Bekal Tanpa Ribet dengan Morinaga Chil Go

Sunday, November 29, 2015



Sejak Tara saya masukin daycare, rutinitas saya sehari-hari mengalami perubahan yang lumayan signifikan.

Kalau dulu saat ada mba nya yang jagain Tara di rumah, saya mah bangun pagi- ya bangun pagi aja, urus keperluan diri sendiri, nyiapin keperluan suami, jam 7 teng berangkat kerja. Tara biasanya masih bobok saat saya pergi, sekali-sekali lah dia udah bangun. 

Kalau sekarang udah ngga bisa gituuu.

Saya harus bangun lebih pagi lagi, buat nyiapin bekal Tara ke daycare, soalnya kan daycare Tara ngga nyiapin sarapan, mereka hanya nyiapin makan siang dan snack . Jadilah pagi-pagi saya harus kejar-kejaran dengan waktu buat nyiapin bekal Tara. Trus harus berangkat lebih pagian dikit, karena harus antar Tara dulu.

Sebagai orang yang anti ribet, saya sih nyiapin bekal Tara yang gampil-gampil aja. Maklum ya cyiin, pengetahuan masak memasaknya masih rendah, xixixi.

Tapi walau bekal sederhana, tetep dong ah, kandungan gizinya tidak luput dari perhatian saya.

Karena makanan kesukaan Tara itu segala sesuatu yang ada jagung dan telurnya, maka biasanya ya bekalnya Tara ngga jauh-jauh dari 2 bahan itu. 

Tapi...tapi.... kalau cuma itu doang, bisa-bisa anak saya kekurangan gizi dong. Kekurangan gizi ntar bisa menghambat pertumbuhannya, bisa mengurangi perkembangan otaknya. Wah mana mau saya. Makanya saya cari alternatif lain dengan menambahkan asupan kebutuhan nutrisinya dari susu.

Yup, susunya ya dipilih yang khusus untuk pertumbuhan anak usianya Tara. Untungnya ya Tara itu suka banget dengan segala macam susu, apalagi susu cair, jadi saya ngga terlalu pusing.

Nah , kali ini saya mau bagi-bagi resep nih, menu bekal Tara yang super duper gampang, bergizi tapi ngga pake ribet nyiapinnya.



MACARONI SCHOTEL CHIL GO






Ini Menu Anti Gagal. jangankan anak kecil, emaknya aja suka. Masaknya gampang, cepet, tinggal cemplung-cemplung. tambahan lagi, bisa buat sekalian banyak, masukin kulkas, kapan mau makan tinggal dihangatkan di microwave.


Mau tahu, gimana bikinnya?. 


Biar gampang saya buat ala video aja yah







Kalau ga bisa buka videonya, lihat gambar ini



Menu kedua yang sering saya buat untuk bekal Tara adalah puding, xixixix cemen ya mak menunya.


PUDING SUTRA MANGGA CHIL GO




Xixixi, maklum yah, kelasnya masih kelas teri, jadi bisanya juga buat puding doang. Tapi puding yang ini beda, karena berisi jagung dan susu Morinaga Chil Go. 

Kenapa dibilang puding sutra? Karena saya banyakin susunya, jadi ntar hasilnya lembuuuuut banget. Tambahin mangga biar seger. Jagung , karena Tara suka banget jagung, jadi biar tambah semangat makan anaknya.

Ini masaknya sebentar doang, dan ngga harus pagi, bisa malam, bisa pas waktu libur. Masak dalam jumlah banyak, masukin kulkas, bisa buat beberapa kali bekal.

Pantengin nih caranya ^_^









Gimana? gampang banget kaaan.

Biasanya saya siapin pas weekend, jadi pagi-pagi ngga rempong banget.

Selain itu, Tara juga suka sayur bayam, dua hari dalam seminggu pasti ada menu bayam di bekal Tara. Temennya bayam, saya buatkan telur orak arik ala Bunda Tara, xixixi.

Telurnya saya campur dengan susu dan wortel. Gorengnya pakai mentega, wangiiii banget dan super lembut. Kalau mau tambahin keju juga bisa.





Dengan bekal yang walaupun gampang tapi sehat itu, kebutuhan nutrisi Tara untuk pertumbuhan terpenuhi, saya juga hepi karena ngga perlu menghabiskan waktu banyak di dapur, jadi waktu yang lain bisa buat menstimulasi pertumbuhan Tara dari segi kognitif dan otaknya.


Oiya, emak-emak yang lain udah pada tahu kan, kalau untuk tumbuh kembang anak itu ada 3 nutrisi yang paling berpengaruh

1. Nutrisi untuk pertumbuhan fisiknya
2. Nutrisi untuk perkembangan otak
3. Nutrisi untuk perlindungan

Nutrisi Untuk Pertumbuhan Fisik

Nah agar pemenuhan nutrisi untuk perkembangan fisiknya terpenuhi, ada beberapa zat yang wajib dipenuhi, yaitu:

·    Protein, untuk pembentukan sel-sel tubuh.

Protein ini bisa berasal dari protein hewani maupun protein nabati. Protein hewani itu contohnya dari daging, ikan, telur. Sedangkan protein nabati bisa dipenuhi dari tempe, tahu.

·    Kalsium, untuk pembentukan gigi dan tulang. 
Sumber kalsium itu bisa dipenuhi dari susu. Nah biar kita tahu nih apakah kalsium untuk anak kita sudah cukup atau tidak, bisa dilihat dari penampakan fisiknya. Pada usia 1 tahun, seharusnya berat badan bayi mencapai 3 kali berat lahirnya, sedangkan untuk tinggi badan, anak usia 2 tahun harusnya sudah mencapai 50 % tinggi orang dewasa.Biasanya, ada lhoo itu tertera di buku imunisasi anak.

Nutrisi Untuk perkembangan Otaknya

Setelah nutrisi untuk fisiknya terpenuhi, jangan lupa nutrisi untuk otaknya. Nutrisi untuk otak didapat juga dari makanan.

Selama hamil, kebutuhan nutrisi untuk pembentukan otak diperolah dari asam folat. Asam folat bisa berasal dari ikan, kayak ikan salmon,ikan gembung,  trus bisa juga dari buah-buahan kayak buah kiwi tuh yang tinggi asam folat, bisa juga dari susu. Makanya dokter menyarankan minum susu hamil, karena susu ibu hamil itu banyak mengandung asam folat. Kalau saya sih saat hamil juga ditambahi sejenis vitamin yang mengansung asam folat dari dokter.

Selain asam folat, beberapa asupan yang bermanfaat untuk otak, diantaranya :

·    Minyak Ikan 

Minyak ikan itu mengandung DHA, LA, ALA untuk membantu perkembangan otak serta fungsi penglihatan. Cara paling gampang, ya minum vitamin aja, yang mengandung minyak ikan cod itu .

·    Kolin, taurin

Untuk membantu perkembangan perhubungan di sel-sel otak. Oya, moms sebagai informasi, otak janin sudah mulai terbentuk sejak minggu ketiga kehamilan lho. Seiring pertumbuhannya, akhirnya di usia 2 tahun, ukuran otak anak akan mencapai ukuran dewasanya. Makanya pemenuhan nutrisi otak di usia ini jangan sampai terabaikan.

Nutrisi Untuk Perlindungan

Perlindungan terhadap tumbuh kembang anak itu dimulai dari saluran cernanya. Makanya saluran cerna harus sehat agar apapun yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap dengan baik. Saluran cerna yang sehat juga berpengaruh terhadap daya tahan anak.

Apa saja, nutrisi untuk perlindungan tersebut?

·    Serat pangan
  Serat pangan itu berasal dari makanan berserat seperti sayur-sayuran.Sayuran hijau tentunya.

·    Probiotik.
Probiotik itu adalah bakteri baik yang bersahabat dengan pencernaan. Seperti lactobacillus, rhamnusus.
Darimana mendapatkannya?
Masukin bakteri gitu ke dalam tubuh? Xixixi, gampang kok ternyata, karena probiotik itu bisa didapat dari makanan seperti asparagus, bawang merah dan pisang.

·   Vitamin A, C, dan E
Vitamin ini bisa kita peroleh dari buah-buahan yang berwarna kuning, seperti papaya,mangga.

·   Mineral dan Zink
Berasal dari protein hewani seperti daging. Kalau ngga ada daging, ya ikan lah.

Agar seluruh nutrisi untuk perkembangan fisik, otak maupun perlindungannya bisa dipenuhi, maka orangtua perlu mengatur asupan makanannya. Jangan monoton, misalnya tiap hari makan pakai bayam terus, atau pakai ayam terus, nanti tidak semua kebutuhan tubuhnya terpenuhi. Jadi variasikan makanannya. Misalnya nih, kalau pas sarapan, si anak ngga mau menghabiskan sayurnya, maka bisa diakali dengan menyajikannya saat snack time. Pinter-pinternya si ibu deh. Makanya disarankan kalau masak untuk makanan si kecil jangan sekonyong-konyong, tapi pakai perencanaan, biar tahu gitu pos-pos nutrisinya terpenuhi atau tidak.





Nah, makanya kayak saya itu xixixi, bekal Tara saya variasikan. Karena Tara termasuk Picky eater alias suka pilih-pilih makanan, makanya kebutuhan-kebutuhan asupan nutrisi untuk tumbuh kembangnya saya tambahkan dengan susu.

Susu Morinaga Chil Go bisa memenuhi semua kebutuhan itu.

Kenapa Morinaga Chil Go?

Ya , pertama karena kandungannya yang saya baca di kemasan tuh, sesuai dengan artikel-artikel tumbuh kembang anak yang saya baca. Mengandung probiotik, inulin, vit A,C,E , zink dan tinggi kalsium. Disamping itu juga mengandung serat pangan yang dibutuhkan anak-anak.

Yang utama sih, kemasannya ngga terlalu besar, pas untuk perut mungil anak saya, dan harganya juga ngga terlalu mahal, ditambah lagi varian rasanya macam-macam, jadi bisa dikreasikan menjadi makanan dengan berbagai rasa.

Oya, Morinaga Chil Go ini diproduksi di bawah Kalbe Family. Tahu kan Kalbe Family itu sudah terpercaya selama bertahun-tahun dalam memproduksi produk-produk berkualitas, jadi ngga khawatir dengan kualitas yang saya berikan ke anak sendiri,

Lagian, dari bayi Tara memang udah minum susu Morinaga jadi pas deh untuk lanjutan susu pertumbuhannya.

Nah, akhirul kalam, saya mau kasih tips nih buat bu ibu yang hanya punya waktu sedikit buat nyiapin makan si kecil. Terutama buat ibu-ibu yang ngga kreatif kayak saya.

Saya sarankan, beberapa bahan masakan ini harus ada di kulkas rumah, karena kalau bahan-bahan ini ada, aman dunia.

1. Jagung Manis , saya belinya yang sudah printilan, beli di tukang jagung aneka rasa di mall.
2. Keju Cheddar, keju Mozarella
3. Meises
4. Agar-agar Plain
5. Susu Cair Morinaga Chil Go
6. Bakso Non MSG
7. Wortel
8. Brokoli
9. Bayam
10.Telur ayam kampung + telur ayam bebek
11.Smoked beef
12. Mentega
13. Tepung terigu
14. Macaroni
15. Bawang bombay

Persediaan Susu Tara ^_^

Kalau lima belas bahan ini sudah ada, tinggal kreasi dikit-dikit, udah jadi deh makanan buat si mungil kita. Andalan saya cuma itu tuh di rumah, plus, teflon dan microwave, udah aja. kalau pakai mixer saya belum gape, jadi masakannya yang sederhana aja, nyari resepnya googling dong ah.

Trus kalau asupan nutrisi sudah terpenuhi, apa tumbuh kembang anak kita sudah terjamin?

Itu baru sebagian mak, stimulasi, kedekatan, perhatian dan kasih sayang kita merupakan hal yang tak kalah penting untuk tumbuh kembangnya. jangan lupakan itu ya moms. 

Oke deh, Selamat berkreasi moms.








31 comments on "Bekal Tanpa Ribet dengan Morinaga Chil Go"
  1. Kerenlah maminya tara, bisa masak banyak resep. Semoga sehat selalu ya tara..

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi, bisanya cuma itu, yg cuma diaduk2 doang mbaaaa. Aamiin semoga tara sehat selalu, demikian juga putra2nya mba leyla :)

      Delete
  2. nyam nyam nyaaaam

    morinaga chil go senjata emak2 sejagat raya :)

    ReplyDelete
  3. Enaak...tara pasti suka banget sama menu sarapannya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka mba, soale dia memang suka jagung dan telur, keju juga, susu juga, jadi ya asik2 aja anaknya hahaha

      Delete
  4. Waaah mommy nya Tara pinter berkreasi dan masak ternyata...

    ReplyDelete
  5. Baca postingan ini, jadi pengen naruh video di blog #gagal fokus #eh
    Iya nih... diam2 berbakat juga Makcik ini...

    ReplyDelete
  6. waaah, bekalnya nyummyyy, bisa dicobain bikin kapan2 nih.

    ReplyDelete
  7. ga punya oven, dikukus bisa kali ya mba makaroninya?

    ReplyDelete
  8. Mbak Windi rajin yaa, selalu bikin bekal buat Tara, salut dah :)

    ReplyDelete
  9. Tara...bersyukurlah Nak, walau bunda gak jago masak tapi usahanya luar biasa

    ReplyDelete
  10. makanannya bikin ngileerr.. apalagi anak-anak nih :-)

    ReplyDelete
  11. mau bikin makaroni skutel juga ah :)

    ReplyDelete
  12. Wah boleh juga nih tipsnya, makasih ya mba

    ReplyDelete
  13. Kebetulan saya sering sekali kerepotan kalo memberikan bekal pada anak, semoga dengan tips resep diatas bisa menjadi lebih mudah memberikan bekal pada anak saya, makasih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature