7 Makanan Yang Harus Ada Di Kulkas Untuk Mempermudah Ibu Bekerja

Tuesday, October 25, 2016


Makanan yang harus ada di kulkas untuk mempermudah ibu bekerja

Sebelum memiliki ART komplit yang pinter masak seperti saat ini, saya mau ngga mau harus masak sendiri untuk makan kami. Sempet sih katering, tapi karena kateringnya rasanya pedes banget, suami malah ga bisa makan, kepedesan cuuuy, Mas Teg mah orang Jawa tulen yang samsek ngga doyan cabe.

( Baca : Drama ART )

Jadi akhirnya saya putuskan masak sendiri, apalagi toh saya harus masak juga buat makannya Tara, yo wis sekalian.

Nah, karena saya bekerja, jadi ngga mungkinlah bisa masak yang ribet. Disamping waktunya mefet, kemampuan juga mefet sih cyin hahaha. Saya masaknya kan pagi hari sebelum berangkat kerja, trus pulang kerja masak lagi. Doooh capeklah pokoke. Jadi sebisa mungkin yang perlu diringkes ya diringkes aja.


Supaya ngga keteteran saya harus mensiasatinya, biar masak jalan, tapi ngga telat ngantor, dan ngga lama-lama juga di dapur. Sejujurnya, saya ngga terlalu suka dapur, tapi saya berusaha mencintainya, halah.


Nah kali ini saya mau kasih tau, apa aja bahan makanan yang biasanya saya siapkan di kulkas supaya masak ngga terlalu horor.

Note :

Kelas : Pemula

Yang udah expert silahkan tutup postingan, hahahaha

1. Ayam Ungkep

Iyes, ayam ungkep adalah salah satu masakan yang saya stok di kulkas. Soale disamping gampang buatnya, bisa tahan lama, dan rasanya enak. Apalagi yang pake bumbu remah-remah lengkuas, Tara suka banget dulu, papanya juga suka.



Bahan yang diperlukan :


- Ayam satu ekor

- Bumbu ayam kalasan 2 bungkus (beli jadi)

Cara Masak:

Ungkep ayam yang udah dipotong-potong bersama dua plastik bumbu kalasan. Ngga usah ditambahi apa-apa lagi, tambahin air sampai tergerang, masak sampai hampir kering, aduk-aduk biar ga gosong bawahnya.



Udah mateng, dinginkan bentar, masukin tupperware, simpen di kulkas bagian bawah, jangan di freezer ya bu ibu.

Kapan mau makan tinggal goreng. Gampil


2. Bumbu Nasi Goreng

Ini wajib juga distok di kulkas, jadi kapan suami laper minta nasi goreng, ngga harus ngulek bumbu lagi.

Bahannya :

- Cabe Merah 1/4 kg
- Bawang merah 10 butir
- Bawang putih 2 butir
- Tomat 1 buah (yang merah jangan yang ijo)
- Udang kecepe 1 ons
- Daun sop/seledri dan daun bawang

Cara Masak :

- Blender semua bahan.
- Tumis dengan api sedang
- Masukin gula 1/2 sdt
- Garam 1 sdt.
- Masukin daun sop dan daun bawang/daun prey.

Udah masak, dinginkan, masukin tupperware, simpan di kulkas.



Kalau mau masak nasi goreng, tinggal panasin blue band, masukin bumbu secukupnya, ceplok telur, masukin nasi yang udah dikecapin. Aduk-aduk, jaaaadi deh.



3. Kaldu Ayam

Ini untuk ibu bekerja yang anaknya masih mpasi.

Jadi, saya dulu tuh stok kaldu ayam di kulkas, biar gampang kalau masak mpasi Tara. Sayangnya ngga ada fotonya nih.

Bahan :

- Ayam kampung 1/2 ekor
- Daun sop (seledri) utuh 2
- Wortel Utuh 2 biji (ngga usah dipotong, ini buat pemanis)
- Bawang Putih 2 butir dikeprek
- Kayu manis, cengkeh, gula dan garam secukupnya.

Cara masak:

Rebus semua bahan bersamaan, tambahin air sampai terendam,kalau saya bikinnya airnya yang banyak. Susutin sampai 3/4 nya.

Setelah dingin, saring.

Kuahnya itu yang abis disaring, masukin ke plastik kecil-kecil, bekukan di freezer. Kapan mau masak mpasi Tara tinggal campurin sama kaldunya itu, jadi ngga perlu masak kaldu setiap masak..


4. Bakso

Bahan :



  • Ayam dagingnya doang 1/2 kilo, diblender atau minta digilingkan di pasar. Kalau punya food processor bisa juga pake itu, tapi karena saya ngga punya jadi ya diblender aja.
  • Tepung sagu cap tani 1/4 kilo
  • Bawang Putih 5 butir
  • Wortel 1 buah diparut kasar
  • Daun bawang 1 ruas
  • Garam 1 sdt,
  • Merica secukupnya.

Cara Membuat:

- Campur semua bahan sampai rata.
- Didihkan air dalam panci
- Ambil tusuk sate, lilit ke tusuk sate.
- Rebus, sampai mengambang.


- Kalau ngga mau disatein, bola-bolain aja pake sendok, trus direbus juga sampe mengambang.
- Setelah matang, dinginkan.
- Masukin plastik per porsi.




Bakso ini bisa jadi campuran sop kalau mau masak sop-sop an, atau kalau mau digoreng gitu aja juga bisa. Sebelum digoreng, lumurin telur dulu, trus digoreng, baru dikasih ke anaknya. Waaah bisa nambah-nambah makannya.


5. Jagung Manis

Kalau ini sih saya beli jadi. Beli jagung manis di penjual jagung manis yang pakai rasa-rasa di mall itu. Satu bungkusnya isi 2 kilo, harganya 100 ribu. Simpan di kulkas.

Cara buatnya gampang banget :

- Rebus jagung satu cangkir (sesuai keinginan),ngga usah lama-lama kira-kira udah matang angkat.
- Tiriskan.
- Tuang ke piring, oleskan mentega, taburi garam dikit, aduk rata.
- Sajikan dengan ditaburi parutan keju dan coklat meses.



Percaya deh, anaknya bakal lahap banget makannya

6. Puding 

Alah kalau puding mah ngga usah diajarin yah, Kalau mau gampang, cuma tinggal, masak agar-agar, trus kasih pewarna atau dicampur sirop. Dinginkan, masukin wadah, taruh di kulkas.

Kalau saya kadang suka bikin puding sutra. Puding sutra itu pake susu, jadi ntar jadinya lembuuut banget.

Ada dua jenis puding sutra yang biasa saya bikin, yang segar dan yang coklat.

Puding Sutra Mangga

Bahannya :
- Agar-agar plain 1 bungkus (beli yang biasa , ngga usah yang nutrijel)
- Susu evaporasi
- Mangga 1 buah
- Sirup ABC Splash delight

Ini Nih susu Evaporasi. Saya biasa pakai yang merk FN


Cara Masak :

- Rebus 1 bungkus agar-agar plain dengan 1 liter susu (tanpa air)
- Masukkan satu kaleng susu evaporasi.
- Tambahkan air sebanyak 1 kaleng susu evaporasi itu.
- Aduk-aduk sampai masak (sampai warnanya bening)
- Tuang ke cetakan
- Kalau udah agak beku, tuang sedikit sirup ABC di atasnya, taruh potongan mangga. Masukin kulkas lagi.


Untuk puding sutra coklat sama aja caranya, cuma susu evaporasi diganti sama susu Ultra yang coklat.

Saya biasa masak puding sutra ini untuk disimpan di kulkas. Cocok buat cemilan anak, jadi ngga masak berulang kali.

7. Kering tempe

Kalau di Medan namanya mah sambal tempe. 

Daripada bolak balik nyambel tempe, mending disiapkan aja saat weekend, kapan mau makan tinggal di campur dengan sambal.

Bahan :

- Tempe 1 papan
- Teri 1/4 kg
- Cabe merah
- Bawang merah
- Gula Merah



Cara membuat:

- Potong tempe kecil-kecil, goreng sampai garing, masukin tupperware
- Goreng teri sampai kering, campur dengan tempe, atau pisahkan di wadah khusus, simpan di kulas
- Buat sambal dari gilingan cabai merah,bawang. Tumis sampai harum dan masak, tambahin gula merah. kakau sudah masak dinginkan, simpan di tupperware, masukin kulkas.

Nah, kapan mau makan, tinggal diaduk aja tuh semuanya, tempe, teri dan sambalnya. Biar enak, sambalnya dipanasin dikit pakai api keciiil aja, trus masukin tempe dan teri, maknyuss.




Itu tuh 7 makanan yang dulu selalu saya stok di kulkas. Buat ibu bekerja, cucok banget deh kita buat yang begituan. Bikinnya pas weekend, buat stok utnuk seminggu atau 2 minggulah. Lumayan banget menghemat waktu saat buru-buru. 

Jadi waktu Tara di daycare dulu, bekel makannya lumayan enak-enak, hahahaha muji diri sendiri.

( baca : Finally daycare )

Selesai bikin aneka masakan itu, saatnya bersih-bersih peralatan masak.

Zzzzzzzzz, #tiba-tibailangsinyal.

Malesin banget sih bersih-bersih beginian. Tapi masa iya dibiarin kotor.

Untuk masalah nyuci peralatan masak ini saya juga punya tips kecelah untuk para ibu-ibu setemlen raya.

Pisahkan dulu segala macam sampah dari peralatan masak

Yoi, biar gampang nyucinya dan biar ngga nyumbat saluran pembuangan air juga sih. Jadi begitu selesai masak-masak, pisahkan tuh segala kotoran ke keranjang sampah.

Pisahkan Peralatan Masak Menurut Jenisnya

Rempong ya boook, hahaha. Kalau saya justru ini memudahkan biar rapi dan minyaknya dr wajan misalnya ngga ketumpahan ke piring.



Cuci dengan Sabut Spons yang benar

Yoi gaes. Penggunaan spons cuci piring itu ngga boleh ngasal. Jangan pakai yang kasar untuk bersihin wajan teflon misalnya, karena bisa tergores-gores, malah mengikis lapisan teflonnya.

Kalau kamu biasa pakai spons scotch brite, bisa langsung bedain tuh.

Kalau sabut spons hijau scoth-brite itu fungsinya untuk nyuci peralatan peralatan masak., kayak panci, sudip. Di kemasannya ada kode  ID30.

ini spons untuk mencuci peralatan masak

Tapi ga semua peralatan masak bisa pakai spons hijau. Khusus untuk teflon, pakai sabut Spons anti gores scoth-brite . Warnanya pink yang di kemasannya ada kode ID37, itu untuk nyuci teflon dan sejenisnya, biar ga kegores. Ingat ya jangan ketuker.

ini spons anti gores untuk mencuci
teflon dan peralatan makan


Ingat ya bu ibu, pilih sabut spons juga jangan sembarangan, sayang kan peralatan masaknya. Kayak Sabut Spons Scotch-brite nih, dia mengandung serat dan mineral berkualitas, trus dibuat dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran, jadi aman dan bisa diandalin buat urusan cuci-cuci


Kalau pakai sabut sponsnya bener, alat masaknya juga jadi awet, bersih gelaaaa, 3X cepat bersih, 3X tahan lama.

Nah, itu tuh aneka makanan yang ada di kulkas saya beserta tips membersihkan peralatan memasak yang wokeh banget kalau kamu mau nyobain.

Kalau kalian gimana, ada ngga makanan yang selalu ada di kulkas selain di atas. Trus gimana nih tips mencuci peralatan masak ala kalian, share dong.





20 comments on "7 Makanan Yang Harus Ada Di Kulkas Untuk Mempermudah Ibu Bekerja"
  1. Ayam ungkep sama bumbu nasi goreng itu suatu keharusan sepertinya Mbak Windi kalau buat kami. Hihihi. RIngkes praktis pas masaknya :D

    ReplyDelete
  2. Walau gak kerja kantoran aku juga sering bikin makanan gitu, hih. Biar gak rempong pas mau pergi kajian atau pas banyak DL nulis. Lagian loh kalau bisa gak berlama2 di dapur kenapa enggak, xiixi

    ReplyDelete
  3. kering tempeee, kudu ada nih. Kalo lagi malas masak, tinggal dikeluarin dan dipanasin di microwave :D

    ReplyDelete
  4. ah ayam ungkep itu emang numero uno buat saya sebagai ibu bekerja. klo kesiangan bangun pagi bekal buat suami dan anak tinggal sren goreng jadi deh.

    ReplyDelete
  5. saya lebih seringnya nyetok bakso karena anak2 suka sekali, bikinnya pun sampai 2 ekor ayam hehehe.

    ReplyDelete
  6. ayam ungkep tuh mbak, favorit bangettt... hehe

    ReplyDelete
  7. Mbak, terima kasih buat share infonya. Selama ini saya cenderung nyetok frozen food. Jadi mikir buat bikin sendiri, hehehe

    ReplyDelete
  8. kalo saya, salah satunya telur wajib juga mba praktis banget tinggal goreng hehe

    ReplyDelete
  9. Wah,noted mba.
    Bukan cuma buat bu ibu pekerja ini mah tp cocok buat yang malas masak kayak saya.. Fufufufu

    ReplyDelete
  10. Kayaknya gak cm buat ibu bekerja. Emak2 di rumah yang males masak macam sy juga melakukan itu semua hahaha. Kecuali yg jagung. Bisa ditiru hihihi

    ReplyDelete
  11. Wuaaahhh gampil2 semuaaa. Aku mw nyetook ah. Trutama yg jagung ama yg bakso tp mw dibikin kyk otak2 gitu aja ;).. yg jagung sih anakku dijamin ga suka mbaj, dia nth kenapa bnci bgt ama jagung -_-. Tapi emaknya ini yg doyan bangeet :D

    ReplyDelete
  12. rajin banget mbak windy ini, eh kalo tata sukanya rendang, jd ini yg sering nyetok di kulkas

    ReplyDelete
  13. Mungkin karna aku belum mbayi kali ya kak, makanya gak semua aku siapin kayak yang kakak bilang diatas,

    Karena merasa masih ada waktu untuk nyiapin makanan untuk makan sama suami, ntar kalo dah lahiran baru deh keblinger .. Hehehe makasih tipsnya kak win..

    ReplyDelete
  14. emang harus selengkap itu ya mbak ????? .....:)

    ReplyDelete
  15. kalau aku kayaknya bumbu nasi goreng harus selalu ada di kulkas

    ReplyDelete
  16. Mau donk puding mangganya, seger tu hehe.
    Kalau di rumahku meski aku di rmh aja, tp suami sering keluar kota, buat memudahkan aku jg sedia bakso, bumbu nasgor, dan ungkepan ayam mbak :D

    ReplyDelete
  17. wahh kalau mau masak jadi praktis ya kak kalau bahan-bahan dasarnya sudah di simpan di kulkas..

    ReplyDelete
  18. Maaf apa nggak busuk kalau ayam ungkepnya nggak di taruh di freezer

    ReplyDelete
  19. Sangat bermanfaat...makasi bunda..

    ReplyDelete
  20. Makasih artikelnya, bisa jadi referensi yg bagus buat di kulkas

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature