6 Tips Praktis Merayakan Ultah Anak

Wednesday, June 22, 2016

Ga terasa udah Rabu aja.

Hari ini #GesiWindiTalk mau ngobrolin soal acara untuk anak.

Baca Puya Gesi :


Kebetulan kemarin Tara baru ulangtahun yang ketiga, Gesi juga baru bikin acara tedak sinten Aiden plus ultah kakak Ubii yang keempat, jadi klop deh.


Sebenernya kemarin itu udah ngerencanain mau merayakan ultahnya Tara. Bukan ngerayain yang gimana-gimana sih, cuma keluarga doang, soale dari tahun lalu rencana hanya tinggal rencana, hahaha. Soale saya dan papanya Tara emang makhluk anti rempong. Kami males banget buat acara-acara di rumah. Maunya yang simpel. Kalo bisa, orang aja yang ngurus, kami tinggal duduk manis. Maumuuuuu nduuk.

Udah rencana bikin ultah Tara di panti asuhan langganan. Selama ini sih kalo ada acara yang kaitannya sama anak-anak kami memang lebih seneng ke panti, karena yaitu tadi simpel, karena biasanya yang menghandle kakak-kakak pengasuhnya, kami tinggal datang doang dan kayaknya lebih manfaat gitu.

Eh tahu- tahu seminggu sebelum ultah Tara saya dapet SPJ ke luar kota, ke Rantau Prapat, sekitar 6 jam-an dari Medan. Pas lagi di Rantau Prapat, eh dapet telfon lagi disuruh ke Jakarta. Yo wis, saya yang kelang kabut gitu,balik dari Rantau malam, nyampe Medan subuh, siangnya langsung ke Jakarta.

Akibatnya saya lupa ultah Tara, wahahahaha. Emak macam apa kau. Jadinya gitu nyampe rumah hari Sabtu pas Ultah Tara , dari bandara langsung beli kue ultah, nyiahahaha maafkeun emakmu yang pelupa ini ya Tara.

Karena waktu dah mefet mau puasa juga jadi akhirnya bikin acara simple doang, soalnya kan dah niat mau berbagi, masa ngga dilaksanakan sih.

Ternyata nyiapin ultah anak sederhana dalam waktu mefet itu bisa banget lhoo. Iyalah hare gene, apa-apa bisa pesen di IG cyiin, ngga usah rempong mikirin tetek bengeknya.

Begini nih, hal-hal yang  harus dipersiapkan menurut pengalaman ultah Tara kemarin.

1. Konsep Acara

Karena memang konsepnya ngga mau ribet, saya sama papanya mutusin ngga bikin acara di rumah, tapi cuma bagi-bagi makanan plus sovenir ke teman-teman Tara aja. Kan ultah sederhana ceritanya, xixixi.

2. Catering

Kalau mau simpel sih pesen di restoran fastfood aja, tapi saya kemarin pengen bikin paketan makanan yang lucu gitu. Yang bikin anak-anak semangat makannya. Karena pengalaman, anak saya juga makannya susah, kan sayang kalau dikasih tapi ngga dimakan.

Nyari-nyari di IG akhirnya ketemu catering khusus bento dengan karakter lucu-lucu .Aiiih langsung tertarik deh. Saya tunjukin contoh-contoh bentonya ke Tara, ada yang ala princess, kelinci, mobil-mobilan, minion, hello kitty. Gitu lihat hello kitty Tara langung pengen itu,

" Hello tititi bundaaa", katanya.

Ya udahlah pesen bento hello kitty. Isinya nasi, mie goreng,nugget, kentang, jelly longan, sama susu kotak. Kumplit dah menurut saya.

Sebenernya saya pengen yang ada kuahnya kayak sup supan gitu, tapi kata mbanya repot, ntar tumpah-tumpah. Yo wis, jadinya itu aja. 

Gini nih jadinya, cakep banget kan?



Males ngambil ke tempat cateringnya, saya pilih pakai go car aja. Ngga perlu repot, paketan bentonya nyampe deh di rumah, horeeee.



3. Kue Ultah

Karena kue ulang tahun sudah begitu maistream, saya pengen bikin yang lain. soale kan makanannya udah bento,jadi biar matching, saya putusin cake ultahnya Tara pake sushi ajalah, hahahaha. 

Cuuus, cari di IG maning, pake hestek #susihalalmedan ketemu deh yang jual. Langsung pesen sushi tapi dibuat kayak cake untuk ultah.

Begini nih penampakannya.

t


Rasanya? Hmmm ga kalah lho sama sushi tei. Tapi enakan sushi tei ding xixixi. Tapi tetep enak, dan ga mahal, itu yang penting. 

Selain sushi saya pesen juga Kani mentayaki buat dirikuh, dan Takoyaki buat Tara, siapa tahu dia ngga mau sushi.

Si Tara mah kalo ultah senengnya cuma bagian tiu-tiup lilin doang, mana peduli dia sama cakenya. 

Tapi ternuata dia suka sushinya., hahaha syukurlah, papanya juga suka banget. Dan lagi Tara  suka banget sama takoyaki yang bentuk ikan ini.

Ini isinya coklat, nutella, keju, ovaltine. Enak deh.

4. Souvenir Ultah

Awalnya mau kasih chiki-chiki gitu ke panti, tapi terus mikir, kalo makanan seperti itu mungkin anak-anak seneng tapi kok kurang bermanfaat yah. Cari di IG maning. Huahahahaha saya memang maleslah berpusing ria, semua ada di IG kok ngapain repot. Cari souvenir di Medan, eh ternyata belum ada. Atau saya yang ga pinter nyarinya. Akhirnya ketemu deh tempat bikin souvenir ultah yang kece banget.

Setelah lihat-lihat akhirnya mutusin untuk bikin tas sekolah aja.

Kenapa?

Karena bisa dipakai lama, dan anak-anak pasti seneng banget kalau dikasi tas kan yah?. Biar sekolahnya semangat. 

Biar matching sama bentonya, maka sekalian pilih karakter hello kitty untuk tas cewek dan mobil untuk cowok.

Ini nih penampakannya tasnya.





Semuanya cuma modal hape doang nyarinya, sambil nyusuin Divya, wahahahaha emak pemalas banget guweh yah.

5. Hiasan Rumah

Biar tetep berasa ultah, papanya beliin balon warna warni . disempilin disudut-sudut rumah. Tara memang suka banget balon, makanya balon wajib ada. Trus beli topi ultah untuk anaknya, sama beliin baju kembaran untuk Tara dan adeknya, xixixi.

Udah sih itu doang persiapannya. 

Hari Sabtu, seminggu setelah tanggal ultah Tara yang asli, mulai deh acaranya.

Acaranya di rumah doang, cuma sekeluarga doang,tiup lilin, doa bersama,sama nyanyi-nyanyi gitu aja. Musiknya dari DVD ultah.



Kok ga ngundang temen-temen Tara?

Maunya gitu, tapi karena besoknya itu udah puasa jadi kepikiran semua orang pasti lagi sibuk, ya udah sama papa sama bunda ajalah ya Tara. Lagian si Tara mah,bisa berisik sendiri kalo udah ada balon, lilin sama lagu, hahaha.

6. Kado Buat Yang Ultah

Iyalaah masa ultah ga dikasi kado. Tapi karena si Tara masih suka menghancurkan barang-barang, jadi kasih kado murmer aja.

Dari bundanya dikasih baju kembaran doang sama adeknya, sama tas sekolah Hello Titi, huuuuuu bunda ga modal huuu. Biarin.

Sama miminya di Jakarta, kemarin nitipin kado untuk Tara.


Isinya mainan masak-masakan sama boneka dan bantal kodok. Taranya hepi banget, soalnya dia kan memang suka masak. Tiap hari bantuin bundanya masak telur goreng kalau mau makan. Bahkan kalo makan aja dia pakai piring sama sendok mainan, biarinlah yang penting mau makan.

Makasi ya mimi sayaaang.

Abis tiup lilin, si papa nganter-nganterin bento tuh ke tetangga, dan ke temen-temen deket rumah. yang mana beneran deh, mereka pada keluar rumah semua,persiapan puasa kayaknya. T___T. failed banget. Tapi untungnya siangnya udah balik, jadi nyampe juga tuh bento ke temen - temen Tara.

Abis itu, baru deh kami sekeluarga, saya, papanya, Tara, dek Divya, wawak sama mba Tara keliling-keliling kota sambil bawa bento buat dibagi-bagi ke anak jalanan. 

Iya, akhirnya diputusin bagi-bagi bento ke anak jalanan aja,soalnya anak-anak pantinya sibuk juga, ada diundang acara kemana gitu. Gile yaaah, menjelang puasa semua orang sibuk pake banget.

Sepanjang jalan yang bagiin bento tuh Tara, hadeeeh ni anak heboh banget,hepi sekali dia. dari jendela mobil aja bagi-baginya, ngga turun, soanya kan di lampu merah.

Ngga sempet difoto sih, sonya takut menyinggung perasaan orang dan dikira ngapain lagi ntar.

Lama juga muter-muter, karena ternyata di Medan. nyari anak jalanan menjelang puasa gitu susah cyiiin, entah pada kemana mereka semua. Hampir maghrib baru deh tuh bento kelar dibagiin ,Alhamdulillah.

Seneng banget  si Tara sepertinya. Pas bentoya abis aja, dia yang mau nangis gitu, " Lagi bundaa.... lagi..... Hahaha, mungkin dipikir Tara itu semacam permainan atau apa.

Anak jalanannya ga dikasi souvenir, soalnya souvenirya belum nyampe. Ni baru dikirim, dan rencananya mau dikasi ke anak panti yang kemarin batal dikasih bento.

Huaaah akhirnya kelar juga. Seneng banget,Tara tetap bisa berbagi pas ulangtahunnya, walau persiapannya mefet banget. 

Saya sebenarnya ngga yang gimana-gimana soal merayakan ultah anak. Ada rezeki ya bikin acar kecil-kecil, ngga ada ya ga apa, ngga wajiblah. Dari kecil ga pernah dirayain sih ultah saya. Tapi karena si Tara ini kalo mau ultah hebohnya minta ampun jadi ya sekalian kita ajaklah dia berbagi. Ngga tau juga doi ngerti apa ngga konsep berbaginya. yang penting dia seneng ajalah dulu. 

Kapan-kapan sih pengen bikin acara bareng teman-teman kantor, tapi ntar ajalah kalau Taranya udah ngerti, kalau sekarang ngga mesti ultah, kalau main ke rumah temennya ya hepi-hepi aja anaknya.

Gimana, menurut kalian?  Seru juga kan, acara ultah dengan persiapan mefet gitu. Yang penting niat awalnya terlaksana, Tara hepi, bunda papa ngga rempong, nyiahahaha.

So, yang mau bikin acara untuk anaknya tapi ga mau ribet,cuss ikutin cara emak pemalas ini hahahaha

Aniwey, sehat-sehat ya anak bunda sayang. Murah rezeki, jadi anak solehah, dan berbakti bagi agama, nusa dan bangsa . Doa emaknya klise banget yah, lol.

12 comments on "6 Tips Praktis Merayakan Ultah Anak"
  1. Selamat ulang tahun Taraaa... Sehat selalu & jadi kebanggaan Bunda dan Ayah yaa...
    Luna mauu dikirimin goodie bag Hello Kitty-nyaaa dongg... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi tanteee. Gudibeknya dah abis, xixixixixi

      Delete
  2. Happy Bday Tara, moga makin pintar. Mbak itu bentonya menggoda, tapi sayang buat dimakan, kreatif banget. ANak2 pastinya seneng ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lucu banget ya bentonya. Aku juga sayang makannya hahaha

      Delete
  3. Bentonya itu loh, aku pengen doraemon
    anak aku kan cowok, doraemon banget
    pas ultah setahun kemaren juga cuma keluarga,
    dan ini bisa jadi referensi buat ultah juna yang kedua nanti... thankyuuu mak windi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya maaak. Lucu lucu kalo makanannya bento gitu
      Biaa request karakt3r soale

      Delete
  4. Suer naksir banget sama tasnya. Warnanya bagus dan rapih ya, Win. Lucu bangeeettt

    ReplyDelete
  5. Hai mba,salam kenal. Sy jg orang Rantauprapat hehehe. Rapi skrg tinggal di Depok. Semoga ntr kl Mudik bs ketemuan ya.

    ReplyDelete
  6. Hai mba,salam kenal. Sy jg orang Rantauprapat hehehe. Rapi skrg tinggal di Depok. Semoga ntr kl Mudik bs ketemuan ya.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sudah berbagi ilmu. Semoga bermanfaat dan salam sukses buat anda..

    ReplyDelete
  8. terima kasih.. saya sangat terinspirasi saat baca artikel ini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature