Tentang Suami Selingkuh dan Istri Yang Minta Dimengerti

Monday, May 2, 2016
Belakangan lagi heboh meme-meme dear mantan dear mantan. Aaaah kayaknya gara-gara AADC nih, jadi pada mau dear-dear-an sama mantannya. Udah mantan ngapain jugaaa di dear-dear in.

Tapi karena jamaah fesbuk saya isinya banyakan emak-emaknya, dear mantan itu kalah sama postingan tentang dear suami yang banyak di share oleh emak-emak.

Betewe ini postingan barengan saya, Icha, Mak Isti, dan Mak Injul.

Iya, itu lho postingan seorang ibu yang resah saat mendengar suaminya bercerita kalau kenalan mereka bercerai karena si suami kepincut gadis 26 tahun. Karena kegelisahannya si ibu lalu nulis dear-dear-an kepada semua makhluk bumi bernama suami. Ini nih isinya, saya copy disini.


Dear makhluk di bumi yang bernamakan suami… 
Tolong, jangan pernah membandingkan istrimu dengan sesosok perempuan muda.  Ini sangat tidak apple to apple, sangat tidak adil. 
Kuku perempuan muda itu lentik terawat, kami, para istri, ibu dari anak-anak, tak mungkin meruncing-runcingkan kuku, karena itu menyulitkan saat menyikat kamar mandi agar lantai tak licin biar anak anak tidak jatuh. Kuku runcing menyulitkan kami membersihkan sudut-sudut bawah kompor, pojok pojok kulkas dan wastafel, agar rumah selalu bersih dan sehat. 
Jangan bandingkan dada istrimu dengan dada perempuan muda  yang indah tegak menantang dunia. Tataplah anak-anakmu yang lincah berlarian, cerdas berbinar-binar, itu karena dada istrimu pernah bertahun mengalirkan ASI, nutrisi terbaik kepada mereka, jadi wajar lah yaa kalo dada ini rada-rada mengendur sedikit, udah sihhh, santai ajaaaa.
Perempuan muda itu wangi berparfum Romance-Ralph Lauren.

Sementara, Punggung  istrimu  yang pegal karena menyetrika, pundaknya yg sakit karena menggendong ananda, tak cocok di semprot parfum mahal, lebih pas di tempelin koyo, minyak gosok  cap kapak atau minyak tawon oleh oleh dari Makassar. *makasih oleh oleh minyak makassarnya ya jeng Sri Rahmawati Muslimin aku masih pakai sampai sekarang, sukaaaa. 
Bibir perempuan muda itu merekah, dengan warna lipstick yang serasi dengan blazer dan syal yang melilit leher putihnya. 
Istrimu, hanya punya satu warna lipstick saja, maka jangan heran, saat kondangan bergaun orange, lipstick yang dipake berwarna merah jambu. Hanya itu yang istrimu punya. 
Pernah terbersit untuk mengoleksi aneka warna, tapi melirik harganya,  dua ratus ribu untuk sebatang lipstick, otak dan hati kami berhitung. Dua ratus ribu??? Hellloowww… kalo dibelikan ke garam dapur atau bawang merah, dua ratus ribu itu bisa lhoo untuk stok lima belas bulan. Hiks. Begitulah. 
Mata perempuan muda itu sedemikian indah, dengan hiasan eyeliner yang rapi, eye shadow yang serasi, dan alis yang melengkung sempurna. 
Sementara istrimu? Saat kikuk menggunakan eyeliner, anakmu berteriak minta dicebokin. Eyeliner baru selesai sebelah mata, sehingga wajahnya menjadi rada-rada serem untuk diceritakan, hiks. 
Istrimu harus pasrah melihat pensil alisnya dipakai untuk melukis di dinding oleh anak anakmu, dan diantara hati yang berantakan melihat pensil alisnya patah, diapun harus memuji lukisan ‘ini mama’ anak-anakmu. “wahh… anak mama hebat, itu wajah mama ya yang dilukis? Cantik banget, semoga kamu jadi pelukis hebat ya, nak” doa kami, padahal sungguh, lukisan ‘ini mama’ itu mirip sekali dengan shadako, hantu perempuan di film jepang yang terkenal itu lhooo, hiks. 
perempuan muda itu kinclong, bersih, bening . wajah istrimu mulai ada flek, kantong mata, dan kerutan halus, Kenapa? Kerutan muncul karena saat anak-anakmu ulangan, istrimu pun ikut belajar apa perbedaan gempa tektonik dengan gempa vulkanik, menghafal bahwa fi di rumus luas lingkaran senilai dengan tiga koma empat belas atau dua puluh dua per tujuh, rumit. 
Rambut perempuan muda itu berombak rapi, khas gadis metropolitan yang keluar masuk salon. 
Rambut istrimu mulai berganti warna. Kenapa?  Karena kepala istrimu selalu dipakai untuk berpikir, mengolah uang belanja darimu yang tak seberapa, jarinya, pikirannya, hatinya, harus bisa membagi agar semua tercukupi, mendahulukan kepentinganmu, kepentingan anak-anakmu, dan nyaris tak ada sisa, lalu bagaimana bisa dia leluasa ke salon? Salon nggak gratis kan yaa? Belum lagi kalo nggak ngasih tips ke si mbak salon, kedepan-depannya nggak dilayani ramah, ya kan yaaa?? 
Lingkar pinggang perempuan muda itu begitu ramping. 
Kumpulkanlah lima puluh ibu usia tiga puluh sampai empat puluh tahun yang sudah melahirkan, hanya bisa dihitung jari yg lingkar pinggangnya sama dengan ketika masih gadis dulu. Kebanyakan, lingkar pinggang menjadi dua kali lipat dari ukuran dulu. Kenapa? Karena mengandung anak-anakmu telah memelarkan usus kami, selain itu, para istri pun sangat menghargai makanan yang dibeli dari uang belanjamu, tak boleh ada yang terbuang, semua sisa di masukkan ke perut, kan membuang makanan itu mubazir, dosa juga kann? 
Perempuan muda itu lemah manja bertutur kata. 
Istrimu, cerewet mengulang-ulang  mengajarkan bacaan sholat dan doa-doa pada anak-anakmu, tujuannya apa? Ini adalah investasi yang sebenarnya, Biar saat raga kita menua, tak pernah putus doa yang dihaturkan oleh anak-anak kita untuk kemuliaan kita, itu tidak instan. Harus diajarkan sedari belia. 
Jadi, tolonglah, jangan pernah dibanding-bandingkan. 
Jangan tergoda pada perempuan perempuan muda yang cantik di social media, ahh itu juga dibantu oleh kamera tiga enam puluh kok. Yakiiin. 
Lagipula, Ini hanya masalah waktu, gadis dua puluh enam  tahun itupun akan menua, roda dunia berputar kan yaa? 


Kalau baca sepintas, sebagai seorang istri, pastinya setujulah. Iya dong mana bisa dibandingin emak-emak udah brojolin anak dengan anak gadis muda belia berusia 26 tahun, dimana kata pepatah, kalau diibaratkan bunga, si gadis lagi mekar-mekarnya, sedangkan si istri udah mekar sempurna, dan menuju tahap kelayuannya.

Tapi, kalau ditelaah lebih jauh lagi, kok kesannya tulisan ini mau bilang kepada para suami 

" Udahlah ya mas, pak, bang, akang, aa, ngga usah nuntut macem-macem, guweh ini udah melahirkan anak lo, udah bersedia jadi istri lo, terima guweh apa adanya, mau kucel, rambut ubanan, pinggang melar, tukang ngomel, udaaaaaah terima ajah, jangan bandingin sama anak gadis, ngga bisaaaa, ngga apple to apple"

Nah ini dia. makanya saya nulis ini. 

Iya, soalnya ngga sekali dua kali ini saya baca status-status bernada serupa yang banyak diaminkan para emak-emak setemlen, seolah-olah kalau sudah menikah apalagi punya anak, seorang wanita itu tamat riwayatnya, Dia akan menjadi sesosok mahkluk mengerikan 


Ngga percaya, nih saya rangkum, mengerikannya itu apa saja :

1. Kucel , tidak terawat, wajah berflek, pinggang melar, rambut ubanan, dada kendur, bau minyak angin.
2. Kerjanya di rumah ngosek kamar mandi, bersihin kompor, dan seabrek tugas rumah tangga lain
3. Suka ngomel, cerewet, wajah berkerut, 
4. Harus memikirkan semua beban keluarga. Dari mulai membandingkan 200 ribu dikompare dengan harga bawang dan garam, sampai harus menghabiskan semua makanan di rumah biar ga mubazir.

Ini kalau sampai wanita single membaca ini, bisa-bisa semua ga mau nikah, soalnya gambarannya serem amat sih. 


Ehm, balik lagi, kadang saya heran deh, ini emak-emak di fesbuk saya yang isinya pada nrimoan atau memang seperti itu yah gambaran para istri-istri jaman sekarang?. Karena saya ngga gitu. Teman-teman saya di dunia nyata juga ngga gitu.

Malah ya teman-teman saya itu adalah para mamah-mamah yang sangat menjaga penampilannya. Saya aja kalah lho yang notabene ibu bekerja.

Jujur aja kalo saya mah memang paling suka dasteran di rumah, karena daster adalah senyaman-nyamannya pakaian.

Tapi, walau dasteran di rumah, saya ngga kuceeeeel, saya ngga bau minyak angin, dan sama suami juga saya ngga sukalah ngomel-ngomel ngga jelas, tetep manja-manja cantik ala Princess Syahrini. Ngomel iya, tapi ngomelnya jelas hahahaha. Dan, sekali lagi, setahu saya teman-teman saya yang ibu rumahan juga demikian.

Jadi, alih-alih bilang dear-dear-an sama pak suami, dan memaksa mereka untuk mengerti bahwa, aku tuh begini karena udah ngurus lo dan anak lo, terima aku apa adanya, mendingan nih para istri cari solusi. Iya solusi bagaimana agar suami tahu kalau istrinya ini begitu berharga sehingga ngga bisa dikompare dengan wanita lain. Bukan malah nerima kondisi apa adanya, trus nyalah-nyalahin suami kalau ada apa-apa.

Soale yah, siapa bilang tuh saingan istri-istri di luar rumah cuma anak abege atau gadis kinyis-kinyis, whooooo salah banget. Mahmud abas, macan ternak, iis dahlia di luaran sana lebih segar dan lebih menggoda lho, jangan salah.

Dan ga jarang terjadi si selingkuhan suami malah lebih berantakan dari si istri ,malah ada yang lebih tua juga. Putri Diana aja yang head to toe ciamik parah, lemah lembut dan berpinggang ramping walau udah brojolin dua putra ya diselingkuhin juga

No....no...no....

Laki mah kalau emang punya bibit tukang selingkuh ya selingkuh aja ga peduli gimana istrinya. Sama aja kalo emang dia laki yang baik dan bertanggung jawab, pastinya ga biarin istrinya tergehe-gehe ngerjain kerjaan RT sampai punya alasan buat selingkuh.

Jadi bukan itu pointnya. Bukan soal suami harus ngerti kalo istri begini begitu maka suami harus pasrah dan ngga boleh macem-macem.

Karena ya memang mau gimanapun kondisi istri ya suami memang seharusnya setia sampai akhir hayat. Event istrinya juorok, cerewet, rumah berantakan, kuku cobel-cobel, makannya sebakul. Begitu juga sebaliknya

Tapi..... apa iya kita mau jadi istri yang kayak gitu. Yang suami tetap di samping kita karena memang seharusnya dia di samping kita? .

Itu ngga fair banget buat mereka. Sama ngga fairnya kalo sebagai istri kita juga dituntut nrimo mau gimanapun suami karena memang kita harus begitu.

Sebagai istri, walau yang dikasi suami pas-pasan jangan sampai dong kita ga merawat diri sendiri.

Bukan semata untuk nyenengin suami, tapi juga wanita yang merawat diri itu artinya dia menghargai dirinya sendiri dan menghargai penciptanya. Tambahan lagi kalo kitanya terawat kita bakal lebih segar, lebih pede, imbasnya jadi lebih murah senyum dan tentu dong suami jadi senang dan tambah sayang.

Lipstik 200 ribu?

Yang 40 ribuan juga udah kece mak

Kikuk pake pensil alis?

Ya ga usah pake pensil lah, emang cantik harus pake pensil alis apah

Kuku ga lentik?

Ngapain juga kuku harus lentik, yang penting bersih ga jorok. Lagian kuku panjang ga bagus untuk kesehatan.

Bau minyak Angin?

Plis atuhlah , pake fres care yang wangi dan segar, ihihjhi . Ga sih yang penting wangilah atau minimal ga bau. Mau pake sabun atau pake splash cologne.

Dada kendor?

Sis itu wacoal sering diskon lho beli 1 dapat 2. Ato ga merk abal-abal yg di pajak petisah juga udah bagus yang harga 50 ribuan.

Jadi untuk kitanya dulu , ntar reaksi suami akan mengikutinya.

Sekali lagi, suami selingkuh itu bukan soal istri kalah saing di body. Dan juga ngga seharusnya istri nyuruh- nyuruh pak suami " plis plis ngertiin aku terima aku apa adanya".

Buat istri nih

  • Berpenampilanlah yang rapi, rawat diri untuk diri sendiri. Ga sanggup ke salon karena suami kasih belanja pas-pasan?. Ga apa. Minimal cuci muka sebelum tidur, rajin mandi, abis beberes rumah atau masak ganti baju dulu sebelum suami pulang.
  • Ngomellah untuk urusan yang perlu diomelin. Kalau ga perlu, omelannya ditulis aja hahahaha biar suami ga empet di rumah.
  • Kalau suami ga kasih pembantu, ajaklah dia kerjasama ngerjain urusan rumah tangga. Ngosek kamar mandi  kasihin ke dia, nguras bak kasih juga ke suami.
  • Karena isi celana itu-itu saja sementara isi kepala ada-ada saja, maka penuhi kebutuhan suami sebagai tempat berbagi cerita tak sekedar sebagai pendengar. 
Buat suami
  • Sering-sering puji istri biar dia hepi terus. Kasih 4 D+ CT kayak yang saya tulis disini.
  • Ingat kasih pujian dan kasih sayang aja ga cukup tanpa kasih duit. Berusahalah untuk memberi hidup layak ke istri dan keluarga. 
  • Relakan uang rokokmu terpangkas diganti dengan menggaji art untuk bantu-bantu istri. Ngga bisa ? Maka bantuinlah istrimu.
  • Ingat selingkuh dan bisa dapat istri baru yang jauh lebih paten dari istrimu itu memang bikin jumawa, tapi menjadi setia itu juaranya.
  • Yang istimewa pada akhirnya akan kalah dengan yang selalu ada. Karena yang selalu ada membuatmu istimewa, sedangkan yang istimewa bisa jadi membuatmu jadi tak berada.

Ini kenapa jadi panjaaaaang.

Udah ah saya tutup aja.

Intinya mah. Kita nih jangan nyuruh2 suami buat terima kita apa adanya. Ya usaha doang ah buat tampil rapi. Rapi tak harus mahal. Cantik itu juga bukan berarti wajah full make up, ntar malah kayak lenong.

Tambahan lagi, status si ibu banyak ga masuk akalnya. Kalau si istri harus mikir 200 ribu buat beli lipstik ato beli bawang plus garam berarti pan suaminya kasih belanja pas-pasan yah.

Emang ada gitu cewek kinyis-kinyis wangi menggoda berkuku lentik dengan alis rapi tertata mau sama dia?.

Kalau pun ada. Ya emang suaminya aja kagak tau diri.

Kalau ada suami yang membiarkan istrinya jadi seperti keempat gambaran di atas (di atas banget tuh), kucel, ngerjain seluruh kerjaan sendiri, kasih belanja pas-pasan terus masih selingkuh juga, ya udah, kita tenggelamkan aja rame-rame di segitiga bermuda, biar hilang sekalian.

Emang istri ga bisa masak doang yang bisa ditenggelamkan.














56 comments on "Tentang Suami Selingkuh dan Istri Yang Minta Dimengerti"
  1. Wahahaha, suka gambar akhirnya ��

    ReplyDelete
  2. aku kemarin termasuk yg ikutan ngeshare, wuahaha tapi bukan berarti (ih amit-amit) kejadian di atas mirip kami ya, istri gak rapi, kerjaan numpuk ditambah gak dikasih penghasilan dari suami. Kebetulan aja emang ada Mbak, laki2 macam yg harus ditenggelamkan di segitiga bermuda, dan kebangetannya cewek yg usia 20 juga mau buat jadi selingkuhan. Kejadian ini nyata Mbak Wiiin.. untung yg aku ghibahin gak punya blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cewek 20 thnnya tuh yg kebangetana dan suaminya juga

      Delete
  3. Saya suka banget meme ini hahaha tenggelamkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa harus di segitiga bermuda

      Delete
  4. Bwahahahaha sudah ditenggelamkan, di segi tiga bermuda pula :D
    Gak nongol nongol lagi dongsss :D

    ReplyDelete
  5. Aku istri multitasking deh, dandan harus ngosek WC iya juga, ngurus anak dan suami harus...dandan stylish suka juga, dan suami mau diskusi apa epoleksosbud hingga bola tak jabanin, klo sdh gini selingkuh juga rugi di dia bukan di aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini nih biar dia yang rugi yah hahaha

      Delete
  6. HAHAHAHAHAHA WELL SAID MBAK WIN. XD

    ReplyDelete
  7. Hahaha. Endingnyaaa, jleb banget, mba Win. Kalo suami disuruh nrimoan apa kabar ya? :D Sebaliknya istri juga ga bisa disuruh buat nrimoan suami yang males kerja dan males mandi. wkwk

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya yg namanya membandingkan org itu mah ga bisa Apple to Apple meskipun misalnya yg kedua itu seumuran ya.
    itu mah ego masing2 aja. Dan mungkin mereka kurang piknik, makanya jadi baper sampe nulis urusan rumah tangga org di Sosmed, hehe.

    (Ga nyambung ya komennya, maaf. Yg komen juga otaknya lagi korslet, hehe. "Piss ah")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena memang suami2 yg selingkuh itu kadang jg ga banding2i .ada juga ya karena pengen aja (amit2 jabang bayi)

      Delete
  9. Enak sih emang pake koyo dan minyak angin, apalagi kalau lagi pegel2 hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panas mbaaa. Aku ga suka pake koyo hahaha

      Delete
  10. wahahahahaha foto yang terakhir berasa banget :p

    ReplyDelete
  11. berarti jadi istri itu pentiiing banget untuk punya blog yaa mbak... biar bisa ngurangin itngkat omelan. Ahahaha

    ReplyDelete
  12. Mungkin ibu itu belum tau kalau banyak giveaway berhadiah make up.. haha #fakirgiveaway

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau dooong make up dari GA nya hahahah

      Delete
  13. Kak Win, postingannya selalu cetarrr. Sukaaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha tapi awak ga sanggop beli tas hermes

      Delete
  14. suami selingkuh?

    tenggelamkan. titik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti pada ketemu sama wanita ga bisa masak, rame lautan

      Delete
  15. Akuu.., biarpun di rumah pake celana pendek atau daster juga tetep wangi doong. sama suami juga tetep yang-yangan...Alhamdulillah suamiku terima aku apa adanya tanpa diminta-minta. Meskipun ukuran tubuhnya jadi 3 kali lipat dari sebelum nikah. Tapi kan..aku udah mbrojolin 3 anaknya? hihi.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini gimanaaa ngembaliin badan kayak gadis lagi hahahaha

      Delete
  16. Hahhaa..kudu ngikik deh baca ini..

    ReplyDelete
  17. mba windi..status si ibunya membuat aku terharu...betapa besarnya pengaruh sosmed, dunia gosip di tv hingga berkali-kali lipat naiknya kasus perselingkuhan. tinggal kita sendiri yang harus membentengi diri sendiri. Papah mau masuk syurga apa gak ya...terserah deh papa, kalau ga mau dadah aja..(begituin ajalah)

    ReplyDelete
  18. wakakakakakak, coba saja mereka tahu kalau banyak cowo2 berondong demen macan ternak (mamah cantik anter anak) :D. Ini gara2 temen2 saya yg cowo banyak yang cerita, suka ga tahan liat macan ternak :D

    ReplyDelete
  19. Saya juga rapi dan dandan juga lho.... tp ya maaf aja. Sy paling ga bisa lepas sm minyak angin. Dari masih gadis kinyis2 sy sdh suka pk minyak angin. Emang kenapa dengan bau minyak angin? Menurut sy malah seger semriwing hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus dong mba rapi, ga ada yg salah

      Delete
  20. Mba memenya keren banget, asli bikin ngakak.. Tulisannya juga menyentuh sekali mba :)

    ReplyDelete
  21. wahahahaha.... setuju banget mbaa... ga melulu harus nuntut dibelikan ini itu yg mahal, yg penting kita bisa menyiasati pakai sesuatu yg seringan doku :D

    yg penting, suami-istri harus saling pengertian dan sama2 nrimo.. kalo banyakan nuntut, tenggelemin aja ke laut :))

    eiyaa.. aku suka pake daster, tapi daster mini yang bagus, buat menggoda suami #halah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga cinta dasteeer, enak banget yah semriwing

      Delete
  22. kalau suami bandingin sama yang muda minta aja tuh jatah buat salon dinaikin mbak.. hehehe
    jangan sampai lautan penuh dengan suami yang selingkuh dan bandingin2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus seimbang antara tuntutan dengan kebutuhan istri jugaaa

      Delete
  23. hahaah keren makkk! tapi bener harus dari kita sendiri, sebagai istri juga kita harus menghargai diri sendiri, mempercantik diri, ya bukan berarti harus mahal.. banyak lah cara. Kalau makin cantik kan yang seneng kan kita juga..kita senang, suami senang.. hihii

    ReplyDelete
  24. Eh disini ada lho, udah kerjanya luntang lantung pakai nikah 2x. Istri muda (lebih pantes jadi anaknya) diajak kerja kerasss buat biaya hidup. Gemesss sama yang begini nich

    ReplyDelete
  25. Waaahh ini jadi bikin semangat bebenah diri ini....
    Jangan sampai kalah ama perempuan muda atau malah ditenggelamkan :D

    ReplyDelete
  26. Memang ada kejadian istri nerimo aja, suami udah gak ngasih nafkah layak eh selingkuh juga. Penyebab pasti gak tau sih, padahal istrinya udah banyak berbuat untuk keluarga, tapi istrinya takut cerai, kasihan anak.

    ReplyDelete
  27. Semoga nanti gue jadi keluarga sakinah mawaddah warahma. :)

    ReplyDelete
  28. sepertinya meme mentri susi itu sedang jadi trend yah, tinggal ganti kata-katanya ajah, tapi akhirannya selalu tenggelamkan *LOL*

    ReplyDelete
  29. lol. namanya juga curhat...kadang banyak gak masuk akalnya mak....kasian juga sih ibu itu...
    btw itu gambar menteri susi yang minta kapal dibakar bukan ditenggelamkan *sama aja sih intinya* haha

    ReplyDelete
  30. Baca meme terakhir seakan mau teriak di Pancoran, "SETUJU!!!!!"

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)

Custom Post Signature