Air laut ( Biasanya) Asin Sendiri

Friday, November 3, 2017
Minggu ini perasaan saya kayak roller coaster banget, naik turun ngga menentu. Di awal minggu yang hepi banget dan bersemangat abis, trus tiba-tiba drop sampe level terendah.

Makanya mau update blog ya males-malesan. Sempet ada yang nanyain kok lama ngga ada tulisan baru di blog, yaitu lagi ngga semangat samsek. Tapi syukurlah sekarang perasaannya udah baikan hahaha, jadi udah stabil lagi jiwa raganya. halah.

Tapi beneran deh, kemarin itu saya yang kayak ketampol gitu, saya yang biasanya pede abis bisa langsung jadi pesimis, karena dikomentarin oleh orang luar hahahaha. Benarlah kata pepatah bahwa yang nilai diri kita itu ya bukan diri sendiri. Kadang kita merasa bahwa apa yang kita pikirkan udah paling benar, kita validasi ke orang-orang sekitar ya pendapatnya sama, gitu nanya ke orang di luar circle kita baru deh kelihatan kelemahan-kelemahannya.

Karena memang orang luar itu melihat dan menilai tanpa tendensi dan tanpa pengaruh latar belakang kita samsek, sedangkan kalau orang-orang circle kita terkadang penilaiannya ngga murni, udah terkontaminasi oleh diri mereka sendiri.

Kayak misal sesama penggemar kopi, disuruh tanya kopi apa yang paling enak, mungkin jawabannya akan seragam. Tapi kalau pertanyaannya diajukan ke para penggemar teh mungkin jawabannya bisa banget berbeda.

Kemarin itu saya menyadari banget bahwa, memang ada kalanya kita itu perlu orang luar untuk menilai diri kita sendiri. yaiyalah ya semua orang juga past

Jadi ceritanya dua bulanan lalu, kantor saya mengadakan event tahunan berupa lomba semacam karya tulis yang isinya mencari ide-ide baru dari pekerjanya yang bisa diaplikasikan di perusahaan. Dasar memang hobi nulis, saya hepi banget dong yah pas tau ada lomba-lomba beginian di kantor, berasa nemu wadah dan tantangan baru. Soalnya walau sempat jadi banci lomba jaman dulu di dunia blogging, sekarang mah saya udah mulai jenuh. Bukan jenuh ikut lombanya tapi jenuh kalah mulu hahahaha. Abis blogger sekarang kalau ikutan lomba gila-gilaan totalitasnya. Kutak sanggup menyamai usaha mereka yang poll abis.

Tahun lalu, saya juga ikutan lomba serupa di kantor dan alhamdulillah ya rezeki anak solehah, saya nyangkut jadi salah satu pemenang. hadiahnya ngga gede-gede amat sih, tapi melihat nama sendiri beserta tulisan kita beredar di majalah perusahaan itu rasanya sesuatu banget.

Nah tahun ini, lombanya lebih kece dengan hadiah yang lebih menggiurkan. Bayangin aja, masa hadiahnya jalan-jalan ke Eropa plus hadiah puluhan juta. Siapa coba yang ngga mupeng. 

Tapi, sebenernya niat awal saya ikutan tuh bukan karena hadiah sih, tapi karena saya beneran punya banyak ide di kepala yang rasanya gemes banget pengen saya sampein ke manajemen. Nah klop banget kan jadinya.

Jadilah setelah seperti biasa yah nunda-nunda terus ngirim tulisannya, akhirnya mefet deadline H-1 saya mengirimkan ide inovasi yang menurut pendapat pribadi udah oke oce bangetlah buat perusahaan , wahahahaha. Memang yah neng, air laut dimana-mana asin sendiri.

Ide saya tuh sederhana banget tapi beneran sesuatu yang baru dan kalau beneran diaplikasikan sepertinya bakal kerenlah hasilnya (menurut saya lagi lho).

Singkat cerita, saya menang di tingkat unit kerja. Kemudian masuk seleksi regional, eh menang lagi juara satu. Jadinya ide saya itu mewakili Kanwil Medan untuk tanding di tingkat nasional. Wow, hepi banget. Dan akhirnya dari 1675 ide se Indonesia yang masuk, saya lolos ke tahap final bersama 20 peserta lain, uwooooo.

Awalnya tuh saya yang pede bangetlah sama ide saya ini. Tapi untuk memantapkan diri, saya sharing dulu ke bagian-bagian yang terkait di Kantor Pusat. Karena bagaimanapun yang namanya ide walau ini levelnya lomba tapi kan tetep harus sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang sudah ada. Dan ternyata beberapa bagian yang saya minta pendapatnya bilang ide saya okelah, bisa banget dipalikasikan dan pasti jadi terobosan baru lalalalala.

Tibalah saat penjurian.

Jurinya itu ada 4 orang. 3 orang Kepala Divisi BRI, dan satu orang itu dari eksternal. Tebak siapa coba juri eksternal tersebut?

Yup Co Head Tokopedia. Bagooooos

Belum-belum pas tau kalau ada orang Toped yang jadi juri saya udah belingsatan, hahaha, langsung berasa atmosfer penjurian jadi ngga kayak lagi di BRI tapi ya berasa penjurian lomba blog gitu, soalnya Tokopedia kan udah ikrib banget ya dengan para blogger jadi yaaa gitulah, langsung kecaperan deh saya.

Saatnya saya presentasi.

Dikasih waktu 1 jam buat presentasi. Selama 40 menit saya jelasin point-point di ide saya, selama itu pula 3 Kadiv dari BRI bergantian bertanya hal-hal terkait mitigasi risiko, regulasinya, dan point-point yang kiranya harus menjadi perhatian. Presentasi berjalan lancar, sampai akhirnya slide demi silde selesai saya tayangkan.

Selama saya ngomong, mas-mas juri dari Toped yang sibuk gitu ngetik-ngetik di laptop macbooknya. Ngga nanya sama sekali.

Setelah saya akhiri sesi presentasi, akhirnya blio ngajuin pertanyaan pamungkas, yang meruntuhkan segala hal yang berbusa-busa saya jabarin tadi. Makjleb saya langsung diem. Diem yang langsung terhenyak gitu. " Oiya yah kok ngga kepikiran sih".

Duh saya ngga bisa ceritain detailnya. Intinya saat itu saya sebel bangetlah. Yang tadinya udah semangat berapi-api langsung drop merasa jadi butiran debu gitu.

Keluar ruangan presentasi langsung kepo nyari tau si juri tadi. Dan helooow ternyata CVnya doi memang keren abis. Head Co Tokopedia, pernah kerja di Rakuten, lulusan MBA Harvard, lalalalala. Oke, saya nyerah hahahahha. Yang tadinya sebel banget jadi minder. Yang tadinya masih defensif merasa " Ah elu aja yang ngga ngerti apa yang gw maksud " sekarang ganti jadi " yah wajarlah dia ngomong gitu, emang pengalaman dan ilmu dia jauh banget di atas gw "

Dan akhirnya malah meratapi diri. Duh kok ada ya orang yang keren banget kayak dia.

Tapi saya bersyukur banget bisa ketemu sama juri super yahud begitu. Jadi kebuka mata saya, bahwa saya harus banyak banget belajar lagi. Dan akhirnya ya saya sadari banget, makalah saya banyak banget kekurangan di sana sini. Okelah bakal jadi pengalaman untuk diperbaiki ke depan.

Pengumuman lombanya belum ada sih, tapi saya udah ngga ngarep samsek, hahaha. Ya udahlah ya ngapain juga fokus disitu terus. Sekarang mau ngerencanain liburan bareng sohib saya ajah, hahahaha








11 comments on "Air laut ( Biasanya) Asin Sendiri"
  1. akhirnya ada post yang baru berasa seger banget bacanya, saya selalu menunggu2 tulisannya mba Windi, karena yaitu mba Windi tipe kepribadiannya agak2 mirip sm saya, heheh, dan semangat serta percaya diri nya mba itu yg bikin saya semangat juga, tapi mba Windi malah ngerasa abis nge down gitu, jangan pesimis mba, tetep semangat ya, pengumuman lombanya juga kan belum ada, saya do'ain biar mba win yang menang, amiiinn, biasanya saya gak pernah ninggalin jejak, ini untuk pertama x nya saya komen saking kangennya sm tulisan mba win,

    ReplyDelete
  2. akhirnya mbak windi posting lagi,, sudah ku tunggu, wl kdg kita gak terima di kritik orang, tapi kalo kita mikirnya positif untuk kritik itu, sebenarnya malah membangun kita untuk jadi lebih baik lagi yah mbak.. thanks buat sharingnya mbak

    ReplyDelete
  3. Aku penasaran dengan apa yang doi omongin Mbak.. hehe. Ikut deg-degan nunggu pengumuman :)

    ReplyDelete
  4. Akhirnya mbak.. ditungguin tulisannya..

    Moga menang mbak, meskipun ga menang tetep ada pengalaman berharga ya :)

    ReplyDelete
  5. semoga menang mba windi, yang penting usahanya maksimal :D

    ReplyDelete
  6. Mbak, itu abang Toped-nya suaminya Mesty Ariotedjo kan ya? huooooo...oke bisa dipahami kalau bikin merasa kayak butiran debu. :)

    ReplyDelete
  7. Kenal pertama kali mak windi dari info.pemenang lomba aqua..

    Ini orang menang ya.. Oke kepoin blognya..

    Manggut²,,pantas menang lahwong memang tulisannya epik sih..

    Sampe sekaranh masih favorit dan jadi kiblat buat ngeblog...

    Betapa beruntungnya sih mak win, kerjaan udah settle dan blogging juga lancar, anak²nya bahagia (lihat dr IG loh ya) 😁 si suami juga mapan.. Kayak mau bilang.. Betapa beruntungnya dirimu mak win..😘😘😘

    Semoga hasil.yg terbaik untuk kontesnya.. 😘

    ReplyDelete
  8. Sampe ini tayang belum juga diumumin, Win? Kalau belum kakak doain menanglah ya....
    Tapi udah ngalahin ribuan orang itu ya sesuatu juga ko

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah mba, dan ternyata menang hahahah alhamdulillah :)

      Delete
  9. I recommend you to navigate over here to examine the argumentative essay guidance.

    ReplyDelete
  10. Online education writing services companies have come up with Online Education Assignment Help for education and teaching studies students in order for them to score straight A’s in their custom education research paper services.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature