Anak dan Buku

Wednesday, May 15, 2019



Kebetulan tadi di grup kuliahku juga lagi bahas, gmn menumbuhkan minat baca sama anak. Gimana biar anak kita suka membaca, hampir miriplah gimana supaya anak kita suka belajar.

Untuk hal-hal beginian, aku sih mengikuti prinsip " Children See Children Do"

Beneran, anak-anak itu peniru. Jadi drpd kita sibuk mikirin gimana2nya, atau apa ya caraku membujuk anak untuk mau baca, untuk mau belajar. Ya mending pikirin " Gimana ya biar aku ga malas baca di depan anakku"

" Gimana ya nunjukin ke anakku kalo belajar itu sama kayak main, menyenangkan dan bikin dia hepi"

Nah. pertama soal belajar dulu ya.

Kalo untuk belajar, Tbh Tara ga rajin2 amat kok belajar. Ya waktunya pengen belajar dia belajar, pas ga mau ya ngga mau, aja, dia bakal main. Akunya juga jarang sih nyuruh-nyuruh dia " Ayo Tara belajar... ayo" karena ngga mempan cara gitu

Jadi, anak-anak itu kalo mengingat sesuatu, yg diingatnya itu kesan akan suatu kejadian. Oh ini menyenangkan, oh ini ngga menyenangkan.

Kalo mau anaknya suka belajar, coba diciptakan biar di benak anak itu ngingetnya kalo denger kata belajar itu " Wow asik, seru, hore" gitu.

Samalah kayak kita. Kalo kita punya kesan terhadap seseorang, misal si Mawar orangnya ngebosenin. Jadi pas disuruh ketemuan belum-belum di benak kita bakal mikir " Ih males ah, dia mah ngebosenin, ogah"> Gitu. Tapi beda kalo kita punya kesan ke seseorang yang hangat . Baru denger nama dia aja kita langsung hepi. Gitu diajak ketemuan 'Ayok ayok, karena bayangan kita pasti seru nih sama dia.

Nah, begitu juga anak-anak dalam belajar.

Kita usaha nimbulin kesan bahwa belajar itu sesuatu yang menyenangkan dan seru

Dulu waktu Tara kecil, aku kadang suka buka laptop di rumah (skrg udah ga pernah). Kadang memang kerja, kebanyakan karena ngeblog.

Nah tiap aku buka laptop, Tara selalu nanya
" Bunda lagi apa"
" Bunda lagi belajar"
" Waaa Tara mau juga belajar bunda"

Jadi aku kasi dia laptop kecil. Kebetulan ada laptop nganggur di rumahku. Di laptop itu udah diinstalin papanya games anak-anak gitu. Yang ngitung-ngitung buahlah, nyocokin bentuk, mewarnai, sampe games puzzle-puzzle gitu.

Anak-anak suka dong yah. Jadi taunya Tara belajar itu ya semenyenangkan itu.

Lain waktu, saat aku mau ajak dia belajar, di benaknya udah muncul kesan " Wow belajar asik, aku mau belajar"

Trus cara kita ngajaknya juga harus fun, intonasinya juga harus riang. Sama kayak ngajak berenang, sama kayak ngajak main sepeda.

" Taraaa, yok kita hari ini belajar ngitung yoook. Tara jadi murid, bunda jadi gurunya"

" Ayoooook"

Pasti beda dengan kalo cara kita " Taraaaa sana belajar. ayo belajar belajar, kamu main aja sih kerjanya"

Di benaknya yg muncul. " Belajar itu kayak merebut kesenangan dia". apalagi ditambah intonasi kita yg terkesan menyuruh bukan mengajak

Kadang dia ngga mau, " Ngga mau, Tara jadi guru, bunda jadi murid. "
Ya udah kalo dia maunya gini diikutin aja dulu. Jatuhnya jadi dia yang nanya-nanyain kita.
Bunda 3 tambah 7 berapa?
Malah bunda yg harus mikir zzzz.zzzz

Jadi, kesimpulannya : Bikin kesan di ingatannya bahwa belajar itu seasik bermain, fun, nyenengin, hore, gitu

Perlu ditentuin jadwalnya ngga?

Menurutku ngga. Senyamannya anak aja.

Kalo aku biasanya
" Tara mau gitung-ngitung ngga hari ini"
" Ngga ah bunda, Tara mau baca iqra aja "

Ya udah baca iqra, jangan maksa belajar ngitung.

Ngga ah bunda, Tara mau menari hari ini.

Nari apa?

Bunda jangan nanya-nanya, bunda jadi penonton aja.

Yo wis jadilah penonton yg baik.

Kedua soal kebiasaan membaca.

Nah kalo membaca mungkin jatuhnya ke minat ya. Kayak hobi juga.

Kembali ke pasal, children see children do. Maka kalo mau anak kita suka membaca, ya kitanya juga kudu sering-sering membaca.

Anak-anak itu tidak mendengarkan apa yg kita katakan, dia melihat apa yg kita lakukan.

Sering-sering aja, baca buku di depan dia, ntar dengan sendirinya dia ngambil buku, trus pura-pura membaca. Gpp pura-pura dulu, abis itu, kasih dia buku-buku menarik sesuai usianya. Mulai dr buku yg full gambar, naikkan dg yg ada sedikit ceritanya, sampe ntar yg full tulisan.


Selamat hepi-hepi sama anaknya.

1 comment on "Anak dan Buku"

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature