Tentang Niche Blog

Wednesday, February 10, 2016
niche blog
gambar dari sini
Pentingkah sebuah blog memiliki Niche?

Astagaaa pertanyaan ini sebenarnya dah lama banget mengusik saya. Udah sering juga sih beberapa sohib blogger yang membahasnya.

Kadang-kadang kepikiran buat meniche kan blog, tapi akoooh belum sanggop, masih enakan nulis suka-suka sih, xixixi.

Nah kira-kira dua bulanan yang lalu ( dua bulan??) Kumpulan Emak Blogger menyelenggarakan Arisan Ilmu di Kota Medan tercintah dengan tema Niche Blog dan SEO

Iyaaa udah dua bulan, dan baru sekarang nulis reviewnya. Maaf ya mak, bukannya sok sibuk, tapi yah gitu deh, file oret-oreatnnya baru ketemu, ketelingsut entah dimana. #alasan.

Jadi, tanggal 06 Desember lalu, setelah sebelumnya diundur karena kabut asap yang menyelimuti Medan di bulan Nopmber, akhirnya bertempat di Cafe Ulee Kareng, Roadshow Arisan Ilmu Kumpulan Emak Blogger pun terlaksana.

Duh kalau inget behind the scene pelaksaannya, bersyukur banget deh akhirnya tuh acara jadi juga. Soalnya member KEB Medan kan ngga banyak yah, Cuma sekitar 8 orangan. Nah dari 8 orang ini, Saya, Mak Nisa, dan Mak Evi lagi hamil, Saya udah 8 bulan, mak Nisa 7 bulan, jadi yah gitu deh geraknya agak terbatas. Mak Nurul baru melahirkan belum bisa kemana mana, Mak Lia lagi sakit, Mak Molly baru kemalangan, Mak Eka ngga bisa datang, Cuma Pertiwi yang belum jadi emak-emak yang siap sedia tanpa ada halangan, hahahaha rempong banget kan maaaak.

But, Long Story Short, Akhirnya Arisan Ilmu dapat berjalan lancar, tentu saja kita ngga mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Biar tambah rame, komunitas blogger di Medan juga kita undang. Lumayan sekalian kenalan dan bersinergi antara komunitas, halah.


Arisan Ilmu KEB Medan
KEB Medan


Oke, maree kita bahas soal Niche Blog yang menjadi tema Arisan Ilmu kali ini.

Apa sih Niche itu?

Jadi Niche Blog itu semacam spesifikasi blog kita itu isinya tentang apa.

Misalnya nih, Blog kita Niche nya ke travelling, atau kuliner, atau Parenting, atau Finansial.

Pokoknya sebuah blog dibilang memiliki Niche, kalo jelas kategori dia itu apah. Bukan semacam blog gado-gado kayak blog saya ini.

Apa tujuan Niche Blog?

Wah banyak banget tujuannya.

  • Yang utama sih biar lebih mudah mengkategorikan blog kita.
  • Buat Personal Branding
  • Trus biar lebih mudah terindex oleh google, ujung-ujungnya ke SEO
  • Lebih mudah dicari Brand, yang ujungnya ke tawaran Job Rewiew atau kerjasama lain

Niche Blog juga sebenarnya memudahkan pemilik blog sendiri untuk menulis.

Misalnya nih, blognya Niche nya tentang parenting, kan jadi gampang tuh, ngga perlu mikir susah-susah, hari ini mau posting apa yah. Pokoknya all about parenting wae. Mak Indah sih kemarin mencontohkan blognya mak Grace Melia. Iyaaa blio kan tema blognya lebih ke parenting gitu, jadi imagenya udah melekat di benak kita, saat ngomongin mak Grace pasti kepikirannya blogger parenting. Ngga heran blio terpilih jadi semacam brand ambassador Mothercare. Iih bikin ngiri yah.

Blog yang sudah di niche kan memiliki beberapa kelebihan dibanding blog yang bertema lifestyle kayak blogger kebanyakan. Diantaranya :
  • Disukai mesin pencari /  google searching
  • Disukai advertiser atau brand
  • Mapan dalam ranking ( Alexa, google page rank)
  • Memiliki pembaca yang loyal

Banyak banget kan keuntungan me-niche-kan blog. Ujung-ujungnya tetep ke tawaran kerjsama ya bok.
Beberapa Niche Blog yang disukai atau sering dicari sebagai berikut :
  • Niche tentang Tutorial Blog
  • Niche blog tentang hobi
  • Niche blog tentang kesehatan
  • Niche blog tentang Teknologi
  • Niche blog tentang aneka tips
  • Niche blog tentang prenting
  • Niche blog tentang make-up

Dari satu niche blog, masih bisa lagi dipersempit. Misalnya Blog dengan Niche teknologi. Bisa dipecah lagi, menjadi khusus ngomongin smartphone atau khusus ngomongin komputer misalnya.

Semakin spesifik sebuah blog, maka sebenarnya semakin baik untuk ditemukan oleh google. Walau masih banyak yah indikator-indikator yang lain.

Terus gimana dong, kalau blog kita masih gado-gado gini?

Ya ngga apa juga sih, tapi memang dari hasil curi-curi ilmu saya ke beberapa blogger yang sudah advance , rata-rata mereka menyarankan agar sebuah blog itu minimal punya lah beberapa kategori yang spesifik, ngga acakadut banget gitu. Misalnya 3 kategori besar saja. Walau blog jenis kayak ini juga belum bisa dibilang memiliki Niche, minimal ngga absurd-absurd amat.

Tapi, untuk blogger yang memang nyamannya nulis suka-suka dan punya pikiran random, ya ngga apa juga nulis semua hal yang dia bisa, ntar juga lama-lama bakal ketemu yang mana yang paling dikuasai.

Tergantung tujuan ngeblog kita juga untuk apa.

Kalau untuk kepuasan pribadi, yah nulislah yang bikin kita hepi.

Kalau untuk ngejar traffic, tulislah yang disukai pembaca.

Kalau tujuannya untuk cari duit, ya tulis yang bisa mendatangkan duit, xixixi.

Gimana taunya?

Pakai Google Analytics dong ah. Dari google analytics ntar bisa diketahui, berapa range usia pembaca kita, jenis kelamin, dan key word apa saja yang menghantarkan mereka ke blog kita.

Kayak blog saya ini nih, setelah saya teliti ternyata traffic terbesar dari tulisan yang berbau-bau tentang BRI. Lhaaaa padahal saya Cuma sesekali nulis tentang BRI, ada di kategori cerita Bankir tuh, tapi ternyata itu yang paling banyak mendatangkan pengunjung organik alias bukan hasil BW tapi dari hasil pencarian di google. Jadi memang kalau mau ya harusnya saya banyakin nulis tentang BRI.

Oleh mak Indah dikasih bocoran bagaimana cara untuk menemukan dan menentukan niche blog kita :

Find A Need

Iya, cari tahu apa yang dibutuhkan pebaca dari blog kita. Kayak yang dibahas di atas, cari tahu dengan menggunakan google analytics, biar tahu traffic terbesar pembaca blog kita melalui keyword apa

Play to Your Strength

Jadi, biar ngeblognya juga asik, dan postingan kita berbobot, maka tulislah hal-hal yang kita kuasai. Kayak saya seharusnya banyak nulis tentang perbankan yah, tapi kok ya rada males, masih suka curcol aja, hahaha

Take Unique Approach

Biar spesifik gitu, walau misalnya sama-sama nulis tentang parenting tapi kita nulis hal-hal yang unik, yang belum banyak ditulis orang biar saingannya di page google juga dikit, jadi ada keumngkinan tulisan kita nangkring di page one.

Set High Goals

Ini maksudnya, ya walau ngeblog itu dibuat fun tetep harus ada tujuannya lah. Syukur-syukur tujuan kita ngeblog itu untuk memberi manfat bagi orang banyak, jadi kita ngisi blog kita juga ga ngasal. Agak dipikirin gitu isi tulisannya

Stay Up To Date

Nah ini penting banget. Blognya udah kece, niche nya unik, tapi jarang update ya sami mawon. Jadi tetep ya harus rajin update biar blognya ngga lumutan. Lagian bagi pembaca blog yang loyal, kalau beberapa kali main ke blog kita ternyata tulisan terakhirnya ditulis setahun yang lalu, lama-lama kita bakal kehilangan pembaca loyal, males berkunjung lagi, bloggernya aja malas, ngapain mampir ke blog pemalas, hahahah.

Tapi nih, ada tapinya. Blog ber niche juga memiliki beberapa kelemahan.

Apa saja itu?
  • Menuntut keprofesionalan pengelola blog
Iya, soalnya kan temanya udah spesifik tuh, jadi ya nulisnya kudu agak mendalam, ngga bisa Cuma kulit-kulitnya aja. Soalnya pembaca yang mampir di blog kita nyarinya juga udah spesifik
  • Ditinggalkan pembaca jika tidak update dengan fokus utama
  • Admin tidak boleh kekurangan ide
Yo wis, pokoke ber Niche atau ngga blog kita yang penting semangat ngeblog jangan sampai padam. Percuma juga udah di Niche niche kan kalo apdetnya setahun sekali.

Disamping tema Niche, Arisan Ilmu kemarin juga diisi oleh pakar SEO dari Medan, jadi kita sekalian belajar nih tentang SEO, ulasananya di postingan selanjutnya yah


32 comments on "Tentang Niche Blog"
  1. aku pun masih suka nulis yang random, mba. hihi. yang niche suka lama diupdatenya :D

    ReplyDelete
  2. nah niche itu sendiri kan mbak kita tentukan theme untuk blog kita sehingga gampang deh menulis

    klo awq niche nyaaaa

    ReplyDelete
  3. Blogger asal medan ternyata ngak bnyak tapi ttp kompak dong mak keren! Saya sih ngak niche apa aja saya nulis gado gado kadang karedok rujak gitu dah hahhaha

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah blog saya Keluarga Biru udah punya niche yaitu traveling kuliner dan parenting. Untuk gado2 atau random nulis di blog lain.

    ReplyDelete
  5. Duh aku msh suka2 nulisnya. Mau parenting blm punya anak wkwkwkw

    ReplyDelete
  6. wah bermanfaat banget sharingnya mak.
    kalo aku bikin blog niche supaya gampang aja. ngerasa kalo semua dijadiin satu nanti keramean :D

    ReplyDelete
  7. Awal bikin blog dulu sih ga kepikiran niche.. Tp memang aku cuma mw nulis ttg traveling dan kuliner TOK :D. Ya udhlah, keterusan ampe skr mba. Baru tau kalo yg bgini ini dinamakan niche :D

    ReplyDelete
  8. Aku blog nya juga isisnya gado2 mbak , salam kenal ya..aku asli medan juga ntr kpn2 kalo ke medan kita ketemuan yaa

    ReplyDelete
  9. Blogku masih, blog Indomaret mbak, semua ada, haha :D

    ReplyDelete
  10. punya satu blog yg berniche,hot wajan hehehe..itupun pindahan dari blog gado2,dan itupun ide dari mak kandi hehe

    ReplyDelete
  11. Wah kalo blog-ku isinya masih campur aduk, masih bingung mau pake tema niche apa. Untuk sekrang sih nulisnya masih suka-suka.

    Terima kasih tipsnya, mbak. \:D/

    ReplyDelete
  12. *baca sambil angguk-angguk* alhamdulillah tercerahkan lagi pikiran saya tentang dunia per-blog-an. Hihi. Makasi infonya ya Maaaak

    ReplyDelete
  13. Waah KEB Medan sedikit tapi bisa mengadakan arisan itu gimana ya? Pengen juga :) Niche blogku masih banyak tema MPASI hihihi...

    ReplyDelete
  14. nice sharing mbak, aku sendiri masih merasa blogku gado2 huhuhu

    ReplyDelete
  15. Masih bingung me-niche kan blog Mbak, maunya ke mana :(

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. senang baca beginian, sayang belum bisa diterapkan, khawatir gagal fokus nantinya

    ReplyDelete
  18. Keren yaa materi arisan ilmunya. Tapi saya sendiri masih bingung buat personal blog ini nichenya belom ada hehe

    ReplyDelete
  19. Jadi kepikiran untuk buat niche, tapi belajar konsisten nulis dulu deh hehehe

    ReplyDelete
  20. Setuju, niche blog yang jelas juga banyak dicari startup yang membutuhkan copy writer juga. Oh ya, sekalian mau tanya kalo kami mengadakan lomba blog, berminat ikut gak nih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berminatlah kalo hadiahnya menarik haha haa ha

      Delete
    2. Berminatlah kalo hadiahnya menarik haha haa ha

      Delete
    3. Hihi siaaap, Paybill.id dalam waktu dekat akan segera mengadakan lomba blog :D

      Delete
  21. Sebetulnya saya gak terlalu paham manfaat blog niche secara teknis. Cuma saya menulis apa yang mau saya tulis. Pernah juga punya blog gado-gado. Tapi tetep aja yang banyakan saya tulis adalah tentang parenting dan traveling. Jadi blog saya niche denga sendirinya :D

    ReplyDelete
  22. Wah mba terimakasih ya atas pencerahannya ^^

    ReplyDelete
  23. Wah, ilmu baru nih. Cateeeeet!
    Btw, aku masih susah bikin blog ber-niche jelas. Huhuhuhu... masih segala ditulis.

    ReplyDelete
  24. belum siap buat niche dan sumpah ini postingan ILMU bgt. baru ini aq tw apa arti niche mba #okesipdasargaptek tapi tulisanku masih suka2 gini... huhuhuhu

    ReplyDelete
  25. Blog saya masih tentang cerita sehari-hari.. Bahkan campur-campur gitu.

    ReplyDelete
  26. Tidak hanya web yang perlu kata kunci niche tapi blog juga perlu ya untuk memudahkan pencarian di google :)

    ReplyDelete
  27. Akuuu, blog aku gado-gado bangeet., hehehe. merasa nggak ada bakat apapun sih ya, cuma bisa nulis hehehe

    ReplyDelete
  28. Penting... Tapi masih lebih mengandalkan mood hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature