Masihkah Kau Mencintaiku

Saturday, May 5, 2018

Catatan pernikahan yang telat . Selalu ya jeung. Judul terinspirasi dari artikel mba Jihan, blogger idolaqu :)



Tanggal 20 kemarin, tepat 10 tahun lho aku udah berumah tangga. Wow wow sungguh angka yang bikin langsung merasa tua hahahah, dan kayak yang " Haaaah udah 10 tahun, kok cepet banget perasaan baru kemarin fitting baju pengantin", xixixixi.

Jam 12 teng tanggal 20 masteg kissing-kissing aku yang udah tidur.

" Happy anniversary ya bunda"

Astagaaa aku malah lupa, hahaha padahal udah nginget-nginget dari sebulan yang lalu, tapi pas hari H nya malah lupa. Pantesan masteg ngga bobo-bobo dari tadi, aku ajakin tidur bilangnya ntar-ntar, ternyata dia nunggu jam 12. Ini nih yang kadang bikin terharu, ngga ulang tahun aku, ngga anniversary, mas Teguh tuh selalu usaha buat ngucapin di detik pertama. Padahal aku, ya ampun always lupa. Excited pas menjelang harinya, pas harinya lupa.

Trus ga tau gimana, tiba-tiba aku nangis, huhuhu

" Maafin aku ya mas" sambil peluk-peluk dia.
" Maaf kenapa?"
"Ngga papa, maaf aja pokoknya"


Karena ya, in deep deep inside my heart aku tuh merasa sampah banget sebagai istri belakangan ini.

Sering kan denger bahwa usia pernikahan ke 10 itu termasuk tahun rawan dalam pernikahan.

Bukan..., bukan rawan karena konflik tapi justru rawan karena kenyamanan yang lama-kelamaan menyebabkan keintiman dan romantisme perlahan pudar.

Dan aku pikir bener banget. Ngga tau gimana dengan pasangan lain, tapi aku ngerasain banget dimana tahun ini tuh kayak semuanya terasa biasa bagiku. Semua-semua kayak jadi sesuatu yang ada karena biasa.

Mas Teguh ada di sampingku ya karena dia memang seharusnya ada. Rasanya semua-mua di keluarga berjalan auto pilot. Bangun pagi, sama-sama bersiap kerja, pergi masing-masing, sibuk di kantor, balik masing-masing, main sama anak, ngobrol sambil makan, tidur, untuk kemudian diulang lagi keesokannya.

Rutinitas weekend pun kayak ya berjalan dengan sendirinya. Pokoke weekend is family time, pergi ke luar sama anak-anak, entah berenang, entah main ke play ground atau staycation di hotel. Bener-bener ya berjalan karena seharusnya begitu.

Enak ngga?

Ya enak.

Hubungan romantisme dengan mas Teg juga udah beralih dari sepasang kekasih berubah menjadi kayak sama sahabat sendiri. Dimana mau ngambek ya ngambek aja bodo amat. Sekaligus kalau mau nunjukin rasa sayang ya tunjukin aja saat itu ngga perlu nunggu harus ada momentnya. Sehingga semua-semua ya terasa so so. Merasa udah dimengerti banget sama pasangan, sampai ngga perlu effort apapun terhadap hubungan ini.

Aku ngeluh pusing, udah otomatis masteg bakal beliin aku kopi. Atau saat aku lihat masteg nonton bola malam, ya udah reflek aja nawarin bikinin indomie.

Saat aku diem keliatan lagi ada pikiran, masteg udah anteng aja, nawarin mau diantar ke Starbuck ngga?, atau nyuruh " Adek ngga nonton atau nyalon?, udah sana pergi, mas jagain anak-anak"

Hal yang sama saat aku liat masteg pulang malam terus, dan saat tau teman-teman seangkatannya yang dari kebun lagi di Medan, langsung nawarin "Mas ngga ngopi sama temen-temennya?" , atau ngga " Mas ngga makan duren tuh sama temennya, kayaknya pada di Medan"

" Boleh mas pergi sendiri"
" Ya bolehlah, tapi pulangnya nitip kopi ya"

Sampe udah sepaham begitu sama kesukaan dan kebiasaan masing-masing.

Berantem juga udah jaraaaang banget. Kalau lagi kesal karena sesuatu aku udah milih diam. Karena ya gimana, aku berisik juga , masteg pasti ngga bakal balas omelanku. Karena kata dia percuma, orang lagi marah kalau diikutin bakal berantem, jadi mending dia diem sampe aku reda sendiri. Padahal, prakteknya mah aku bukannya makin kalem malah biasanya makin ngamuk kalau ngga ditanggepin, yang ujung-ujungnya bakal nangis sendiri, merasa ga dipahami, merasa kok perasaanku diabaikan huhuhu.



( Baca : Bertengkar Dengan Suami )

Tapi sekarang, malah aku yang diem, karena ya seiring waktu aku nyadar, typical suamiku memang bukan type senggol bacok, bukan type reaktif kayak dirikuh. Dan karena menurutku lebih positif apa yang dilakukannya dibanding apa yang kulakukan, ya udahlah aku yang kompromi.

Ngeliat dia ngga juga meletakkan piring kotor di wastafel sehabis makan, ya sudahlah, ngga perlu ribut, langsung beresin aja. Padahal apa susahnya sih ngeletakin piring bekas makan di wastafel?. Kalau dulu mungkin aku bakal ngomel, sekarang ya Tuhaaaan aku terlalu lelah untuk ngomel urusan remeh macam begini.

Nyaman ngga?

Ya nyaman banget. Saat kita tuh udah diterima apa adanya oleh pasangan hidup kita. Masa-masa sok jaim, sok kuat, sok sabar udah lewat banget.

Sejalan dengan itu, perlahan percik-percik cinta yang dulu blar-blar gitu kayak kembang api, berganti bentuk menjadi pemakluman dan kompromi.

Mungkin memang seperti itu ya pernikahan yang normal pada umumnya. Makin lama makin seperti ada di lautan tenang. Tenang-tenang sampe kadang ga sadar air udah seleher dan hampir kelelep, hahaha. Kelamaan tenang, mulai deh rindu sama debur-debur ombak, kangen disapu-sapu angin laut, mulai terbiasa sama matahari pantai sampe ngga inget ngolesin Sun Block buat langkah protective terhadap sinar ultraviolet, hampir kebakar deh kulit. (( ANALOGI MACAM APA INI ??)).

Oke, aku mulai terdengar kayak Vicky ya hahahaha.

Padahal cuma mau bilang, kalau usia pernikahan yang sampe tahap tenang-tenang gini, kadang membuat kita ((KITA??)), mulai abai sama hubungan dengan pasangan, karena terlalu sibuk dengan urusan keluarga ngga sih?. Keluarga di sini maksudnya ya anak, ya keluarga besar, lingkungan, malah kadang lupa menempatkan posisi suami atau istri sebagai individu yang dulu bisa kita buat senyum-senyum hanya dengan sapaan " Hai" di sms.

Dulu yang tiap jam kantor masih sempet kirim chat-chat mesra bilang kangen, sekarang cuma sekedar " Transfer ya" atau ngga " Pulang jam berapa?"

Simpel, karena ya kita merasa, lha buat apa?, segini aja dia ngga pernah komplen kok.

Padahal, seperti kata para pakar pernikahan (bukan kata saya lho), justru kondisi kayak gini yang bikin rawan pernikahan, karena saat ada aja orang yang ngasih perhatian lebih di luar, boom, kepeleset deh.

Wow, sungguh usia pernikahan makin matang makin membuat segala sesuatu berjalan flat ya.

Makanya aku bilang tadi, kayak laut, yang makin tenang makin menghanyutkan. Aku malah merasa kayak ada alarm gitu yang mengingatkan. Karena aku sadar banget sama diri sendiri, aku bukan type orang yang suka hidup dalam kenyamanan. Maksudnya nyaman dalam arti tenang tanpa apa-apa. Aku pernah gitu soalnya, merasa nyamaaaan banget sama hidupku, sama keadaan sampe ngga punya keinginan apa-apa lagi. Sampe titik, bodo amat sama orang di luar diriku, bodo amat sama lingkungan sepanjang aku bahagia, apatis bangetlah. Dan itu ngga bagus buatku.

Untungnya yah, sebulan menjelang anniversary aku dapat tugas pendidikan dari kantor. Duh aku bersyukur banget. Karena moment sebulan jauhan itu bener-bener kayak ngasih waktu yang banyaaaak banget buat aku berfikir. Ngasi waktu buat aku ngerasain moment-moment kangen dan pengen ketemu tapi ngga bisa. Sebel saat aku mau cerita sesuatu dan mas Teguh ya dhalah  lagi meeting, jadi malamnya aku punya alasan buat ngambek dan marah untuk kemudian dibujuk-bujuk biar ketawa lagi. Ya Tuhaaaan, makanya aku ngerasain banget, sesampah itu.

( Baca : Sebulan di Jakarta)

Sesampah saat rasanya kok ngopi sendiri lebih menyenangkan dibanding berdua. Saat merasa biarin deh dia pulang malam aku malah bisa tidur dulu lebih lama, atau ngga ya lumayan bisa namatin novel yang baru kubeli. Itu sinyal banget, bahwa aku ngapung di pelampungnya udah mulai kejauhan ke tengah laut. Buru-buru berenang balik ke pantai, dan melihat laut dari posisi berdiri di tepinya.

Long story short, aku sering banget dengar bahwa yang namanya Cinta itu adalah kata kerja. Karena kata kerja artinya bukan bersifat pasif. Iya harus diusahakan. Duh aku ngga pernah lebih setuju dibanding saat inilah dengan pernyataan itu. Setuju pake banget karena aku merasakannya.

Bener banget bahwa yang namanya cinta itu bukan kata sifat yang bisa menghilang, dan bukan pula perasaan yang bisa dibiarin gitu aja trus kita berharap dia bakal seindah seperti pertama kali ketemu dulu. Even bagi pasangan yang udah bertahun-tahun menikah. Bukannya malah khatam dengan soal percintaan ini tapi malah harus tetap mengusahakan terus menerus dan aware dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada pasangan.

Hal yang mustahillah ya kalau berharap hati masih jedag jedug saat dipegang tangan kita, ya kaleee saat ini, kadang memang malah rempong kalau mau gandengan tangan di mall misalnya, karena anaknya yang satu minta gendong yang satu minta gandeng. Ini aku ya, kalian bisa jadi ngga.

( Baca : Jatuh Cinta )

Makanya ga ada salahnya banget ambil waktu berduaan tanpa disibukkan dengan meladeni ocehan para bocah kesayangan.

Kemarin, after segala urusan pendidikanku dan masteg beres, aku ngobrol panjang banget sama masteg. Saat anak-anak udah tidur, keluar berdua naik mobil. Di mobil cerita banyak banget hahahaha. Dan hey, sepertinya mas Teguh ternyata ngerasain hal yang sama kayak aku, karena dia ngga menyangkal apapun yang aku bilang. Kita sampe pada kesimpulan, ayo kita usahain lagi menghadirkan percik-percik api yang mungkin sekarang kurang panas, ahsek

" Aku masih seneng lho mas di WA siang-siang sambil dibilang kangen "
" Ya tapi kan mas kerja dan sibuklah kalo siang"
" Ya nanya kek, aku makan di mana, sama siapa?"
" Ya ngapain mas tanya. Mas udah tau, ade makan pasti sama temen-temennya, mas makan di kantor"
" Ya apa kek"



Besoknya, jam makan siang masteg WA " Bunda udah makan belum?, makan di mana?"

Kemudian aku ngakak sendiri, karena ternyata lucu ya hahahaha. Lucu karena saat itu aku makan di ruanganku, menunya juga dari kantin kantor, jadi berasa aneh ditanya makan di mana. Dan yaaaa ngga bisa bohong ternyata aku lebih seneng dapet WA pemberitahuan transfer masuk dibanding ditanya makan.#dasarmatrekau

Kangen rasa kesetrum saat kissing-kissing sama suamik. Ya iyalah ya udah 10 tahun juga, menurut ngana?.

Kangen rasanya excited mau ketemuan.

Dulu kan sempet LDR-an yah Medan-Jakarta, jadi setiap mau ketemu itu rasanya udah panas dingin duluan di pesawat. Gitu ketemu, udah gedubrakan aja di mobil, hahahaha.

Ya kan kata orang s3x life after marriage itu ya kayak gitu ya. Lama-lama adem ayem kalau ngga usaha buat bikin tetep panas. Ngga hanya soal s3x sih, soal hubungan sehari-hari juga gitu. Rasanya dulu kalo ngobrol seru-seru aja, sekarang eh kok lebih seru ngobrol sama temen kantor ya. Kok lebih banyak nih yang dibahas di kantor, kok kerja jadi sangat menyenangkan yah.

Alarm banget itu, bahwa ada yang harus dipanaskan kembali. Terkadang kita merasa baik-baik saja, ternyata sebenernya ada yang ngga baik-baik saja. #ulangulangteruskatakatanyabiarpusing.

Makanya, anniversary-an kemarin jadi moment tepat untuk merecharge kembali hubungan sama suami yang mulai autopilot.

Gimana caranya?

Malamnya, saat udah tenang-tenang, sambil nidurin anak, aku scroll-scroll onlenshop lingerie dan nunjukin ke doi. "Mas kalo aku beli yang begini suka ngga?"

Dan dia blushing-blushing malu, aw. Hahahahaha ternyata ya ngusahain sexlife balik kayak jaman honeymoon ngga susah juga kalau kita mau usaha. Usaha buat ngga malu sama pasangan, usaha buat terbuka dan usaha buat ngga terlalu mikirin perubahan bentuk badan after melahirkan.

Hayooo, siapa di sini yang sekarang suka insecure sama body sendiri trus jadi males kalau diajak suami ena-ena?.

Tips dari aku, pake lingerie, udahlah pasti ngeboost pede, hahahaha. Pilih yang bodystocking atau kalo ngga pede ya pilih yang biasa aja asal kita nyaman.

Dulu tuh aku sama masteg suka banget check-in berdua di hotel, even rumah kami di Medan. Karena ngga tau kenapa, rasanya bobo di hotel itu lebih membangkitkan sesuatu dibanding di rumah, ya ngga sih? hahaha. Tapi itu saat belum punya anak.

Udah punya anak, masih sering, tapi kan bareng anak, bareng mba-nya, jadi ya salamlah ya. Staycation mah ya kayak pindah rumah doang ke hotel.

Makanya kemarin  pas anniversary udah niat banget check-in hotel tapi berdua doang, anak-anak tinggallah di rumah sama mba.

Seharian kencan berduaan doang, jadi berasa rileks. Ngga mikirin nidurin anak, ngga mikirin bikin susu, ngga mikirin kalau lagi gitu2 kedengeraan mba di sebelah kamar, jadi bikin santai banget. Ngobrol dari A sampe Z (iyes lah aku kan orangnya suka banget ngobrol. Ngobrol adalah nama tengahku). Cuma kali ini ngga ngomongin soal masa depan lalalalala, tapi malah banyakan ngobrolin masa lalu.

" Mas inget ngga dulu pas nelfon ke hape aku trus ngga aku angkat. Mas langsung nelfon kantor dan ngerecokin temen-temen kantorku, inget ngga?"

" Yaaa abisnya kenapa ngga diangkat coba, kirain kan lagi ngambek atau lagi kenapa?"

" Ish, kenapa sekarang malah jarang banget nelfon, apa ngga khawatir lagi aku kenapa-kenapa?"


" Gimana mau khawatir, istri mas strong banget gini"

Mungkin dulu takut ga dianggap soulmate, hahaha


#kemudianpukupukulmanja, wahahahaha. dst dst

Udah ah, lama-lama jadi novel Freddy S ini.

A post shared by Windi Teguh (@winditeguh) on
The bottom line is, usia pernikahan yang makin matang sebenernya ngga menjamin ya bahwa sebuah pernikahan jadi aman dari segala prahara. Sampai saat ini, hubungan aku sama masteg sih fain banget. Ngga adalah problema berarti yang bikin huru hara, dan semoga ngga akan ada, aamiin. Namun, ya gitu, semakin lama menikah, terkadang muncul kekhawatiran-kekhawatiran di diri sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan senada di bawah ini mulai sering terdengar,

" Masih cinta ngga sih sama aku?"
" Masih sayang ngga sih mas?"
" Aku masih cantik ngga?"








Berdasar survey dan ngobrol sama temen dengan usia pernikahan sama, ternyata yang begitu wajar kok. Wajar banget kita bertanya seperti itu. Bukan berarti ngga pecaya sama pasangan, tapi semata sebenernya pengen aja ditegaskan kembali sama doi, kalau cintanya ke kita ngga pudar dimakan waktu, halah dasar wanita.

So buat suami-suami, ayo dong sering-sering kasih pujian ke istrinya, bilang sayang, bilang dia masih cantik dan semenarik dulu.

Buat istri-istri, say it. Sampaikan kalau kita pengen dimanja, pengen dipuji, pengen tetep diperlakukan kayak anak gadis tempoe doeloe. Karena sungguhlah ya, para pria ini kadang mending disuruh nguras bak mandi plus benerin genteng dibanding bilang cinta. Ga papa, sampein aja. Kalau memang dia type yang susah ngungkapin perasaan, yakin aja dia bakal mengkonversinya dalam bentuk lain, ciaaa ciaa ciaaa. hahahaha.

Karena pernikahan dan cinta itu ngga bisa dibiarkan mengalir apa adanya. Harus diusahakan dan harus diperjuangkan. Kayak kata Tulus

" Jangan cintaiku apa adanya, jangaaaaaaan"
Tuntutlah sesuatu biar kita jalan ke depaaaan" 



Untuk suami tercintah, happy anniversary.

" Genggam tanganku saat tubuhku terasa linu 
Kupeluk erat tubuhmu saat dingin menyerangmu
Kita lawan bersama, dingin dan panas dunia 
Saat kaki t’lah lemah kita saling menopang 
Hingga nanti di suatu pagi salah satu dari kita mati
 Sampai jumpa di kehidupan yang lain"













6 comments on "Masihkah Kau Mencintaiku"
  1. Oooooowwww.Baru tahu juga pernikahan yg 10thn walau adem2 bisa berbahaya..Thanx sharingnya Win..Happy anniversary ya Windi n Teguh :-)

    ReplyDelete
  2. Keren..
    Happy Anniversary mba Windi..

    Ambil kutipan kata2ny gpp ya..nnti dicantumin nmany mba Windi..soalny mau anniversary jg .. Haha..

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah udh 10thn ya. Aku baru 5thn sih, msh hot aja jdnya,wkwkwk. Kdg tuh suami jg pgn nitipin anak2 di mertua terus pacaran, nyahahaha. Tapi kemudian gk jd karena kasian sm anak2 dan mertua, ujung2nya pergi semua -_-

    ReplyDelete
  4. Subhanallah nggak kerasa ya Mbak.. Tulisan ini nyess banget aku bacanya. :"
    Makanya nggak heran ya kalo ada pasangan yang RT-nya adem ayem tau-tau punya orang ketiga hiks. Makasih udah berbagi Mbak, biar aku bisa siap-siap dengan fase seperti ini :)

    ReplyDelete
  5. “Karena sungguhlah ya, para pria ini kadang mending disuruh nguras bak mandi plus benerin genteng dibanding bilang cinta.”

    Kak Windiiii! Haha astaga. Aku ngakak-ngakak baca ini. Kayaknya ini bakal jadi problemku di masa depan deh, bakal punya partner yang susah bilang cinta. Tapi gakpapa, kata salah satu novel yang aku baca “Action always speaks louder than words.” Hihii. Btw happy anniv Kak Win & masteg. Bahagia selalu & semoga percikan-percikannya makin panas haha

    ReplyDelete
  6. Eheum,, lingerie ku malah ketlingsut mak win hahaha..
    Pernikahan baru juga 7 tahun dan emang menuju ke adem ayem,, namun LDR kami harus jalani, jadi degupan cinta terus membara wkwkw

    Happy Anniversary mak Win ,, bahagia dan bergelombang terus cintanya biar bisa berlayar dengan ena-ena ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature