Tips Mengatasi Bayi Bingung Puting

Saturday, February 20, 2016
Tips mengatasi bayi bingung puting.

Ini sambungan postingan tentang bingung puting kemarin 


Bagi ibu bekerja yang baru punya bayi, masalah yang harus cepat dipikirkan sebelum masuk kantor, selain masalah stok ASIP adalah masalah pilih-pilih dot yang kalau sampai salah pilih bisa menimbulkan drama baru di kehidupan persusuannya, halah.,

Iyaa, bener lho, pilih-pilih dot bayi itu gampang-gampang susah. Pada kondisi tertentu, kalau sampai salah pilih bisa menyebabkan terjadinya hal yang paling ditakutkan ibu-ibu sedunia, yaitu bingung puting.



Bingung puting itu adalah suatu kondisi dimana bayi menolak menyusu langsung ke payudara ibu dan lebih memilih dot . Duh jangan sampai kejadian deh.

Dulu, saat anak pertama Tara, saya ngga bisa ASI Eksklusif karena satu dan lain hal, jadi pemakaian dot susu mau ngga mau harus dipilih. Untungnya yah Tara anaknya itu gampangan, jadi drama bingung puting ngga pernah terjadi.

( Baca : Anak Saya Minum Sufor, Memangnya kenapa? )

Berdasar pengalaman Tara dulu, jadi saya santai banget pas anak kedua ini. 

Alhamdulillah, sampai saat ini si dede Divya masih full ASI, samsek belum ada kena sufor. Soalnya dari rumah sakit pas melahirkan kemarin pun saya pilih rawat gabung. Udah anak kedua, emaknya lebih tenang, jadi walau malamnya Divya nangis karena ASI belum keluar, saya ngga panikan, stay cool tetep nenenin dia. Ngga kejadian deh kayak Tara yang langsung diserahkan ke perawat begitu nangis. Memang pengalaman itu guru yang paling yahud.

Selama cuti ini, beberapa kali ada saat dimana saya harus keluar rumah dan meninggalkan si dede di rumah bersama pengasuhnya. Mau ngga mau harus minum ASIP yang sudah saya siapkan sebelumnya.

Walau udah anak kedua dan udah pengalaman, saya tetap hati-hati dong dalam hal pemberian ASIP, Sama seperti Tara dulu, awal-awal kasih ASIP saya pakai Calma untuk latihan si dede. Tujuannya juga biar ngga bingung puting.

Sebelum pergi, saya sudah pesankan ke si wawak yang jaga dede untuk pakai Calma.

Setelah selesai urusan di luar, kembali ke rumah, saya langsung nenenin Divya ke payudara. Tapi.... tapi, ada yang aneh, Divya menolak menyusu. Wajahnya dijauh-jauhkan gitu dari payudara saya. Berkali-kali disodorkan tetap ngga mau, malah geleng-geleng kepala.

Bayiku ngga mau nyusu di payudaraku, hwaaaaaa. Iya, si dede Divya mengalami bingung puting. Gitu disodorin payudara, kepalanya geleng kiri geleng kanan, ngga mau mendekat, kayak yang frustasi gitu dia, Jadi pas saya sodorin, nempel bentar, trus dilepeh, geleng-geleng kepala sambil nangis meraung-raung.

Awalnya masih sabar, coba lagi, ngga mau juga, sampai frustasi dan emosi saya. Karena si dede nangisnya makin kenceng, untuk menenangkan diri, saya kasihkan dulu dia ke si wawak, biar saya tenang dulu maksudnya.

" Bu, mungkin dikasih susu pake botol aja" Kata si wawak

" Iya wak, coba deh kasih ASIP dulu" kata saya

Pas disitulah saya lihat si wawak ngasih ASIP nya pakai dot susu biasa, bukan pakai calma seperti yang saya suruh.

" Lho kok pakai dot itu wak, kan saya bilang pakai yang ini (sambil nunjukin Calma)

" Abis susah keluarnya bu susunya, adeknya ngga sabar, nangis, jadi wawak kasih pakai dot biasa aja"

Duuuuh, mau marah tapi ngga tega. Maklum soalnya si wawak kan udah tua, dan jaman dulu mungkin ga tau istilah bingung puting jadi ga mikir sampai segitunya. Lagian salah saya juga ngga menjelaskan kenapa harus pakai dot calma bukan yang lain.

Selama seharian itu si dede ngga mau nyusu ke saya ,nangis terus karena haus . Sampai nyesel banget deh saya kok tadi keluar rumah.

" Mungkin ibu ketempelan  makhluk halus kali, makanya dedenya ga mau nyusu, bawa ke orangtua aja bu"

" Whaaaat !!!"., hadeeh, lngsung pusing pala berbie.

Hmmm ketempelan makhluk halus?

Oke skip. Saya ngga percaya sama yang gituan, tapi saya ga mau bantah juga lah, biarin aja. Yang penting gimana si dede biar mau nyusu lagi. Selama dua harian si dede rewel terus, tiap dikasih puting nolak, geleng kanan geleng kiri. Emaknya stress.

Ternyata bayi yang mengalami bingung puting itu memang benar-benar membuat ibunya bingung, hiks. Sempat mau nyerah sih dan ngasih dot biasa aja biar dedenya diem. Tapi saya khawatir, ntar kalau dikasi dot malah dia ngga mau nyusu sama sekali ke saya.

Jadi, akhirnya saya tega-tegain deh. Saya biarin aja dede Divya nangis, sambil terus berusaha di nenenin. Coba ditimang-timang dan digendong pake jarik, si dede meronta-ronta. Tapi saya tetep keukeh ngga mau kasih dot, akhirnya si dede ketiduran juga karena kecapekan.

Begitu bangun nangis lagi karena haus, saya coba susuin lagi, masih nolak, saya coba terus, sampai akhirnya si dede mau juga nemplok di puting, tapi ngga mau ngisep, nemplok doang, tapi lumayan, dia jadi ngga nangis lagi. Ditimang-timang ketiduran lagi.

Bangun, saya coba lagi. Mungkin karena lapar berat akhirnya si dede mau membuka mulutnya dan menyusu ke saya. Hwaaaaaaa senangnya luar biasa, sampe terharu biru, berasa ketemu kekasih yang hilang.

Akhirnya setelah dua hari dede Divya menolak saya, akhirnya kami engagement lagi, kiss kiss baby Divya.

Nah, bagi bu ibu  yang punya atau akan punya bayi, biar ngga mengalami yang namanya bingug puting, perhatikan hal-hal berikut :


  • Setiap bayi itu berbeda. Bisa jadi pas anak pertama, mau dikasih dot apapun, bahkan sejak brojol langsung dikasih dot pun ngga mengalami masalah, tapi bisa jadi anak kedua tidak seperti itu. Jadi selalu berjaga-jaga untuk kemungkinan terburuk.
  • Selalu lakukan tindakan preventif. Jika bayi memang terpaksa tidak menyusu di payudara ibu entah karena bekerja atau karena ibu ada keperluan keluar, pakailah media yang minim risiko bingung puting seperti cup feeder atau sendok.
  • Namun, tak bisa dipungkiri pemberian ASIP atau susu menggunakan cup feeder atau sendok agak repot, jadi pastikan yang akan  melakukannya paham dan mengerti dulu. Jangan sampai daripada ngga mau repot, anak kita malah ga dikasih susu.
  • Jika ingin menggunakan dot, pilihlah dot yang susunya keluar kalau dihisap, bukan yang langsung mengalir begitu dot ditunggingkan. Awal-awal mungkin susah tapi kalau bayi sudah terbiasa jadi lebih mudah.
  • Tetap susui bayi secara langsung ke payudara ibu begitu ibu berada bersama bayi.
Kalau pakai latihan dulu, Insha Allah bingung puting ga akan terjadi. Tapi tetap yah seperti saya bilang, ngga ada yang bisa mastikan mana bayi yang bakal bingung puting atau ngga, karena setiap bayi beda-beda.

Nah, kalau ternyata bayi kita sudah terlanjur bingung puting, lakukan hal-hal berikut :

  • Jangan panik, tetap tenang, karena kalau kita panik, bayi bakal lebih rewel
  • Sementara kasihkan dulu bayi ke orang lain kalau pas lagi ngamuk-ngamuknya, biar si ibu terjaga emosinya.
  • Walau ngga tega, jangan nyerah dan langsung kasih dot ke bayi, tetap sorongkan puting ke bayi. Ngga mau, coba lagi, ngga mau coba lagi, tapi jangan sampai menyakiti bayi
  • Mungkin akan berlangsung selama satu atau dua hari bayi tetap ngga mau nenen, sabar aja dicoba terus.
  • InshaAllah  dalam satu atau dua hari bayi sudah mau lagi menyusu. Awalnya mungkin karena lapar berat lama-lama karena dia udah merasa nyaman kembali.
  • Selama bayi tidak mau menyusu di payudara, pompa asi. Tujuannya biar si ibu ga kesakitan dan untuk tetap menjaga produktifitas ASI

Yang penting ya moms, jangan pernah mengatakan " ih anakku dulu biasa aja lo dikasih dot apa aja mau nen juga" pada ibu yang anaknya bingung puting. Ntar bisa ditabok kamu hahahaha.

Emak-emak lain punya cerita tentang bayinya yang bingung puting ngga?



11 comments on "Tips Mengatasi Bayi Bingung Puting"
  1. Ohh ada toh bingung puting, baru tau saya. berarti anak saya dulu bingung dot mbak. Soalnya gak mau nyusu selain ASI.

    ReplyDelete
  2. Perjuangannya bener2 diuji ya, Mbak. Hiks.. Kasian si bebi juga ibunya :(
    Dulu waktu anak pertama saya juga gitu. Dan krn blm pengalaman, akhirnya saya nyerah, minum pake dot, sufor pula. Alhamdulillah anak kedua lancar nenen ASI eksklusif :)

    ReplyDelete
  3. Ankku yg pertama malah ga mau ngedot. Karena ga dikenalin juga sih. Pas udah balita jadinya mau dikenalin ya udah telat, minumnya pake sedotan sm gelas, dlu asix. Nh yang kedua krn ditinggal 2jam an sekolah terus pulang terus masuk lagi kelasnya 2jam jadi nyobain dot untung ga bingput. Pakai cupfeeder juga sih. Malah pernah nursing strike anak pertma. Ga mau nyusu ga tahu kenapa. Entah krn pas LDR keblebekan terus kesal atau apa

    ReplyDelete
  4. akhirnyaaa.....bener2 harus sabar ya mbak,makaish tipsnya^^

    ReplyDelete
  5. Believe it or not, kakak ku begitu makk.. Baby nya gak mw nyusu dari awal sampai sekarang ini 2 tahun umurnya. Akhirnya sufor, ada yang bilang, emakknya kena bla bla bla gitu sehingga baby nya ogah nyusu.. Kebetulan asi nya juga sedikit, apa mungkin karena sedikit ya? Hehehe..

    ReplyDelete
  6. wahhh, ada yang beginian juga ya? padahal bayi, harusnya secara alami nyusu kan mbak?

    ReplyDelete
  7. Pas banget dengan kondisi saya sekarang. Mau ditega2in biarin dia laper banget tapi hati ga tega. Selalu berujung dengan kasih dot lagi. Nanti aku mau coba cara kakak di atas. Aminkan berhasil. Terima kasih.😊

    ReplyDelete
  8. Pas banget dengan kondisi saya sekarang. Mau ditega2in biarin dia laper banget tapi hati ga tega. Selalu berujung dengan kasih dot lagi. Nanti aku mau coba cara kakak di atas. Aminkan berhasil. Terima kasih.😊

    ReplyDelete
  9. Mba ini barusan banget saya alami..
    Anak kedua saya usia 7,5 bulan, dan sejak saya masuk kerja usia anak 3,5 bulan sudah pakai dot untum minum asip..
    Umur 6 bulan lulus asip, dan stok asi habis terpaksa campur pakai sufor, dan selama saya dikantor anak kedua saya ini minum susu di dot, tapi pas saya ada dirumah pasti selalu nyusu langsung dan ga pernah ada masalah..

    Nah dari tadi malem tiba2 anak saya gamau nyusu langsung, selalu buang muka dan dilepeh sampai nangis kejer, gatau kenapa, sudah saya coba paksa untuk nyusu, sambil ditimang, digendong samoai dia bobo dan bangun lagi tetep gamau nyusu langsung, lalu saya perah susu saya dan kasih pakai sendok dia mau..

    Kenapa ya, jd kejadiannya itu pas malem2 pergi keluar, di mobil masih nyusu seperti biasa, tapi pas pulang ke rumah lagi tau2 menolak menyusu langsung..
    Sedih padahal baru 7,5 bulan..
    Dulu kakaknya walaupun campur sufor, tapi tetap minum asi dan disapih umur 23 bulan..

    ReplyDelete
  10. Mba ini barusan banget saya alami..
    Anak kedua saya usia 7,5 bulan, dan sejak saya masuk kerja usia anak 3,5 bulan sudah pakai dot untum minum asip..
    Umur 6 bulan lulus asip, dan stok asi habis terpaksa campur pakai sufor, dan selama saya dikantor anak kedua saya ini minum susu di dot, tapi pas saya ada dirumah pasti selalu nyusu langsung dan ga pernah ada masalah..

    Nah dari tadi malem tiba2 anak saya gamau nyusu langsung, selalu buang muka dan dilepeh sampai nangis kejer, gatau kenapa, sudah saya coba paksa untuk nyusu, sambil ditimang, digendong samoai dia bobo dan bangun lagi tetep gamau nyusu langsung, lalu saya perah susu saya dan kasih pakai sendok dia mau..

    Kenapa ya, jd kejadiannya itu pas malem2 pergi keluar, di mobil masih nyusu seperti biasa, tapi pas pulang ke rumah lagi tau2 menolak menyusu langsung..
    Sedih padahal baru 7,5 bulan..
    Dulu kakaknya walaupun campur sufor, tapi tetap minum asi dan disapih umur 23 bulan..

    ReplyDelete
  11. Aaahh mbak ini kejadian di saya...sudah hasil perah dikit anak bingung puting pula..stock sabaar butuh banyak pokoknya.pulang kerja pinginnya disambut baby nemplok nen dg tenang sprti pas masa cuti. Tapi skrg kebalikannya tiap haus nen selalu drama dia nangis nen lepas nen lepas akhirnya butuh ditimang2 sambil kaya lari2 joging gitu ibunya. Kalo dia sudah lelah baru mau nen dan itupun nen nya hanya disekitar puting. G da pilihan lain selain dot krn pengasuhnya bisanya dot drpd artku g krasan trus mnt berhenti jd saya ngalahi sprti ini. Salam kenal y mb sebelumnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature