Moms,Ini Lho 11 Tips Mengatur Uang Belanja Agar Cukup Sampai Akhir Bulan

Tuesday, October 4, 2016
[Sponsored Post]



11 Tips Mengatur Uang Belanja Agar Cukup Sampai Akhir Bulan

Masalah uang belanja bagi ibu-ibu memang bukan hal yang sepele. Butuh 1001 jurus agar bisa selamat sampai akhir bulan.

Walaupun saya bekerja yang notabene memiliki gaji sendiri, tapi saya termasuk orang yang hemat lho dalam hal mengatur uang belanja.


Iyalah kalau ngga diatur sedemikian rupa, bisa habis aja dong uang yang dikasi suami. Padahal konon katanya,baik buruknya perekonomian keluarga ya ada di tangan istri.

Nah sekarang saya mau bocorin nih gimana kebiasaan belanja saya selama ini sehingga bisa selamat sampai akhir bulan,dan tercukupi semua kebutuhan keluarga.

1. Ingat dulu prinsip dasar pengaturan keuangan

Sebenarnya penyebab keuangan keluarga morat-marit itu adalah ketidakseimbangan antara pengeluaran dengan pemasukan, alias besar pasak daripada tiang.

Yup, sebagai seorang istri kita harus tahu berapa gaji suami. Tujuannya biar kita tidak besar pasak daripada tiang tadi. Yang namanya pengeluaran jangan sampai melebihi penghasilan. Ingat dulu ya prinsip dasar ini kalau mau keuangan keluarga terkendali dan uang belanja aman sampai akhir bulan.

2. Tentukan Budget Belanja Bulanan

Setelah tau gaji atau pemasukan keluarga,kemudian tentukan budget untuk belanja bulanan.

Biar gampang saya kasih contoh,di keluarga saya aja ya.

Saya punya budget sebulan itu 1 juta untuk belanja basah, dan 2 juta untuk belanja kering.

Belanja basah itu maksudnya belanja sayur,ikan, cabe, tomat, bumbu dapur.

Nah budget sejuta itu saya bagi menjadi 4, karena saya belanjanya tiap seminggu sekali. Jadi sekali belanja harus dicukupkan sebesar 250 ribu aja.

Ini disesuaikan dengan budget masing-masing keluarga yah, tergantung penghasilan juga.

Jadi setiap Sabtu saya bakal belanja untuk keperluan makan seminggu. Saya biasanya belanja di kedai dekat rumah yang lumayan komplit.

Seminggu itu,untuk makan 4 orang dewasa plus 2 balita, isinya ini :


  • Ikan 2 kg, biasanya saya beli 4 jenis ikan, setengah kiloan tiap jenis
  • 1 ekor ayam
  • 1/2 kg udang
  • seperempat teri belah/ teri medan
  • 20 butir telur
  • 1/2 kg cabe merah
  • 2 ons cabe hijau
  • 2 ons cabe rawit
  • wortel 4 biji
  • brokoli
  • bayam 3 ikat
  • kangkung 2 ikat
  • pakis 2 ikat
  • labu jipang
  • kol, terong ungu
  • tomat sekilo
  • Jagung manis 3 biji
  • bawang merah 1/4 kg
  • Bawang putih, jahe,bawang bombay
  • Tahu, tempe
  • Seledri dan daun bawang
  • bumbu ayam goreng
  • kelapa 1butir
  • Kentang 1/2 kg
Itu cukup tuh 250 ribu. Kadang bisa kurang, tapi biasanya pas sih. Nah itu cukup banget untuk seminggu.

Sedangkan belanja kering, maksudnya ya belanja kebutuhan rumah tangga tapi yang kering-kering, seperti, minyak goreng,gula,teh, garam,sabun,detergent, susu,diapers.

Nah untuk belanja kering ini saya punya cara yang berbeda dengan kebanyakan orang.

Bagaimana caranya ?

Lanjut yuk ke no.3.

3. Beli saat habis saja

Iyaa, belilah belanjaan kering hanya pas habis saja.

Kebanyakan kalau saya baca artikel artikel tentang pengaturan keuangan,  pasti menyarankan agar belanja keperluan rumah tangga langsung banyak sekalian untuk sebulan.

Tapi berdasar pengalaman selama 8 tahun berumah tangga, setelah saya bandingkan , ternyata belanja bulanan sekaligus itu malah lebih boros 

Ngga percaya?

Coba deh kalau kita belanja di supermarket pas abis gajian. Pasti deh celamitan tuh tangan, yang ngga perlu-perlu pun dimasukin keranjang even udah bawa catatan belanja. Jadi mata keranjang deh. 

Apalagi kalau belanjanya di supermarket besar yang di mall, eh pas naik atau turun eskalator ndilalah diletakin aneka camilan di sepanjang eskalator. Udah deh yang tadinya ga ada di list belanja,eh malah masuk keranjang. Segala macam Chitato, lays, Qiteli langsung pindah tempat.

Trus biasanya kalau kita belanja bulanan gitu, bawaannya kalap. Segala dibeli,misalnya biasanya beli shampoo doang, eh karena di samping shampoo ada conditioner ya udah sekalian dibeli.

Yang biasanya ga beli coklat,eh coklat masuk keranjang. Yang akhirnya belanjanya melebihi budget, atau ngga tetap sesuai budget tapi nyampe rumah eh bayak yang kurang, alias ngga nyampe dong untuk kebutuhan sebulan.

Makanya kalau saya sekarang udah ga pernah belanja bulanan untuk belanja kering, Saya belanja kalau habis saja 

Minyak goreng habis,ya beli minyak goreng. Beras habis,ya beli beras. Detergen habis ya beli detergen.

Lagian karena ngga nyetok jadi makainya lebih hemat lho.

Coba deh perhatikan,kita cenderung lebih boros kalau tahu ada stok minyak goreng banyak di lemari .Tapi kalau ngga ada stok malah hemat-hemat makainya. Sabun juga gitu, kalau banyak stoknya makainya seenaknya, belum abis banget pun udah buka kemasan baru. Kalau pas-pasan, misalnya sabun, ntar pas udah abis pun masih diupayakan buat dipake. yang ditungginginlah botolnya, sampai ditambah air, dikocok-kocok, biar tetap ada busanya, hahahaha. Duh jeng kok malah curcol sih.

4.Survey Tempat Belanja

Langkah ke 4 yaitu lakukan survey tempat belanja.

Yang namanya tempat belanja sekarang kan banyak banget yah, ada yang di mall, minimarket pribadi, atau minimarket franchise yang banyak berserak dimana-mana.

Nah bandingin tuh harga- harga disana.

Biasanya tiap tempat belanja itu ada yang diunggulkan masing-masing,makanya kita butuh survey.

Misal di supermarket A, dia untuk susu lebih murah, tapi diapers mahal. Atau di minimarket B,minyak goreng sering promo murah, tapi kebutuhan toiletris lebih mahal

Makanya surveynya harus cermat,hahaha dasar ibu ibu ya.

Cara membandingkannya ga melulu soal mana yang harganya lebih murah, tapi juga pertimbangkan dari keuntungan yang ditawarkan tempat belanja tersebut. Karena kan biasanya masing masing punya promo menarik, maka nanti bisa diitung dan dilihat mana yang paling menguntungakn.


5. Pilih Tempat Belanja Terdekat

Yup, ini sih cara saya ya. Karena alasan saya belanja kalau sudah habis,maka faktor jarak menjadi penentu. Salah satu tujuannya biar ga macem-macem juga jadinya belanjanya. Karena kalau jauh kan kita biasanya harus dandan nih mau keluar rumah. Kalau udah dandan eh jadi sekalian jalan- jalan. Sekalian jalan- jalan ntar jadi makan di restoran, bawa main anak, walah mau belanja kok malah sampingannya lebih gede pengeluarannya.

Makanya cari yang deket, biar tujuannya memang buat beli yang diperlukan aja.


Sanking dekatnya. belum mandi pun pede aja ke alfamart


6. Pilih tempat belanja yang tidak terlalu besar

Kenapa? 

Biar hemat.
Biar tangan ngga celamitan
Biar ringkes juga milihnya

Iyaa lho, kadang kalau kita belanja di supermarket, mau beli diapers aja pusing banget dengan merk-merk yang terpampang di depan mata. Padahal biasanya misalnyanya beli merk Mami poko, eh pas lihat ada merk merries trus pengen coba, trus bingung nentuin mana yang paling murah,trus galau menimbang mana yang mau dipilih. Ya keles mau belanja aja kok malah bikin galau.

Makanya pilih tempat belanja yang barangnya ga terlalu banyak tapi tetep komplit.

Maksudunya  ,semua barang ada. Mau diapers,  susu, minyak goreng, semua ada, tapi pilihannya ga terlalu banyak. Jadi menyederhanakan hidup juga sih, daripada galau nentuin. mau beli minyak goreng bimoli atau filma, 

7. Setia di Satu tempat

Bukan sama pasangan aja harus setia, tapi untuk urusan belanja juga kita harus setia. 

Kenapa?

Ya biar jadi langganan.

Keuntungan jadi langganan itu banyak banget, 

Pertama dikenal sama penjualnya, biasanya kalau udah kenal, harga bisa lebih murah lho.Namanya juga langganan. Kayak saya tuh, belanja basahnya kan cuma di satu kedai, jadi yang punya udah kenal, trus dah hapal banget sama barang-barangnya, tempatnya, pelayanannya, jadi lebih ringkes.

Datang, langsung menuju tempat ikan, pilih ikan berbagai jenis, minta timbang, trus minta bersihkan, lanjut ke rak sayur, ambil sayur, lanjut ambil kentang, wortel, dan lain-lain. Pokoke jadi menghemat waktulah Ingat waktu adalah uang, hemat waktu sama dengan hemat uang, ahsek


Kedua, kita udah hapal harga barangnya, jadi udah langsung tahu, misalnya kalau bawa duit 100 ribu, itu cukup buat beli barang apa aja. 

Yup, ya kayak saya belanja sayur mayur itu, karena udah biasa jadi tahu aja apa yang harus saya ambil, berapa jumlahnya, timbangannya, supaya ngga lebih dari budget saya sebesar 250 ribu.

Jadi misalkan, lagi pengen makan daging, berarti ikannya dikurangi jumlahnya, biar tetap 250 ribu. 

8. Gunakan kartu Anggota

Untuk minimarket atau supermarket, biasanya mereka menawarkan kartu anggota, atau kartu member. Nah jangan lewatkan penawaran ini, karena menjadi member itu banyak keuntungannya.

Contohnya saya nih, saya kan tempat belanja keringnya itu adalah alfamart yang deket banget dengan rumah, cuma di depan komplek doang letaknya, makanya suka belanja disitu. Soale syarat-syarat di atas yang saya utarakan tadi terpenuhi semua.


  • Lengkap tapi ngga terlalu banyak merk yang disediakan, jadi cepet kalau milih ngga galau.
  • Sering ada promo. Beli satu gratis satulah, atau promo tebus murah dengan belanja produk sponsor sejumlah tertentu.
  • Trus sering juga dapat SMS untuk mendapat gratis produk tertentu. Saya beberapa kali udah pernah dapat SMS yang berisi kode tertentu yang bisa ditukar susu, pernah juga ditukar diapes, wah serulah.


Nah, karena udah langganan disitu, jadi saya bikin dong kartu membernya. Namanya Kartu AKU Ponta.


Kartu AkU Ponta ini adalah kartu member untuk pelanggan Alfamart. Kalau belanja di Alfamart sejumlah tertentu, ntar bisa dapat kartu AKU Ponta ini GRATIS.

Ngga usah pikir panjang, pokoknya kalau belanja di Alfamart langsung bikin kartu membernya, biar ntar belanja berikutnya bisa dapat poin atau stamp.



Kenapa kita harus punya kartu member?

Karena banyak banget keuntungan yang bisa kita peroleh dalam rangka menghemat dan mengatur uang belanja bulanan.
  • Tiap belanja bisa dapat point. Ntar pointnya bisa ditukerin barang, kan lumayan.
  • Bisa dapat stamp juga. Tiap belanja 40 ribu dapat 1 stam. Stampnya ini nanti bisa ditukarkan produk tertentu dari Alfamart.


9. Beli Produk Minimarket itu

Yoi, kayak di alfamart mereka kan punya beberapa produk sendiri, nah beli aja itu, biasanya harganya lumayan selisihnya dibanding merk lain. Kayak tissue, pembersih lantai, sabun cuci tangan, kalau ada yang merk minimarket tempat kita belanja, mending beli itu aja. Hemaaaat dan kualitasnya ngga jauh kok.


10. Waspada Promo

Apaan ini?

Hahaha iya, tips hemat berikutnya adalah, selalu waspada tiap ada promo di tempat belanja langganan kita.

Kayak saya yah, saya ngga terlalu fanatik dengan beberapa merk produk. Misalnya diapers, untuk diapers saya ngga saklek harus merk tertentu. Sebenarnya anak saya dua-duanya dari dulu pakai Merries, tapi kalau ternyata misalnya merek mami poko lagi diskon, ya saya beli aja mami poko. Soalnya yah diapers itu termasuk pengeluaran paling besar. Untungnya Tara sekarang udah ga pake diapers jadi budgetnya bisa dialihkan ke adiknya.


Susu juga gitu, saya biasanya beli kalau ada promo. Susu termasuk sering lho promo, makanya selalu waspada.

Sama juga dengan minyak goreng. Biasanya kan saya beli yang kemasan 2 liter. Harga normal tuh sekitar 22 ribu ke 27 ribu tergantung merk. Nah kalau saya mah, ngga pernah peduli merknya, pokoknya mana yang promo itu yang dibeli. Begitu lihat harga minyak goreng 20 ribu ke bawah. langsung beli beberapa biji. Bisanya dibatesin sih. 

Itu lumayan banget lho menghemat uang belanja.

Manfaatkan juga promo yang lagi berlangsung. kayak di alfamart tuh sering ada promo tebus murah cuma gopek. Jadi belanja produk sponsor misalnya senilai 75 ribu, bisa tebus murah cuma gopek, minyak goreng 2 liter. Lumayun banget kaaaan.

Kayak yang sekarang nih lagi berlangsung tuh, ada promo toples exclusive di alfamart. Nukerin 10 stamp ditambah beberapa rupiah udah bisa dapat toples exclusive. Sayang banget lah untuk dilewatkan. Kan bisa menghemat uang belanja untuk beli toples. Apalagi toples yang lagi promo ini bisa sekalian tempat bekal, tempat nyimpen makanan di kulkas, tempat nyimpen ikan, wah banyaklah gunanya. 

Ini penampakan toples yang lagi promo di alfamart



Kan bikin mupeng banget ya bu ibu. Toples vakum cantik yang 100 persen kedap udara, 100 persen kedap air, dan perlindungan anti bakterinya diyakini bisa menjaga makanan agar tetap segar dan tahan lama. Warnanya seger banget lagi. Yang bikin keren, si toples ini dilengkapi power vaccuum pump, itu lho pompa yang bisa mengeluarkan udara dari dalam toples, Jadinya udara-udara di dalam toples bisa dikeluarkan dalam waktu singkat sehingga toples langsung kedap udara. Kan cocok banget tuh buat nyimpen kerupuk dan aneka camilan di rumah.


Jadi, menjelang akhir tahun ini, Alfamart menyelenggarakan program loyalti yang merupakan bagian dari Kejutan Akhir Tahun (KAT) . KAT ini diadakan rutin setiap tahun, sebagai bentuk apresiasi bagi kita-kita nih konsumen yang telah mendukung kehadiran Alfamart selama ini.

Nah, koleksi toples vakum eksklusif yang kece banget itu bisa dimiliki oleh pelanggan Alfamart yang memiliki kartu AKU Ponta dengan cara menukarkan stamps doang.


Penampakan toplesnya di alfamart


Haaah gratis?

Ya nggalah. Tetep bayar tapi murah, Cuma nambah 4.900 aja plus tukar 12 stamps digital, udah dapet tuh toplesnya. Harga sesuai ukuran yah.


Jadi, gini cara mendapatkan toples exclusive ntu:

  • Belanja di Alfamart, tiap kelipatan 40.000, dapat 1 stamps. Kalau beli produk sponsor  tertentu dapat tambahan stamps. Produk sponsor bisa dilihat di katalog Alfamart.
  • Tukarkan stamp + nambah duit dikit untuk dapat toples.
  • udah gitu aja. gampang kan.



produk sponsor alfamart

Ada 2 cara penukaran toples, pakai stamp fisik atau stamp digital.

Stamp Fisik

Stamp fisik itu kayak gini

stamp fisik
Kalau mau tukar pakai stamp fisik bisa banget.

Stamp Digital

Apa itu stamp digital?

Sekarang tuh untuk ngumpulin stamps lebih praktis lagi, ngga perlu pake stamps fisik kayak selama ini. Soale kayak saya yang teledor, kadang stampsnya nyecer dimana-mana, kan sayang yah.

Alfamart sudah melaunching aplikasi Alfastamp yang bisa didownload melalui playstore ataupun appstore.


Registrasi seperti biasa, isi data diri.

Ntar tinggal masukin no kartu AKU Ponta kita, trus tunggu deh sampe 1-4 hari baru stamp digital kita  muncul di aplikasi.

Stamp digital yang terkumpul dari setiap aktivitas belanja kita akan terdata secara otomatis. 


noh stamp digital saya udah 21 biji

Trus, kalau kita  ingin menukarkan stamp digital dengan koleksi toples vakum eksklusif ini, bisa langsung menunjukkan AlfaStamp App pada kasir di toko Alfamart terdekat.



tukar pakai stamp digital jauh lebih murah

Oya, saat kita buka aplikasi pertama kali, otomatis kita bakal dapat bonus 5 stamps digital. Asik kan.

Periode pengumpulan stamps dari 1 Agustus sampai 23 Oktober 2016 ya bu ibu. Dan Penukarannya Cuma sampai 31 Oktober 2016. Makanya buruan belanja, biar ngga kehabisan.


Udah cukup jelaskan yah caranya.

Nih saya udah tukarkan stamps yang saya miliki nih. Keren banget deh toplesnya.



promo alfamart


Pokoknya jangan lupa memanfaatkan promo yang ada di tempat belanja langganan.

11. Jangan Sepelekan Duit Receh

Nah tips terakhir, jangan sepelekan duit receh. Jadi, setiap belanja di warung langgana, biasanya kan adaaa aja kembalian uang receh, entah 500, 200,300. karena receh, kadang kita sepele banget, letak aja entah dimana-mana. Nah mulai sekarang jangan begitu, beli dompet kecil untuk tempat uang receh tadi. Setiap ada kembalian receh, masukin ke situ. Percaya ngga percaya ini receh kalau dikumpulin bisa banyak lho.

Trus untuk apa?

Ya untuk belanja. Coba ya, dengan 1000 saja kita udah bisa beli daun seledri dan daun bawang. Seribu juga bisa buat beli bumbu, kayak buah pala, atau cengkeh, atau merica lho. atau kalau ngga, minimal banget buat bayar parkir, jadi ngga ada cerita uang receh dibuang-buang.

Kalau 11 tips belanja itu dilakukan, mudah-mudahan sampai akhir bulan ngga akan lewat budget deh. keuangan bakal aman, uang belanja ngga akan kurang.

Saya udah mempraktekannya bertahun-tahun sih, jadi berani nulis ini. Kalau uang belanja aman, hati jadi tenang ya bu ibu.

Seperti itulah 11 tips mengatur uang belanja agar cukup sampai akhir bulan. Kalau kalian cara mengatur uang belanjanya bagaimana?, share dong.




34 comments on "Moms,Ini Lho 11 Tips Mengatur Uang Belanja Agar Cukup Sampai Akhir Bulan"
  1. Cocok ini toplesnya, gimana cara dapat setempel digitalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap belanja bawa kartu AKU PONTA nya mas. ntar kasir swipe. otomatis bakal masuk ke aplikasi stampnya. tiap belanja 40 rb = 1 stamp. . kalo dah ada 12 stamp bs ditukar mas. ayoo kumpulin stamp digitalnya

      Delete
  2. Stampnya gahaaar kakak biyanyak biyanget hihihi... Semangat ngumpulin stamp :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa hahaha banyak banget, soale kan emang belanjanya disini teruuuus

      Delete
  3. Gak mandi aja udah cantik Wimd dirimu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa waaaa, langsung ngaca xixixi.makasi mba ade

      Delete
  4. Untung ke Alfamart nya ngga dasteran, ya Win. Hahahaha :)). Ah, aku syuka sama toples-toples kayak gini. Kadang dibeli trus ngga tau buat nyimpen apaan :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat nyimpen makanan lah kak molllyyyyy .kalo ga dipake sini buatku ajah hahahah

      Delete
  5. Aku paling sukak belanja di Alfamart juga hehehe...

    ReplyDelete
  6. Duh, sejak punya toples keren ini karir nge-drama-ku jadi makin lancar, soalnya bisa begadang tapi tetap bisa bikin sarapan juga hehehe
    *penting*

    ReplyDelete
  7. Ngerih bah, belum mandi udah meluncur aja ke Alfamart. Pasti mau jadi pelanggan pertama yang dapat sapaan kasir ya ka haha

    ReplyDelete
  8. Kak windi belum mandi tetap cantil mirip kak saskia

    ReplyDelete
  9. toplesnya cantik kayak ibu2 yang mejeng di foto atas, hahaha, saya bukan ibu2 jadi gimana dong? beli ga ya

    ReplyDelete
  10. Menanggapi recehan mak, kalo ada yang bisa dibayar pakai debit, aku milih pakai debit. Soalnya males kan kalau dulu ada yang dibayar pakai permen, emang situ mau kalau aku belanja bayar pakai permen? Xixi
    Tapi, malah bikin tambah boros karena ngerasa aman walaupun dompet kosong. Haha
    Aku suka tuh promo2an. Udah dapat 3 toples 1 pompa. Minggu depan mau 2 lagi ah. Biar komplit.

    ReplyDelete
  11. saya pun melakukan hal yang sama dengan Mba Windi kalo belanja barang-barang kering, memang lebih hemat belanja saat barangnya habis dibanding harus stok :)

    kalo yang beli untuk stok itu biasanya hanya susu anak :)

    ReplyDelete
  12. Setujuuuu sama belanja pas habis. Emang kalap kalo nyetok sebulan sekali. Habis belanja uang langsung entong. Nangis di pojokan deh.

    ReplyDelete
  13. Nggak ada alfamart di tempatku. Tapi ada swalayan dkt rumah. Jd bisa belanja pas habis aja

    ReplyDelete
  14. Waspada Promo ituuu susah kali ngelaknya T_T

    ReplyDelete
  15. Sukaa bangett sm cara2nya.. aku juga kalo belanjaa seminggu sekali buat masak seminggu kedepan dgn menu bahan masakan yg sdh di tulis juga

    ReplyDelete
  16. Lho aku baru tahu cara belanja mingguan kayak gini mbak. kayaknya cocok buat aku yang kadang masing bingung besok mau masak apa? hihihi.

    ReplyDelete
  17. Yg duit recehan itu aku jg ngumpulin. Pas udah penuh celengan trnyt diitung2 lumayan bgt buat dana cadangan klo pas lg bokek 😊

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. Wah tips keren, semoga bln depan bisa aku terapkan mak..

    ReplyDelete
  20. mak widi, 1001 tips jitu untuk hematnya kece pisan euy!! aku mau ikutan ah tipsnya untuk diterapin sehari2. thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
  21. Wah hemat banget seminggu cuma 250 rb.

    ReplyDelete
  22. aku jg seringnya praktekin belanja ke pasar mingguan mba karena kalo belanja tiap hari gak akan sempet, lumayan bisa hemat juga tapi kadang untuk yang sayuran hijau cepet busuk walaupun disimpen di kulkas kalo nyetok untuk satu minggu ujung2nya kebuang deh

    ReplyDelete
  23. keren tipsnya..sama kita belanja dialfamart

    ReplyDelete
  24. Toplesnya kece..disini alfa sekedipan nyampe mak πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  25. Toplesnya kece..disini alfa sekedipan nyampe mak πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  26. Kerennn tipsnya.. Menginspirasi banget, thanx 😊 share dong menu masakannya apa aja dalam seminggu dari hasil belanja 250 ribu, biar tambah kongkrit😁

    ReplyDelete
  27. Saya ibu muda baru 2 th nikah...trus anak masi 1th 2 bln..kmaren sempat menerapkan belanja basah 1minggu 1x,, eh suami protes: bahan makanan kurang segar, kasian anak..yasudah deh..tiap hari belanja...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature