Sonya Depari dan Polisi yang Dibenci Sekaligus Dirindu

Friday, April 8, 2016
Polisi yang dibenci sekaligus dirindu itu yang kayak mana?

foto pinjam dari IG bang Benny R
Nah ini mungkin masuk nominasi, hahaha. E tapi saya bukan mau ngomongin dia kok. Huuuuuuu penonton kecewa. ^_^

Baca berita soal Sonya Arman Depari yang ditilang polisi, jadi inget kalo saya juga pernah beberapa kali ditilang polisi dan ngeles supaya ga ditilang, lol.

Ngeles saat ditilang polisi itu tricky banget. Bisa berhasil atau malah bisa bikin polisinya tambah marah. Apalagi di Medan, hmmm susah diprediksi apa maunya.

Sebenarnya kalau mau jujur, kebiasaan bawa-bawa nama pejabat saat ditilang polisi itu dah biasa bangeeet. Saya sering denger yang kayak gitu. Bukan cuma abege labil. tapi bapak-bapak ibu-ibu kantoran, banyak yang melakukannya. Makanya walau syebel liat si abege yang attitudenya parah banget itu, tapi tetep dalam hati menggumam. " Ah dek, sedang sial kau, kebetulan ada yang merekam".

Saya ngga mau bahas si Sonya ah, udah banyak juga yang bahas dari berbagi sudut pandang.

Saya mau cerita  pengalaman beberapa kali hampir ditilang  polisi tapi kemudian berhasil lolos. Ya gimana yah, kadang walau tahu kalau saya salah karena melanggar peraturan lalin, tetap aja berusaha biar ga ditilang, soalnya males ngurus urusan di belakangnya. Kalau harus sidang berarti kan harus ijin dari kantor. Susah lah. Makanya sebisa mungkin berdiplomasi dan bernegosisasi dengan pak pol supaya jangan ditilang.

Berhasil gitu?

Itu sih tergantung cara kita, dan tergantung nasib ketemu polisi yang model bagaimana.

1. Polisi yang kebetulan adalah nasabah

Suatu hari saat lagi buru-buru karena udah hampir telat ngantor, dari jauh udah kelihatan traffic lightnya ijo, ngebut dong biar masih kedapetan ijonya. Gitu nyampe di lampu setopan eh udah kuning. Ah nanggung pikir saya, ya udah tetep jalan.

Priiit.... set dah tiba-tiba muncul aja polisi entah dari mana. Padahal tadi ga ada lho.

" Selamat pagi ibu" sapa pak polisi

" Pagi pak. Iya pak saya tahu saya salah, tapi saya bener-bener buru-buru nih pak. Kalo telat absen gaji saya dipotong"

Langsung nyerocos dan ngaku salah sebelum dimarahi.

" Kerja dimana mba?"

" di Bank xxx pak. Ituu kantornya di depan paak" jawab saya

" Oh mbanya kerja di situ. Kenal sama si Anu ngga?"

" Wah kenal pak, bagian kredit kan, bapak punya kredit ya disitu?"

dan si bapak mesem-mesem.

" Ya udahlah kalo gitu, lain kali jangan diulangi ya mba" Kata pak polisi

" Iya pak, makasi ya pak"

Bruuum, saya pun segera melaju kencang. Gara-gara kredit dakuh terselamatkan.


2. Polisi Penyayang Bumil

Pernah juga, udah ditilang karena salah jalan, yang harusnya searah saya malah nyelonong. Waktu itu sama suami. Udah ditanyain ini itu, kita mah pasrah karena memang salah, trus tiba-tiba si bapak melihat ke arah saya yang lagi duduk manja di samping suami.

" Lho, ibunya lagi hamil tho" tanya pak polisi

" Iya pak, udah mau lahir pun ini. Ni mau ke dokter kandungan pak, makanya tadi cepet-cepet. " jawab saya.

" Ooo, ya udah udah, silahkan jalan pak, hati-hati ya, semoga lahirannya lancar"

Xixixi, kemungkinan besar istri blio juga lagi hamil kali di rumah makanya empatinya tinggi.


3. Polisi Lemah Iman

Kali ini yang nyetir saya, pergi berdua dengan kakak ipar ke arah Thamrin Plaza Medan. Saya tidak melihat ada rambu " Belok Kiri tetap berhenti". Biasanya kan kalo belok kiri kita boleh langsung, ternyata ngga, Ya udahlah kena setop pak pol.

" Ya maaf pak, dulu disini langsung kok "

" Emang dah berapa lama mba ngga lewat sini, kok bisa ngga tau" Tanya si bapak

" Udah lama pak, ini aja kebetulan lewat sini"

" Mau kemana emangnya mba" ( Malah ngajak ngobrol).

" Ni pulang belanja pak. Udahlah pak, maaf yah pak"

" Iya dimaafin sih mba, tapi tetep harus diproses hukum"

" Ya ampuun, janganlah pak, kasihan anak saya lagi nunggu di rumah"

" Lho, mba mba ini udah berkeluarga tho, kok kelihatan masih muda banget "

Ahsek, dibilang muda sama pak pol.

" Udah pak, udah dua pun anak kami. Bapak pun kelihatan masih muda banget, masih keren" sahut kakak ipar saya.

" Ah si mba bisa aja. Ya udah lain kali lihat-lihat rambu ya mba"

" Makasi pak"

Iyesss, berhasil lolos lagi. Si bapak ngga kuku dibilang muda dan keren hahahah

Tapi, pernah juga sih kena tilang beneran, udah keluar semua jurus-jurus andalan, tetep aja keuar tuh slip biru. Mungkin itu saya ketemunya polisi berjenis dedikasi tinggi terhadap profesi.

Duu pernah dikasi tau temen, kalau ditilang polisi bilang aja pake kode " Ambon demak" atau " Ambon Jawa " apaa gitu saya lupa. Tapi saya ga pernah praktekin karena ga tau juga itu maksudnya apa.

Pokoknya pengalaman saya, kalau ditilang polisi, kalau memang salah ya udahlah akui saja. Ngga usah cari ribut. Kecuali memang kita ngga salah ya bolehlah adu argumen.

Karena bagaimanapun juga, polisi itu kan juga sama kayak kita. Dia juga pekerja yang digaji untuk melakukan pekerjaannya. Pekerjaan dia ya mengatur lalu lintas, jadi saat ada yang melanggar ya harus ditilang. Kadang, merasa bersalah juga sih dalam hati, sering ngata-ngatain polisi, padahal bisa jadi si polisi itu sukanya dikasi senyuman, dikasi coklat bukan dikasi kata-kata.

Pernah seorang teman yang polisi menumpahkan uneg-unegnya.

" Masyarakat itu aneh, udahlah salah melanggar lalin, tapi tetep aja ga mau ngaku salah, malah marah-marah sama polisi, dikiranya apa kita ngga capek di jalanan seharian. Susahlah jadi polisi, mau berbuat baik gimanapun tetep aja dianggap jelek. Giliran kami ada , dihindari, Giliran kami ngga kelihatan malah dicari-cari".

Tuh kan coba itu.

Iyalah ya, bayangin aja kalau kita disuruh berdiri di jalan raya , panas-panas kena debu, trus lihat orang yang ngga patuh sama aturan lalin, pasti esmosilah. Dan bakal lebih esmosi lagi, kalau yang
melanggar aturan malah lebih galak dari petugasnya. # pukpukpakpolisi, semoga tabah menjalankan tugas ya.

Mengenai kalau ada dihindari, kalo ga ada dicari-cari, ini tampolable banget yah, haha.

Itu sering banget saya rasakan. Pas traffict light ga bekerja, entah karena rusak entah karena mati lampu. Tau lah kelen kan woy di Medan itu mati lampu cem makan obat, sering banget. Dan lucunya, kalau mati lampu tak jarang traffic light juga ikut mati, Kalau udah gitu, nampaklah gimana orang Medan itu. Semuaaaa mau duluan, akibatnya stuck di tengah jalan ga bisa gerak.



Nah saat itulah, semua orang baru nyari-nyari bapak-bapak berseragam coklat itu. Biar ada yang ngatur siapa yang boleh jalan siapa yang harus berhenti.

Selain mati lampu, polisi juga jadi orang yang paling dicari saat hujan. Karena Medan, kalau udah hujan langsung banjir. Kalau udah banjir, biasanya mati lampu. Ya udah masalahnya balik lagi kayak paragraf di atas, hahaha mbullet.

Makanya polisi itu kadang dibenci tapi dirindu,

Ya sudahlah, kita sudahi saja, cerita ngalor ngidul kali ini. Karena bel pulang kantor sudah berbunyi, mari kita kembali ke kediaman masing-masing.

Ingat ya, hati-hati di jalan, jangan main hape di kendaraan, patuhi rambu-rambu lalu lintas, dan jangan ngaku-ngaku anak hilang kalau ditilang yah.

Hepi wiken semua :)
16 comments on "Sonya Depari dan Polisi yang Dibenci Sekaligus Dirindu"
  1. Ahaha...luar biasa kali ah kak windi ini...udah bisa buka les atau postong tulisan "5 tips n trik ketika ditilang polisi lalin" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya wi. Apalagi di medan. Susah ga kena tilang. Soalnya kadang awak ga salah pun bisa disalip orang.esmosi lah hahaha

      Delete
  2. kami juga sering ditilang Mbak Win, ditilangnya sih karena saya gak pake helm, tapi berkali-kali lolos karena pak polisinya kebetulan satu kampung dan kakak kelas waktu sma dulu *LOL*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pasti pak pol nya dah malas ketemu dirimu mba

      Delete
  3. Jadi inget pas ada sim pengin banget kena operasi tilang..eh ga kesampaian..lah giliran ga bawa sim di stop dan di tilang hiks..gemesh..

    ReplyDelete
  4. Hahaa.....jadi inget dan kangen sama temen saya sekolah dulu yang sekarang profesi polisi, walo belio tugasnya gak di bagian lalin. #eh

    ReplyDelete
  5. Hahaa.....jadi inget dan kangen sama temen saya sekolah dulu yang sekarang profesi polisi, walo belio tugasnya gak di bagian lalin. #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pergiiii kau manna. Jangan komen disini wahahahaha

      Delete
  6. Jadi inget pengalaman pas di Bandung duluuuu banget, nerobos lampu merah trus distop polisi. Pas minggir, niatnya udahlah kasih duit aja males ribet.. Periksa dompet cm ada goban. Terpaksalah melayang tu duit atu2nya huhuhu :(. Taon 2004 duit goban kan mayan tuu.. huaaaaa :((.

    ReplyDelete
  7. Akyu blom pernah ditilang mak...wkakka

    ReplyDelete
  8. Suamiku pernah nggak jadi ditilang gara2 bilang kerja di perusahaan yg saat itu lg hire byk polisi buat jagain kebon(lagi masalah sengketa lahan gitu). Lolos ditilang ato nggak sepertinya juga bergantung amal n perbuatan. Haha

    ReplyDelete
  9. Muehehee...jadi inget pas awal2 di Palopo, keluar rumah sore2 nggak pake helm. Disemprit lah..
    Eh, pak polisinya ngenalin suami yg emang sering berurusan sama blio dikantor kejaksaan. Akhirnya malah ngobrol dan...selamat XD.

    ReplyDelete
  10. Hahaha itu lucu amat mbak yang malah diajak ngobrol. Tapi itu kayaknya cuma terjadi satu dari seratus tilangan ya. \:p/

    ReplyDelete
  11. bikin perut sakit nih ceritanya... tips yg bagus ketika menghadapi polisi semacam itu... bisa aja ya... keren mbak...

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Hai mba windi...kebetulan kita satu kota, nah sama tuh pas mau kearah thamrin plaza posisi lampu msih ijo eh yg di depan jalannya pelan banget, jadilah bgtu masih ditengah jalan lampu udah berubah warna...disetop dong kita, gk bs nego mba...segala trik kt coba gk berhasil...keluar uang dame 100 ribuuu.... hiks... btw..salam kenal ya mba... :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature