Cuti Hamil : Tips Belanja Hemat Ala WIndi

Tuesday, May 21, 2013
Sudah sebulan saya menjalani cuti dalam rangka menyambut si buah hati. Di tempat saya bekerja, cuti hamil memang harus diambil sebulan sebelum melahirkan dan dua bulan setelah melahirkan. Sebenarnya sayang juga sih, pengennya tiga bulan cuti itu dihabiskan setelah si dede lahir biar agak lamaan bisa momongnya. Tapi karena sudah aturan, ya mau apalagi.

Awalnya saya pikir, saya bakal bete abis selama sebulan di rumah. Kebanyakan teman-teman bilang gitu, katanya bosan banget nungguin bayinya lahir, ngga ngapa-ngapain di rumah. Memang awalnya gitu sih, mau jalan-jalan ke mall sayanya gampang banget kecapekan. Pas di mall sih semangat, gitu pulang kaki linu-inu, kasihan suami yang kebagian jatah mijetin xixixi.Mau berwisata kuliner ria, entah kenapa sejak hamil saya suka sekali masakan rumahan, jadi ya ngga terlalu antusias kalo diajakin suami makan di luar.

Akhirnya saya malah nemuin kegiatan yang nyenenging tuh selama cuti ini.

Karena saya tinggal di komplek perumahan yang anehnya kok ngga ada tukang sayur yang wara-wiri, jadi saya harus belanja ke luar komplek kalo mau masak. Jadi setiap Senin pagi, saya bakal ikut suami pergi ke kantor, trus di drop di warung yang jual sayur mayur plus ikan yang komplit. Hehehe, awalnya saya canggung banget buat pilah-pilih sayuran. Selama ini ngga pernah masak di rumah, kalau pun saya masak, biasanya urusan belanja saya minta tolong ibu, kakak ipar atau adik saya saat mereka sekalian ke pasar.

Saya langsung belanja buat seminggu, beli ikan, udang, telur, sayur berbagai macem, mulai dari bayam, daun katuk, kangkung, cabe, bawang, semuanya deh. EH pas bayar saya kira bakal kena berapa gitu, soalnya saya dah ngambil ini itu, plus minyak goreng, plus kacang ijo, kelapa.  Ngga taunya total belanjaan saya cuma 130 ribu. Wow, takjub banget. Itu udah belanjaan buat seminggu lho. Emang sih jumlahnya dikit-dikit soalnya kan di rumah cuma berdua. 

Wah langsung girang banget, bayangkan berapa uang belanja yang bisa saya hemat. Selama ini saya dan suami kalo makan malam di luar itu harus ngerogoh kantong minimal 50 ribu sekali makan.

Nah dari pengalaman saya belanja selama sebulan ini, saya punya tips agar uang belanja bisa hemat :
  • Beli yang pokok-pokoknya dulu, kayak ikan dan sayur.
  • Beli cabe merah sesuai kebutuhan, ngga usah berlebihan
  • Untuk cabe hijau dan cabe rawit, belinya digabung aja, misalnya " Bu campur ya cabe ijo sama rawit dua ribu", gitu
  • Untuk bawang putih, jahe, lengkuas jangan dibeli dulu. Tapi nunggu semua belanjaan diitung, trus ntar misalnya total 108 ribu, nah ntar si ibu penjual bakal nawarin, dua ribunya digenepin aja mba, baru deh minta bawang putih sama jahenya. Xixixi lebih murah lho.

Soalnya awal-awal saya ambil jahe, trus diitung, jahe 2000. bawang putih satu bonggol 3000. Eh pas giliran ngga saya ambil, selesai ngitung belanjaan total, sisa seribu malah dikasi bawang putih. 

Begitulah tips belanja hemat ala saya. Dan sebulan ini, saya udah bisa masak berbagai variasi masak sederhana yang sehat dan bebas penyedap rasa. Menu favorit saya lodeh daun katuk, biar ASI nya melimpah ruah. Trus tiap hari makan bubur kacang ijo. Biar ngga  capek, saya masak dalam jumlah banyak, trus ditaroh di kulkas, tinggal dipanas-panasin kalo mau makan. Tapi ngga dipanasin juga enak kok, burjo dingin.

Jadi, siapa bilang sebulan cuti itu bosenin, ngga tuh. 


8 comments on "Cuti Hamil : Tips Belanja Hemat Ala WIndi"
  1. mantab mak...

    wah,jatah cutinya sama seperti dikantor saya tuh...hehe

    Semoga persalinannya lancar ya mak ^^

    ReplyDelete
  2. aku kalo bumbu dasar seperti bawang putih merah justru belinya banyak sekaligus buat minimal setengah bulan.:D.asik kan masak.hehehe

    ReplyDelete
  3. Yup...aktivitas selama cuti emang enggak boleh looh cuma bermanja-manja *itu pengalamanku yang dimanjain ibuku *hehee...

    ReplyDelete
  4. wkt pertama kali blanja ke pasar, saya minta dtemenin ibu spy bs nyontek cara2 blanja di pasar hehehe..

    slamat mnikmati cuti :)

    ReplyDelete
  5. aku klo belanja sayur yang pokok bawang merah bawang putih, buat dua minggu , yang lain2 sama ama dirimu kayak jahe daun salam genapin aja hehe

    ReplyDelete
  6. Belanja memang harus cermat ya mbak.

    ReplyDelete
  7. betul banget, aku juga kalo beli cabe paling 1000, bawang 1000.. dan lainnya yang sesuai kebutuhan..

    ReplyDelete
  8. Saya juga belanja ke pasar besar, sekali untuk seminggu, selain irit repot juga kalau belanja tiap hari.
    Kecuali kalau ada yang kurang baru ke warung.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature