Affiliate Marketing Program Mataharimall.com

Saturday, April 2, 2016

Kamis, 31 Maret 2016 jam 16.00 WIB bertempat di Hotel Aryaduta Medan, blogger-blogger se Medan Raya ngumpul bareng demi menghadiri acara seru bin keren dari Mataharimall.com dengan tema “ "Smart Income Through Affiliate Marketing" 

Saya dong sebagai blogger Medan pasti ikutan xixixi, padahal akhir bulan, di kantor hectic banget, sempet-sempetnya hadir di acara ini. Bagaimana caranya? Rahasia dong. Yang penting urusan kerjaan ngga keteteran, urusan hobi tetap jalan. Multitasking.... multitasking.


Ada apa gerangan mataharimall.com mengundang para blogger?

Sebenarnya bukan hanya blogger. Selama dua hari ini Tanggal 30-31 Maret 2016, mataharimall.com datang ke Medan untuk menggandeng para wirausahawan dan para blogger untuk kerjasama melalui program affiliatenya.

Apa itu Affiliate?

Yah semacam partnership yang simbiosis mutualisme lah antara mataharimall sebagai pihak penjual dan blogger sebagai makelar ataupun perantara ke calon pembeli.

Sudah pada tahu kan kalau mataharimall.com itu termasuk salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dengan produk utamanya berupa fashion dan gadget. Baik fashion wanita, pria, maupun anak.

Acara ini merupakan rangkaian roadshow mataharimall.com ke beberapa kota besar di Indonesia. Jadi jangan khawatir, ntar kota lain juga kebagian.

http://www.windiland.com/2012/07/transit-lounge.html


Acara yang direncanakan dimulai pukul 16.00 WIB  itu sedikit molor dari yang dijanjikan. 

Syukurlah, saya yang telat jadi ngga ketinggalan apapun. Saya sampai di tempat acara kira-kira pukul 16.30 wib. Setelah setengah jam menunggu sambil ngupi-ngupi cantik dan makan cemilan yang disediakan akhirnya acara pun dimulai.

Dibuka dengan kata sambutan dari kepala sukunya Blog M,bloggernya kota Medan. Mas Yoga.



Dilanjutkan materi tentang penulisan artikel SEO oleh Nur Anasta Rahmat, COO Infinite.id



Sebenarnya sudah sering banget sih saya mendengar atau membaca tentang seluk beluk SEO ( walau ngga mahir-mahir juga), tapi pas acara kemarin diulas agak lebih mendalam lagi, jadi nambah pengetahuan banget. Soalnya materi SEO nya langsung dihubungkan dengan program affiliate mataharimall.com ini.

Materi kedua sharing session blogger & affiliate expert, dibawakan oleh seorang blogger ajaib bernama Jimmy Ahyari.



Pertama blio maju ke depan, para peserta langsung kaget,soale dari tadi dia duduk diantara para peserta, kirain peserta juga ditambah lagi penampilan blio yang anti mainstream. Rambut gondrong, pake kemeja hitam yang bertuliskan nama domain blio, dan dengan gayanya yang kayak bukan lagi mau bawa materi tapi lebih mirip stand up comedy. Asli deh dari awal sampai akhir dia ngomong saya ketawa mulu, lucu banget sih xixixi.

Mas Jimmy ini dulunya adalah seorang apoteker yang mulai ngeblog untuk nulis tugas-tugas kuliahnya. Blio nyeritain gimana perjalanan ngeblognya dari blogger unyu-unyu sampai akhirnya bisa menghasilkan dolar yang tidak sedikit dari blognya. Dan akhirnya dia memutuskan resign dan fokus menjadi blogger profesional. Gile beneeer, dengernya sampai bengong saya. Abis bengong, mupeng, bayangin dapat dolar-dolar dari hobi itu memang menyenangkan sekali sodara-sodara. Ntar cerita lengkap blio saya tulis di postingan sendiri, soalnya panjang dan menarik sih.

Setelah mas jimmy ngomongin tentang seluk beluk bagaimana menjadi blogger yang blognya bisa menjadi sumber pendapatan, dilanjutkan dengan pembicara affiliate specialist mataharimall.com nya, Marchel Henry



Nah disini dijelasin deh apa itu program affiliate yang ditawarkan mataharimall ke para blogger.

Sederhananya sih, Affiliate Marketing Program Mataharimall.com yaitu blogger menempatkan banner mataharimall di blognya, trus setiap ada orang yang mengklik atau bertransaksi di mataharimall melalui banner yang ada di blog kita, maka kita bakal dapat komisi. Itu sederhananya, kalau mau yang ribetnya, ntar ya.

Yang namanya affiliate ya samalah kayak program affiliate yang lain, Cuma bedanya, kalau influlencer lainnya kan nawarin berbagai macam e-commerce kepada blogger, nah kalau mataharimall,dia sendiri yang langsung kerjasama ke blogger , ngga pakai perantara, dan implikasinya cencu saja komisi untuk blogger jadi lebih gede. Bocorannya yah, untuk produk fashion itu komisinya 10 persen sodara-sodara, gede kan yah.

Cara untuk bergabung menjadi affiliate mataharimall.com ini juga sama sekali ngga susah, hanya registrasi doang, gratis, udah ntar tinggal lihat offers atau penawaran yang sedang berlangsung. Kira-kira seperti itulah. Nanti bakal dibahas sendiri. Hahaha dari tadi nanti nanti mulu. Biarin lah, biar banyak postingannya.

Yang menarik dari acara ini, setiap kali pembicara ngasih materi kita dikasih kesempatan buat bertanya. Dan setiap penanya dikasih hadiah voucher potongan belanja di mataharimall. Ntar dari beberapa penanya dipilih siapa penanya terbaik yang bakal dapat tambahan hadiah lagi.

Bisa ditebak dong alur ceritanya, Saya mah sebagai emak doyan hadiah tiba-tiba aja pulang-pulang dari acara udah membawa 4 voucher potongan belanja, satu tumbler keren, dan satu powerbank cantik. Dah aku mah apa, niat beneran pengen nanya malah dikasih hadiah.

voucher mataharimall.com


Iya, padahal saya memang murni pengen nanya, soalnya materinya keren-keren dan sangat aplikatif, tapi gegara tiap nanya dikasih hadiah, jadi agak gimana gitu mau nanya lagi, ntar peserta lain ga kebagian hadiah kesempatan nanya. Huhuhu padahal bukan itu tujuankooooo.

Trus ada kejadian yang sebenarnya lucu tapi miris.

Jadi kan pas awal acara MC nya ngasih tau, kalau kita diminta untuk bikin quote tentang affiliate mataharimall ini. Kemudian di share di twitter dengan hesteg #MMAAJA #MMQuotes trus mention @mataharimall.com.

Seperti biasalah, setiap menghadiri acara blogger saya pasti yang dengan sukarela bakal melakukan live tweet. Iya, beneran, saya selalu live tweet di acara apapun. Kalau ngga percaya, pantengin deh twitter saya @windi_teguh ( trus follow ya, trus rajin RT-in , ealaaaah modus ).Bukan pengen dapat hadiah tapi biar ntar gampang nulis reportase atau review acaranya. Sukur-sukur ada lomba blognya, jadi gampang lihat contekannya. Maka, kemarin pun demikianlah, saya juga melakukan live tweet.

Nah saat acara sudah hampir berakhir, diumumkanlah 3 pemenang quotes. Sebelumnya ditampilkanlah tweet-tweet yang berisi hesteg yang ditentukan tadi.

Dan jeng jeng.................... itu isi tweet di layar depan, muka saya semua, alias kicauannya akun saya @windi_teguh.

Trus diumuminlah pemenang ketiga, dan kedua oleh MC.

Giliran mau diumumin pemenang pertama.

“ Hayo... siapa nih yang jadi pemenang pertamanya” Tanya MC

“ Mba Windi..................” koor suara peserta.

Ih saya yang udah kegeeran gitu, H2C nama saya disebut. Yah walau ngga tau juga sih hadiahnya apa, tapi yang namanya menang itu memang sangat menyenangkan ya kan sodara-sodara.

“ Dan pemenangnya adalah.......”

MC mulai sok imut nunda-nunda nyebutin namanya

“ Mba Windi...............” sekali lagi koor peserta. Saya makin geer dong, udah senyam senyum manjah.

“ Yak pemenang pertama adalah pemilik akun abrakadabra edebre edebre....”

Akhirnya si MC menyebut sebuah nama. Saya lupa namanya siapa.

Hueeeeh, kayaknya ga Cuma saya deh yang kaget. Sepertinya.... sepertinya lho ( ini mah Cuma berdasar kegeeran pribadi) beberapa peserta juga ada yang kaget. Lho kok bukan saya. Secara jelas-jelas, muka saya segede gaban terpampang di layar . Ibarat google, saya mah ada di page one, satu layar di scroll ke bawah, di scroll lagi masih cuitan saya,dan tweetan saya juga banyak di RT-in, alias bukan soal banyak-banyakan jumlah doang.

Tapi, yah begitulah adanya. Huahahahaha.



Kecewa?

Ih cemen amat masa gitu aja kuciwa. Kagak lah yaw. Itu hanyalah remah remah rengginang di dasar toples Kong Guan dibanding ilmu yang disampaikan oleh mas-mas kece bin pintar di acara ini.

Maksud nyeritain itu adalah..., jadi nyadar, bahwa yang namanya menilai itu bukan ranahnya diri sendiri, tapi ranahnya orang lain. Orang lainnya ini adalah seseorang yang ditunjuk sebagai tim penilai. Jadi, mau kita merasa kalau diri kita paling oke sejagad raya, mau dikata para penonton kita juga oke, kalau kata orang yang bertindak sebagai penilai ngga, yah ngga usah marah. Jangan baper, jangan baper. Daripada baper mending makan lemper.

Sekaligus langsung berempati dengan para blogger yang saat ikut kompetisi trus dielu-elukan menang, udah geer bakal menang, eh pas pengumuman, jangankan juara 1, juara hiburan aja kagak. I feel u guys and i heart you #nyanyibarengsmash

Udah sih, mau bilang itu aja. Lhaaa kok malah curcol yah.

Pokoke acaranya paten lah. Ntar kalau pas hadir di kotamu jangan lewatkan yah untuk datang, banyak banget ilmu perbloggingan ( aku jangan dibully kalau salah nyebutnya, plis) yang didapat di acara ini.

Eniwey Hepi wiken sodara sebangsa setanah air

Nantikan postingan tentang materi Affiliate Marketing Program Mataharimall.com  di blog ini yah






12 comments on "Affiliate Marketing Program Mataharimall.com"
  1. Mbak wiiinn, niat bener hadiahnya banyakkk. Bagi2 sini, mba. :P Btw, afiliate itu berarti yang biasanya kita dapet komisi kaloa da yang klik link dari kita ya. Harus closing dulu dong ya hehe :D Beda ama cpc.

    ReplyDelete
  2. Saya jadi senyum-senyum baca.. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan bermanfaat (selain ketawa-ketiwi, tentunya) hihihi..

    Keren blogger medan.. Sampai ada khusus emak-emak blogger #mantaaab

    ReplyDelete
  3. Antiknya, mas Jinny. eh Jimmy sepulang dari Medan langsung ngurusin acara roadblog di banjarmasin tanggal 2 April. Apa beliau ini gak ada capeknya ya?

    ReplyDelete
  4. Antiknya, mas Jinny. eh Jimmy sepulang dari Medan langsung ngurusin acara roadblog di banjarmasin tanggal 2 April. Apa beliau ini gak ada capeknya ya?

    ReplyDelete
  5. Kakak penasaran adek, tuntasin ya rasa penasaran ini hihi

    ReplyDelete
  6. belum di launcing ya mas programnya?

    ReplyDelete
  7. Aku udh daptar untuk program afiliasi gitu tapi masangnya kok ribet. Hikss

    ReplyDelete
  8. Mau ada juga nih di Malang tgl 30. Gak boleh ketinggalan deh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature