Tips Menjemur Pakaian Untuk Areal Rumah Sempit

Tuesday, October 11, 2016

[Sponsored Post] Tips Menjemur Pakaian Untuk Areal Rumah Sempit



Punya rumah di kota sekarang ini adaa aja kurangnya. Yang kurang luaslah, kurang strategislah, sampai kurang murah hahaha.

Sama kayak rumah saya, lokasi sih oke, harga juga masih terjangkau, luasnya juga sebenarnya sudah lumayan dibanding rumah-rumah baru sekarang. Tapi giliran mau menjemur baju langsung puyeng. Soalnya dulu kan pas beli kami masih berdua aja di rumah belum punya anak, jadi ngga mikirin soal jemuran, wong semua baju dicuci di laundry kiloan. Giliran udah punya anak, baru deh sadar, ternyata jemuran itu benda yang maha penting.

Karena memang ngga punya halaman, maka untuk menjemur baju, ya kami gunakan aja teras rumah. Cuma kadang jadi kurang enak dipandang sih, soalnya masa jemuran di depan rumah ya, kan kurang etis. Tapi karena ngga ada pilihan ya apa boleh buat.

Tapi yang dijemur di depan rumah Cuma yang gede-gede sih, kayak baju sama celana panjang, kalau pakaian dalam malu dong yah kalau dijemur di teras. Maka untuk pakaian dalam saya menyiasatinya dengan menjemurnya di dapur. Kebetulan dapur kami semi terbuka, jadi masih dapat sinar matahari.

Karena di dapur juga ngga ada lahan untuk jemuran, saya pilih pakai jemuran lipat yang nempel langsung ke dinding ajalah, biar praktis.





Jemuran model lipat begini meman menjemur pakaian itu, jadi solusi bangetlah untuk kita-kita yang tinggal di rumah dengan lahan terbuka terbatas. Soalnya kan maunya kalau menjemur pakaian ya biar cepetan gitu keringnya. Selain jemuran lipat yang digantung di dinding, saya juga pakai jemuran baju lipat  yang bisa berdiri. Cukup area panjang 2 meter lebar 1 meter aja udah bisa erdiri tuh jemuran.

Keunggulan jemuran baju lipat begini banyak banget gengs:

Ringan

Iya dia ringan banget, soalnya terbuat dari aluminium. Karena ringan juga jadi gampang banget dipindah-pindah sesuai keinginan.

Ngga Makan Tempat

Kedua, jemuran ini tidak banyak makan tempat, soalnya kan bisa dilipat, jadi bisa pilih yang sesuai dengan luas area rumah kita.

Ngga Berkarat

Karena bahannya aluminium jadi dia ngga berkarat gengs. Tahu kan kalau jemuran yang biasa pakai kawat atau besi gitu, kadang bisa  berkarat dan nempel gitu karatnya di baju. Kan sayang banget.





Namun, meskipun jemurah baju model lipat ini memiliki segudang kelebihan, tetap aja adalah kekurangannya.

Menurut pengalaman saya sih yang udah pakai jemuran model lipat gini bertahun-tahun, kekurangannya itu ada pada kekuatannya. Jadi kalau bebannya terlalu banyak, dia bisa patah, apalagi kan dia Cuma ditahan sama baut-baut gitu, jadi rawan lepas. Trus karena aluminium itu kan agak licin, jadi pakaian yang dijemur mudah jatuh kalau ngga ditahan pakai penjepit.

Makanya, nih saya kasih tips supaya pas beli jemuran model lipat gini ngga kecewa:

  • Cari yang terbuat dari bahan alumunium yang benar-benar kuat. Meskipun lebih mahal dikit. Cara taunya lebih kuat atau ngga, bisa dilihat dari ukurannya. Makin besar makin bagus sih, trus juga beratnya, kalau terlalu ringan biasanya kurang bagus.

  •  Saat membeli, jangan lupa dicoba, dibuka, ditutup, gampang ngga, terus bisa dilebarin sampai mana, biar bisa dilihat juga dan disesuain dengan luas tempat jemuran kita di rumah


Nah, kalau sudah dibeli, perlu jga kita tahu gimana cara merawatnya :

  • Sebelum digunakan, jangan lupa untuk dibersihkan dulu, biar debu-debunya hilang sehingga pakaian yang dijemur ngga nempel sama kotoran yang ada di jemuran.

Kalau saat membersihkan ada kototran yang susah banget dibersihkan dari  jemuran baju lipat , kita bisa menggunakan cuka dan gosokkan di permukaan yang kotor. Selain menggunakan cuka, bisa juga menggunakan baking soda yang sudah dicampur dengan sedikit air kemudian gosokkan menggunakan spons lembut di noda tersebut.


  • Jangan meletakkan pakaian yang berat di satu pipa jemuran karena bisa membuat pipa melengkung bahkan terlepas dari penyangganya.
  • Di satu pipa jemuran dikombinasi yang dijemur, yang berat dengan yang ringan, biar seimbang dan ngga mudah rusak.
  • Hindari meletakkan jemuran Anda ditempat yang sering terkena tiupan angin, karena jika pakaian tertiup angin, jemuran bisa ambruk.


Nah itu dia tips mencari jemuran baju lipat untuk menyiasati areal rumah yang sempit. Jadi sekarang mah kalau saya ngga punya masalah lagi soal jemuran baju. Beres, aman terkendali.

Kalau kalian di rumah, jemuran pakaiannya yang model gimana nih.

1 comment on "Tips Menjemur Pakaian Untuk Areal Rumah Sempit"
  1. sama kak, kami juga pake jemuran lipat karena ga punya halaman :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature