Review Buku Rabbit Hole

Wednesday, August 23, 2017
Review Buku Rabbit Hole



Salah satu kegiatan Tara di rumah selain main hape (wahahahaha) adalah membaca. Sebagai orang yang hobi baca, rasanya ngga heran sih ya kalau saya juga suka membacakan buku ke anak.

Dalam membacakan buku ke anak, saya pakai metode sambil bercerita. Jadi kadang mau bukunya gimanapun ya saya ceritaaaaaa aja ke Tara. Makanya kalau beli buku saya lebih perhatian ke gambarnya daripada ke isi ceritanya, karena cerita mah bisa saya karang sendiri.

Kegiatan membacanya biasanya menjelang tidur atau ngga kalau kebetulan saya capek banget pas pulang kerja, ya bacanya Sabtu atau Minggu. Ngga rutin sih, tergantung kemauan Tara aja. Kadang Tara yang minta bacain buku, kadang saya yang nawarin. Soalnya ada saatnya juga dia ogah baca buku, maunya main sepatu roda (iya, malam-malam main sepeda roda), jadi saya ngga paksain banget.

Saya pernah baca, sebaiknya saat mengenalkan buku ke anak ya kita ngenalinnya dalam bentuk buku asli, bukan buku bantal atau buku kain, harus buku yang seperti buku. 

Karena untuk anak maka yang harus kita perhatikan itu adalah pilihan materialnya . Diupayakan cari yang bahannya kertas tebal,bergambar dan berwarna. 

Nah, kali ini saya mau review buku Rabbit Hole nya Tara. Sekalian ini jadi #GesiWindiTalk minggu ini karena ternyata Gesi juga punya buku Rabbit Hole, yo wis sekalian. Aaaaak padahal ngga janjian, kok bisa serupa seleranya.

Baca punya Gesi :





Bukunya ini seru banget, sampai saat ini Tara bolak-balik minta dibacain, karena kalau buku lain biasanya saya yang cerita, nah dengan buku Rabbit Hole ini malah dia yang cerita, emaknya dengerin, luuuv.

Kemarin pas liburan aja sampe bela-belain dibawa ke hotel ini buku lho sama Tara.


Penampakan

Kesan pertama saya saat memiliki paketan buku Rabbit Hole ini adalah, bukunya tebel bangeeet. Tapi walau tebel, anehnya ngga berat. Ya biasa bangetlah bobotnya untuk ukuran buku setebal itu.




Sankin tebelnya jadi aman untuk anak-anak. Aman dari dirobek mereka maksudnya, xixixi, karena ya mana ada anak-anak yang bisa anteng lihat kertas, pasti bawaannya pengen ngerobek atau pengen mencoret.

Sudut-sudut bukunya ini tumpul, jadi selain aman dari kemungkinan dirobek anak, juga aman untuk dipegang.

Paketan buku yang saya punya ini terdiri dari buku "Hmmm, buku tentang perasaan", "The Best Holiday", " The Origin Of My Name", " Cilukba", " What Sounds is That?". Sepintas buka bukunya langsung tau yang membedakan buku ini dengan buku lain yaitu ada bagian buku yang bisa disentuh dan dirasa, pop-up, maupun flip flop (buka tutup). Yakin deh buat anak-anak ini menarik banget.

Paketan buku Rabbit Hole
Dari lima judul buku tersebut, baru empat sih yang selesai di baca Tara. Nih saya ulas satu persatu ya biar pada tau isinya gimana.

Hmmm

Ini buku yang paling gede ukurannya, makanya sama Tara ini yang pertama kali pengen dibacanya. Di buku ini anak-anak diajarkan mengenali berbagai emosi. Ada 6 emosi yang ingin disampaikan di buku ini, yaitu, terkejut, marah, jijik, senang, sedih, takut.

FYI ya ternyata 6 perasaan itu merupakan perasaan dasar manusia lho. hayooo pada tau ngga selama ini. Kalau belum tau yo wis sekalian baca buku sama anaknya.

Masing-masing perasaan itu diwakili oleh satu cerita yang nyambung dari awal sampai akhir. Setiap perasaan diwakili oleh sentuhan yang paling mendekati.

Kayak perasaan sedih , dibuku digambarkan dengan awan berwarna kelabu yang sedang menangis. Awannya  kalau kita sentuh terasa lembut.

Awannya bisa disentuh, lembut


Perasaan marah digambarkan dengan hati yang retak, agak kasar dan ngga nyaman di tangan.

Atau perasaan takut, yang memunculkan rasa merinding di bulu, bulu tangannya berdiri dan bisa dirasakan sama anak.



Ada Bulunya, hiiiii


Hwaaa seru banget.

Nah, biar seru nih bu ibu, saat membacakannya kita harus sambil cerita. kayak saya modelnya begini.

" Hari ini Tara terkejut, seperti ada dentum drum di jantungku"

Untuk mengekspresikan kata " Surprised" di buku digambarkan dengan hati berwarna merah yang berdentum kencang seperti genderang. Hatinya ini bisa disentuh dan dirasakan. Saya ajak Tara untuk menyentuhnya, kayak beludru gitu lembut.

Hati yang berdentum


Kemudian tanya ke anaknya, apa rasanya .

Lanjut ke halaman berikutnya, tanya anaknya kenapa di terkejut.

" Tara kenapa terkejut"

" Soalnya Tara mau dikasih papa bola, waaaaa waaaa"

Tara senang banget dapat bola dari papa, Tara mau main ke lapangan. Begitu terus sampai buku habis.

Di buku ini enam perasaan dasar manusia itu dideskripsikan dengan sangat baik.

Ntar di akhir buku ada cermin bulat, dan kita bisa tanya ke anak " How do you feel?" dan suruh dia mendeskripsikan perasaannya.



The Best Holiday

Buku the best holiday ini ceritanya si anak kita mau diajak jalan-jalan. Yang seru di buku ini, anak  dikasi pilihan mau jalan-jalan kemana.

Lembar pertama ada kalender yang menginfokan kapan kita berangkat. Bagian ini Tara heboh bener, nanyain " Bundaaa kita perginya tanggal berapa"

Trus di halaman berikutnya ada gambar koper seluruh anggota keluarga. Nah disini coba ajak anak berimajinasi

" Tara, ini koper siapa aja ya"

Si Tara jawab kalo itu ada koper papa, tas tangan bunda, tas Tara dan tas adek. Bisa juga sekalian belajar warna, karena kopernya warna warni.

Halaman berikutnya ada gambar peta. Petanya flip flop gitu bisa buka tutup. Mainnya seru nih, minta anak pilih dia mau liburan kemana.

Ada dua pilihan destinasi wisatanya. Mau ke Toraja atau ke Jailolo. Tara saya minta buka salah satu peta. Mana destinasi yg dituju ntar ada petunjuk harus buka halaman berapa, karena beda pilihan beda halaman yang dituju.

Kemarin Tara pilih ke Jailolo. Lanjut ke halaman Jailolo, disitu Tara main di pasir pantai. Sambil jalan-jalan kita bisa cerita ke anak, di pantai ngapain aja, bikin istana pasir, di buku digambarkan anaknya bikin candi prambanan dari pasir, eh langsung ada miniatur candi prambanannya, wow. Sekalian deh kita bisa cerita soal candi Prambanan. Letaknya dimana, sekalian ceritain sejarahnya kalo hapal wahahaa.


Jadi walau tadi tujuannya ke Jailolo, ceritanya bisa kemana-mana.

Di lembar selanjutnya, ada diceritain, kalau di Jailolo itu ada apa saja, permainan khasnya apa, komplit.

Abis dari Jailolo, anakny bisa kita suruh pilih lagi destinasi yang lain, yaitu Toraja. Balik maning ke halaman awal, pilih peta, da silahkan bertualang di Toraja, yeaaay.


What Sounds Is That

Ini buku favorit Tara, diulang-ulang terus.

Buku ini isinya tentang suara-suara transportasi. Tara heboh banget tiap baca ini. Jadi di bukunya kita ceritian awalnya Tara dan keluarga mau jalan-jalan. Di jalan Tara denger suara " Whooooooose" . Nah suruh anak tebak suara apa itu?

"Pesawaaaaaat "

Jadi dia satu halaman deskripsi suara, halaman berikutnya ditunjukkin asal suara itu apa. Ada pesawat, mobil, sepeda, kereta api.



Karena buku rabbit hole Tara yang bahasa Inggris jadi ada beberapa suara yang ga pas. Misal suara kereta api harusnya kan "Tuuut tuuut" disitu tertulis " Choo choo", oleh saya diganti aja jadi sesuai yang biasa didengar Tara biar dia ga bingung.





Ci Luk Baaa

Buku ciluk baa ini di dalamnya ada bagian yang bisa dibuka tutup.

Misal saat disitu ceritanya lagi nyari orang di dalam tenda, nah tendanya bisa dibuka, saat dibuka keliatan deh siapa di dalam. 

Phuppet

Selain buku, paketan Rabbit Hole ini ada permainanya juga, boneka phuppet. Udah disedian potongan gambar dan benang serta sticknya, Jadi kita tinggal gunting-gunting, masukin benangnya ke titik-titik yang udah ditandai. Bisa deh langsung main phuppet sambil cerita.



Overall saya suka banget buku Rabbit Hole ini. Bukunya interaktif banget baik untuk anaknya maupun untuk ortu, jadi bisa sama- sama aktif saat membaca bukunya.

Jauh lebih asik sih dibanding busy book. Soalnya ini beneran buku, bukan kain atau bantal. Isi ceritanya juga menarik dan pas dengan usia anak. Tara saat ini usianya 4 tahun dan ngga kesulitan sama sekali untuk memahami isi buku.

Rekomended bangetlah .

Nah biar ga salah memilih buku untuk anak, saya kasih tipsnya nih ya. Untuk memilih buku anak itu setidaknya harus memenuhi 4 kriteria ini :

1. Edukatif

Edukatif ini maksudnya disesuaikan dengan perkembangan anak, Jadi kalau anaknya masih bayi ya beli buku untuk anak bayi, Buku bayi mah yang penting gambar-gambar gitu. Kalau anaknya udah agak gedean, bisa dimulai dari buku yang memuat warna, kemudian naik ke angka, makin besar bisa makin komplit pilihannya.

Tapi biar ngga banyak biaya, ya udah sekalian aja belinya yang bisa cocok sampe usia anaknya gede, wahahahaha, emak medit.


2. Interaktif

Buku yang interaktif ini yang bisa membangun komunikasi antara anak dan ortu. Jadi bukunya kalau bisa bikin anak bereaksi sekaligus ortunya juga ikut aktif disitu. Misal buku yang isinya ada pertanyaan, trus si anak kita minta menjawab gitu. Atau buku yang bisa bikin si ortu cerita trus si anak nyambungin ceritanya.

3. Atraktif'

Ini penting banget, karena anak-anak itu mudah bosan, jadi ortu carilah buku yang punya fitur-fitur menarik, atraktif. yang banyak gambarnya dan gambarnya bagus, boleeeeh. Atau yang bisa disentuh, atau yang bisa dicium. Pokoknya yang membuat anak mau dan mau lagi kalau diajak baca buku itu.


4. Aman

Dan yang terakhir cari yang aman. Aman bahannya, ngga mudah robek misalnya. Ya kayak saya bilang di atas tadi, kalau dari kertas-kertas biasa gitu, yakin deh pasti langsung dirobek anaknya. Makanya cari yang bahannya tebel, jadi ngga bisa dirobek, Tapi walau tebel perhatikan juga ujungnya, pilih yang ujungnya tumpul, biar ga bahaya kalo kebetulan anaknya lasak.

Harga?

Kalau soal harga, menurut saya buku anak memang relatif lebih mahal sih ya dibanding buku biasa, jadi ya memang harus dibudgetin kalau mau buku yang bagus. Tapi ngga apa sih, karena buku itu investasi, dan ngga pernah rugilah beli buku.



Kalau dari kecil sudah dibiasakan baca buku, mudah-mudahan besarnya ya jadi cinta buku, karena kata orang bijak bestari buku itu kan sumber ilmu pengetahuan ya bu ibu, walau udah ada youtube, buku tetep deh ngga ada matinya.

Oiya, daripada pada nanya, saya infokan aja, kemarin saya beli bukunya ini di IG @varrel_collection, beli yang paket lengkap seri bahasa Inggris. Cek disana ya untuk lihat paketan dan harganya.

Kalau kalian buku favorti anaknya apaan. Ada ga yang suka rabbit Hole kayak Tara?










2 comments on "Review Buku Rabbit Hole"
  1. favorit anakku buku "what sound is that" buku must have ini mbak kalau menurut aq, penulis lokal tapi keren banget buku-bukunya.

    buku ini bisa di beli dengan arisan loh mbak di http://www.rabbitholeid.com

    ReplyDelete
  2. Tara umur berapa Bun? Baby aku 11m skrng baru punya buku bantal, lagi cari buku msh bgg apa.thanks

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature