10 Hal Yang Membuat Bahagia

Wednesday, January 24, 2018



Akhir-akhir ini saya sering membaca berita sedih. Yang orang bunuh dirilah, orang depresi bahkan salah satu sahabat saya sempet merasa hopeless karena rasanya hidupnya kayak ga berarti, selalu mengecewakan semua orang.

Mendengar berita orang bunuh diri apalagi sebelumnya karena depresi gitu membuat saya mikir betapa kadang mencari bahagia itu ternyata sulit yah. Padahal mungkin bagi kita sesuatu hal itu terlihat biasa, terlihat ga ada artinya padahal bikin orang lain iri, bikin orang pengen bertukar tempat dengan kita.

Dulu saya juga gitu, susah banget merasa bahagia. Dalam arti saya tuh bahagia kalau ada something big lah yang terjadi, hal-hal remeh kayak bisa makan sour sally aja mana masuk dalam kriteria kebahagiaan bagi saya. Tapi makin ke sini, saya jadi mudah bahagia. Hal remeh aja udah bisa bikin saya mensyukuri hidup. Mungkin karena pengaruh udah punya anak atau mungkin karena pengaruh temen bisa jadi. Ya gimanaaa, kalo temenannya sama Gesi, makan martabak Rembulan aja udah bahagia minta ampun hahaha, jadi merasa “ Oh ternyata yang kayak gini aja bisa bikin hepi ya”

Baca :


Setelah banyak ngobrol sama orang-orang plus mengalami jatuh bangun hidup (halah), setidaknya saya sekarang tau kunci bahagia itu sebenernya simpel banget, Rendahkan ekspektasi, Nikmati momen saat ini, berhenti khawatir untuk hal yang belum terjadi. Sip bener deh, praktikkan tiga hal itu niscaya hidupmu lebih enteng.

Rendahkan Ekspektasi
Nikmati Momen Saat Ini
Berhenti Khawatir Untuk hal Yang Belum Terjadi


Nah kalo ditanya nih, saat ini apa hal-hal yang bikin saya bahagia, wah jangankan 10 seratus pun saya bisa nulis listnya, but saya pilih 10 aja deh yang bener- bener menurut saya hal yang membuat saya merasa hepi dan terus mensyukurinya. here we go.

1.  No LDR

Kebahagiaan bisa hidup tanpa drama LDR itu cuma bisa dirasakan oleh para alumnus LDR lah pokoke. Bisa pulang setiap hari ke rumah dan ketemu pasangan hidup itu anugerah yang ga bisa digantikan oleh apapun. Dulu pas masih LDR an sama mas Teg, duh bawaan saya tiap hari cuma berdoa semoga dapet SK mutasi ke Medan. Kerja ngga konsen karena ya bawannya mikirin tiket pulang, lihat jadwal pesawat, ngitungin gaji buat disisihin beli tiket pesawat, nandai kalender dimana ada tanggal merah. Huuuft.

Makanya bagi saya, anugerah end of LDR ini adalah hal yang sangat membahagiakan. Sekarang, kalo lagi penat di kantor, pulang malem, anak udah tidur, brb mikir “ Ah masih mending gwlah bisa lihat anak setiap hari dibanding temen-temen yang cuma ketemu seminggu atau sebulan sekali".

Jadinya segala hal di kantor kalau ada yang ngga sesuai sama ekspektasi pun masih bisa bahagia kalo inget saya ngga LDR-an, xixixi.

Untuk ini saya mau bilang bahwa bahagia ngga sederhana ya bu ibu, kalau udah nyangkut SK mutasi. makanya bagi kalian yang suami istri kerja, dan bisa tinggal satu kota, wislah ngga usah neko-neko, itu anugerah dan rezeki langka saat ini.

2. Punya ART cocok

Bagi ibu bekerja kayak saya, bisa dapet ART yang cocok sama sayanya dan cocok sama anak-anak itu adalah juga anugerah. Udah mengurangi pikiran 30 persenlah kira-kira. Saya bisa tenang kerja, dinas luar dengan gampang , ya ga lepas karena si mba Tara dan Divya.

Saya udah lama ngga peduli sama omongan orang soal perumpamaan-perumpaan ninggalin anak di tangan ART. Anggap aja nyanyian burung merpati xixixi. Kalau dulu awal punya anak mah bisa merasa marah dan sakit hati kalo ada yang bahas soal tega ngga tega ninggalin anak, Belakangan, sellloooooow. Anggap aja orang iri hahahaha. Mon maaf soalnya yang tau apa yang terbaik untuk keluarga kita ya kita, orang lain mah penonton, jadi santai aja kalo ada yang nyinyir, bahagia itu harus diri sendiri yang nyiptain.

( Baca : Nitipin Anak ke ART?, Ibu Macam Apa Kamu? )

3. Bisa Nyetir

Hahahaha ini menurut saya keahlian yang membuat hidup lebih berwarna. Gara-gara bisa nyetir saya jadi gampang kemana-mana. Ga tergantung suami banget. Sebenernya masteg dengan senang hati akan mengantar kemana saya pergi. Tapi ya kaleeee dia ngurusin istri terus. Makanya skill menyetir ini mempermudah hidup bangetlah.

4. Punya Pilihan Hidup

Astagaaa, point ini nih yang sering dilupakan orang. Betapa punya pilihan itu adalah anugerah. Bisa milih mau kerja atau di rumah. Mau pakai baju apa, mau masukin anak sekolah dimana. Kalian-kalian yang masih bisa memilih hari ini mau makan Sushi Tei atau XO Suki atau sesederhana bisa milih mau makan lotek atau buryam untuk sarapan, berbahagialah, karena setidaknya kalian masih punya pilihan hidup.

Ya bayangin aja orang-orang yang ngga bisa milih karena ngga ada yang mau dipilih.

( Baca : Menikah )

5. Suami Yang Tolerable

Saya ngga bilang masteg itu suami sempurna. tapi saya bisa bilang dia adalah suami dengan toleransi luar biasa tinggi, apalagi saya bekerja. udahlah kalu dapet suami yang ngga pengertian pasti berasa di kantor ada bos besar eh di rumah ada bos lagi.

Tapi jangan salah, dia tuh banyak banget lho punya aturan untuk saya.

" Adek ngga boleh sms-an sama lawan jenis tanpa persetujuan mas"
" Ngga boleh nge add mantan pacar di sosmed, di hape, di manapun"
" Ngga boleh pergi karokean, ke tempat hiburan, nonton bioskop tanpa sepengetahuan mas"
" Ade juga ngga boleh makan berdua dengan lawan jenis tanpa mas tahu"

Masih panjang, kalau mau saya bikin daftarnya.

Tapi apa saya merasa terkekang?. Tentu tidak, karena blio menerapkan aturan tapi bukan mengekang. Saya cukup bilang " Mas ini temen kerjaku, namanya si Rangga, si Naruto, si Mamet. Aku bakal sering makan dan jalan sama mereka, "

Oke. fain.

Abis itu ya udah jalan aja kayak biasa. Masalah nonton atau karaoke mah apa susahnya tinggal pamit. " Mas, aku mau nonton sama temen-temen"

Jadi awalnya doang yang kesannya minta ijin, lama-lama karena memang kita ngga neko-neko ya, jatuhnya jadi menginfokan.

Pernah dilarang?

Hampir tidak pernah.

Makanya hal begini ini menurut saya kebahagiaan yang harus saya syukuri. Karena mah sami mawon, saya juga nerapin permintaan sama blio

" Jangan pernah ngga angkat telfonku ya mas "
" Bales WA ngga boleh lama-lama"
" Uang arisan jangan lupa transfer", eh, hahahahahah

So punya suami yang tolerable itu adalah syurga.

( Baca : The Sweetest Things From My Hubby )


6. Tinggal Di Medan

Hahahaha, walaupun ni kota kadang bikin eneg dengan orang-orang yang suka melanggar aturan. Tapi bagi saya tinggal di Medan itu merupakan sumber kebahagiaan bagi saya. Di sini saya deket dengan keluarga, fasilitas lumayan lengkap walau ngga selengkap Jakarta. macet ya ngga macet banget, pulang pergi kantor masih bisa dengan waktu setengah jam-an. Kubahagia.

( Baca : Why I Love Medan  )


7. Ada Gojek di Medan

Ini...................... aduh terpujilah abang gojek. Hidupku berasa lebih bahagia sejak ada Gojek di Medan. mau apa aja tinggal order via gojek. Bahkan mau nonton bioskop aja, aku order tiket via gojek. Menghemat waktu sejam-an buat ngantri tiket. Pokoke gojek is lyfe, i love gojek.

( Baca : Reviev Film Pengabdi Setan )


8. Masih punya keinginan /obsesi terhadap makanan

Percayalah, saat kalian masih punya sesuatu yang pengen kalian makan, maka kalian punya hal yang bisa bikin bahagia. Karena saya pernah, ngga punya keinginan makan apapun, dan itu menyedihkan. Kalau sekarang, hepilah, lagi bengong tiba-tiba kepikiran pengen Sour Sally. Lagi scrolling IG pengen brownies. Lagi ngantuk pengen kopi.

Segala makanan yang diinginkan itu, bisa bikin bahagia, hahahaha. Jadi jangan remehkan keinginan makan sesuatu ya, karena saat beneran kesampaian makannya, hati rasanya kenyang. hahaha


9. Divya udah bisa minta sesuatu

Ini kebahagiaan paling hqq lah, Kalau udah soal anak. Si Divya sekarang anaknya demanding banget. adaaaa aja yang dimintanya. " Mundaaaa, usyuuuu" ( Bunda, susu), hahahah mendengar suaranya yang cadel-cadel gitu , beneran bikin ketawa dan lupa sama rangking mantri yang mau dilaporin, xixixi.

( Baca : Celoteh Tara )

10. Masih punya waktu mantengin akun Selebgram

OMG, hari-hariku belakangan bahagia banget, bisa ketawa-ketawa cuma karena nonton video-video mak gardam alias @Alvin_mtd, masih ngekek nonton video si mak Betty, Ghita Bebhyta. artinya aku masih bisa bahagia sama hal-hal remeh temeh dan punya waktu santai. Itu membuat relaks banget ya bu ibu, lupa sudah sama tagihan listrik yang bikin pijet-pijet kening hahahah.




Yah begitulah. Walau namanya hidup pasti ada up and down nya, pasti ada suka dukanya, tapi selalu ada alasan untuk berbahagia. Selalu ada hal-hal yang bisa bikin kita tertawa. Maka ayok, kalau kita lagi bahagia, tularin kebahagiaannya sama orang-orang sekitar. Lihat temen sedih, ayo ajak dia ketawa, hibur dia. Lihat temen galau, ajak ngobrol, dengerin sampe tuntas, luangkan waktu. Ngga ada waktu luang, kirimin dia foto lucu, video ngehe yang bikin sakit perut.

Kalian apa nih hal-hal yang bisa bikin kalian bahagia belakangan ini, cerita dong, di blog atau IG, mention aku yah, pengen tau juga, siapa tau bisa ikut seneng hahaha.



6 comments on "10 Hal Yang Membuat Bahagia "
  1. (((BISA NYETIR))) dog kubelum bisa

    ReplyDelete
  2. Iya mba bener banget, dengan men-daftar keseharian yang bikin bahagia membuat kita jadi mudah bersyukur dan ga gampang setrees, ah makasih mba udah menginspirasi

    ReplyDelete
  3. Mba windi makasih udah ngingetin tentang kebahagiaan. Poin 2,4,5 ini bener banget..cuma kadang lupa. Sampai sekarang ku masih LDR. Kadang ketemu seminggu sekali, kadang 2 minggu, kadang 3 minggu. Sedih emang kadang kalau diingat" tapi yaaa..kaya yang dibilang mba, harus kita yang ciptain kebahagiaan. Tutup telinga sama kata orang. Toh kita yang jalananin

    ReplyDelete
  4. Mensyukuri hal hal kecil yang selama ini taken for granted itu kunci hidup lebih ringan, kalo udah gitu rasa bahagia pasti akan datang dengan sendirinya.

    Pernah baca buku kalo semakin berusaha bahagia ato mencari kebahagiaan justru bikin tambah stress dan unhappy. Jadi dibawa santai aja.

    Btw komen saya panjang juga ya? Hihi :)

    ReplyDelete
  5. Ternyata banyak juga ya untuk membuat bahagia..yang penting selalu bersyukur..

    ReplyDelete
  6. No LDR ini hlo.. aku banget... entah kenapa sampai saat ini aku masih NO buat LDR... ntar galau lagi kalau LDR, takut ini ono

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature