Mitos Dan Fakta Seputar Kolesterol

Wednesday, August 2, 2017

[SP] Cara Enak Turunkan Kolesterol



Siapa disini yang curiga kalau kadar kolesterolnya tinggi?

Ayo ngacung.


Mungkin bagi para penggemar segala makanan yang diduga mengandung kolesterol tinggi seperti aneka seafood, makanan tinggi kalori, kolesterol jadi hal yang menakutkan yah. Karena memang kalau kolesterol kita tinggi bisa mengakibatkan kepala pusing lho, katanya nih lho katanya.


Sebagai pencinta dan penggemar duren akut, kemarin saya sempet juga tuh was-was dengan kolesterol saya. Soalnya setiap makan duren kadang-kadang saya suka pusing-pusing. Kata teman-teman, kemungkinan kolesterol saya tinggi.


Nah ini yang bikin saya parnoan sekaligus ga percaya.


Masa sih orang seusia saya bisa kena kolesterol?

Masa sih saya yang makannya juga ngga macem-macem amat bisa kena kolesterol

Dan masa iya di usia saya yang masih 30-an bisa kolesterolnya tinggi.


Makanya saya pengen cek dan pengen cari tau banget berapa kadar kolesterol saya.

Jadi kemarin, hari Minggu tanggal 30 Juli 2017, di Hotel Santika Medan ada acara Gerakan Jantung Sehat bertajuk Indonesia Tangkal Kolesterol 2017 yang diadain oleh Nutrive Benecol dan Kalbe Nutritionals. Pagi-pagi udah datang kesitu demi tahu seluk beluk kolesterol yang ingin saya kepoin.


Acaranya macem-macem, ada seminar tentang penyakit jantung koroner yang disampaikan oleh dr. Lily S Sulistyowati, MM, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI.

Ada penjelasan soal kolesterol oleh Dr. Vito A. Damay, Sp.JP, M.Kes, FIHA, FICA-spesialis jantung dan pembuluh darah, Siloam Hospitals Lippo Karawaci

Dr Lily, Dr Vito, Dojter dari Klik Doter, dan Direktur Sumbagut Kalbe Nutritionals


Selain seminar tentang penyakit jantung koroner dan kolestrol, disana juga ada berbagai macam booth seru yang bisa didatangi pengunjung. Masing-masing booth berhubungan banget sama pencegahan penyakit jantung dan kolesterol.

Ada booth cooking class, disitu kita diajarin sama chefnya gimana cara masak bahan makanan yang rendah kolesterol termasuk menu-menu yang bisa disantap. 

Cooking Class


Kemudian ada booth untuk ngecek kolesterol dan jantung koroner. Disitu kita bisa cek nih kadar kolesterol kita termasuk mengecek resiko kita terkena jantung koroner dalam 10 tahun ke depan.


Kemudian ada juga sesi senam B-Fit yang bisa banget dilakukan hanya di kursi kantor untuk mencegah berbagai penyakit. 

Senam B Fit


Hwaaa pokoke serulah acaranya. Ngga sia-sia datang mendengarkan dan mengikuti semua rangkaian acaranya.

Biar yang di rumah juga tau nih ilmu yang saya dapat disana, makanya saya jembreng deh disini :



Tentang Penyakit Jantung Koroner


FYI ya, menurut data dari Survey Sample Registration System (SRS) tahun 2014 lalu, diketahui bahwa di Indonesia penyebab kematian tertinggi adalah akibat penyakit jantung. Disebutkan bahwa sekitar 12,9% kematian di Indonesia diakibatkan oleh penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah.

Penyebabnya?


Kalian pasti kaget mendengarnya. Ternyata penyebab utamanya adalah karena gaya hidup modern yang mager alias malas gerak alias minim aktivitas fisik.

Coba lihat lingkungan sekitar kita, saya ambil contoh diri sendiri aja sih, di jaman serba digital gini apa-apa bisa dilakukan tanpa mengangkat bokong dari kursi lho.

Mau pesen makanan tinggal buka aplikasi gojek, pesen pakai goo food, ujug-ujug makanan sampai di tangan. Makan sambil nonton tivi, abis makan, yang nyuci piring mba di rumah. Abis makan mau pergi ngantor atau apa, tinggal naik mobil, nyampe kantor duduk maning di depan komputer. Butuh sesuatu tinggal angkat telpon. Mau belanja kebutuhan anak buka instagram trus pesen ke toko online. Kerjaan beres nyampe rumah tinggal bobo. Ulang lagi loopnya. 

Jangan Mager kelen Woy


Waduh beneran yah minim banget aktivitas fisiknya. Dan saya pikir ga cuma saya sih, kebanyakan dari kita kurang lebih pasti seperti itu.

Makanya ga usah kaget yah kalo sekarang banyak denger berita si anu tiba-tiba meninggal karena sakit jantung misalnya. Ya iya, karena memang lifestyle kita saat ini sudah tidak sehat dan menjadi penyebabnya.


Oke, sekarang kita ngomongin tentang kolesterol 

Tentang Kolesterol

Kolesterol adalah lemak berwarna kuning yang bentuknya seperti lilin.

Kolesterol itu ada dua jenis, yang bersumber dari tubuh manusia sendiri yaitu yang dihasilkan oleh organ hati, dan yang berasal dari luar tubuh manusia yaitu bersumber dari makanan.

Kolesterol yang dihasilkan oleh hati sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kolesterol di tubuh kita, makanya kita ngga butuh tambahan kolesterol dari luar.

Kelebihan kolesterol di dalam tubuh bisa menyebabkan sakit jantung dan kematian.

Apa saja penyebab kelebihan kolesterol?

Setidaknya ada 3 hal yang bisa menyebabkan seseorang kelebihan kolesterol, yaitu :

- Makanan tinggi kolesterol
- Pola hidup malas gerak
- Stress


Apa Hubungan Penyakit Jantung dengan Kolesterol? 

Nah, kemudian muncul pertanyaan nih, apa ya hubungan sakit jantung dengan kolesterol. Kenapa kok acaranya tentang penyakit jantung koroner tapi kok ada cek kolesterol segala.

Awalnya saya juga sempet mikir begitu. Ini acara sebenernya tentang sakit jantung atau tentang kolesterol sih?

Ternyata memang sangat berhubungan erat gengs.

Jadi begini, seperti disebutkan di atas, kolesterol itu kan adalah senyawa lipid atau lemak yang berbentuk gumpalan-gumpalan. Saya membayangkannya dia itu seperti bulir-bulir atau flek-flek di dalam darah. Nah jika bulir-bulir ini semakin banyak di dalam darah, maka pembuluh darah kita yang berbentuk pipa kapiler itu lama kelamaan akan penuh, menyempit. Kalau pembuluh darahnya jadi sempit, maka aliran darah menjadi tidak lancar terutama aliran darah menuju dan dari jantung. Padahal jantung itu kerjaannya ya memompa darah ke seluruh tubuh. Kalau alirannya sempit, mampet, akhirnya jantung akan kesulitan memompa darah, akibatnya sesak, trus lama-kelamaan pembuluh darah bisa pecah, dan menyebabkan kematian.

Hii ngeri kan.

Makanya kadar kolesterol itu berkaitan banget dengan penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah.

Tanya-tanya sama dokternya


Mitos dan fakta Seputar Kolesterol



Selanjutnya saya mau share nih apa aja mitos dan fakta tentang kolesterol yang bikin kita salah kaprah.

Mitos : Kolestrol itu berbahaya bagi tubuh , tidak ada manfaatnya sama sekali.

Fakta :


Pendapat itu ngga bener gengs. Kolesterol itu punya manfaat untuk tubuh. Kolesterol itu bermanfaat untuk pembentukan hormon kayak hormon untuk memproduksi ASI, meningkatkan metabolisme tubuh. Kolesterol ga semuanya jahat ada juga yang baik namanya HDL, malah sangat bagus untuk pembentukan sel otak anak. Biasanya ini ada di makanan kayak udang, atau makanan berprotein tinggi. Jadi ngga semua kolesterol itu berbahaya ya gengs.

Mitos : Durian Bisa meningkatkan kolesterol

Fakta :


Jadi sumber makanan yang mengandung kolesterol itu HANYA sumber makanan hewani. Kayak udang, lobster, kerang, telur ikan, telur ayam, otak sapi. Jadi bukan bersumber dari tumbuhan ya. Tapi benar kalau kebanyakan makan durian juga ngga bagus untuk kesehatan, karena durian itu kalorinya tinggi, makanya harus diimbangi dengan pembentukan energy melalui gerak, kalo ngga ntar kalorinya diubah jadi lemak.



Mitos : Kolesterol hanya menyerang orang yang kelebihan BB, yang sudah usia lanjut, dan kebanyakan laki-laki

Fakta :


Tetot, salah besar. Kolesterol itu ngga ada hubungannya sama jenis kelamin, usia atau BB. Semua orang bisa terkena kelebihan kolesterol jika pola hidup dan pola makannya ngga dijaga. Ngga bener juga kalau orang kurus maka ngga akan kelebihan kolesterol. Karena kolesterol itu bukan lemak tubuh melainkan lemak darah, jadi ya orang kurus juga bisa kelebihan kolesterol sepanjang asupan makanannya banyak konsumsi yang sarat kolesterol tinggi dan kemudian banyak stress, malas gerak. Paket kombo.



Mitos : Kita Harus Menghindari Makanan yang mengandung kolesterol

Fakta :


Ngga begitu sob. Yang namanya sumber makanan, apalagi dari hewani, dia itu mengandung banyak gizi dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Misal nih udang, memang mengandung kolesterol tapi juga mengandung protein tinggi yang bagus untuk tubuh. Makanya bukan dihindari tapi dibatasi , jangan terlalu banyak. Imbangi dengan jenis makanan lain seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Mitos : Kolestrol bikin kita pusing-pusing, ngga enak badan.

Fakta :


Yup benar, jika tubuh sudah kelebihan kolesterol, maka tubuh akan memberi alaram, berupa pusing, pegal, nyeri punggung, tangan kesemutan, kram kaki. Jadi ngga sebatas pusing-pusing doang. Jika kita punya gejala-gejala seperti itu, ga ada salahnya cek kadar kolesterol kita biar segera tahu dan bisa menghindari factor pemicunya.



Mitos : Kolesterol meningkat hanya karena makanan

Fakta :


Seperti disebut di atas, bahwa kolesterol berlebih disebabkan oleh faktor makanan, pola hidup malas gerak, dan stree. Nah yang jarang banget diketahui orang bahwa kolesterol itu bisa banget meningkat karena stress.

Jadi saat kita stress tubuh akan menghasilkan hormone yang bernama kortisol. Hormon kortisol ini merangsang tubuh mengeluarkan gula darah berlebih, nah gula darah ini harusnya dbentuk jadi energy. Namun jika ga diubah jadi energy dia akan membentuk jadi lemak darah, akhirnya numpuk di darah, jadi kolesterol, ujung-ujungnya bisa menyebabkan pembuluh darah pecah, dst dst.



So guys, jangan remehkan kolesterol berlebih ya, dan jangan remehkan alarm tubuh kita. Karena kalau tidak segera diatasi bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

Bagaimana cara menurunkan Kolesterol?

Trus gimana dong caranya agar kolesterol kita bisa tetap normal?

Untuk itu , kita bisa lakukan 5 hal yang disingkat dengan TANGKAL

Teratur Periksa Kolestrol.

Batas normal kolestrol itu ada di angka 200. Beware kalo udah di atas itu

Awasi asupan Makanan dan Pola makan

Batasi konsumsi sumber makanan yang tinggi kolesterol. Banyak makan sayur dan buah

Nikmati hidup tanpa rokok dan alcohol

Karena rokok dan alcohol adalah kenikmatan semu belaka, halah. Yok nikmati hidup dengan cara lain, main gundu misalny J

Giat Berolahraga

Waktu untuk berolahraga itu disediain bukan disisain. Lakukan olahraga rutin setiap harinya. Mending sebentar tapi rutin daripada digeber berjam-jam tapi cuma seminggu sekali. Lakukan Senam B-Fit untuk orang-orang mager, soalnya cuma di kursi aja udah bisa kok. Carilah di Youtube jangan malas kau.

Kendalikan BB dan hindari stress

Inga-inga ya stress bisa memicu kolesterol. Makanya jangan pendam-pendam emosi.

Kalau sedih --> Nangis

Kalau Marah -> Bicara

Kalau kangen --> Telfonlah

Ngga punya duit --> Kerja

T___T

Awasi Tekanan Darah

Tekanan darah hubungannya dengan pembuluh darah nih. Kalau udah mulai tinggi coba langsung cek ke dokter.

Lengkapi dengan Nutrive Benecol

Naini yang mau saya kasih tau ke kalian semua.



Tentang Nutrive Benecol 


Jadi yah, ada lho sekarang nutrisi yang bisa kita konsumsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah, namanya Nutrive Benecol.

Nutrive benecol ini diproduksi oleh Kalbe Nutritions. Kalau kalbe udah kenal banget kan yah sebagai perusahaan penyedia nutrisi terbaik untuk bangsa.

Nah Nutrive Benecol ini bentuknya ada susu dan ada oats yang bisa kita konsumsi setiap hari.

Di dalamnya mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang berdasar hasil uji klinis dapat menurunkan kolesterol 7-10% setelah rutin konsumsi dalam 2-3 minggu .

Selain untuk menurunkan kolesterol, Nutrive Benecol ini juga bisa menghindarkan kita dari penyakit jantung koroner, ya kayak yang saya sebut di atas hubungannya.

Jangan bayangkan ini kayak obat ya, karena di memang bukan seperti obat samsek. Untuk oatsnya itu ada dua rasa, yaitu vanilla dan coklat, rasanya endess, saya nyobain dan suka banget sama rasanya. Manis tapi ngga enek, dan ada butiran-butiran kayak cereal gitu. Konsumsi pas sarapan, jadi bisa sekalian ngurangi porsi sarapan juga nih.

Pokoke sayangi deh diri sendiri. Ubah lifestyle ga sehat sedini mungkin, jangan mager, konsumsi Nutrive Benecol, karena kesehatan jantungmu itu nduk mempengaruhi kesehatan keluarga semua lho. Karena Jantungmujantungkeluargamu.

Oya, kemarin saya ikutan cek kolesterol di boothnya, dan Alhamdulillah ya hasilnya ternyata kolesterol saya masih aman, di angka 188. Yeaaay. 

Cek Kolesterol

Kalian jangan lupa cek kolesterol juga ya, apalagi yang udah punya tanda-tanda dan gejala yang seperti saya tulis di atas, karena acara Gerakan Jantung Sehat Nutrive Benecol dengan tajuk Indonesia Tangkal Kolesterol ini akan hadir juga di beberapa kota besar di Indonesia. Catet nih tanggalnya.

Surabaya: 6 Agustus, Makasar 27 Agustus, Bandung 23 September dan Jakarta 08 Oktober. Info lengkap cek di @nutrivebenecol_id

Jadi … setelah baca ulasan saya di atas nih, kira-kira kolesterol kalian berlebih ngga nih?





















21 comments on "Mitos Dan Fakta Seputar Kolesterol "
  1. Karena mitor, maka banyak2in makan duren ah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. woy jangan kebanyakan juga kalii, bisa bikin kantong tipis hahahaha

      Delete
  2. Alhamdulillah kolesterol aku normal kaka windi, soale aku hobi nyemil buah2am sama thawaf hihi

    Tinggal mengelola stres dgn bijak ini PR nya, kadang DL2 bikin seteres haha...Asyik oktober maunada di jkt yaa :)

    Btw baru tau klo sumber kolesterol berasal dr hewani sajo, pecinta duren jg solae hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga baru tau hahahaha, bahkan selama ini aku anggap alpukat itu tinggi kolesterol ternyata ngga

      Delete
  3. Ngebantu banget nih informasi fakta dan mitos 😄😄

    ReplyDelete
  4. Aaakkk.... Kapan ya punya blog keren begindang mak? Nice reportase 😂💥👍

    ReplyDelete
  5. Eeeen.. Kenapa ada futuku yang ndutan itu?
    * krukupan sarung 😳

    ReplyDelete
  6. Ohh bs krn stress jg ya, alhamdulillah hehe

    ReplyDelete
  7. Yang penting harus jaga pola hidup sehat dan pola pikir yang sehat juga ya, Mbak Windi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyeeee selain makanan juga, biar panjang umurnya dan bahagia yes

      Delete
  8. tulisan yang sangat berfaedah mba, pantasan bapak saya hobi makan seafood dan daging tapi beliau bilang nggak pernah ada tanda-tanda kolestrol mungkin karena diimbangi dengan gerak yaa, ada juga saya yang orangnya mageran. Pas banget pengen ngubah pola sarapan pakai oats dan baca blogpost ini ^^

    ReplyDelete
  9. Agar lebih sederhana beberapa ahli juga mengibaratkan kolesterol itu seperti pipa air, yang kalau berkarat, lama-lama bisa buntu.
    Wah, kudu sering-sering angkat bokong nih. Biar kolesterol jahat pergi.

    Sayang di Balikpapan belum ada ya.


    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa analoginya gitu kali ya, kalau kebanyakan isi ntar jadi mampet

      Delete
  10. Duh serem. Aku nih kolesterol tinggi karena suka makan gorengan .

    ReplyDelete
  11. Kalo pusing-pusing berarti bukan karena kolesterol aja ya kak ternyata penyebabnya hmm...atau bisa jd krn uang belanja belum ditransfer haha, itu aku kali lah

    ReplyDelete
  12. Kolesterol emang bahaya banget ya mbak, abis lebaran aku sering pusing2 lalu cek kolesterol lha diatas dua ratus, minum Benecol bisa membantu pasti ya. Makasih informasinya mbak Wind.

    ReplyDelete
  13. Makanan udah lumayan sehat, stres kagak..yang masih magernya hahaha:D....Btw, nice reportase, Mbak. Sukaaa!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature