger bisa saling akrab sampai dapat jodoh segala seperti saya & suami :D

    Sekarang? Riweh banget yaaa dunia persilatan perbloggeran. Yg merasa jago ini, ngejudge yg itu. Yg senengnya begini, ngejudge yg begitu. Yg kecewa atau sakit hati kemudian menabur nyinyir berbalut inspirasi, serasa orang suci. Hadeuh. Kalo beneran blog ada agamanya, saya pasti milih atheis ajalah :))

    Thanks Windi for sharing, keep on writing!

    xoxo,
    @nuniek

    ReplyDelete
  141. Tulisan yang bagus banget. Keren. Sumpah, keren banget ;-)

    ReplyDelete
  142. Kereeeen... Trima kasih Mbak Windi inspirasinya :-)
    Tapi, kalau ngomongin soal isi blog, jadi minder juga nih. :-D karena isi blognya terdiri dari berbagai macam tulisan, curhat ada, artikel ada, cerita fiksi juga ada. Nggak punya spesifikasi tertentu. Hehehe.

    ReplyDelete
  143. gokil braaaayyy.....demen ane sama ini tulisan. Sangat mewakili isi hatikuh, maaak.... Paling suka sama yang ini: Bagi blogger yang gatal pengen ngasih tau "ngeblog yang bener" itu yang kayak mana, santai juga sis. Ngeblog bukan aliran agama, ga ada benar salahnya. Makasih udah sharing ya maak....

    ReplyDelete
  144. Iya tulisan kayak gini emang perlu, karena sebenarnya semua cara yang dilakukan selama tidak melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku itu sah-sah saja,,, yang nge-judge nglogger harus gini gitu itu mungkin belum minum obat.

    ReplyDelete
  145. Satu komentar lagi, sebelum lupa,,,
    Mengenai di bully karena typo, orang-orang yang nge-bully orang lain karena kesalahan penulisan, bukannya ngasih masukan dengan baik-baik itu sejahat-jahatnya orang. Antara mereka emang sombong atau mereka cuman besar mulut.
    Emosi banget nemu orang kayak gitu,,,jangan sampai jadi kayak mereka, jangan sampai ikut-ikutan kayak gitu,, budayakan mengkritisi dengan cara yang sopan. *haha curcol*

    ReplyDelete
  146. selalu suka deh ama tulisanmu kalo udh menyangkut yg lagi HOT ;p.. enak bacanya, dan kena banget ! Aku pribadi mah ga mau ngurusin blog2 orang lain mbak.. Mau mereka nulis gimana kek, mau isinya curhat semua ato review bayaran semua, hak mereka toh.. Ngapain juga kita yg ngatur2..

    Yg ttg poin SEO, nah itu aku banget :D.. aku emg ga pernah mau mikirin SEO, alexa dkk nya itu, krn blogku memang bukan utk cari duit. Nyari duit mah udh cukup banget dari gaji kantor :D .. Ga perlu tambahan dari blog.. ini murni hanya utk aku belajar nulis.

    Baru2 ini aku juga disindir ama salah satu blogger ttg komen yang katanya aku ga baca isi blognya dulu. Padahal aku baca dari atas ampe bawah sebelum kasih komen ke siapapun juga. Tapi ya sudahlah ya.. mungkin blio aja yg kurang nagkep apa yg aku tulis ;p. Males juga mau ribut mbak.. biarin aja.. :) ..

    ReplyDelete
  147. Saya dapet banyak informasi gratis dari blog orang lain, oleh karena itu Saya juga buat blog buat ngasih informasi gratis buat orang lain

    ReplyDelete
  148. Saya mulai ngeblog thn 2007, berhubung gak aktif dan gak eksis, vacuum hampir 5 tahun dan sekarang kembali lagi ke dunia blogging udah rame banget kayak gini ya! Tapi dari blogging banyaaak banget manfaatnya, yang negatif2 kita tinggalin aja. Btw, salam kenal mbak Windi, blognya bagus :) minta ijin ubek2 isinya ya :D

    ReplyDelete
  149. Duh, mba saya setuju sekali dengan postingannya :D

    Blogger cinta damai hyahahah

    ReplyDelete
  150. Saya lebih suka tulisan Mbak Windi ini, adem dan biki hati tenang bahwa keragaman blogger itu untuk disyukuri bukan untuk disamaratakan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)

Custom Post Signature