Tanggal Tua Masih Merana?. Segeralah Bertobat Kawan

Tuesday, May 24, 2016
Berbahagialah orang yang masih bisa mengeluh saat tanggal tua


Lho kok?

Iyalah, berarti minimal dia pernah merasakan tanggal muda, alias masih ada penghasilan yang bisa diharapkan. 

Samalah kayak orang yang mengeluh kalau makan dimsum di pinggir jalan kagak enak, lha karena dia udah pernah makan dimsumnya Nelayan, jauuuuh rek jauuuh.

Jadi, tanggal tua itu patut disyukuri.

***

Bulir-bulir keringat membasahi dahi saya. Dua orang lagi, tiba giliran saya untuk mengetahui nasib hari ini dan setidaknya beberapa hari ke depan. Kotak kecil bermonitor di depan akan menjelasakan segalanya. 

Akankah ia membuat saya pulang dengan senyuman atau malah menambah kegalauan. 

Saldo anda Rp 10.650

Ya Allah..... ternyata mamak belum mengirim juga. Dan saldo segitu ngga bisa ditarik dari ATM. Dengan lunglai saya kembali ke kos, dengan tangan kosong. Pengen nangis, tapi tahu kalo nangis ngga guna juga. Pengen marah sama ortu, tapi tahu, belum dikirim artinya ya belum ada, bukan karena lupa atau ngga sempat.


Kisah itu bukan dongeng pengantar tidur, tapi nyata dan pernah saya alami. Jaman masih kuliah beberapa dekade lalu.

Iyaaaa, saya ini dulu mahasiswi kere. 

Gimana ngga, waktu itu memang kondisi ekonomi keluarga saya lagi luka parahlah, dimana saya, abang, dan adik saya kuliah di waktu yang bersamaan, plus ibu saya juga kuliah, sementara ayah saya baru saja resign dari pekerjaannya yang lama dan jobless selama beberapa waktu.

Lho, anak lagi butuh biaya kok malah resign?

Yah, masalah kliselah, ayah saya emang hobi gonta-ganti kerjaan.

Jadi dulu pas kuliah, bagi saya semua tanggal sama tuanya. Alias setiap hari saya mesti berhemat, ngga cuma pas tanggal tua doang.

Let me explain.

Saya sebulan hanya dikasih uang Rp 350 ribu sama ortu saya. 

Yup, kamu ngga salah baca, cuma Rp 350 ribu doang, untuk mahasiswi yang tinggal beribu kilometer jauhnya dari orangtua. Saya kuliah di Undip Semarang, sementara orangtua saya tinggal di Medan. Jadi kalau saya kehabisan duit ngga ada opsi pulang ke haribaan ayah dan bunda. 

Semua harus bisa diatasi sendiri

Tiga ratus lima puluh ribu itu udah untuk makan, ongkos, biaya fotocopy, internet, sabun, shampoo dan kawan-kawannya. Pusing ngga lo ngaturnya.

Kiriman dari mamak saya itu memang tidak menentu kapan datangnya. Ya seadanya uang mereka. Kadang dikirim tanggal 1, bulan depannya tanggal 10, bulan depannya lagi, tanggal 15. Loopnya itu ngga 30 hari, kadang 35 hari, malah tak jarang sampai menembus hitungan 40 hari.

Bayangkan... bayangkan...

Kalau membayangkannya saja kalian susah, bagaimanalah lagi saya yang menjalaninya.

Namun, I SURVIVED..... Wohooooooooooo.,


Bangga banget sama diri sendiri, walau kondisi terbatas, uang pas-pasan, tapi tetep yah saya bisa menjalani hari-hari selama kuliah 4 tahun di Semarang dengan selamat. Banyak sedihnya, tapi hepinya juga banyak.

Saya ngga sampe ngga makan kok, ngga sampe ke kondangan orang ngga dikenal juga sih. Palingan yang paling sedih sempet makan nasi basi aja, hiks, ya ampuuun sedih amat sih guweh di jaman kuliahan.

Jadi, dulu sempetlah yang sampai duit tinggal 20 ribu perak, tapi kiriman belum datang juga. Bolak-balik ke ATM, belum ada juga transferan dari ortu. Dasar saya kan orangnya gengsian ya, mana mungkin pinjam ke teman, jadi putar otaklah, biar bisa bertahan minimal dua hari ke depan.

Saat itu seporsi nasi goreng harganya Rp 3000. Jadi biar uangnya cukup selama beberapa hari, malamnya saya beli nasi goreng sebungkus. Nyampe kos langsung saya bagi dua tuh nasgor. Niatnya separuh buat makan malam, separuh buat sarapan besoknya, lumayan kan bisa irit.

Besok paginya saat mau sarapan, eh ternyata nasgornya basi. Yang ada itu nyeseeeek banget dalam hati. Ya Allah, tau gitu saya makan aja tadi malam semuanya, daripada basi gini. Tapi karena memang lagi sasek bedangkek, saya makan juga tuh nasgor yang agak-agak asem gimanaaa gitu. Huhuhuhu sedih banget deh.



Saat-saat kritis seperti itu, saya beli nasi memang rapelan. Beli nasi bungkus makan siang, langsung bagi dua untuk malam, besoknya sarapan juga gitu, langsung bagi dua buat makan siang, gitu terus, sampai kiriman emak masuk ke rekening.

Karena ketidakpastian yang pasti itu, saya sampai harus buat tabel pengeluaran lho selama sebulan.

Jadi, saya buat tabel seperti kalender. Ada 7 baris yang mewakili hari, Senin sampai Minggu, plus kolom untuk mewakili makan pagi, siang, malam, dan kebutuhan lain-lain.

Karena jatah bulanan cuma 350 ribu, jadi saya langsung bagi. Begini alokasi pengeluaran saya saat itu:

Beli sabun, shampoo, detergen, mie instan,teh,gula : Rp 50.000

Berarti sisa uang tinggal Rp 300.000,-. Tiga ratus ribu harus pas untuk 30 hari. Untuk makan dan kebutuhan lain. Artinya maksimal pengeluaran sehari adalah Rp 10.000, ngga boleh lebih dari itu kalau ngga mau hidup terancam.

Biar cukup anggarannya, maka saya buat tabel ala kalender gitu per minggu, jadi tiap bulan saya punya 4 lembar tabel pengeluaran.  Kayak gini nih dulu tabel pengeluaran saya

Pokoknya sehari maksimal 10 ribu. Kalau hari ini lebih dari sepuluh ribu, berarti besoknya harus ada pos yang dikurangi. Kalau hari ini kurang dari sepuluh ribu berarti ada tabungan sejumlah lebihnya. Di akhir minggu, saya dapat total lebih atau kurangnya.

Kalau ada lebihnya, diapain? Ditabungkah?

Wahahahaha boro-boro mikirin tabungan. Pokoke gitu ada lebih dalam seminggu, itu artinya bisa makan enak di malam senin atau malam minggu bareng sohib saya Fati. Plis atulah mengerti, selama seminggu saya makan diirit-irit, makanya gitu ada lebihan, konversinya langsung ke makan enaaaak.

Makan enak versi saya dulu, sebagai warga Tembalang, adalah makan steak ala-ala, Mama Mia yang ada di Samping Tol Tembalang itu seharga Rp 5000 seporsi atau makan di Tenda Biru, yaitu ayam goreng yang seporsinya Rp 7000. Waaah itu udah surga bangetlah.

Jadi demi makan enak setiap malam minggu bareng sohib, saya usahain banget setiap minggu punya kelebihan uang dari financial planning yang njelimet ituuuuh.

And yes, saya sukses menjalankannya.


Berarti, saya ngga pernah beli baju?, Ngga pernah jalan-jalan?, ngga pernah ke mall?

Wah jangan salah.

Kata ortu saya, kita boleh miskin harta, tapi jangan miskin ide, ahsek. 


Yoi cuuy, selalu ada kesempatan di setiap kesempitan. Setidaknya itulah yang saya alami dulu.

Sadar diri uang kiriman ortu pas-pasan, saya menjalankan ilmu ekonomi paling jadul sejagad raya. 

“ Jika tidak bisa lagi mengurangi pengeluaranmu, maka tambahlah penghasilanmu”, yang ternyata sekarang itu jadi quote yang selalu disampaikan oleh om Safir Senduk, mastah dalam hal Financial Planner abad ini.

Beuuugh Safir Senduk mah Cuma teori, kalau saya sudah praktik dari jaman kapan tau.

Bagaimana menambah penghasilan ala mahasiswa kere kayak saya ini?

Jualan?

Ngga punya modal brooo

Ngamen?

Ngomong aja saya cempreng apalagi nyanyi

Ngerjain tugas kawan trus minta bayaran?

Pengennya gitu, tapi selain kiriman pas-pasan, ternyata IP saya juga pas-pasan #malu.

Lhaa jadi gimana dong?

Ini saya kasih rahasianya, nambah penghasilan ala mahasiwa kere, yang sama sekali tanpa modal.

1.      Ikut Kuis di Radio

Wahai para mahasiswa sejagad Indonesia raya. Saya kasih tahu, jika ada benda yang wajib kalian miliki di kos selain komputer dan hape, maka radio adalah yang wajib kalian miliki. Eh tapi sekrang mah hape udah bisa jadi radio yah. disesuaikanlah, kalo sekarang berarti minimal kamu punya hape yang bisa buat dengerin radio dan bisa sosmedan.

Oke, kita ceritanya kan jaman dulu ya, tahun 2000 an saat saya kuliah. Jadi, pas saya ulangtahun ditawarin mau dikasih kado sama abang saya yang udah kerja. Tanpa pikir panjang saya langsung minta beliin radio. Kenapa?, karena radio bisa mendatangkan uang tambahan.

Jadi, saat itu di radio, saya inget banget siaran yang setiap hari saya dengerin itu adalah Prambors. Karena di Prambors hampir pasti tiap sesi siaran ada kuisnya. Duh masih ingetlah itu penyiarnya si Narita dan Cesar. Tauk dah sekarang mereka jadi apa.

Jadi, gitu bangun pagi, saya langsung dengerin Prambors, siang pulang kuliah langsung on di depan radio. Malam pun sambil liyer-liyer atau sambil ngerjain tugas tetap dengerin radio. Biasanya kuisnya macem-macem dengan hadiah yang macem-macem pula.

Tapi, cara jawab kuisnya harus SMS ke nomor yang diberi mereka. Padahal saat itu saya ngga punya hape.

Nah disinilah perlu sedikit jurus baik-baikin teman. Iya karena saya ngga punya hape, jadi setiap kuis saya pinjem hape teman kos buat kirim sms. SMSnya saya bayar lho, 500 perak satu SMS, saat itu harga satu SMS Rp 350. Jadi saya ngasih keuntungan juga buat teman yang saya pinjem SMS-nya. Inget yah sesama anak kos, gratisan adalah hal yang tabu, jadi biar hanya SMS , tetep kudu bayar sama teman, karena teman kita kan punya keperluan juga, jangan mau enak sendiri ya bro sis.

Tak kurang dari kaos, voucher makan di KFC, aneka produk mulai dari shampoo, sabun, minuman kaleng, pasta gigi, CD lagu, sampai uang tunai saya dapat dari hasil ikutan kuis di radio. 


Ternyata bakat berburu gratisan di darah saya memang sudah mengalir dari dahulu kala, wahahaha.

Benar-benar lahan potensial banget tuh kuis radio. Di Jaman itu, saya pernah memenangkan kuis berhadiah duit Rp 400 ribu. Bayangkan, itu lebih gede lho dari uang bulanan saya. Makanya saya bisa tetap survive walau kiriman ortu mefet banget.

2.      Jalin Silaturahmi

Sadar jauh dari ortu, saya mulai nyari sodara di Semarang. And thanks to Allah, ternyata di Semarang ada mantan murid mamak saya yang tinggalnya ga jauh dari kosan, namanya kak Firsa. 

Awalnya karena memang disuruh mamak ke rumah muridnya itu yang notabene satu kampung dengan rumah kami di Sumut. Seterusnya ya udah, kalau seapes-apesnya lagi ngga punya duit, saya tinggal melipir kesana, lumayan lepas makan sehari. Malah kadang, kak Firsa itu, ga ada angin ga ada hujan, datang ke kos bawa berenteng rantang yang isinya udah 4 sehat 5 sempurna lah.

Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan.

Saya percaya banget, kalau silaturahmi itu membuka pintu rezeki. Trust Me.

3.      Kerja Sampingan

Percuma dong kuliah di Universitas negeri, tapi ga bisa cari duit tambahan.

Walau otak pas-pasan, tapi kalau disuruh ngajar anak SD dan SMP, saya mah masih berani lah. Jadi saya mulai melamar ke kursus-kursus private untuk jadi mentor. Jangan dikira jadi mentor itu gampang yah. Saingannya ajegile juga. Lhaa semua mahasiswa punya pikiran kayak saya sih, jadi semua pada ngelamar jadi mentor juga. Dan sialnya yang paling gampang diterima itu adalah yang punya motor sendiri. Beuugh boro-boro punya motor, bisa naik angkot aja sukur (kadang saya jalan kaki lho ke kampus).

Tapi rezeki Allah maha luas, dapat juga saya tawaran jadi mentor. Gajinya ngga gede, Cuma Rp 8 ribu sekali pertemuan. Potong ongkos PP, dapetlah Rp 6000 sekali ngajar.Sebulan ada 8 kali tatap muka. Saat itu saya pegang dua murid, berarti sebulan bisa dapatlah Rp 96.000.
Lumayan kaaaan.

Kuncinya jadi mentor Cuma satu, jadi sohib murid yang diajar, biar dianya hepi kita mentorin, karena kalau dia ga suka sama kita, dengan mudah kita diganti. Alhamdulillah ya si anak yang saya mentorin dua-duanya, rangkingnya meroket tajam sejak saya temani belajar. Yang satu dari rangking 30-an nembus ke rangking 10. Ortu si anak sampe ngucapin makasih terus sama saya. Imbasnya dapet tambahan dikit honornya. 


Sampe saya mau tamat si adek murid saya itu ngambek ngga mau diajar mentor lain, duh.

4.      Cari Beasiswa

Ya iyalah, darimana lagi sih dapat tambahan uang selain dari beasiswa. Pas ada buka lowongan beasiswa, cepet-cepet saya daftar. Ahamdulillah lolos. Ngga gede sih, Cuma Rp 60 ribu sebulan kalo ga salah inget. Tapi beasiswa ini ga pernah saya pakai buat biaya hidup. Udah cukup dari 3 sumber penghasilan di atas tadi. Maka si beasiswa ini, saya simpan tiap bulan, soalnya saya kepengen banget punya komputer.

Kenapa?


Karena tiap ngerjain tugas, saya harus ke rental komputer, padahal terkadang sempetnya ngerjain tugas pas malam hari. Kan takut malam-malam ke rental. Trus kedua, ya karena gengsian tadi. Saat ada tugas mendesak, kadang dengan terpaksa harus pinjam sama teman kos. Duuuh yang namanya minjam itu ngga enak banget. Apalagi kalau disket ( astagaa dulu masih jaman disket floppy A) yang saya pakai bervirus karena sebelumnya ngerjain di rental, aduuuh ngga enak hati banget kalau komputer yang kita pinjemin tertular virusnya, sampai nge-hang pulak. Malu dan sungkan sama teman. Terkadang persahabatan pun bisa terancam.

Makanya kekeuh banget dulu pengen punya komputer. Hasil nabung berbulan-bulan dari beasiswa akhirnya bisa juga beli komputer bekas, harganya 800 ribu rupiah, pentium 1.



Hepinya luar biasa. Alokasi dana buat rental hilaaang, yeaaay. Plus bisa nonton aneka film dari nyewa DVD. Aku bahagiaaaa.

Eh pas saya tamat, emak saya kan datang, menghadiri wisuda sekalian jemput saya pulang. Blio kaget banget saat tahu saya punya komputer. Ya iyalah gimana ngga kaget, dikasih duit pas-pasan cenderung kurang kok masih bisa nyisihin duit buat beli komputer, mungkin itu pikiran emak saya. Belum tau dia, kalau anaknya ini tahan banting plus sudah teruji bisa bertahan hidup dalam kondisi gimana pun.

5.      Jangan Takut Berbagi

Nah ini tips pamungkas.

Udah tahu kita susah, jangan neko-neko menjalani hidup, jangan banyak mau plus jangan takut berbagi kepada sesama.

Apa pulak ini, gimana mau berbagi kalau kita sendiri kekurangan?

Yeee, makanya jangan rumus integral aja yang dipelajari. Pahami juga rumus bagi-bagi sederhana.

1/1      = 1
Saat kau memberi satu, dan berharap satu, maka kau akan dapat satu

1/2      = ½
Saat kau memberi 1 tapi berharap dapat 2, maka yang kau dapat hanya setengah.

1/0      = ∞
Tapi, saat kau memberi satu, dan tak berharap apapun, maka yang kau dapat adalah tak terhingga.

Yup, karena saat kita memberi maka Allah bakal menggantinya 7 kali lipatnya sodara-sodara.

Apa yang saya berikan ke orang?

Hmmm, ga banyak sih. Saya cuma memberi sedikit waktu yang saya punya buat ngajar gratis anak-anak sekitaran musola kampus.

Karena saya sadar saya punya telenta dalam mendongeng berdasar segudang bacaan yang memang menjadi hobi saya, maka saya membagi apa yang miliki itu ke mereka. Ngga perlu modal sama sekali, cuma perlu meluangkan waktu sedikit saja.

Walau ga sering, tapi saya suka juga nraktir temen yang lebih susah dari saya. Tapi saya ngga bilang ditraktir sih, biasanya seolah-olah sekalian bayarin gitu pas di kantin. Ngga mahal-mahal, paling gorengan doang.

Kalau dapat kiriman makanan dari ortu, ga lupa dibagi-bagi sama temen sekosan. Termasuk tadi itu, kalau dapat kiriman makanan dari murid emak saya yang tinggal di dekat kos, rame-ramelah sekosan ikut makan.

Walau kere, saya ikutan jadi donatur apaaa gitu dulu, semacam donatur untuk membantu anak-anak kurang mampu di sekitaran kampus. Ngga banyak, Rp 6000 doang sebulan.

Sepertinya memang rumusnya berlaku untuk saya. Jadi semakin banyak memberi tanpa berharap apa-apa, malah semakin banyak yang saya terima.

Jadi, itulah cerita tanggal tua saya yang selalu mengintai setiap hari sepanjang bulan, namun berhasil saya taklukkan dengan gagah berani.




Jadi, kalau kamu nih mahasiswa atau anak kos yang sekarang kere dan sering diintai hantu tanggal tua kayak si Budi ini.




Segeralah bertobat. Ikuti jejak Budi.

Karena tanggal tua bukan momok yang menakutkan, asal kita tahu cara menghadapinya.

Rumusnya Cuma ini nih :


  1. Sadari kondisi diri, ekonomi maksudnya cuy
  2. Berdamai dengan keadaan,ngga perlu merasa minder atau malu
  3. Boleh miskin harta tapi jangan sampai miskin ide, be creative
  4. Berbagi.... berbagi.. berbagi...

Khusus be creative tadi, bisa banget kamu siasati dengan selalu belanja dikala diskon. Karena diskon itu diciptakan bukan untuk orang kere tapi untuk orang yang selalu melihat kesempatan di saat kesempitan. Cari diskonan berbagai kebutuhan di mataharimall, salah satu bentuk be creative dalam melihat kesempatan dalam kesempitan.

So, masih takut nih sama tanggal tua?

Ngga lagi lah Yaaaaw


24 comments on "Tanggal Tua Masih Merana?. Segeralah Bertobat Kawan"
  1. Wiih kisahnya penuh perjuangan ya, kisah zaman aku kuliah juga penuh prihatin hihi, sukses ya Mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaa. dulu susah bgt dah kyknya dirikuuuh xixixi

      Delete
    2. iya mbaaa. dulu susah bgt dah kyknya dirikuuuh xixixi

      Delete
  2. Kak Win, kisahnya asem-asem maniss. hihi
    ya ampuun, zaman dulu itu uang seribuan dah bisa buat mamam ya. Zaman aku (10 tahun kemudian) udah 10ribuan aja. Pufufufu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa 1000 malah bisa dapat seporsi soto mie. kalo 1200 itu pake tempe sama sayur doang hahahaha. 1500 udah pake telor

      Delete
  3. Loh mbak Windi anak Undip? wah deket dong sama rumahku hihi. Itu dulu beneran nasgor cuma 3 ribu? Sekarang daerah tembalang nasgor diatas 10 ribu semua :'((

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya diko. aku di tembalang. nasgor langganan itu yg di ngesrep nasgor pak hadi,enyak bangeeeet.kmtn pas mudik aku ke semarag, eh udah 15 ribuan harganya hahahahs

      Delete
  4. Kak Windi..aku padamu..tips nya keren semua, euy!
    dulu pernah ikut kuis di radio juga.,.lumayan dapat tiket bioskop :D
    uhm, dulu kuliah di FE kah?
    dari dulu super teliti masalah keuangan ya..makanya kerja di bank...
    salut deh..moga menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tekiiim. tp jiwa medit udah dr dulu emang xixixix. iya kuis radio itu ajib bgt deh. hadiahnya lumayan utk anak kos

      Delete
    2. aku tekiiim. tp jiwa medit udah dr dulu emang xixixix. iya kuis radio itu ajib bgt deh. hadiahnya lumayan utk anak kos

      Delete
    3. tekim itu teknik informatika? atau teknik kimia?

      Delete
  5. Perjuangan yang berbuah manis kaan? Insya Allah yaa. Tapi tentang jualan, saya masih suka jiper deh. Banyak gengsi. Padahal gengsi bisa menghambat rezeki yaa *nahtuudahtau ;p*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, jangan gengsian, kan halal mba, ngapain gengsi

      Delete
  6. Tanggal tua gak usah merana lagi, kan ada promo tanggal tua surprise dari mataharimall.com, diskonya amep 80%

    ReplyDelete
  7. top...ternyata aku pun tak sendirian...merana jaman kuliah...tapi alhamdulillah lewat juga yahhaha..

    ReplyDelete
  8. Salam kenal Windi.Saya taunya dr blognya Gesi..Salut baca critanya.Ng terpikir bisa bertahan dgn uang cuma segitu.Kebetulan semasa kuliah ng sampai mengalami segitunya.Tinggal sama famili waktu itu.Paling sadar diri dengan bantu2 mereka kerja.Senang bisa baca yang positif begini...😀😄 Apalagi yg bertema uang 😆 sehingga smoga bisa diaplikasikan walau godaan banyak kala belanja 😂

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature