Pilih Pilih Dokter Kandungan

Wednesday, April 20, 2016
Pilih pilih dokter kandungan


Pilih-pilih dokter kandungan untuk kesehatan wanita hamil itu memang susah-susah gampang ya mak.

Kayak saya dulu tuh. Awal berhubungan sama doketer kandungan, ya dalam rangka pengen hamil, soalnya dah setahun nikah belum ada tanda-tanda bakal punya anak juga. Awalnya sih saya yang idealis gitu, dokter kandungan pokoknya harus cewek titik.

Maka saya mulai mencari list nama-nama dokter kandungan di beberapa rumah sakit khusus yang berjenis kelamin perempuan saja. Ih ternyata susah ya nyari dokter kandungan perempuan. Kalaupun ada biasanya nanya ke tema-teman pada ngga merekomendasikan.


Ya udahlah, singkat cerita, dapat juga dokter kandungan perempuan yang lumayan oke. Periksa ini itu, dikasih obat penambah hormon. Beberapa bulan konsul ke blio, ga ada hasil, saya pindah ke dokter kandungan lain, masih tetep dokter perempuan.

Sama saja treatmentnya, diperiksa , dikasih obat penambah hormon juga. yah males deh, Soalnya dari hasil pemeriksaan itu sebenarnya saya ngga punya kelainan apa-apa, tapi tetep juga dikasih obat penambah hormon. Kan obat penambah hormon itu katanya bisa bikin berat badan nambah. Dan iya sih, BB saya jadi nambah tuh gara-gara keseringan makan obat tersebut.

Akhirnya karena ga ada hasil juga, saya stop.

Hampir setahunan , saya ngga konsul ke dokter kandungan manapun, mau istirahat dulu lah ceritanya.

Masuk usia pernikahan di tahun ketiga, ngga ada tanda-tanda kehamilan juga , mulai panik lagi. Dari rekomendasi seorang sahabat, saya pun konsul ke dokter kandungan yang paling ngehits lah di Medan. Udah terkenal banget berhasil membuat pasutri yang susah dapat momongan akhirnya berhasil.

Duh harapan udah setinggi langit. Emang sih si dokter ini terkenal muahal banget. Dan yoo bener deh, tiap kali konsul, pas giliran bayar bawaannya deg-degan, xixixi. Benar saja, gitu keluar bill, minimal banget tagihannya sekitar 1,5 jutaan. Hwaaa pengen nangis rasanya. Apalagi dulu tuh aturan perusahaan tempat saya kerja, bahwa pengobatan yang tujuannya untuk memperoleh kehamilan sama sekali tidak ditanggung, huhuhuhu.

Tapi yah namanya usaha, uang masih bisa dicari lah.

Berbulan-bulan konsul sama blio. Dari mulai treatment hormon, periksa HCG, trus ntah apa lagilah, mulai dari yang cuma disuntik sampai yang ada alat yang dimasuk-masukin ke rahim, aduh sakit maaaak. Sampai akhirnya keluarlah statement si dokter .

" Kalian tidak bisa punya keturunan, satu-satunya cara ya harus inseminasi buatan atau kalau ngga ya bayi tabung"

Duh, kayak kesamber petir dengernya.

Ni dokter kandungan benar-benar ga punya rasa empati. Ngomongnya lempeng gitu.

" Berapa persen kemungkinan berhasil dok kalau insem atau bayi tabung?" tanya saya

" Ngga besar sih, sekitar 30-40% saja"

Langsung pengen nangis dengernya.

Ngga pake lama, kami pun meninggalkan prakter si dokter. Sepanjang jalan saya diem aja, ngga mau ngomong sama suami. Hanya saat itu, suami saya langsung menguatkan saya.

" Ah ngga usah percaya sama omongan dokter itu, emangnya dia Tuhan apa, mastiin kita ga bisa punya anak, udah tenang aja dek, mas yakin kok kita bakal punya anak"

Agak tenang sih dengar perkataan suami saya, walau dalam hati tetep aja ada rasa was-was, gimana kalao beneran kami ngga bisa punya anak.

Setelah itu, kami stop lagi ke dokter-dokteran.

( Baca : Kun fa ya kun )

Menginjak usia pernikahan ke 4 tahun, saya dimutasi ke Jakarta. Dikasih tau sama kakak ipar ada dokter yang bagus di daerah Jakarta Selatan, di daerah pasar burung. Tapi kali ini bukan dokter kandungan, melainkan dokter andrologi. Namanya Dr.Nukman. Kabarnya juga udah banyak banget yang berhasil ditangani si dokter.

Dokter andrologi itu adalah dokter khusus untuk reproduksi pria, hampir sama sih dengan dokter kendungan tapi beda objek.

Saya pun segera kesana. Setelah periksa ini itu, si dokter mengatakan bahwa memang kemungkinan kami untuk memiliki anak sangat kecil, tapi jangan berputus asa, dia mau membantu dari sisi pengobatan, dan kami harus membantunya dari sisi doa.

Wah keren nih dokter. Setitik harapan kembali bangkit di hati saya. Oleh si dokter suami saya lebih disarankan ke perbaikan pola makan. Jadi disuruh makan yang bergizi dan baik untuk alat reproduksi dan kuantitas serta kualitas sperma, kayak kerang, seafood, wortel.

Mungkin karena si dokter memberi semangat pada kami, maka yang ada di kami pun rasa optimis terhadap ikhtiar kali ini.

Dua kali konsul ke si dokter, alhamdulillah di bulan keempat, saya dinyatakan positif hamil. #langsung sujud syukur.


Setelah hamil, saya kembali ke dokter kandungan. Soalnya dokter Nukman kan bukan dokter kandungan. Dan kebetulan pula saya mutasi kerja ke Medan kembali, jadi hunting lagi dokter kandungan di Medan.

Dari cerita-cerita teman kantor, saya dapat rekomendasi untuk ke dokter T,M Ikhsan, SPOg. Ya sud, segeralah ke alamar pratktek si dokter.

Pertama masuk ke ruang prakteknya, bawaan saya udah nyaman banget. Soalnya tempatnya bagus, bersih, dan ngga terlalu ramai.

Iya, saya malas kalau harus konsultasi ke dokter yang antriannya bisa bikin kita tidur. Mungkin sih jumlah pengantri similar to kualitas si dokter, tapi bagi saya itu ngga nyaman sama sekali. Kayak dulu tuh waktu saya ke dokter kandungan yang memvonis kami ngga bisa punya anak. Pasiennya ruame banget, saya ngantri dari jam 3 sore, ketemu dokternya baru jam 7 malam. Itupun sambil disambi dia meriksa pasien lain, sama sekali ngga nyaman, Jadi sekalinya konsul saya bisa setengah harian sendiri di tempat prakteknya.

Nah di dokter Ikhsan ini enak, mana dokternya ramah banget lagi. Apalagi selesai USG biasanya kita dikasih kesempatan buat nanya-nanya gitu. Namanya calon ibu baru yah, saya ngga tau apa yang harus ditanyain, oleh si dokter malah dia yang jelasin semua-mua yang harus saya tahu.

Kadang malah dengan berbaik hati blio nunjukin dasar dia ngomong itu, misalnya nunjukin sumber bukunya, biar si pasien yakin gitu. Enak deh.

Tapi, memang blio agak mahal sih yak bayarannya. But it's ok lah worthed banget dengan pelayanannya. Apalagi si dokter juga mempersilahkan kita untuk menelepon blio di luar jam praktek kalau dibutuhkan. Pernah saya lagi pusing berat, ngga tahan lagi kalau harus nunggu jam buka praktek si dokter, saya telpon aja blio, dan oleh si dokter langsung dikasih resep obat yang bisa saya konsumsi. Enak kan?

Karena si dokter terkenal sebagai dokter yang bagus tapi mahal, banyak juga yang bilang ke saya kalo blio pasti ntar ujung-ujungnya lahiran bakal ambil tindakan operasi. Wah saya sempet parno sama si dokter. Tapi alhamdulillah, ternyata itu cuma isu, lha saya nunggu pembukaan 1 sampai sempurna hampir 12 jam, si dokter sabar kok, ngga ada sama sekali nyarankan operasi. Apalagi blio malah mempermudah saya dengan menyarankan pemakaian epidural bila saya ngga tahan sakit. Intinya dia pengen buat saya nyamanlah. Oke kan?


yang paling bikin hepi, dari cerita teman-teman, kalo abis lahiran normal itu ntar kita bakal kesakitan dan bakalan takut saat mau BAB, ada perasaan takut jahitan robek gitu.

Makanya pasca melahirkan, saat mau buang air , duh saya lumayan deg-degan. Ati-ati banget, takut sakit. 

Eh ternyata ngga tuh. Biasa aja, cekit-cekit dikit lah, tapi ngga yang sampai bikin meringis-meringis. Pasca melahirkan juga pemulihan saya ngga amakan waktu lama. Puas bangetlah sama si dokter.

Makanya saat kemarin ketauan hamil yang kedua, yo wis saya ngga cari-cari dokter lain, langsung wae ke dokter Ikhsan lagi. Mudah-mudahan prosesnya lancar kayak yang pertama. 

Iya nih, udah tinggal nunggu hari. Inshaa Allah tanggal 11 Januari tahun depan, status saya sudah berubah jadi mommy dua anak, xixixi.

Nah, dari pengalaman selama ini, saya punya tips nih pilih-pilih dokter kandungan  untuk kesehatan wanita hamil yang oke :

  1. Cari rekomendasi dari teman-teman
  2. Tanyakan mereka rekomendasikan karena apa. Karena murahkah?, dokternya ramahkan?, pro kelahiran normal? atau apa
  3. Pastikan cari tahu biasanya blio pro kelahiran normal atau SC. Sesuaikan dengan keinginan kita. Jangan sampai dapat dokter yang walau kita baik-baik aja tapi maunya operasi
  4. Cari tahu juga, tempat prakteknya. Ngga ada salahnya lihat-lihat dulu. Kalau saya tempat praktek jadi alasan penting memilih dokter, karena kita bakal kesitu minimal selama 9 kali selama kehamilan
  5. Kalau biaya perobatan kita ditanggung perusahaan, pastikan juga dimana saja rumah sakit tempat dokter tersebut bertugas. Jangan sampai semuanya udah oke, ternyata si dokter ngga praktek di rumah sakit yang menjadi kerjasama dengan perusahaan kita. Bisa reimburse sih tapi pasti lebih merepotkan
  6. Jangan ke dokter kandungan yang lokasinya terlalu jauh dengan tempat tinggal kita. Soalnya ntar bete di jalan. Lagian kalau ada hal-hal mendadak lebih enak dokter yang deket rumah, cepet nyampenya.
  7. Karena saya lebih suka konsul ke tempat praktek pribadi dokter dibanding ke rumah sakit, maka carilah tempat praktek dokter yang komplit, yang sekalian ada lab nya. Jadi kalau harus periksa darah ngga perlu ke lab lain, bisa satu tempat, Menghemat waktu dan energy
  8. Ga ada salahnya, searching-searching tentang si dokter di internet, siapa tahu blio pernah terlibat mal paraktik atau masalah lain.
  9. Pastikan suami juga merasa nyaman dengan si dokter, xixixi. Soale ada juga beberapa dokter kandungan yang genit. Males lah, kalau sampai suami kita ilfil sama dokternya
Udahlah sembilan aja. Yang lain masalah cocok-cocokan sih kalau menurut saya.

Bagi mommy-mommy yang lagi hamil, selamat menikmati konsultasi ke dokter kandungan yah.

Bagi yang mau nunggu lahiran, selamat deg-degan.

Bagi yang belum hamil, semoga segera hamil dan selamat pilah pilih dokter kandungan yang pas di hati dan di kantong.

Oya. Selamat hari kartini buat perempuan-perempuan indonesah semuanyaaa. 









13 comments on "Pilih Pilih Dokter Kandungan"
  1. aku juga ngga suka periksa di RS atau klinik besar, suka antriiii lamaa. hihi

    ReplyDelete
  2. selamat hari ibu juga mba.. pilih dokter kandungan emang susah2 gampang. Dokter kandungan untuk anak pertama saya dan kedua saja beda. Karena sy merasa dokter kandungan yang pertama sekarang udah "berubah". Pas pertama kali periksa, padahal saya gak ada keluhan apa2, seperti morning sickness udah langsung dikasih resep obat penguat kandungan aja. Langsung cari dokter lain deh akhirnya untuk yang kedua ini..

    ReplyDelete
  3. Aarrggghh kakak, tengkiyu infonya, daku pas hamil kemaren sempat ada drama gitu deh dg dokter kandungan 〒_〒 susah susah gampang memang, giliran ada dokter yg recommended eh jauhnya minta ampun alamat prakteknya, hiks

    ReplyDelete
  4. disisni lumayan gampang sih cari dokter kandungan :D

    ReplyDelete
  5. Aku gak pernah milih dokter kandungan, yang penting cewek :D

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. nah soal cari info tentang si dokter ini juga penting mba tapi sering kelewat. pengalaman bantuin temen (karena saya masih single) kita nyari sampai ke riwayat pendidikannya lho

    ReplyDelete
  8. Jadi kepikiran mau posting soal momongan
    Soalnya hampir 7 tahun kosong melompong
    Terima kasih ya, sudah menginspirasi kakaa...

    ReplyDelete
  9. Cowok cewek semua oke ya mb, yg penting punya kredibilitas n yg pasti ramah soalnya bakal ketemu terus, klo dpt dokter jutek pasti aras arasen priksanya. Aku mlh masih setia pke jasa 1 dokter karena tau riwayat kesehatannya gimana..dan itu dokter cowok, tp bagi ku dan suami ga masalah

    ReplyDelete
  10. Kalau aku prefer yang cewek, soalnya lebih nyaman. Kebetulan di Bandung banyak yang dokter cewek dan ada 1 dokter yang cocok buat saya dan suami. Antrinya juga gak lama.

    ReplyDelete
  11. aku tetep kekeh klo dokter kandungan harus cwe, hihi. Risih klo cowok sih.

    ReplyDelete
  12. klo yg genit itu dokter cewek ato cowok y?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature