#GesiWindiTalk: Hal-Hal Yang Harus Ditanyakan Kepada Orangtua - Part 1

Wednesday, October 26, 2016


Karena sadar diri yang namanya berkeluarga itu ga mudah, maka sebagai orangtua kita wajib punya planning mau gimana ntar keluarga kita.

Ga yang asal ujug-ujug aja menjalaninya. Iyalah, karena nikah kan ngga cuma menghalalkan hubungan suami istri, tapi butuh BIAYA. 

( Baca : Tentang Jodoh )

Nah ini saya mau jawab pertanyaan-pertanyaan yang harus dipikirin oleh orangtua biar hidupnya ga ngikutin roda berputar aja. Karena kalau ngikut roda berputar ntar bisa nabrak sana nabrak sini.
Pertanyaan ini ada dibahas di blognya Ronit Baras disini.

Jangan yah.

Postingan kali ini soal anak dulu, ntar berikutnya yang lain lagi. Yuuuks



How many kids do you want to have?

Tau nga sih, merencanakan jumlah anak itu sebenarnya mengurangi risiko baby blues atau PPD, karena saat kita merencanakan jumlah anak minimal kita udah mikirin kan yah, gimana gambaran kita saat beneran jadi ibu. Walau belum tentu sesuai kenyataan, minimal ada bayang-bayang kelabu.


Kalau saya?

Dari sebelum nikah udah cita-cita pengen anak tiga aja. Kalau bisa dua laki-laki satu perempuan.

Goals ,hahaha


Bukan diskriminasi gender, tapi menurut saya mendidik anak perempuan itu jauh lebih susah dari anak laki, makanya pengennya dua laki satu cewek.

Karena anak cewek itu di gambaran saya dulu lebih ribet, tanggung jawabnya lebih gede dan lebih lama. Sampai menikahkan cuy. Kalau anak cowok kan lebih simpel ya, udah lulus kuliah aja, udah bisa dilepas. Ini pemikiran saya dulu.

Kenyataannya sekarang anaknya cewek dua duanya hahahaha. Tapi ternyata punya anak cewek itu lucu banget yah, ceriwisnya ampun deh, bikin rumah jadi rame banget. Dan menyenangkan sekali , bisa iket-iket rambutnya, bisa makein baju lucu-lucu, dan lebih kalem. Uuu yeah, minimal untuk tahap awal, punya anak cewek itu dramanya masih lebih baik dibanding temen-temen saya yang punya anak cowok, hahaha. Kalau udah gede, baru dramanya dibalik.



 

Nah jadi sesuai planning mah, masih pengen nambah ni satu anak lagi. Walau di bibir mengatakan cowok cewek sama aja, tapi dalam hati saya pengennya cowok, LOL.


What are the advantages of having this many kids?

Alasannya simpel sih,karena dua kedikitan, empat kebanyakan,lol. (Ala slogan indomie goreng)

Saya merasa 3 anak itu pas banget. Secara tanggungan perusahaan pas. Bukan berarti kita ngga yakin bisa membiayai anak sendiri sih. Tapi kalo perusahaan mau nanggung ya kenapa ga dimanfaatin.

Kayak di kantor saya kan, anak yang ditanggung perusahaan mulai dari biaya kehamilan,kelahiran,imunisasi dan fasilitas kesehatan itu sampai anak ketiga. Jadi jumlah anak tiga itu fit buat kami.

Secara kapasitas tangan megang anak kalo jalan bersama juga pas. Jadi sama suami bisa satu satu gandeng anak di kiri kanan plus di tengah.

Keuntungan lain. Ih saya ngga mau nyebutnya keuntungan sih, soalnya punya anak bukan untung rugi.



Punya anak tiga itu bisa bikin rumah ramai dan ada si penengah nantinya. Jadi berharapnya mereka jadi anak-anak yang akur, tanpa ngegeng, wahahaha kok saya kepikiran ngegeng gitu ya anaknya. 



What are the disadvantages of having this many kids?

Kayaknya ga ada deh. 3 pas lah. Paling ongkos pesawat mudik jadi lebih mahal, trus gaji ART lebih mahal juga. Lhaaaa masalah dong berarti hahaha. Tapi katanya kan anak itu membawa rezeki masing-masing, jadi no worrylah.


How will you support your kids financially?


Ya kerjalah !!!

Karena saya dan suami bekerja, jadi inshaa Allah kami punya budget yang cukup untuk perencanaan keuangan keluarga sekaligus perencanaan biaya pendidikan mereka.

Saat ini sih saya preparenya dengan bikin tabungan pendidikan, sama nabung emas dikit-dikit, segram dua gram gitu perbulan, kalau harga emas lagi bersahabat.

Kalo suami, dia lebih suka yang beli aset tetap,disimpen memang untuk biaya sekolah. Favoritnya sawah. Iyes, cita-cita sih ya, pengen tinggal di desa. Karena sawah itu aset yang bisa disimpen, nilainya naik terus dan selama didiemin juga tetap menghasilkan kalau disewain ke orang.

Percayalah, investasi tanah itu adalah invest yang kemungkinan gagalnya kuecciiil banget, karena jumlah penduduk semakin banyak, sementara luas bumi ngga mungkin nambah.

Reksadana ada juga, tapi dikit, ngga diandalin sih.




How will you increase your income with the expansion of the family?

Melihara Tuyul. 

Dengan Kerja lebih cerdas cuuuy.

Yup, kalau melihat trend pekerjaan di kantor saat ini sih, harusnya semakin lama karir kan mudah-mudahan bakal naik yah, jadi sejalanlah dengan pertambahan anak. Saya mah orangnya percayaan kalau setiap anak itu membawa rezeki masing-masing, jadi nambah anak, ya rezeki bakal nambah, tinggal kitanya aja menyikapinya gimana. Kalau nambah rezeki, gaya hidup ikutan naik, ya salam, bakal kekurangan terus. Paling bener deh, gaji naik, gaya hidup tetap, kalau gitu inshaa Allah cukup terus walau anaknya nambah.


Kalau kamu, apa jawabanmu untuk pertanyaan di atas, coba yuk jawab.


14 comments on "#GesiWindiTalk: Hal-Hal Yang Harus Ditanyakan Kepada Orangtua - Part 1"
  1. Saya juga yakin, ketika tambah anak, ada saja jalan rezeki jadi nambah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, karena setiap anak udah dikasih rezeki sama Allah ya kan ustadz

      Delete
  2. aku mah maunya 2 ajah cukup,
    dulu suka anak cewek, maunya cewek, dapatnya cowok
    anak cowok ternyata menantang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru yaaa, punya anak cewek atau cowok ternyata punya tantangan masing-masing.

      Delete
  3. (((MELIHARA TUYUL))) gile bro. Hahahaha. Mau juga lah kalo ada yang bisa dipelihara. Bahahahaha.

    ReplyDelete
  4. Kalau disuruh milih aku lebih suka punya anak perempuan sih, Wind. Emang ribet tapi sepadan lah bisa didandanin lucu-lucu. Kan anak cowok mah gitu-gitu aja hahaha

    ReplyDelete
  5. 2 aja deh mbak win, aku memutuskan tidak bekerja (kantoran) setelah menikah karena pekerjaan tidak harus ke kantor, bisa dirumah :D

    ReplyDelete
  6. dulu pengen punya anak sepulu, whahahah. Tapi ya punya anak dua dalam waktu dekat aja kembang kempis, jadi sekarang terseha takdir aja dikasih anak berapa. Yang pasti selama masih usia aman untuk hamil saya akan tetap berusaha hamil #eh

    ReplyDelete
  7. ternyata punya anak cewek itu lucu banget yah, ceriwisnya ampun deh, bikin rumah jadi rame banget.. iyaaa banget,,

    eh, kita samaan banget ya mbaak anaknya cewek 2-2nyaaa, hehehe.

    ReplyDelete
  8. Hmm, aku mau punya anak berapa ya?

    Udah ada direncanain sih kak win, cuma ya itu, kayak kakak bilang, ekspektasi beda dengan realita,

    Tunggu yang di perut ini berojol dulu aja deh, Soal dikasih berapa nanti sama Allah, kita syukuri aja, Yakan kak? hehhe..

    ReplyDelete
  9. kalau aku rencananya pingin anak dua aja , sepasang ,... sekarang baru satu , anak laki-laki

    ReplyDelete
  10. kalau orang orang zaman dulu punya anak tu banyak2 , katanya banyak anak abnyak rezeki.. sekrang ?????

    ReplyDelete
  11. menarik nih. Mau coba diskusi juga ah sama si akang suami tentang 100 pertanyaan itu. thanks for sharing. love

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature