Siapakah Pembaca Blogmu?

Tuesday, November 1, 2016

Setelah tahu apa tujuan ngeblogmu, kamu sekarang harus menentukan siapa target pembacamu.

Iyalah ya tujuan kita nulis di blog kan supaya dibaca orang ya. Ada juga sih orang yang punya blog sama sekali ngga berharap ada yang baca, tapi itu mungkin 1 diantara ratusan ribu bloger, jadi asumsinya semua bloger pengen blognya dibaca.

Kalau dari google analitytics, pembaca blog kita itu bisa digolongkan dari 3 kategori.

1. Gender

Atau jenis kelamin. Iya sebuah blog harus jelas juga target pembacany berjenis kelamin apa, perempuankah atau laki-lai, atau keduanya. Ini untuk menentukan jenis tulisan dan content blog kita.

Karena tulisan untuk wanita tentu berbeda dengan tulisan untuk pria. Sudut pandangnya jga berbeda. Gampangnya lihat aja web-web online. Contohnya kayak femaledaily, udah jelas bangetkan target pembacanya adalah wanita, maka isinya ya yang dibutuhkan wanita dan seputar dunia wanita.

Berbeda dengan web semacam malezone, tentu isinya pun hal-hal yang ingin dibaca oleh pria.

2. Usia

Mengetahui target usia pembaca blog kita, gunanya untuk menentukan gaya bahasa yang kita gunakan. 

Tentu akan lucu, kalau target pembaca kita ibu-ibu usia 30 tahun ke atas, tapi kita pakai gaya nahasa anak muda yang ber elo guwe. Bisa saja, tapi kurang pas.

Sebaliknya, saat target pembaca kita anak-anak muda, lebih enak kalau pakai kata sapaan elo guwe, biar berasa dekat dan sampai pesannya. Kalau pakai sapaan "Anda-Anda" kan malah berjarak dan kurang asik untuk anak muda.

Karena menurut saya penting, memposisikan diri kita sepantaran dengan pembaca kita, biar kesannya ngga menggurui dan walau kegiatannya menulis tapi seperti sedang berbicara dengan sahabat.

Maka, tentukanlah usia target pembacamu.

3. Interest

Yup, kita juga sebaiknya tahu, orang membaca blog kita itu karena apa. Apa postingan yang paling disukai. Tujuannya biar kita gampang menulis topik tertentu. Atau kalau ngeblognya udah makin serius, kita jadi gampang menentukan niche blog kita.

Misalnya nih, ternyata postingan kita ramai pembaca dan ramai dikomenin atau ramai dishare pas soal ngomongin anak, nah bisa dipertimbangkan untuk membuat blog jadi berniche parenting. Atau kalau orang sukanya pas kita reiew kosmetik, bisa dipikirkan untuk membuat niche beauty.


Nah, target pembaca tadi, bisa kita atur dari dua cara :

1. Kita Yang menentukan

Kalau kita yang menentukan, berarti dari awal udah kita setting sendiri isi blog kita gimana, gaya bahasa kita, dan topik-topik yang kita pilih.

Kalau kayak blog saya ini nih, saya udah netapin sendiri sih target pembaca saya yang bagaimana. 


Blog ini target pembacanya adalah wanita usia 25-40 tahun, energik, modern dan berpikiran terbuka.

Iya, saya memang menargetkan pembaca seperti itu, makanya gaya bahasa dan isi tulisan juga menyesuaikan. Target saya bukan ibu-ibu yang saklek terhadap hal tertentu, sehingga saya selalu menulis hal-hal yang kiranya tidak menyalahkan pilihan masing-masing orang. Goalsnya gitu sih. 

Apakah sudah tercapai?

Nah, ini, cara kedua menentukan pembaca blog kita, bisa juga dengan melihat analitics. 

2. Melihat Analitics


Kalau pakai cara ini, berarti kita menuliiiiis aja sesuka kita, trus ntar kita lihat dari hasil analitics pembaca blog kita.



Setelah melihat hasilnya, baru deh kita bisa set lagi isi blog kita, termasuk tema yang dipilih.


Terserah mau pakai cara 1 atau 2 yang penting tetap jadi diri sendiri aja saat nulis.

Nah kalau udah tau kayak gini jadi lebih enak nih ngeblognya karena lebih terarah dan ngga semua hal campur aduk kita tulis.

Saya ngga bahas keuntungannya dari segi parameter blog atau kayak SEO dll gitu ya karena saya ngga terlalu ngerti. Tapi minimal saat sda pembaca yang merasa ngga cocok dengan apa yang kita tulis, kitanya juga ngga pusing. Nyantai ,berarti kemungkinan memang blog kita bukan untuk dia

Pokoke nikmatilah proses ngeblog, tulis apa yang ingin kita tulis, ntar terseleksi sendiri siapa pembaca blog kita.


8 comments on "Siapakah Pembaca Blogmu?"
  1. Semoga kelak aku spt mba punya banyak pembaca setia :) mari semangat menulis ^^

    ReplyDelete
  2. blog saya niatnya buat perempuan. e lha kok di analytics pembacanya -60% laki-laki! gimanaaa coba?

    setelah dilihat ternyata yang bikin banyak pembaca laki-lakinya karena ada artikel yang laris tentang lapor jual kendaraan.

    walah...kudu piye iki mbak? banting setir? :-D

    ReplyDelete
  3. Nah sama dong...banyakan male nya di analytics

    ReplyDelete
  4. Aku sih awalnya cuma mau kaih tau ke orang orang kalau mau hire photographer ke aku ya :P ha ha ha..

    ReplyDelete
  5. wah bener-bener menambah pengetahuan..... walaupun kemaren gak ikutan durian, tapi materinya dibagiin disini. tenks berat mba windi. saya emang lagi mikirin soal topik ini juga dan arah tulisan di blog saya pengennya kemana. Dari postingan mba, jadi tahu kemana akan mengarahkan isi blog saya.


    btw, salam kenal

    superarmz(com)

    ReplyDelete
  6. Aku baca apa yg menarik sih, hihihi

    ReplyDelete
  7. Aku masih acak2an mba blognya.. Harus bnyak belajar lagi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature