Pentingnya SPF15 Untuk Perlindungan Optimal Setiap Hari

Wednesday, May 8, 2013

Sampai saat ini saya merasa beruntung sekali terlahir dan besar di tanah Indonesia. Kenapa? 

Banyak alasan yang mendasarinya, mulai dari kulinernya, keindahan alamnya, sampai siraman sinar matahari yang melimpah sepanjang tahun. Saya ngga bisa bayangkan kalau Indonesia turun salju,wah bisa-bisa penyakit lama saya biduran bakal kambuh setiap saat. Tidak itu saja, menurut saya warna kulit perempuan paling eksotis itu ya warna kulit orang Asia, terutama lagi warna kulitnya orang Indonesia. Ada yang bilang sawo matang, ada juga yang menyebutnya kuning langsat. Tapi yang pasti kulit perempuan Indonesia itu permukannya cenderung mulus, ngga berbintik-bintik.

Namun terkadang apa yang menjadi keberuntungan bisa juga berbalik menjadi sesuatu yang harus diwaspadai. Contohnya ya sinar matahari tadi. Walaupun sinar matahari itu baik untuk kesehatan terutama di pagi hari karena mengandung vitamin D, namun saat beranjak tengah hari, paparan sinar matahari malah membahayakan, terutama untuk kulit. Apalagi beberapa tahun belakangan, cuaca sudah sangat ekstrim dan sulit diprediksi akibat perubahan iklim yang disebabkan pemanasan global. Siang hari panasnya bisa ampun-ampunan.

Matahari di siang hari memancarkan sinar ultraviolet yang terdiri dari UV A dan UV B  yang berbahaya untuk kulit kita. Terutama pada jam 11 hingga jam 15 . Disitulah matahari lagi lucu-lucunya karena dia lagi tertawa lebar sekali sehingga sangat terik. Padahal bagi kebanyakan orang, seperti saya misalnya, di jam-jam tersebut aktivitas sedang padat-padatnya. Sebagai seorang Account Officer,saya memang harus keluar kantor untuk mengunjungi nasabah, menilai agunan dan tentu saja untuk makan siang. Mau tak mau saya akan bersinggungan dengan zat-zat berbahaya yang dipancarkan oleh matahari tadi.

Bagi seorang banker terutama sebagai seorang perempuan, penampilan merupakan hal yang tidak bisa saya abaikan begitu saja. Walaupun kepribadian seseorang tidak dilihat dari kulitnya, namun memiliki kulit sehat dan terawat tentu saja akan menambah rasa percaya diri saat berhadapan dengan nasabah. Apalagi saya memakai jilbab, yang mana hampir seluruh tubuh tertutup namun ada beberapa bagian seperti tangan, kaki, wajah yang sudah pasti akan menyerap sinar UV tadi. dan ternyata walaupun tertutup oleh pakaian, sinar matahari masih bisa lho menembus ke kulit kita.  Padahal penyerapan sinar UV bisa menyebabkan iritasi dan akan membuat kulit menjadi gelap, akibatnya bisa-bisa kulit tidak saja terbakar tapi juga warnanya tidak merata alias belang-belang. Waduh jangan sampai deh.

Ni Pas Hamil 6 bulan, Tetap Aktif
Kok bisa kulit kita tambah gelap kalau kena sinar UV?.

Karena di dalam kulit ada zat yang bernama melanin. Melanin itu berfungsi melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Semakin sering kulit terkena paparan sinar UV maka produksi melanin dalam tubuh bertambah banyak sehingga kulit akan terlihat lebih gelap.Bila melanin terus menerus diproduksi akibat reaksi terhadap perlindungan sinar UV, lama kelamaan bisa terjadi hiperpigmentasi, atau penghitaman kulit.

Cara paling gampang untuk mencegahnya ya dengan menghindari paparan sinar matahari, dengan tidak keluar di siang bolong. Tapi itu pun tidak menjamin, karena walau cuaca mendung pun sinar UV tetap dapat menembus kulit. Bisa juga dengan cara memakai payung kemana-mana, atau topi, atau berlindung di bawah pohon. Tapii...... apa iya kita mau segitu repotnya. Bayangkan kalau saat meninjau kebun sawit nasabah, saya harus terus menerus berlindung di bawah daun sawit, bisa-bisa nasabah ilfil sama saya. Atau kemana-mana pakai payung, haduuh tidak praktis sama sekali.

Cara yang tepat adalah melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya atau sunblock.

Sunblock melindungi kulit dengan dua cara yaitu secara fisik dan kimia. Secara fisik,kandungan di dalam sunblock akan melakukan refleksi terhadap sinar matahari sehingga tidak sampai ke kulit. Secara kimia, artinya dalam sunblock terdapat bahan yang dapat mengabsorb sinar matahari kemudian mengubahnya menjadi energi yang lebih aman bagi kulit. Sehingga kulit kita pun terhindar dari bahayanya.

Dua fungsi sunblock tersebut diperuntukkan bagi perlindungan terhadap UV A dan UV B. Karena itu dalam memilih sunblock perhatikan komposisinya. Pastikan sunblock anda memiliki dua fungsi perlindungan tersebut. Cara gampangnya lihat ada ngga label SPF dan PA di kemasannya.



Apa itu SPF?

SPF ( Sun Protection Factor) merupakan pelindung dari sinar UV B. Sinar UV B ini yang menyebabkan kulit mengalami efek terbakar jika terpapar langsung dengan sinar matahari dalam waktu tertentu. Biasanya SPF ditandai dengan angka tertentu SPF 15,SPF 30,SPF 50.

Maksudnya apa tuh angka-angka tersebut?

Angka-angka tersebut menunjukkan seberapa lama sunblock yang kita pakai mampu menahan radiasi matahari.

Jadi, kalau SPF 15 maksudnya cuma ngefek 15 menit gitu?.

Ya ngga gitu juga. Kita harus kalikan angka SPF tadi dengan sebuah konstanta. Konstanta itu adalah waktu yang dibutuhkan kulit seseorang menjadi kemerahan setelah terpapar matahari.

Contohnya gini nih :
  • Saya kalau bersinggungan langsung dengan matahari, maka kulit saya akan memerah setelah 15 menit. Berarti angka konstanta saya adalah 15
  • Jika saya menggunakan sunblock SPF 15, maka sunblock yang saya gunakan akan bertahan  selama " Nilai SPF" dikali " Nilai Konstanta saya", yaitu = 15 x 15 = 225 menit atau kira-kira 3,75 jam.

Jadi kalau udah lewat dari waktu tersebut, saya harus mengoleskan kembali sunblock ke kulit agar tetap terlindungi dari UV B dan kulit saya ngga memerah dan terbakar matahari. Setiap orang punya nilai konstanta yang berbeda-beda. Tapi rata-rata sih senilai itu. 

Trus kalau PA , makanan apa tuh ?

Dibanding SPF, PA mungkin kurang familiar. PA atau Protection grade of UV A adalah zat yang melindungi kulit dari bahaya sinar UV A. Kalau kulit kita sering-sering dijemur di matahari lama kelamaan akan mengalami penggelapan, nah yang menyebabkan itu adalah sinar UV A ini. 

Berbeda dengan SPF yang ditandai dengan angka, kalau PA ditandai dengan simbol (+) yaitu PA+,PA++.PA+++. Lambang (+ ) itu menunjukkan lamanya waktu perlindungan kulit dari radiasi matahari. 

Kalau SPF ditentukan oleh nilai konstanta, maka PA dihitung dengan Minimal Persistent Pigmen Darkening (MPPD), yaitu jumlah bagian kulit yang berubah warna menjadi kecoklatan akibat sinar matahari dalam satu bagian. Setiap orang pasti berbeda-beda nilainya. Gampangannya, nilai PA itu jadi begini :
·                     PA+ = MPPD 2-4
·                     PA++ =MPPD 4-8
·                     PA+++ = MPPD > 8
Artinya: sunblock dengan PA+, mampu memproteksi kulit selama 2-4 jam lebih lama dibanding tidak menggunakan sunblock. Semakin banyak (+) nya maka semakin lama memberikan proteksi.

Jadi, setelah terlindung dari bahaya matahari, kulit kita sudah aman dong ? 

Tunggu dulu. Ancaman terhadap kulit bukan hanya dari bahaya sinar matahari, tapi juga dari pencemaran udara yang ada di sekitar kita. Maka, di samping SPF dan PA tadi , untuk melindungi dan menjaga kulit agar tetap sehat, tidak kusam dan mencegah penuaan dini, diperlukan juga antioksidan dan vitamin. Antioksidan berfungsi untuk mengembalikan kesegaran kulit dengan cara menangkal radikal bebas yang banyak terdapat pada polutan yang ada di udara, seperti asap knalpot,debu.

Antioksidan dapat diperoleh dari makanan.Salah satunya adalah yogurt. Yogurt kaya kandungan asam laktat yang memiliki peran penting sebagai komponen dalam proses pergantian kulit. Pengelupasan lapisan atas kulit dapat membersihkan noda, mengurangi kerutan-kerutan halus pada permukaan kulit sehingga kulit akan halus. Yogurt juga memiliki sifat exfoliant alami yang bisa meratakan warna kulit dan memudarkan bintik-bintik hitam.

Di samping itu, kulit juga butuh diperhatikan kesehatannya. .Kesehatan kulit sangat tergantung pada sintesis RNA dan DNA, dimana sintesis itu dibantu oleh vitamin yaitu Vitamin B3 yang berfungsi untuk membuat kulit tampak lebih cerah dan menunda penuaan. Makanan yang banyak mengandung Vit B3 adalah jamur,tuna,salmon,dada ayam,asparagus,daging sapi,telur dan hati domba.

Banyak juga ya yang dibutuhkan kulit kita. Wah kalau harus luluran tiap hari pakai yogurt dan makan ikan, tuna, salmon,asparagus bisa-bisa waktu yang kita punya cuma habis buat ngurusin kulit, trus habis dong gaji buat membeli makanan yang harganya lumayan itu?. Padahal perempuan jaman sekarang itu padat sekali aktvitasnya. Mulai dari bekerja, ngurus keluarga bagi yang sudah nikah belum lagi undangan, arisan. Yang masih single pun harus kuliah, ngantor, bersosialisasi. Mana sempaaaat?.

Makanya jangan histeris dulu. Kita ngga perlu segitu repotnya kok untuk mendapat kulit sehat dan menawan, karena semua yang dibutuhkan kulit untuk terlindungi dari bahaya-bahaya yang saya sebut di atas tadi, sudah ada dalam satu produk perawatan kulit. Komplit plit dalam satu hand and body lotion. Sekali pakai, semua manfaat kebaikannya langsung teraplikasi di kulit kita. Penasaran kan?. 

Ini nih produknya, Marina Hand and Body Lotion UV White Extra SPF 15


Ada 3 kebaikan sekaligus dalam setiap mili yang kita usapkan ke kulit:
  1. SPF 15 sebagai UV B protectionn
  2. PA+ sebagai UV A protection
  3. Yogurt dan Vitamin B3 sebagai biowhitening Complex untuk mencerahkan warna kulit sehingga kulit tampak lebih putih merata.
Loh kok SPF dan PA nya rendah sih?, Mending pakai yang tinggi sekalian biar lebih aman.

Ada yang mikir gitu?. Nah inilah kesalahan kita, selalu berfikir bahwa semakin tinggi SPF dan semakin banyak (+) PA nya maka kulit akan semakin terlindungi.

Kita tinggal di daerah beriklim tropis, jadi tidak perlu kandungan SPF yang terlalu tinggi seperti orang Eropa. Seperti hitungan nilai SPF tadi, SPF 15 itu sudah mampu melindungi kulit dari sinar UV B selama 3-4 jam, dan PA+ juga melindungi kulit dari sinar UV A selama 2-4 jam. Dan seperti juga diketahui sinar matahari paling berbahaya itu antara jam 11 hingga jam 15 (4 jam ). Lagipula, yang namanya lotion kalau dioleskan ke kulit tentu tidak akan bertahan selamanya. Kita akan berkeringat, trus akan tersapu air, agar perlindungan optimal pemakaian lotion harus diulang setelah beberapa jam.. 

Yang artinya, ngga guna juga pakai SPF lebih dari 15 dan PA dengan (+) yang banyak, karena toh SPF15 dan PA+ itu saja sudah optimal melindungi dari 94% sinar UV, cukup untuk kulit kita. Dan untuk hasil yang optimal gunakan 10-20 menit sebelum kulit terpapar matahari, agar lotion meresap sempurna ke dalam kulit. Lagipula produk yang mengandung SPF terlalu tinggi biasanya mengandung berbagai zat yang justru menyebabkan kulit mudah iritasi. Jadi gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kita.

***
Sebagai perempuan yang memiliki segudang aktivitas, saya memiliki banyak impian dan hal yang harus dicapai. Karenanya saya harus hati-hati dalam memilih yang terbaik untuk apapun yang saya pakai, termasuk perawatan kulit agar tidak dipusingkan lagi oleh masalah-masalah yang akan menghambat aktivitas saya, seperti masalah kulit misalnya.

Kecantikan seorang perempuan tidak hanya dilihat dari fisik semata, namun kewajiban kita lah merawat apa yang telah dianugerahkan oleh sang Pencipta sebagai bentuk syukur kita padaNya. 

Tak peduli apa warna kulitmu, sawo matang, kuning langsat, coklat,  yang terpenting bagaimana cara kita menghargai diri sendiri. Tak perlu memaksakan diri ingin seputih kulit perempuan Korea dengan menggunakan produk berharga selangit yang belum tentu aman untuk kulit. Karena kita bisa tetap cantik dengan kulit putih ala Indonesia.

Selamat merawat kulit dan bangga menjadi perempuan Indonesia.


Sumber :
http://www.sahabatmarina.com/produk_marina_uv_white_extra_spf_15.html
http://forum.detik.com/manfaat-antioksidan-bagi-kulit-t413298.html
http://wikivitamin.com/top-10-makanan-yang-banyak-mengandung-vitamin-b3-niasin/
http://health.kompas.com/read/2012/01/31/16173753/Mengapa.Kulit.Wanita.Asia.Mudah.Menghitam
http://mysuncare.com/
http://www.magazine-id.com/2013/04/dampak-buruk-sinar-uv.html




53 comments on "Pentingnya SPF15 Untuk Perlindungan Optimal Setiap Hari"
  1. mantaf mbak penjelasannya sangat komplit-plit ttg spf jadi tambah tahu nih betapa pentingnya spf

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah alhamdulillah bermanfaat tulisanku kalo gitu.
      makasi udah mampir yah

      Delete
  2. betul, di negara tropis sinar matahari makin diobral.

    kulit kita pun butuh SPF

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya pakai arina biar terlindung dari mataharai :F

      Delete
  3. Wuidihhhh....lengkap kaya gini, bikin kederr, Gud Lak mak :)

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. maaak yg emak cium ntu jempol kaki ane maaak :D

      Delete
  5. Waduuuhhhhhhh,,,,baguuussss beudz,,,,,,good luck ya ;)

    ReplyDelete
  6. gambar nya bagus mbak....:) hm i like it

    ReplyDelete
  7. Iya, gambarnya bikin sendiri tuh? mantap kali, semantap ulasannya yg kumplit. Sukses ya Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bikin sendiri gampang kok, ngga pakai aplikasi apa2, manual banget

      Delete
  8. Keren, lengkap, gambarnya bagus. Ini poin-poin yang sangat aku suka. "Kecantikan seorang perempuan tidak hanya dilihat dari fisik semata, namun kewajiban kita lah merawat apa yang telah dianugerahkan oleh sang Pencipta sebagai bentuk syukur kita padaNya." sama yang ini "Bayangkan kalau saat meninjau kebun sawit nasabah, saya harus terus menerus berlindung di bawah daun sawit, bisa-bisa nasabah ilfil sama saya. Atau kemana-mana pakai payung, haduuh tidak praktis sama sekali."
    Moga sukses ngontesnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba dewi. iya karena perempuan itu udah cantik dari sononya, apalagi kalao ditabah cantik luar jadi cantik luar dalam deh. makasi ya udah mampir

      Delete
  9. keren, ulasannya lenkap.gm mba bisa bikin gambar kyk gitu?
    smg sukses mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi , bikinny amnaual kok, cuma digabung2 ajah :)

      Delete
  10. ini gak kalah kreatifnya juga mbak, makasih ya udah visit aku http://cindyaisyah.blogspot.com/2013/04/spf-15-untuk-kulit-cantikmu.html :)

    ReplyDelete
  11. kulit juga tambah lembab kak, tulisan kak windi juga komplit bagus lg, thankyou juga ya udah mampir blog saya :)

    ReplyDelete
  12. mak windi selalu keren tulisannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiih makasi mak meutia, jadi maluu ;D

      Delete
    2. kalau aku jurinya mak windi udah jadi pemenangnya hehe, smoga menang yah, kalau saya ke medan bisa minta ditraktir hehe

      Delete
  13. aku pake SPF 40 setiap hari

    :)

    ReplyDelete
  14. nice article Mak.. kompelit knowledgenyaa.. semoga kita menang.. Amiiin :)

    ReplyDelete
  15. nice kaka.
    aku juga udh pake marina uv whitenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi della. berarti ngga takut matahari lagi dooong ;)

      Delete
  16. aku suka gambar2 windi orisil banget, ajarin bikinlah:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mbaa. itu manual banget mba bikin gambarnya :D

      Delete
  17. keren banget mbak tulisannya. smoga menang ya...

    ReplyDelete
  18. ga pernah takut sinarr... *panas2an siang2* gara2 marina uv white

    ReplyDelete
  19. Mba Windiiiiiii keren bangeeeeeeet.... >_<
    *banyak jempol dehpokoknya... :*

    ReplyDelete
  20. Met ngontes mbaaak, sukses ya :p

    ReplyDelete
  21. wah keren banget mba ulasannya, komplit plit plit... :D

    http://nurannisaa7.wordpress.com/2013/04/20/marina-uv-white-spf-15-anti-kulit-belang/

    ReplyDelete
  22. jalan-jalan ke blognya windi, mantap tulisannya, lengkap, selalu memulai dari cerita hidup diri sendiri, tulisan khas seorang juara. Chayoo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalo dipuji-puji malah ngga menang :))

      Delete
  23. waah komplit banget tulisannya... Gak bosen deh bacanya ^o^

    ReplyDelete
  24. Di medan butuh banget tuh lotion dg spf 15. Mataharinya Hot..hott.
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba arin dah pernah ke medan yaaa. iya mbak, puanaseee poll :)

      Delete
  25. wah, mak windi ikut juga kontesnya... aku uji nyali juga Mak... tapi ya idenya nggak keluar-keluar padahal si Marina udah aku plototin terus. Hehehehhehe udah kelar tapi nggak pede deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. marinanya dipake maak, diolesin bukan diplototin xixixi

      Delete
  26. haii cantik..
    makasih ya udah share infonya.
    yuk rawat terus kulitmu ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature