5 Hal Ini Yang Hilang Dari Bloger Masa Kini

Friday, October 28, 2016


Hari bloger nasionalnya udah kemarin, tapi ngga sah nih ngga sah kalau saya ngga nulis, secara tiap tahun nulis hahahaha.

Ini tahun ke... ehmmm berapa yah saya ngeblog, tahun ke 7 kalau lihat dari archieve blog, tapi kayaknya lebih deh, hahaha secara saya ngeblog dari tahun 2007. UDah tua banget akoooh berkecimpung di dunia ngeblog ini, haish.

Tapi, di tahun ini saya ngga mau ngomongin soal perjalanan ngeblog atau apa yang saya udah dapat dari ngeblog. Soale tahun-tahun lalu udah ditulis, nah sekarang saya cuma mau membahas hal-hal yang saya rindukan dari ngeblog, yang dulu kayaknya asik banget dilakukan , tapi sekarang udah mulai hilang #sedih.

Maksudnya?

Iya, saya melihat fenomena bloger sekarang yang kayaknya mulai terbatasi untuk berekspresi karena beberapa aturan tidak tertulis yang pelan-pelan seperti hantu mulai merayapi dan menggerogoti jiwa halus bloger baheula, halah.

( baca : Ngeblog Itu Yang kayak Gini Lho)

Apa sajakah itu ?


1. Ngga Pake Mikiiiiir Mau Ngasih Link Bloger Lain

Hayoooo, ngaku, siapa yang sekarang mau nyantumin link sohib blogernya aja pakai mikir lamaaaa banget.

Coba diinget-inget, saat dunia bloger belum segemerlap sekarang, ehmmm kira-kira tahun 2010-2012 aja, kita murah banget kan yah naruh link-link bloger lain di tulisan kita.

Misalnya, kita terinsipirasi tulisan bloger lain, langsung aja deh nulis di blog " Bla...bla... bla, kayak yang dibilang Gesi disini nih " .

Disininya itu isinya link Gesi misalnya. Gampaaang banget yah, ngga pake mikir, biasa banget. Malah seneng banget tuh naruh link-link di tulisan kita, biar seru, biar yang baca tahu apa yang kita maksud tanpa kita capek menjelaskan lagi.

Sekarang??

Duh mau kasih link keluar harus mikirin ntar ngaruh nih ke DA guweh, wah bulan ini aku dah ngasih link keluar 5 biji ( buru-buru cek DA).

Atau saat nulis " 6 Bloger favorit versi aku". Nama-nama blognya ngga dikasih link hidup. Gila aja book, ngasih link 5 biji keluar gratisan. Harus mikir banget nih, mikiiiiir usaha naikin DA selama ini.


2. BW  and Komen No Pamrih

Long time ago, kalau ada tulisan bloger yang keren yang lucu, kita tanpa mikir langsung komen ajah, udah gitu merayap lagi ke tulisan bloger lain, bales-balesan komen, seru deh.

Saya ingat dulu mba Myra Anastasia itu sempet dinobatkan sebagai bloger persahabatan. Tau ngga kenapa? karena memang beliau itu bersahabat banget. Dia ada dimana-mana, di blog siapapun yang saya kunjungi, pasti ada komen mba Myra. 

Sumpah beneran. Saya sampai dulu sempet inbox blio lho sankin kagumnya. Isinya saya nanyain gimana dia kok bisa blognya apdet terus, dan bisa baca blog orang banyak banget. Dan ngga sekalipun blio tiba-tiba mutung, nulis status " Dih percuma aku bewe and komen di blog dia, lha dianya ngga pernah bewe balik".

Ngga pernaaaah , ngga pernah ada status begituan di tahun 2010-2012.

Sekarang :

" Ngapain guweh komen di blog dia, doi aja ngga pernah komen di blog guweh"

Sediiiih.

Jadi saling komen dan saling bewe jaman ini, pamrih banget. Makanya bloger yang rajiin banget bewe sambi ninggalin komen dipuja-puja banget. Padahal pssst udah rahasia umum lho, beberapa (saya bilang beberapa, berarti ngga semua, dan ini ngga nyindir siapa-siapa ) bloger tujuan komen dimana-mana, buat apa cobaaaa????

Ya buat ninggalin link lah. Ninggalin link blog untuk apa???

Iyes, untuk naikin DA.

Salah?

Ngga sih, sah-sah aja mah, itu kan salah satu usaha yah.

But, defenisi bloger persahabatan jaman dulu dan sekarang sudah tak sama lagi. 

Apa kabar bloger yang jarang bewe dan ninggalin komen?

Siap-siap aja di stempelin BLOGER SUOMBONG.


3. Follow Tanpa Minta Folbek

" Wah blognya seru nih, follow ah"

" Ah biar ngga ketinggalan postingan terbarunya aku masukin ke blog roll ah"

Dan kemudian blog roll di side bar blog isinya nama-nama bloger semuaaaaaa. Buanyaak banget sampai panjang ke bawah. Tapi ngga sekalipun ngecek doi masukin blog kita ngga ke blog roll nya.

Kenapa?

Karena ngga penting. 

Lhaa kan kita masukin dia ke blogroll blog kita biar ngga ketinggalan tulisannya, yang artinya kita memang bener suka sama tulisannya.

Now:

" Halooo.... yang kemarin ngga folbek guweh, mohon maaf ya saya unfol kamu"

Pernah ngga baca status di atas. Atau tiba-tiba follower blog berkurang dalam hitungan menit. ( Ini saya ngga pernah ngecek sih).

Ini berlaku juga untuk follow memfollow di twitter dan instagram

Yup, soale sekarang mah prinsipnya, " Guweh follow elu, maka lu harus folbek guwe, kalau ngga bhay".

Iya sih, hubungan simbiosis mutualisme itu memang harusnya diterapkan dimana-mana, tapi hmmmm, ah sudahlah.


4. Template blog Rame dan Lucu

Ini lucu bangeeeet. Dulu itu tampilan template bloger unyu-unyu banget deh. Segala macam atribut dimasukin, ya jam dinding lah, lagu lah, ikan-ikan, apalagi yaaah, pokoke itu template penuh sama aksesoris blog, hahaha dan itu unyuu banget. Malah ada yang masukin gadget poling segala, wahahaha.  Ih seru ih.

Kalau ada aksesoris blog yang lucu di blog lain, saya pasti langsung cari tahu, pengen juga. Blog ini malah sempet gambarnya bebek-bebek sama kumbang-kumbang gitu, keren deh. Pakainya template gratisan tapi comot sana comot sini.

Sekarang :

Clean and Clear.

zzzzzzzz


5. Banjir Award dan saling Rekom Blog

Lupa, tahun berapa gitu yah, ada award-award an. Liebster award gitu, semacam award persahabatan. Kita kasih pertanyaan yang harus dijawab oleh bloger lain, trus bloger lain nerusin pertanyaannya ke bloger lain, link-link bertebaran dimana-mana, no filter, kasih aja broooooo.

Trus kita gampang banget dulu, ngasih rekomendasi blog orang , gampaaang aja, bahas sesosok bloger di blog kita, tanpa ngarep dia bakal bahas kita juga. Soale kita bahas dia karena memang kita suka, jadi yang sempet di bahas atau direkom di blog orang, banggalah, beneran itu berarti, kagak settingan.


Sekarang :

Ada sih tuker-tukeran link, pakai mekanisme tertentu gitu. ,Ada juga saling rekom bloger but yah ibaratnya kalau semua kasih rekom, ya balik maning, kembali ke penialaian sendiri lagi.

Itu aja deh dulu, hal-hal yang saya rindukan dari dunia ngeblog. 

****

Apa saya ngga suka dengan fenomena ngeblog masa kini?

Ngga juga sih.

Saya mah orangnya ngga saklek gimana-gimana yah. Saya tahu namanya perubahan selalu ada dalam bidang apapun, Demikian juga blog, seiring jaman mau ngga mau kita harus beradaptasi, atau kita bakal mati perlahan.

( baca : Tentang Bloger Remahan Nastar )

Saya suka dan apresaisi positif buat perkembangan bloger masa kini. Gile ya bloger sekarang keren-keren banget, nulisnya pada niat semua, ngga cuma curcol belaka kayak jaman baheula. 

BUT

Saya merasa ada yang hilang.

Missing something.

Iya, bloger sekarang makin produktif
Iya bloger sekarang makin kreatif
Iya banget bloger sekarang keren, udah bisa ngasilin duit dari blog ngga cuma dari menang lomba.

Iya bangeeeet bloger sekarang naik kelasnya cepet banget, dari yang dianggap sebagai diary online, sekarang udah disejajarin sama awak media lain, sering diundang event, dihire review produk, jadi buzzer, keren mah, keren, Ngga mau membantah ini.

BUT

Lagi-lagi Tapi.

Tapi saya rinduuu masa-masa ngeblog jaman dulu. Iya saya orangnya suka bernostalgia yah. Saya pengen perubahan positif tanpa meninggalkan melankolisme bloger tempoe doeloe.

Di hari bloger nasional ini, saya mau ngajak teman-teman bloger semua.

Yuk kita saling berkunjung ke blog tanpa pamrih.

Ya ampuuun napa belakangan ini guwe kok kayak yang bahas soal pamrih-pamrihan mulu ya. 

Iya karena saya pengen atmosfer ngeblog itu kayak dulu lagi, penuh persahabatan yang no tuntutan macem-macem.
Yuk kembali ringan tangan nyantumin link bloger lain di tulisan kita tanpa itung-itungan link keluar dengan link masuk.

Yuuk kita ningkatin performa blog kita bukan hanya sekedar angka-angka yang bisa dimanipulasi, yang semu, tapi ningkatin performa blog dari konten yang berkualitas bukan dari banyaknya link yang kita sebar sendiri, tapi dari hasil apresiasi orang lain. 

Ini kedengerannya agak menohok yah, tapi beneran deh, ngeblog yang mengejar angka-angka itu melelahkan dan bikin stress.

Apa ngga lelah kalau setiap saat harus melongok Seoreviewtools terus.

Yuk kita ngeblog, tanpa tiap saat harus ngecek DA kita. 

Bukaan, saya ngga maksud bilang DA ngga penting. Yah kita harus realistis aja, sekarang kalau mau dapet job dari ngeblog, parameter kayak DA itu ngaruh banget terhadap rate kita. 

Tapii, gimana kalau paradigma berfikirnya diubah. Bagaimana kalau kita ningkatin DA dengan cara organik. Organik artinya, dari artikel yang bagus, yang memang link kita disematin orang-orang karena mereka merasa terbantu dengan artikel kita, karena memang hal-hal natural yang ngga diakal-akali. 

Bagaimana kalau kita ningkatin rate dengan cara branding yang lebih baik, tulisan yang lebih bernas, atau influence yang makin gede.

( Baca : 11 tips gampang membuat blog ramai pengunjung )

Saya yakin kalian ngertilah maksud saya, saya mau blak-balakan ngomongnya, takut keselepet tangan.

Kenapa?

Biar ngga ada yang marah-marah kalau bloger lain ngga komen balik di blognya. 

Biar ngga ada bloger panikan saat lihat alexanya menggendut, DA nya menurun, 

Biar ngga ada saling sindir, saling labeling bloger.

Biar ngeblog seindah jaman dulu kalaaaaa. #sayup-sayup terdengar lagu rayuan pulau kepala.

Tulisan ini juga buat ngingetin diri sendiri, karena yang saya bilang-bilang di atas itu ya saya melakukannya juga. saya juga panik soal DA, panik alexa turun, makanya saya nulis ini.


The bottom line is, Kangen ngeblog kayak dulu. Kangen kalian, bloger masa lalu yang dulu asik banget.

#iniguwe udah kayak generasi baby boomers ya yang apa-apa merasa masa lalu lebih bagus, wuahahahaha. Auk ah.

Akhirul kalam. Selamat hari bloger nasional. Teruslah menulis demi apapun yang kau yakini.

Halah, labil.

Betewe, apa nih yang kalain rindukan dari dunia bloging, sama kayak saya, atau beda, atau sama sekali ngga merindukan apa-apa.

Ciaaau






30 comments on "5 Hal Ini Yang Hilang Dari Bloger Masa Kini"
  1. 2010-2012 blog belom segininya dipake jadi media perpanjangan tangan brand untuk promosi/influence people dengan sponsored post. Jadi sebenernya masuk akal juga sih tabiat tabiat begini di tahun-tahun belakangan. Tapi aku juga paling males baca status pamrih follow atau pamrih BW. Gitu amat sih, woles aja geengggss. Ya kan ya kaaannnnnn wiinnnn.

    ReplyDelete
  2. Paling setuju sama poin BW dan komen tanpa pamrih. Ya emang sih, dunia blogger sekarang lebih maju. Karena semakin banyak blogger yg sadar bahwa blog bukan sekedar diary, but bisa menghasilkan uang. Alhasil segala statistik dan sesuatunya jadi banyak dipikirin. Padahal kadang jadi bikin kita ga santai. Ga kayak dulu, ngeblog ya ngeblog aja. Nulis ya nulis aja :D

    ReplyDelete
  3. MBAAAAAAAK AKU SETUJU BANGEEEEEET #NANGISKEJERTERHARU

    Aku merasa dulu aku ngeblog tanpa beban akan diremehkan karena isinya "sampah". Pengen jadi apa adanya tanpa cap bahwa blogger itu harus punya follower ribuan, viewer ratusan dalam sehari, harus ngeblog dengan mindset "jadikan blogging sebagai bisnis". Ah sudahlah aku mau jadi diriku sendiri lagi aja :'))))

    ReplyDelete
  4. Hahahhaha rindu gadge2 lucu bangeeet. Sampe blog susah di buka saking beratnya, trus ada kursor lucu macam macam.
    Iya sekarang udah tampilan Flat design seiring berkembangnya teknlogi.


    rindu juga ketika ngeblog tanpa ada parameter begitu begitu.
    Kalau mau komen mah komen aja gausah berharap lebih :)
    Karna orang orang yang komen ikhlas di blog kita akan lebih nyenengin daripada yg fast reader yg penting bales komen hahaha *duh kok curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud aku.. fast reader dan fast komen karna asal bales bw

      Delete
  5. ah, justru aku mah maunya bisa saling komen kok gak mikirin apa itu DA wong aku sendri juga gak ngerti, aku mah cuma senengnya nulis doang

    ReplyDelete
  6. Aku nubi ngeblognya,tapi masi sempet liat gadget2 lucu di blog org,dan awal bikin template emg pgen masuk2in juga karna unyuu.. klo dr aku sbg nubi,ga ngarep rate macem2 krn merasa bgt ga bakalan kekejar x) mending dnikmati nulisnya

    ReplyDelete
  7. Nujes bangetttt mbaaakkk... Kecuali soal template yg rameee, saya juga kangeeennn sama semua point di atas. Datu lagi yh saya kangen: kangen baca postingan2 curhat atau cerita ttg kehidupan yg natural, gak dibikin ala-ala hipwee dll gituu... Soalnya postingan yg kayak gitu bikin ngrasa 'dekat' sama si penulis. Sekarang mah postingan kebanyakan sponsored post ya. Cuma kadang dilema... Soalnya saya juga termasuk pelaku kayak yg mbak windi sebutkan di atas :(

    ReplyDelete
  8. Kalo saya sampe sekarang kalo mau kasih link ke blog temen mah masih tetep aja kasih Mbak tanpa mikir ini itu selama artikelnya emang sesuai dan relevan sama isi postingan sayah. Hihihi. Justru yang buat ke temen gak pake mikirin dofollow nofollow endebra endebre. Kalo dibayar saya malahan lebih rewel. Wkwkwkwkw.

    Buat komen, bw lalalili dari dulu sampe sekarang saya ngandelin feedly. Blog yang saya dateng n komen yang udah alamat saya simpen di feedly dan berarti emang oke kontennya. Gak ada ngarep dikunbalin. Hahahaha. Selama mereka tetep update post yang layak baca dan layak komen ya selama saya belom rombak isi feedly ya tetep dapet kunjungan. Seterah mau didatengin balik atau kagak. Toh bw manfaat buat kita sendiri kan yes :D

    Kalo follow tanpa minta folbek yastralah, saya juga ga pernah ngemis-ngemis folbek, saya follow ajah semua yang mau saya follow, kalo gak difolbek yaben soale juga sering difollow gak ngefolbek. Wkwkwkwkw...

    Kalo soal template, dari dulu ga suka template yang aneh-aneh apalagi pake musik.

    Trus kalo soal award, hayuuukkk atuuh, kasih saya award, nanti saya bikinken. Wkwkwkwk :D

    Kelima hal itu gak hilang Mbak, masih ada kok. Dan masih banyak saya temukan... Hihihi... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo DA pun aku skrg malas ngecek kecuali pas mau daftar job yg mensyaratkan DA, soalnya suka tetiba down kalo hbs liat DA wkwkwk

      Delete
  9. Iya saya juga rindu masa2 ngeblog tahun 2010-2012 mak Win, tapi jaman itu kenapa saya ga kenal sama mak Windi sih :)

    ReplyDelete
  10. kangen pasang2 aneka widget di blog, nulis curhatan setiap hari, ngasih link ke gebetan #eh, gonta ganti template.. kenal blog udah dari tahun 2008an, dan jadi media curhat sampai tahun 2013.. gak masalah gak ada yg baca, lah memang cuma curhatan gak jelas.. hihi

    ReplyDelete
  11. Saya jarang follow blog orang karena spt Mas Dani sy taruh di feedly. Jadi bukanya dari feedly :D
    Btw mbak Windi... Dulu saya suka bikin postingan pakai icon yg bisa gerak2 itu. Niat banget copas2 icon ky gitu biar postingannya lucuuuu... Hihihi...

    Kalau blog yg dibuka keluar musik saya sejak dulu ga suka. Karena suka BW malam2 dan kaget ada suara. Hehehe...

    ReplyDelete
  12. iyyaaa setujuu bangeett mbaakk..

    sekarang ngeblog terasa lebih komersil hihihi...

    dulu kayaknya giveaway blog bertebaran dimana-mana..
    sekarang kebanyakan lomba blog dari produk/instansi tertentu.. tapi klo giveaway dari sesama blogger kok aku jarang nemu ya? apa akunya yang kurang BW?
    Hehe...

    ReplyDelete
  13. Aku masih seperti yang dulu kok, mak...
    Serius pake banged :)
    Nggak pernah BW bukan karena sombong tapi karena lagi pusying sama dunia nyata alias kerjaan kantor. Sekarang udah sering BW tapi kasi komen kalau memang pengen komen. Kalau nggak ada yang mau dikomen abis baca ya udah pulang. :D

    ReplyDelete
  14. AKu jarang bewe wkwkwkkw
    Kemarin nanya2 soal naikin DA Pa gara2 pada update DA PA nya. Haduuh aku emang norak :(
    Aku kangen ngeliat jaman masih pasang widget dimana2 wkwkkw

    ReplyDelete
  15. Aku ninggalin jejak yaa, padahal aku rajin lho ke blog temen2, cuman nggak komen aja, xixixi...

    ReplyDelete
  16. Oh, Gadget ikan. Hahaha.
    Inget banget lah aku pesen ke temen, "mampir ke blogku ya, kasih makan ikannya. Caranya klik-klik aja."

    Asli for fun. Nulis seadanya. Sesukanya. Makanya ga tau dan pernah dpt tawaran deh. wk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iyaaa aku jg pake dulu. dan kalo mampir ke blog lain suka kukasi makan ikan2nya cixixi

      Delete
  17. Walaupun baru tahun lalu resmi ngaku jadi blogger aku memang nggak tau banyak hal dunia blogger yang dulu seperti apa. Tapi pas baca tulisan mbak Windi aku jadi tahu kalau dunia blogger zaman dulu itu ternyata seru dan penuh persahabatan.

    ReplyDelete
  18. Iya banget, hahaa. Mbak windi komen balik dong di blog akuuhh.. *dikepretkopi

    ReplyDelete
  19. saya baru di dunia blog ni mbak ... semoga saya bisa niru gaya ngeblog nya mbak ini

    ReplyDelete
  20. benar tu yang di bilang mbak windi ... blogger sekrang sangat berbeda dgn blogger dulu...

    ReplyDelete
  21. Duh Mba Windii...aku komen disini melulu tapi beneran ngga ngarep dikunjungi balik koq. Beneran. Karena aku pun kalo berkunjung, selalu lihat judulnya dulu, menarik apa engga. Hehehe.. Kalau aku sering kesini, berarti meamng tulisan Mba Windi oke punya, hehe.. (ini bukan cari muka atau apalah apalah yaa, bukan juga sedang menjilat)

    Tapiiii, kalau soal follow-followan instagram, aku kadang memang unfol yang ga folbek. Kenapa? Karena kan kami berjumpa di sebuah thread, yg mana judulnya follow for follow. Ada hubungan imbal balik disitu.

    Tapiii, aku ada juga koq yang ngga kerasa baper meski ngga di folbek. Itu karena murni aku pengen follow aja. Karena aku suka. Jadi ngga masalah dia mau folbek apa engga. :)

    ReplyDelete
  22. Huaah seru bgt ya ngeblog jmn dulu mba. Aku ngblog dr msh pake multiply tp gak gahul gitu..hihi.. nulis2 aja mengeluarkan keluh kesah.. eeaaa.. :D tp suka liat blog lain yg gadgetnya rame, aku pun jg pake macem2.. :D

    ReplyDelete
  23. hahhaa soal award itu taun lalu aku masih ngalami. taun ini gda apa yak

    ReplyDelete
  24. Wah iyaa bener ini tulisan mbak Windi saya setuju banget. Hahaha.. Memang udah beda banget yaa atmosfir blogger yg sekarang dengan dulu itu. Barangkali karna info seputar cara menghasilkan income dari ngeblog itu udah bertebaran dimana-mana, kalau dulu sih gak banyak. Jadinya iya gitu, unsur persahabatan malah jadi berkurang.

    ReplyDelete
  25. Untuk yang "1. Ngga Pake Mikiiiiir Mau Ngasih Link Bloger Lain", kalau takut DA-nya turun, bisa ngegunain cara lain, diakhir tulisan artikel masukin aja teks linknya, tapi nggak usah di hidupin (blablabla(dot)com). Kalau pake logika sih, itu gak akan mempengaruhi SEO, tapi kalau yang ngerti SEO, cara gitu mempengaruhi gak?
    #nanyasambilngasihsaran :D

    ReplyDelete
  26. Bener banget windi, saking sepinya blog gue sekarang, gue hapusin hampir semua artikelnya karena gue kira blog udah punah gitu :v, sampai pada akhirnya karenaa memang jiwanya blog, gue mulai dari awal deh di tahun ini, sedih, hha ketika tukeran link sekarang udah tinggal kenangan hha. Dan bewe udah jadi sesuatu yang ngga zaman now banget wkwk.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature