Buka Puasa Bareng Yukkks

Thursday, June 18, 2015
Hari pertama Ramadhan enaknya ngomongin apa ya????

Daripada laper mari kita ngomongin soal buka puasa, xixixi, baru aja mulai puasa udah mikirin buka.

Iya, soale pas bulan puasa gini, pasti banyak banget ajakan buka puasa bareng. Entah dari teman kantor, teman arisan, teman kantornya suami, dari komunitas, waaah, kalau dijembrengin bisa-bisa separohnya bulan puasa bakal buka di luar teruuus. Ini aja masih setengah hari puasa, saya udah dapat undangan bukber dari dua biji.

Nah, dilema banget lho kalau dapat undangan bukber gini. Satu sisi yang namanya puasa ya paling enak buka dirumah yak, bersama keluarga tercinta. Walau dengan lauk ala kadarnya tapi suasananya itu lhoooo ngga tergantikan. 

Tapi...tapi kan namanya menjaga hubungan baik, masa harus ditolak sih semua undangan bukbernya. 

Sebenarnya acara buka puasa bareng gitu asik yah, tapi menurut pengalaman saya selama bertahun-tahun, bukber gitu khususnya yang acaranya di mall banyak banget ngga enaknya bahkan cenderung ke arah mudharat.

Duluuu pas saya tinggal di Jakarta, pernah bukber di Plaza Semanggi sama teman kantor. Acaranya di lantai paling atas, di Sky Dining itu lho ( lupa saya namanya,kayaknya itu). Tempatnya asik, makanannya enak, pemandangannya asoy, giliran maghrib, duk duk duk. Makanan dan minuman pun siap disantap. Tarohlah makan selama 15 menit. Eh makannya juga harus buru-buru soale suasananya ruameee banget, dan biasanya banyak yang antri mau gantiin tempat duduk kita ( meskipun kita ramean, yang nunggu lebih rame lagi). Dan ngga enaknya karena seperti rebutan kursi gitu, jadi berasa makan ditungguin xixixi.

Abis makan, giliran mau sholat dong. Eeeh ternyata oh ternyata musholla nya adanya di basement, di antara parkiran mobil yang puanas, berdebu dan tentu saja berisik. Gabungan antara suara mesin genset, sama tan tin klakson mobil. Pas mau sholat, ya ampuuun antriannya udah mengular, soalnya mushollanya sempit, kamar mandinya cuma satu. Jadi sholatnya sama sekali ngga nyaman, apalagi khusuk. Sholatnya buru-buru, dempet-dempetan, mukenanya basah (untung bawa mukena sendiri), ih males banget. Kalau ngga salah inget , jangan-jangan saat saya sholat itu sebenarnya waktu maghrib udah lewat, soale kan waktu sholat maghrib itu singkat sekali. Beberapa teman saya yang males ngeliat antrian dan (mungkin) malas bolak-balik lagi dari lantai 10 ke basement akhirnya malah ngga sholat sama sekali. Oh My God. Iyaaa, soalnya mau turun pun , liftnya anttri buanget, desak-desakan.

Pernah juga saya buka bareng abang saya di Semanggi lagi. Supaya afdol, begitu adzan maghrib, kami sholat dulu. Trus baru deh makan. Yaaa salam, pas ke tempat makan, semua full, kelaperan boook, akhirnya malah makan roti sambil berdiri pulak, nungguin orang lain selesai makan, yang mana kalau yang makan pada bawa anggota satu RT, biasanya abis makan pakai acara ngerumpi and selfie-selfie.

Aduuh,sejak saat itu, kalau ada teman kantor yang ngajak buka di mall di Jakarta saya ngga mau ikut. Macam-macamlah alasan saya. Entah ngga enak badanlah, entah ada kerjaanlah, intinya menolak dengan cara halus. Yaaa, habis gimana yah, gimana pun juga sholat itu kan termasuk yang utama, puasa lanjutannya. Masa seharian puasa, eh giliran berbuka sholatnya jadi ketetran, rugiii banget.

Makanya, di awa ramadhan gini, udah was-was aja bawaannya. Pokoknya kalau mau buka bareng saya harus tahu dulu dimana bukanya. Pilihan yang masih ditolerir menurut saya:

1. Hotel

Buka bareng di hotel menurut saya pilihan yang paling tepat untuk bukber sama teman. Disamping tempatnya nyaman, ngga terlalu rame, makanannya enak dan komplit (makan sepuasnya), dan ngga mahal-mahal banget. Antara 80-100 ribu per orang.

2. Rumah Teman / Keluarga

Yup, kalau mau bukber, mending di rumah deh. Di rumah teman misalnya, malah bisa sekalian manggil ustadz buat ceramah sebelum buka. dan yang pasti sholatnya ngga terancam.Tambahan, biasanya kalau diundangnya makan di rumah, berarti gratisan huahahaha.

3. Rumah Makan Yang Ngga Terlalu Gede

Iya, kalau terpaksa banget, rumah makan bisa jadi pilihan. Tapi jangan yang ruame banget. Rumah makan padang semacam garuda, Sederhana gitu rekomended lah. Soalnya mushollanya juga biasanya lumayan bagus, dan pengunjungnya juga ngga seramai mall pastinya.

Kalau di Medan, ada Istana Koki,Ayam Kalasan, Bhineka, yang lumayanlah buat bukber, walau rame tapi masih lumyan nyaman. Rekomended sih Istana Koki, disamping makanannya enak, musholanya juga lumayan gede, plus ada playground untuk tempat main anak

Nah, jadi gimana nih, udah ada rencana buka bareng dimana nih kalian. Pokoknya mall is not the best choice to buka-bukaan ah.





12 comments on "Buka Puasa Bareng Yukkks"
  1. Kalo aku selektif mak milih acara bukber, ngga semuanya diokein. Yg kira2 sama temen2 atau yg deket aja. Kalo tiap hari gempor juga. Itu jg biasanya diadain di rumah, kalo di resto populer alamak antriannya suka ngga nahan, pelayanannya jg jadi lama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak kalo semua diokein jangan2 ngga pernah ikut tarawihan hahaha. apalagi di kota besar, abis hukber balik rumah eh udah jam 8 aja :)

      Delete
  2. Kalau saya bukber di luar agak sulit Mak... selalu kebayang wajah2 orang rumah hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maaak, aku juga suka dilema banget. pengennya buka di rumah terus, tapi kalo dari kantor agak sungkan kalo ngga datang, soale aku juga udah sering ga ikut acara di luar ja kantor hahahaha

      Delete
  3. memang aku bukber jarang kalau ikutan kalau di kantor atau rumah. kalau di mall atau resto, harus pesan dulu dan nunggunya lama banget karena penuh dan yang bikin bete mau sholat ngantri dulu karena musohla yang kecil. Boro2 bukber , buka dengan keluarga di luar rumah juga gak pernah karena begitu penuhnya rumah makan saat berbuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, udah makan ngantri, sholat ngantri, malah ngga nyaman. Apalagi di mall ih males banget

      Delete
  4. sebenarnya semuanya enak ya tempat2 itu..tapi tergantung kita dan teman2 nantinya mau pilih bukber dimana..biasanya suara terbanyak yg dipilih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempatnya sih enak-enak mak kalau bukan bulan puasa. kalau lagi bulan puasa, ruamenyaaaaa tempat enak pun kadang jadi ga nyaman

      Delete
  5. aku belum pernah bukber di hotel, mba. hihi. kalau sama temen biasanya di rumah atau rumah makan yang udah pernah dicoba menunya. makanannya tergantung kesepakatan dari teman2. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah pernah nyoba memang jadi lebih yakin ya la. xixixi coba aja sekali-kali enak la, lebih adem xixixi

      Delete
  6. Bagi yang mau usaha kuliner ataupun sudah punya usaha kuliner, anda bisa coba deh menggunakan kemasan makanan Greenpack yang memiliki berbagai macam keuntungan dan keunggulan. Selain itu Greenpack juga ramah lingkungan lho, jadi say no to styrofoam lg yah :)

    ReplyDelete
  7. Aku kok belum ada yang ngajak bukber yaa huhuhu. Iya buka puasa di Hotel enaak, tapi harus yang ada tempat sholatnya cukup luas, karena waktu magrib kan singkat.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature