Tentang Blogger Remahan Nastar

Tuesday, November 24, 2015





Wah lagi rame ngomongin Klout, Domain Authority ( DA ), sama Alexa Rank di kalangan blogger. Gara-gara postingannya mak Annisa, jadi ikutan deh ngecek-ngecek. Baca kesitu aja yah buat lengkapnya,  tentang tetek bengeknya. Saya mah ga ngerti-ngerti banget.

Iya konon katanya ketiga indikator tersebut menggambarkan tingkat kepopuleran sebuah blog dan akun sosmed, yang ujung-ujungnya bakal berkolerasi secara langsung atau tidak langsung dengan tawaran job, uhuuuuy.


Saya sih jarang banget ngecek-ngecek, karena sadar diri masih jadi blogger angot-angotan, kapan sempet ya nulis,  ga sempet yo wis, belum punya jadwal khusus buat ngeblog, maintain blog, atau BW yang katanya juga merupakan salah satu cara buat naikin indikator-indikator di atas tadi. Emak rempong mah ngga usah neko-neko, bisa tidur nyenyak aja sukur xixixi.

Hasil cek and ricek saya, keluarlah hasil sebagai berikut :

Klout saya cuma 40 ( ini rangenya 1-100, makin besar makin bagus)
D/A  mandek di 13 ( ini rangenya 1-100, makin besar makin bagus)
P/A hanya 24 ( ini rangenya 1-100, makin besar makin bagus)
Alexa rank, borokokok banget dah sejutaan lebih T_____T ( ini, makin kecil makin oke)

Naah sebagai blogger yang punya nafsu besar tenaga kurang,saya mah woles aja walau score ya segitu-gitunya. 

Sedih ?  .... Ih ngga deh

Kecewa ?..... No no no

Minder?....... plis deh ah

Mungkin karena blog ini belum saya jadikan sebagai sumber penghasilan kali yah. Baru sebagai sumber duit jajan doang ^_^. Rencana ke depan sih , saya memang niat pengen menjadikan blog sebagai salah satu mata pencarian, tapi saat ini belum, soale belum bisa ngatur waktunya. Bukan karena ngga ada waktu tapi karena saya masih seringan malesnya daripada rajinnya.

Pertinyiinnyi, Jadi kalau indikator-indikatornya masih minim gitu, apa blog ini bakal jadi nista gitu ( duh bahasanya)

Yeee, piknik dulu sonoh yang bilang gitu.

Ngga juga lhoooo. Ngga semua agency kok nanya-nanya indikator itu kalau mau ngasih job.

Pengalaman pribadi nih, walau ngga banyak, blog dakuh ini masih sering kok dapat tawaran job ripiu. Mulai dari yang cuma ngasih sampel doang, sampai yang dibayar. bayarannya sih belum gede, pan saya sadar diri, belum jadi blogger yang ngeheits, jadi ratenya masih suka-suka akuh, kalo gampil ya murah, kalo agak ribet dimahalin dikit. 

Dapet juga titipin artikel, yang cuma nempatin artikel doang ga nulis samsek tapi dibayar. Atau pernah juga dapat tawaran jadi buzzer yang ternyata bayarannya cihuy banget ya booooo, baru tau saiyah.

Dan tiap ada acara di Medan, masih sering dapat undangan buat datang, yah walau kadang cuma dapat tiket gratis doang plus gudi bek, kadang dibayar juga.

Eh tapi-tapi mungkin itu karena saya blogger yang domisili di Medan kali yah, dimana persaingannya mungkin ga seketat kalo di Jakarta. Atau karena saya ikut kominutas juga sih, kan sering diundang dari komunitas.

Pokoke, saya mau bilang, bagi blogger-blogger remahan nastar yang belum secetar blogger lain, jangan berkecil hati guys. Nulis aja terooooooos, jangan minder mau kloutnya rendahlah, d/a nya kecil lah, alexa buncit lah, keep writing. Tetep pede aja ikut lomba, tetep pede aja kalau ada info-info job, kan kita ngga pernah tahu blog yang kayak mana yang jadi sasaran si agency dan brand-brand itu. Siapa tahu, nyarinya blog yang banyakan curcolnya daripada ripiunya, ahahahaha ( mungkin ngga sih?).

Tapi, walau demikian, saya mau ngasih tips nih biar bisa dapet job ripiu sesuai pengalaman saya. Ini khusus untuk blogger yang belum kebanjiran job ya, kalau yang udah mah, tips saya ini abaikan saja"

1. Ikut komunitas booooo, 

Jangan anggap remeh komunitasmu. Ada banyak komunitas yang bisa kamu masuki, kalau saya sih yang aktif di Kumpulan Emak Blogger dan Blogger Perempuan. 

Kenapa?

Karena agency-agency dan brand-brand itu seringnya ngasih job ke komunitasnya, trus ntar founder atau admin komunitas itu yang bakal ngasih nama-nama blogger potensialnya.

2. Aktif di Komunitas.

Kalau udah ikut, jangan diem aja. Usahain aktif disono. Paling kelihatan tuh kalau kita aktif ngeshare tulisan yang artinya harus rajin juga dong yah apdet blog. kalau kamu blogger yang apdet blognya jarang, ya usahain rajin-rajin komen, berinteraksi. Pokoke keliaran gitu di komunitasmu, biar adminnya juga gampang mengingat dirimu kalau pas blio butuh blogger buat ditawarin ke agency.


3. Rajin Apdet Status di Akun Sosial

Tujuannya ya lagi-lagi biar orang ngeh kalau kita ada. Eksistensi gitu loooo. Kalau kita bukan orang yang cerewet buat nulis status, ya udahlah, rajin-rajin share link blog kita. Atau rajin-rajin komen di status orang-orang. Biar kesannya beredar dimana-mana gituh.Ini kalau yang aktif di FB


4. Rajin Share Link Blog Mu

Iyaaa, abis posting blog trus jangan didiemin aja. Share... share ... ke semua akun yang kamu punya. Ke semua fanspage atau komunitas yang kamu ikuti. Mention mereka di twitter. Ini nih beberapa akun yang harus kamu mention kalau udah apdate blog:

@Emak2Blogger pake hestek #updateemak
@BPerempuan hestek #bloggerperempuan
@updateblog  hesteg #updateblog
@Warung_Blogger hestek #happyblogging
@Blogger_Medan hestek #bloggermedan
@BMuslimahDotCom hestek #BloggerMuslimah

Kenapa????

Ya biar di retweetlah. Biasanya mereka akan merituit link blog kita, jadi bisa dibaca sama semua followernya, makin banyak dong kunjungan ke blog, ningkatin klout juga, dan yang pasti misalnya nih ada agency yang mau nyari-nyari blogger untuk acara di Medan, pan dia lebih gampang kulik-kulik akun bloggermedan, nah kelihatan deh akun kita yang banci ngeshare itu.


5. Temenan Sama Blogger Lain

Jangan somse. Iyalah yaaaa, udahlah klout kecil, D/A rendah, alexa gendut masih sombong juga?????, mau jadi apah kamuuuuh. 

Becanda... becanda.... ga ada hubungan mah skire sama somse.

Jadi kalau pas ngikutin event, jangan sungkan ngajak kenalan blogger lain. 

Haaah, ngga tau yang mana blogger yang mana peserta biasa?

Liatin aja deh, gelagat blogger itu beda sama peserta lain. Blogger itu biasanya sibuk sama gadgetnya, sibuk ngetweet, dan sibuk foto-foto. Bau-baunya kecium deh dari tindak-tanduknya. 

Untuk apa temenan?

Ya niatnya buat nambah teman laaah, namanya temenan. 

Saya sering banget lo dapat job untuk acara di Medan, trus agencynya pasti minta referensi blogger lain yang bisa dihubunginya. Nah sebagai manusia biasa, pasti yang akan saya rekomendaskan adalah blogger yang baik sama saiyah, ya kan? ya kan?. Masa iya saya bakal rekomendasi blogger somse, ih males lah yaaaao, xixixi.

Sukur-sukur suatu saat, teman yang kita bantu bakal melakukan hal serupa. 

Kalau ngga?

Ya ga papa juga sih, BIAR TAU AJA, hahahaha


6. Bina Hubungan Baik dengan Agency 

Kalau sudah pernah dapat job, jangan lupa berkomunikasi yang baik dengan agencynya, jangan ketus, jangan nyebelin. Kalau misalnya bayarannya agak telat, jangan langsung nyolot. Bina hubungan baiklah, karena biasanya satu brand kan ga sekali doang buat event, bakal berulang, nah biar nama kita yang udah ada di database mereka tetep bakal dihubungin kalau mereka punya event lagi.

Selalu penuhi apa yang telah disepakati di awal. Dan jangan lupa ucapkan terima kasih disertai pesan sponsor, " Mbaaa... kalau ada event atau job lagi, saya besedia untuk dihubungi ya mbaaaa".


Udah ah segitu aja tipsnya. Pengalaman pribadi cuma itu kok, yang lain-lain mungkin ada X Factornya, ya rezeki, ya siapa tahu agencynya khilaf, atau mungkin karena ngga ada blogger lain yang mau.

So, yang merasa masih jadi blogger "remahan nastar", atau blogger "unyu-unyu" atau bloger "so yesterday", atau blogger "apalah-apalah", atau blogger "cemen", atau blogger "dah aku mah apa", TETAP SEMANGAT, jangan pantang menyerah, tetap nulis, dan selalu upgrade pengetahuan.

Karena ngeblog ga semata tentang score-score-an kok. SEPAKAAAAT.......^_________^









66 comments on "Tentang Blogger Remahan Nastar"
  1. skor kan cuma parameter mbak
    yang penting kan pake domain TLD
    kemungkinan besar dapat job review

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooow gitu yah. Oke sip. Untung dah pake TLD xixixi

      Delete
  2. Dapat job pertama itu alexa ku masih dua jutaan.. Nggak ditanya alexa dll. Tp fee nya memuaskan banget. Selanjutnya dapat job lagi baru ditanya alexa dll, fee yg didapat jauh dibawah job pertama. Emang Nggak semua nanya rangking tapi kayaknya Nggak byk yg spt ini. Soalnya setelah itu tiap ada tawaran, pasti nanya alexa dll. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sampai sekarang blm pernah ditanya alexa mba. palingan ditanya jumlah follower twitter. tp mungkin kalo score2 nya tinggi, kesempatan lebih besar ya

      Delete
  3. ahhh curahan hati saya banget ini mah :D da saya mah apa atuh.. blogger abal-abal :P

    ReplyDelete
  4. hallo.... mba salam kenal.
    sejujurnya aku ga begitu ngurusin alexa atau apalah itu. Maklum mba ga pernah dapet job. :D
    Aku ngeblog buat seneng2 aja. tapi sempet kepikiran si mba pengen menghasilkan uang dari blog. :D boleh berguru nih mba?

    ReplyDelete
  5. hahay... samalah samalah dengan yang saya jalani dalam proses ngeblog mak. Jalani aja, nikmati prosesnya asal tidak menutup diri dan mau belajar, alon-alon sing penting konsisten begono lah saya mah hihihi

    ReplyDelete
  6. waaah kalo udah sering terima job review mah bukan blogger apalah2 lagi ... kalo saiah, boleh lah dibilang blogger apalah2 xixixi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya niiiih, mak windi mah merendah aja. Hhihi. Mak windi ituu alumni blogger remahan nastar. Bayangkan, cuma sampingan aja sering nerima review, apalagi kalau diseriusin... ^^

      Tp tipsnya sangaaat bermanfaat buat kami yg beneran blogger remahan nastar, mak windi. Makasih yaa... *cipika cipiki sama alumni

      Delete
  7. dari pengalamanku sekian tahun di dunia blog, konten memiliki tempat paling istimewa untuk dijadikan alat pendulang rejeki. Membuat konten yang spesifik dengan target pembaca tertentu biasanya disukai oleh advertiser :)

    ReplyDelete
  8. aku pun masih remahan nastar mba hehehe...tapi udah selangkah lebih maju udah ganti domain biar dapet job ripiuw hehehe

    ReplyDelete
  9. Ah,, emak windi remahan nastar,, nggak percaya lah .. blogger cincai gini dibilang remahan nastar?? tulisannya lugas, soalnya cerita pribadi kan ya mak,, jadi enak bacanya.. nah kalau saya ini blogger remahan berlian wakakaka

    ReplyDelete
  10. Yang penting berusaha konsisten ngeblognya ya... *reminder diri sendiri. Update.... Update... Hehehe

    ReplyDelete
  11. Tulisannya menghibur banget mbak. Secara Alexaku 3 jutaan xD *baru pindah rumah sebulan lalu ke .com :D

    ReplyDelete
  12. Aku malah nggak berani ngecek skor2 apalah itu ya karena udah paati hasilnye memprihatinkan tapi alhamdhulilah walaupun ga banyak job review aebiji dua biji adalah.
    Tipsnya alhamdhulilah sudah sitetapkan walaupun utk aktif di medsos masih sekedar sharing kalo auruh nyetatus suka bimgung mo ngomong apa hahahahha....

    ReplyDelete
  13. Makasiiih tipsnya, Mbak Windi. Saya blogger remahan rengginang. Hehehe...

    ReplyDelete
  14. Kalo gue mahh bodoamaaaat DA, klout, alexa, dan tetek bengeknya wkwkkwkw. Secara yak kalo ngeblog digunakan sebagai hobi kita, dapet duit syukur gak dapet duit ya cuma bilang" this my passion' wwkwkwkw yeeekannn. Jadiii kalo dapet duit sih ya mau aja sihh


    Huwahahahhaa yepppp samaaaa DA eike cuma 13 gak tau dah itu begimane ceritanya, selagi eike masih bahagia why not? Huwahahahah duh panjang amat komen saya makkk #SalamaRemahanNasar eh nastar wkwkwkwkkwkw

    ReplyDelete
  15. Weslah yang penting ngeblog dan punya temen :)
    Ga ada yg lebih indah ^^ apalagi dpt job #hloh

    Hidup blogger nastar

    ReplyDelete
  16. Sepakatttttt...
    Meski remahan nastar tapi kalo dikumpulin enak juga loh..
    Apalagi aku kalo makan nastar pasti sampe toplesnya cling, enggak ada remahannya.
    #apasih :)))))

    ReplyDelete
  17. aku punyanya blog gratisan mbak,, ngeblognya masih gitu he...semoga kedepannya ada peningkatan

    ReplyDelete
  18. salah tuh yang blogger medan kaka :)

    @BLOGger_Medan yg bener kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah masa sih, bukannya @bloggermedan ya. aku langsung copy paste dr teitternya nih

      Delete
  19. yihaaa..blogger punya tindak-tanduknya blogger bisa dideteksi yeesss :D

    ReplyDelete
  20. SEPAKET....ehh, sepakat mbak!
    Saya malah keder duluan kalo ada yg bahas score2 itu. Rutin postinģ ( yang mutu) aja udah Alhamdulillah, kalau ada yang nawarin kerjaan itu bonus.
    Salam kenal ya..

    ReplyDelete
  21. Aku masih bloger apalah apalah, mba.
    Tapi tetep semangat ah

    ReplyDelete
  22. Yang penting nulis ya Mba... saya juga nulis masih angot-angotan, mending ngelonin bocah..

    ReplyDelete
  23. Walah yang ini nastar, aku mah blogger remahan krupuk. :v

    Iya aku termasuk orang yang kebakarannjenggot ama indikator di atas karena ada keinginan menjadikan blog sebagai mata pencaharian utama. Tapi karena eyke mau kuliah lagi, yaudalah sante aja. XD

    ReplyDelete
  24. Aku juga masih blogger yang seauka hati menulis mb.. blm mikiran rangking semacam klout.

    ReplyDelete
  25. idem...klou, da, alexa sy pun remahan ...tp ya woles aja sing penting rajin nulis ngontes dan berteman heheh...kalau di pikirin dan pengen di naikin malah rempong kudu aktif di medsos

    ReplyDelete
  26. Blog gratisan aja masih bisa dapat job review. Selebblog jg banyak yg masih pake gratisan. Kemarin cek kloutku cuma 10, hehe

    ReplyDelete
  27. Saya ngeblog masih buat senang-senang sih. Jadi, nggak ada target harus mencapai indikator di atas

    ReplyDelete
  28. Thanks mak tipsnya. Gaul sama emak2 keb bikin wawasanku nambah, at least nggak bengong2 binun lagi kalo udah pada ngomong tentang alexa, pa, da, klout dan apalah2 itu

    ReplyDelete
  29. mba windi... jujur aja ya.. aku malah ga tau samasekali ttg DA/KLOUT/PR ato apalah itu namanya hihihihi... cara ngeceknya aja buta :D.. Abisnya sama seperti dirimu (ato mungkin aku lbh parah), blog ini cuma utk penyaluran aku nulis ttg traveling dan kuliner ;p. jd ga ada niat cari duit ... cari temen sih boleh lah yaa ;).. itu tujuanku BW tiap hari :D

    ReplyDelete
  30. Tulisan yang bagus sebagai penyemangat saya yang cuma butiran debu di dunia perblogan hihihi. Semangaaaat: )

    ReplyDelete
  31. saya mah blogger remahan sambel pecel mak. peduli amat ah skor saya mau kayak apa. yg penting hepi.

    ReplyDelete
  32. mbak windi terimakasih tips-tipsnya :)
    saya juga belum mikirin klout, da, alexa karena ngeblognya masih suka-suka hati & blognya juga masih pake yang gratisan, hehe :)

    ReplyDelete
  33. Keren sharingnya mba, kalo aku nulis mah nulis ajh berbagi ilmu sm pengalaman yg kita punya, rezeki udh ada yg ngatur dan rezeki ga akan ketuker, smoga kita dpt rezeki amin

    ReplyDelete
  34. hehe malah baru tau nih istilah2 kaya gini.. iya mak makasih sdh menyemangati, aku masih angot2an juga tapi alhamdulillah bisa menikmati testimoni gratisan yaa krn ikutan komunitas..

    ReplyDelete
  35. Dan aku gak pernah tau klout-kloutan Mak hihi..
    Kayaknya sih pernah daftar di kloutdotcom tapi gak pernah ngecek berapa. Lagian gak ada agency yang nanyain, sih.. :))
    Tipsnya okee bingiiit, Maak. Suka dan bermanfaat semuaaa...

    ReplyDelete
  36. Saya suka sekali tulisan! Mbak Windi.
    Ringan, tapi kena sasaran.
    Sebagai pemula, ini sangat bermanfaat bagi saya.
    Terima kasih, Mbak Windi.

    Tapi remahan nastarnya, boleh juga dibagi hehehhee

    ReplyDelete
  37. Alexaku pernah seksi dan langsing tapi mungkin karena males update dan BW jadi gendut lagi.

    ReplyDelete
  38. Waduh... lama gak mampir ke sini, dan ada banyak banget perubahannya ya win. Ya, mungkin dirimu juga udah gak kenal sama gue. Tak apalah. Gue udah biasa dilupakan.

    Terbukti kok, kalo melakukan apa yang Windi tulis, bisa membuat semua rating semakin membaik. Terutama sia Alexa, kalo sering BW dan konsisten ngeblog. Pasti alexanya ramping banget. Sebenarnya, soal konsisten, sih. Biar semuanya bisa mendapatkan rating yang baik.

    Nice post.

    ReplyDelete
  39. Kece nih. Yang komen banyak bingits. Jamin deh da sm kloutmu langsung naik gegara postingan ini. Wkwkwk...
    Aku termasuk yang ngerasain bgt manfaat komunitas. Dari sekian job yg aku dapat, kesemuanya gak ada yg liat DAku. Ada yang sempet sadis nawar harga gegara alexaku jelek. Aku ya tolak, biar kata remahan nastar tapi nulis juga mikir e..

    ReplyDelete
  40. Baca judulnya jadi laper nih mbak pengen nastar XD Anyway, setuju banget kalau blogger harus membina networking yang baik. Karena basisnya komunitas, bukan single fighter, jadi blogger kudu bahu membahu :D

    Nice post btw! ^^


    www.gartnerlighting.com

    ReplyDelete
  41. Gue banget ini, remahan nastar dan rengginang..

    ReplyDelete
  42. Ngerasa banget nih hahaha. Aku mah bubuk kopi tumpah aja....

    ReplyDelete
  43. saya remahan berlian aja #eh

    ReplyDelete
  44. blogger remahan nastar, awak kali ini XD

    ReplyDelete
  45. Nastar? Ini yg bikin mampir, mak :D makasih sharingnya, manfaat dan nampol abis mak. Klout 14 aja, itu jg lieur ngeceknya berjam2

    ReplyDelete
  46. Nastar? Ini yg bikin mampir, mak :D makasih sharingnya, manfaat dan nampol abis mak. Klout 14 aja, itu jg lieur ngeceknya berjam2

    ReplyDelete
  47. saya masih newbie mbak
    btw isinya bagus buat saya belajar

    mohon kunjunggannya mbak ke sini masih baru nih butuh ppengunjung :D

    http://visicombatu.blogspot.co.id/2015/11/visicom-batu-service-pc-service-laptop.html

    ReplyDelete
  48. menyimak mbak, saya juga kurang ngerti 3 kategori itu
    ngeblog mah ngeblog aja
    da aku mah apa atuh, cuma blogger ecek2 aja :)

    #eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeeaa blogger ecek2 , jangan merendah jangan merendah :)

      Delete
  49. Judulnya lucu, remahan nastar... Hehehe. Ngejar parameter mah capek, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan lucu mas, enak, remahan nastar itu lezaaaat :)

      Delete
  50. Daannn aku termasuk blogger yang aman tentram dan damai tidak memikirkan semua itu kecuali alexa sih dikiiit wkwkwk...Mikirin mau bikin postingan apa aja sudah nyita otak euy hehehe....
    salam kenal mba windi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah kadang kepikir juga mba, kalo agency nanyain, kalo ngga ada yang nanyain cuek beibeh

      Delete
  51. Blogger Medan kurang seru, Bu. Coba pindah ke Bandung atau ke Jakarta, wuihhh ... angka-angka itulah yang kelak ... ah syudahlah. Aku pribadi sih sambil jalan aja, walau kemarin sempet diet Alexa gila-gilaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah saya kan tinggalnya di Medan, ya ikutnya blogger medan xixixi

      Delete
  52. Dapat undangan makan gratis aja sudah senang bukan kepalang.
    Apalagi dapat review, makcik.
    Dunia milik sayah... yang lain ngontrak
    Hahahaha

    ReplyDelete
  53. Biar ikutan eksis, diriku remahan nastar ini ikutan komeeen ya mak hihi. Itu txitter plus hestek xajibnya lengkap euy....tfs mak ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature