Cepatnya Pesan Taksi Via Aplikasi My Blue Bird

Wednesday, June 22, 2016


Hal yang paling tidak saya sukai saat akan menggunakan moda taksi kemana-mana itu adalah lamanya waktu menunggu si taksi datang.

Yang harus kita lakukan itu, pertama nelfon dulu ke call centernya. Untuk nelfon saja sudah makan waktu bermenit-menit, apalagi saat jam sibuk, jam pergi kantor atau jam pulang kantor, wedeeew lamaaa nunggu telfon diangkat.


Kalaupun telah diangkat, masih harus bersabar lagi sampai mereka menemukan taksi yang ada di sekitar kita dan sedang kosong.

Taksi udah dapat, masih menunggu lagi hingga akhirnya si taksi sampai di depan rumah or di depan kantor atau di tempat pick up.

Jadi selama ini kalau mau naik taksi, saya pasti prepare setengah jam-an sebelum waktu pergi udah harus order. Misal ke kantor harus berangkat jam 7 pagi, maka pesen taksinya paling lambat jam setengah tujuh biar ga telat.

Demikian juga kalau mau naik taksi saat pulang kantor. Wah perjuangannya boook buat dapat taksi, warbiasyak.

Kadang pas kebetuan harus naik taksi ke kantor, setengah jam sebelum jam pulang kantor udah pasang kuda-kuda buat order taksi.

Makanya kalau masih bisa, diupayakan ngantor pakai kendaraan sendiri aja.

Nah beberapa hari ini saya terpaksa ngga bawa kendaraan ke kantor, pasalnya setiap pagi bawaan saya ngantuk berat, takut kenapa-kenapa saat nyetir jadi ditawarin suami buat diantar aja ke kantor. Ya udahlah saya sih mau mau aja, asik banget lagi kerja diantar suami, bisa sekalian ngobrol di jalan.

Minta diantar suami ajalah ke kantor

Pulangnya, saya minta jemput dong. Hari pertama dijemput suami, kami nyampe rumah udah maghrib, malah buka di jalan, Soalnya kantor saya kan letaknya lebih jauh dari kantor suami dan bukan searah rumah kami, jadi rutenya malah bolak balik.

Besoknya saya ngga mau lagi dijemput, saya putusin buat pulang sendiri aja,biar lebih cepat, ngga perlu nunggu-nunggu suami lagi.

Gitu jam pulang kantor, saya segera order taxi via telepon. Dan benarlah seperti dugaan saya, susah sekali nyambung ke operator.

Saat itu saya ingat, kalau saya pernah baca bahwa blue bird mengeluarkan aplikasi terbaru my blue bird untuk pemesanan armadanya.

Segera saya install aplikasinya di hape saat itu juga melalui play store.

Gampang banget mah installnya.

Cari My Blue Bird, install, Registrasi dengan memasukkan data diri berupa nama, alamat email dan no telepon.


Ntar kita harus masukkan kode verifikasi yang dikirim ke hape. Lalu pilih metode pembayaran. Saya pilih cash aja. Ada juga cara pembayaran lain yaitu dengan menggunakan voucher blue bird, tapi karena saya ga punya, jadi pilih cash.



Trus biar gampang, saya masukin dulu data alamat pick up, yaitu kantor saya, biar jadi alamat pickup permanen.

Setelah itu saya langsung mencoba booking taxi via aplikasi tadi.

Saya pikir bakal lama juga, ternyata surprise banget, dalam hitungan detik saya udah dapat taksi, horeeee.

Mana prosesnya gampang banget.

Saya cuma masuk ke aplikasi, langsung di layar muncul peta kayak google maps itu.


Pilih tempat pick up, muncul deh lambang blue bird yang mewakili taxi blue bird di sekitaran kita.

Kemudian pilih alamat drop off, keluar deh keterangan berupa jarak dan estimasi argo untuk rute yang kita pilih.


Trus klik button booking . Ntar muncul pilihan now or later, saya pilih now karena memang butuh taksinya sekarang. Klik Book blue bird now.


And, ngga sampe 5 detik langsung muncul dilayar kalau saya udah dapat taksinya, komplit dengan nama supir, fotonya, beserta no mobil.  Terlihat juga di peta posisi taksi sedang ada dimana.

Perhatikan jam di hape saya itu. Cepet banget kan dapet drivernya

Wah hepi banget saya, kirain bakal lama tadi,mengingat itu jam hectic banget karena jam pulang kantor dan mau berbuka puasa pulak.

Ngga lama, telepon saya berbunyi, dari si supir taksi, memastikan lokasi pick up saya. Sekalianlah saya nanya posisi blio udah dimana, pengen ngecek sesuai ngga dengan di aplikasi. Oke klop, ternyata memang udah deket banget, . langsung deh siap-siap ke lobi kantor biar bisa langsung berangkat.

Beberapa menit kemudian taksinya nyampe, saya lihat no pintu mobil sama dengan yang di aplikasi,yo wis langsung masuk ke taksi, berangkat baaaaang.


Di jalan , saya ngobrol dong sama supir taksinya yang ramah banget. Kepo sih kok bisa pake aplikasi gitu jadi cepet banget dapat taksinya beda kalau order via telepon ke call center.

Oleh abangnya saya ditunjukin alat yang dipasang di setiap mobil blue bird, semacam monitor hape gitu.



Jadi tiap ada customer yang order via aplikasi, langsung muncul datanya di layar. Yang muncul di layar itu nama, sama alamat penjemputan.

Nah supir taksi yang berada di dekat alamat pick up di order tersebut bisa langsung ambil tuh ordernya dengan memencet tombol yang ada. Jadi siapa cepat dia dapat.  Makanya bisa cepet banget saya dapat taksinya, karena actionnya langsung dari si supir taksi. Iya dong, kalau pas berada di sekitaran alamat pick up, ngapain juga ga diambil. rugi banget.

Oya FYI. Saat driver nelfon kita untuk memastikan alamat pick up, mereka bukan nelfon dari hapenya lho, tapi dari alat monitornya itu. Jadi nomor hape kita tetap aman deh.

Di jalan si bapak menanyakan ke saya,rute yang ingin saya tempuh lewat mana.

" Lho kan tadi udah ada pak di GPS aplikasinya pak,  kok nanya lagi" taya saya.

Soale saya kira rute harus sesuai yang tertera di GPS

" Ngga bu, kalau rute terserah tamu, mana yang paling dekat. Kalau boleh saya saranin, kita ke rumah ibu lewat Gatsu aja ya bu, trus ke Sunggal baru ke ringroad. Sebenarnya kalau secara jarak lebih dekat dari USU  terus ke Setia Budi sih bu, tapi lewat sana macet, kalau lewat Gatsu agak jauhan dikit tapi lebih lancar" jelas si bapak.

Ya udah saya langsung pilih lewat Gatsu, karena memang rute saya selama ini ya lewat situ.

Seneng deh dapat supir kayak si bapak, dikasih pilihan yang paling menguntungkan dan nyaman untuk penumpangnya. Kata si bapak, biar penumpangnya kena charge paling minimal aja.

Add caption

Sip deh pak.

Setengah jam kemudian, sampai juga saya di rumah. Pas ngecek argonya, ngga meleset dari estimasi harga di awal.

Iya, jadi di aplikasi itu cuma estimasi harga aja, seterusnya tarif taksi tetap mengikuti argo yang tertera, jadi bukan harga fixed ya yang di aplikasi tersebut, jangan salah. Tapi ngga meleset kok dari perkiraan.

Setelah sampai tujuan,jangan lupa masuk aplikasi lagi,  kasih rating untuk driver dan klik done untuk mengakhiri.



Saya nyampe rumah hari masih sore, masih sejaman lagi menuju buka puasa. Gitu denger ada suara mobil berhenti di depan rumah, anak saya Tara langsung keluar dan menyambut saya, " Bunda pulaaaang" Teriaknya.



Langsung hilang deh semua lelah di kantor tadi. Saya lihat mobil suami juga udah parkir di rumah, berarti doi dah pulang juga. Untung kan saya pilih pulang naik taksi daripada nunggu dijemput, jadi lebih cepat tiba di rumahnya, dan bisa buka puasa bareng di rumah.

Beberapa saat kemudian saya terima email pemberitahuan pembayaran taksi tadi.



Gara-gara pengalaman itu, besoknya saya jadi asik-asik aja kalau harus naik taksi lagi dari kantor, soalnya cepet sih dapat taksinya.

Biar ga penasaran, nih saya jembrengin tentang aplikasi my blue bird ini.

APLIKASI MY BLUE BIRD

Jadi ini adalah aplikasi untuk memudahkan kita memesan taksi blue bird. Selama ini kan kita selalu order taksi via call center, nah sekarang ada pilihan lain yaitu via aplikasi. 

Bisa diinstall di android melalui play store atau di IOS via appstore. Gratis.

Di dalam aplikasi my blue bird ini ada 3 menu utama,yaitu

1. Booking

Untuk melakukan booking taxi saat kita membutuhkannya. Caranya seperti yang saya ceritakan di atas. Kita cukup masukkan alamat pick up, alamat drop off,klik booking, ntar muncul nama supir dan no taksinya, tunggu telfonnya, tunggu taksi, jalan deh. Nyampe rumah, bayar,kasih rating ke drivernya, done.



2. History

Setelah kita klik done saat sampai di tujuan, maka perjalanan kita tadi masuk jadi data di history.

Ga cuma perjalanan yang sukes terjadi sih,pemesanan gagal,pun masuk jadi data history juga. Ini sepertinya sebagai bahan evaluasi sama perusahaan, jika terlalu banyak bookingan  batal. Soalnya kalau mau batalin order kita harus masukkan alasan pembatalan. Entah karena terlalu lama mendapat respon, atau karena kita mengganti alamat pick up, atau karena alasan lain.



3. Payment

Menu ketiga yaitu payment. Metode pembayarannya ada dua macam, yaitu cash dan pakai voucher. Voucher ini bisa kita dapatkan dengan membeli di blue bird, atau biasanya dikasih sama perusahaan. Kan ada tuh beberapa perusahaan yang ngasih pegawainya uang pengganti transport dalam bentuk voucher blue bird. Nah ini bisa digunakan, dengan memasukkan kode vouchernya. Jadi ga perlu bayar cash.

Itu menu yang ada di aplikasi. Trus apa aja nih keuntungan pakai aplikasi my blue bird?

KELEBIHAN DAN KEUNTUNGAN 

Kelebihan pesan taksi pakai aplikasi my blue bird antara lain:

1. Gampang

Iya gampang banget, cuma klik klik doang, ngga rempong harus nelfon call center segala. Bahkan kalau ada teman kita yang belum install aplikasi mau pesen taksi, bisa banget kita pesankan barengan kita. Soalnya ada fitur Advance and multiple booking. Bisa jadi amal soleh nih di bulan puasa, kalau kebetulan lihat orang atau temen yang lagi kesusahan mesen taksi.



2. Hemat

Iyalah kan cuma modal login ke aplikasi doang. Apalagi kalo di kantor ada wifi, gratis deh jadinya. Kalau via telepon kan harus kena biaya pulsa.

3. Cepat

Nah ini yang paling saya suka, cepet banget dapet taksinya. Jadi kapan perlu bisa langsung pesan, ngga harus pesan setengah jam-an sebelumnya kayak biasanya.

Dan karena cara ngegrab order itu adalah si driver yang paling dekat dengan tempat pick up kita, jadi taksinya juga datangnya lebih cepat.

4. Bisa Tracking Posisi Taxi

Sebelum memesan, kita bisa lihat dulu ada berapa banyak taksi yang berada di sekitaran lokasi kita melalui fitur see nearby taxy. Jadi sebelum memutuskan mau booking, kita udah tahu duluan kira-kira armada taksinya tersedia ga di lokasi kita.



Abis mesen, dapet taksi , kita juga bisa lihat taksi kita udah berada dimana melalui fitur Tracking system & call driver.

Jadi misal nunggu di kantor, bisa memperkirakan kapan harus turun ke lobi kantor. Atau kalau pesan dari rumah, bisa perkiraan waktu dandan, xixixi. Jadi ngga akan ada cerita, kelamaan nunggu, bete karena ga tau dimana posisi taksinya. Untuk memastikan lagi, bisa telepon langsung ke drivernya. Jangan khawatir, no hape kita akan aman, soalnya yang kita telepon bukan nomor pribadi si driver kok.



5. Aman

Sebenarnya nama Blue Bird sendiri sudah merupakan jaminan kemanan untuk taksi. Dari dulu kalau pakai taksi saya memang ngga pernah pakai merk lain. Saya mah cemen, ngga berani coba-coba.

Ditambah lagi dengan aplikasi ini jadi makin aman. Karena kita bisa langsung lihat data drivernya.  Trus ada fitur share my journey juga di aplikasi ini. Jadi saat kita bepergian, tinggal share tuh perjalanan kita ke sosmed yang kita miliki atau ke WA pasangan misalnya.


Bukan buat pamer lagi naik taksi, tapi biar kalau kenapa-kenapa (amit amit jabang bayi) minimal ada yang tahu keberadaan kita. Ini penting banget lho di jaman sekarang. Bikin lebih tenang aja walau berpergian sendiri naik taksi.

saya share di facebook


kalau sudah sampai,
di sosmed munculnya gini
Fitur Share my Journey ini juga, membantu saat kita misalnya nyasar nih. Contohnya kalo saya lagi ada dinas ke luar kota, kalau ga nemu alamat yang dituju ya tinggal kirim aja posisi kita pakai fitur ini, jadi, teman atau rekan kerja kita bisa memandu mengarahkan alamatnya.

Selain itu, bisa juga jadi alat bukti kalau kita beneran lagi di perjalanan. Kayak suami saya kemarin,

" Adek udah dimana nih,masih lama ga pulangnya"

" Dah di jalan mas, nyampe depan kerfur, tuh lihat aja posisi ade".

Pssst ini juga bisa jadi alibi lho kalau kita janjian dan orang yang nunggu ga percaya kita dah otewe,xixixi.

Trus kenapa juga lebih aman naik taksi via order begini?

Karena kalau di kota besar tuh kadang banyak taksi gadungan. Kalau kita nyetop di jalan, kita ga bisa pastiin itu beneran taksi blue bird atau bukan. Nah kalau pakai aplikasi gini kan jelas, karena ada foto driver dan no pintu taksi, jadi inshaa Allah lebih aman. Kalau udah aman perjalanan jadi lebih tenang.

Ngga ada salahnya kan berhati-hati.

6. Estimasi Biaya

Nah ini yang penting. Siapa disini yang kalau naik taksi matanya ga lepas dari argometer? 

Hayooo ngaku. hahaha. Saya juga gitu sih.

Nah di aplikasi my blue bird, saat kita masih masukin alamat pick up dan drop off aja, langsung keluar tuh estimasi harganya. Jadi bisa buat ancer-ancer bagi penumpang, ngga ujug-ujug kaget pas bayar.

Bagi yang butuh struk taksinya untuk direimburse di kantor juga ga perlu ribet nyimpen struk, karena nanti setelah selesai perjalanan dan sampai tujuan, e-receipt akan dikirim ke email pribadi kita.


Ini karena ada fitur Fare Estimation & E- receipt




7. Lebih Gampang Nentuin Rute Perjalanan

Karena langsung kelihatan rute perjalanan di peta dan GPS, sebagai penumpang kita jadi bisa request mau lewat mana,yang paling dekat dan paling cepat tentunya, biar argonya makin ekonomis. Ngga ada kejadian deh dibawa putar-putar sama driver.

8. Testimoni

Nah di akhir perjalanan, kita bisa kasih penilaian langsung ke drivernya dengan memasukkan berapa rating bintang yang kita kasih melalui fitur Driver Rating .



Kalau puas ya kasih aja banyak bintangnya. Saya kemarin puas banget sama si bapak, langsung kasih 5 bintang.



Ini bagus sih, biar drivernya juga lebih aware sama pelayanan kepada penumpang, karena dia dinilai langsung dan penilaiannya bisa kelihatan langsung di aplikasi. 

Nah itu sih menurut saya keuntungan kalau pesan taksi via aplikasi my blue bird.

Ada kelebihan tentulah ada kekurangan.

SARAN 

Hmm sejauh ini sih aplikasinya udah lumayan oke, ringan juga di android, response cepat dan tampilannya oke, ngga banyak printilan jadi memudahkan kita buat memilih menunya.

Fitur Share Journey

Palingan itu, fitur share journeynya ngga kelihatan. Jadi kalau ga scroll sampe bawah, pelanggan ga akan tahu ada fitur itu. Padahal fitur ini penting lho diketahui pelanggan. Mungkin bisa diletakkan di posisi samping kanan aja biar langsung terlihat.



Payment

Mungkin untuk menu payment bisa ditambahi dengan payment via top up kerjasama dengan  bank gitu, jadi ga cuma yang dapat voucher dari perusahaan aja yang bisa pakai.

Lagipula kalau ada menu payment yang bisa di top up, pelanggan akan membayar hanya sejumlah tagihan argo. Ga akan ada alasan ga ada kembalian dan ujung-ujungnya harus membayar lebih mahal. 

Masalah pelanggan mau kasih tips itu urusan lain, tapi pembayaran tetap sesuai tagihan. Biar sama-sama enak, dan pelanggan ga merasa dirugikan gara-gara uang kembalian.

Itu aja sih kalau pun ada yang harus diperbaiki.

Secara keseluruhan, saya seneng banget dan merasa terbantu dengan adanya aplikasi my blue bird ini. Jadi sekarang mau kemana-mana naik taksi jadi lebih gampang dan lebih pasti.

Kamu harus coba juga nih aplikasi my blue bird untuk pengalaman naik taksi yang menyenangkan.

Yuuukss install aplikasinya
13 comments on "Cepatnya Pesan Taksi Via Aplikasi My Blue Bird"
  1. Aduh itu bapak drivernya senyumnya aduhai kali wkwkwk. Sakseis, sist!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenkyu siiis. ya iyalah dia selfie bareng aku gitu lho hahaha

      Delete
  2. Seneng deh kalau Blue Bird bisa dipesan secepat itu. Tapi aku juga kalau mau ke bandara, dari rumah lebih milih blue bird kalau pesawat pagi. Lebih cepat dan bisa diandalkan, mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener mbaa. blue bird jg dipesan malam sebelunya lho

      Delete
  3. akhirnyaa ada aplikasi begini nya juga.. ga demo demo lagi deh supirnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaa, seneng juga ada aplikasi gini, mempermudah pelanggan

      Delete
  4. Lengkap deh Windi ulasanmu. Good luck ya Win. Naik BlueBird emang mantap ya

    ReplyDelete
  5. Lengkap deh Windi ulasanmu. Good luck ya Win. Naik BlueBird emang mantap ya

    ReplyDelete
  6. wauww lengkap banget pembahasannya hihi, simpen ah kalau lagi butuh bingung"sama peraplikasian blue bird baca lagi haha :D *EfekSukaPelupa*

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  7. Sebagai perusahaan taksi yang berpengalaman ditambah aplikasi yang kekinian wuaah makin Joos ni Blue Bird

    ReplyDelete
  8. Tapi itu bisa minta struk aslinya ngga kalo pesen via online ?

    ReplyDelete
  9. makin joss dah Blue Bird, dengan paduan pengalaman dan teknologi yakin Blue Bird akan semakin berkembang. Apalagi ditambah dengan keramahan para Call Center yang ramah, yakin deh pelanggan jadi tambah betah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature