Dapat Rezeki Gara-gara Food Combining

Thursday, May 21, 2015
Kemarin itu saat saya lagi semangat-semangatnya diet kayak yang saya ceritakan di postingan ini (Diet Mayo Ala-Ala), sebenarnya ada agenda tersembunyi dibaliknya. Jadi, selain memang pengen langsing lagi kayak sebelum hamil, saya juga dapat tips kece dari seorang teman. Waktu itu di kantor saya bilang kalau saya pengen hamil lagi, soale umur saya udah mau expired nih buat punya anak wahahaha ketauan tuanya. Nah sama teman saya itu dibilangin supaya saya coba diet. Karena kalau lagi diet, makanan kita kan bakal yang sehat-sehat tuh, trus metabolismea tubuh juga lebih teratur karena kita makan pakai panduan, jadi mudah-mudahan semakin mudah untuk terjadi kehamilan. Maka saya cobalah diet yang sangat sehat itu. Iya lho, soalnya kan makanan saya selama diet itu dari bahan organic semua, no minyak lagi, rendah kolesterol dan bergizi tinggi.


Habis diet mayo, ngga lama saya dapat kiriman buku tentang Food Combining-nya mba Widyanti Yuliandari,ST . Xixixix gratisan hasil menang kuis nih, Alhamdulillah. Saya memang pengen banget bukunya, soalnya memang niatnya setelah diet mayo pengen ngelanjutin pola makan ala Food combining biat tetap sehat. Dulu pernah sih nyoba FC beberapa waktu, tapi terus ga saya lanjutkan karena rempoooong ngatur-ngatur jenis makanannya., karbo ngga boleh dimakan bareng protein hewani, karbo temennya protein nabati, halah ketteran saya memilah-milahnya. Ya udahlah akhirnya saya balik aja ke pola makan biasa. Paling yang saya kurangi itu makanan instant, junk food sama yang manis-manis.




Dan akhirnya tamatlah juga saya membaca buku FC ini dengan perasaan maluu, Hahaha jadi selama ini banyak banget salah kaprah daku dalam memahami yang namanya food Combining. Pantesan lah ngga ngefek, badan masih ares-aresan juga, pusing-pusing masih hilang timbul , lha panduannya salah.

Kemarin kemarin itu sudah bener sih soal kombinasi makanannya, Cuma kayaknya saya salah pengertian di sayur-sayurannya. Iya ternyata pola makan FC itu lebih mengutamakan ke sayuran segar, kalau saya kan emang ngga suka sayuran mentah, jadi tetap direbus saja. Trus jadi nyadar juga, ternyata selama ini tujuan saya ber FC sudah ngga benar. Iya lah tujuannya mau cepet langsing aja. Padahal FC ini lebih ke supaya kita terbiasa untuk memiliki pola hidup sehat, dimulai dari makanan. Jadi makan sesuai sifat alami tubuh. Termasuk jam –jam tubuh bekerja dan menyesuaiakan dengan enzim-enzim pencerna makanan., hahaha payah ih.

Nah dibuku Food Combining ini diulas tuntas dari A sampai Z all about Food combining. Mulai dari pengertian FC, aturannya, bagaimana cara memulai, manfaatnya bagi tubuh sampai tips ber-FC bagi pemula. Komplit.

Kasih bocorannya dikit ya.

Pertama tuh yang harus dipahami benar bahwa FC itu bukan metode diet. Jadi dalam FC ga ada aturan batasan porsi makanan. Malah gampang banget lho ternyata, boleh makan sepuasnya asal kombinasinya tepat dan waktu makannya juga tepat.

Jadi, dalam mencerna makanan tubuh kita itu punya 3 fase yang berbeda.

Fase cerna : mulai pukul 12.00 sd 20.00
Fase Serap : 20.00-04.00
Dan fase buang: 04.00 sd 12.00

Nah jadi di fase cernalah kita makan berat semacam karbohidrat, sayur, protein,lemak. Sedangkan di fase serap sebaiknya kita tidak makan apa-apa lagi. Dan di fase buang, kita makan yang ringan-ringan.

Kemarin saya mempraktekannya dengan bangun pagi, sebelum masuk apa-apa ke perut, dimulai dengan minum air perasan jeruk hangat. Ih segar banget. Awalnya sih dulu pas tahu pola makan FC di pagi hari ini saya sempat membatin, gila aja pagi-pagi kok malah minum yang asem-asem, bisa tipislah ususku inih. Hahaha ternyata ngga lho, karena makanan yang asam belum tentu bersifat asam, malah membuat tubuh menjadi basa. Siplah. Kalau minum perasan jeruk setiap pagi sih saya udah sering, karena memang hobi buat infuse water untuk ke kantor.

Setelah minum air jeruk/lemon, baru deh makan buah. Aaaah ini juga bikin badan enteng lho. Karena kalau pagi makan lontong sayur atau bubur ayam dan sejenisnya itu, bawaannya pasti kekenyangan dan jadi ngantuk . Kalau makan buah emang ngga kenyang sih, tapi enak di mulut dan di perut. Biar kenyang yah porsi buahnya aja saya banyakin. Sekali makan saya habis satu buah pir ukuran besar sama sekotak melon iris. Tapi selang beberapa hari, sebiji buah aja udah kenyang kok. Prinsipnya makan buah selagi perut kosong.

Nah untuk makan siang, baru deh harus ngerti kombinasi makanannya. Aturan di FC tuh sebenarnya simple banget. Karbohidrat tidak boleh dimakan bareng protein hewani, tapi boleh dengan protein nabati. Gampangannya, makan nasi jangan pakai daging, ayam, ikan, udang, cumi, telur, dan teman-temannya spongebob, tapi diganti dengan nasi+ tempe, tahu, jamur, dan sayur. Kalau mau makan protein hewani, abaikan karbohidratnya ganti dengan sayuran. Jadi makan steak + buncis+wortel+timun, boleh deh. Intinya kalau makan nasi, ngga pakai ikan, kalau mau makan ikan jangan pakai nasi. Simpel sih ya, Cuma kalau belum terbiasa memang agak gimana gitu rasanya.

Mengenai alasannya. Ada tuh dijelaskan di bukunya. Mengapa karbohidrat itu tidak cocok dengan protein hewani, kenapa buah dimakan saat perut dalam keadaan kosong, dan kenapa minum jeniper ( Jeruk nipis Peras hangat) di pagi hari malah dianjurkan. Sok atuh baca sendiri aja ya.

Oya kendala utama mau nerapin FC ini biasanya dialami oleh orang-orang yang sehari-hari banyakan makan di luar., kayak pekerja kantoran, anak kos. Padahal ngga ada alasan lho untuk sulit ber-FC. Jadi misalnya mau jajan gado-gado, ya udah jajan aja, tinggal pilih, kalau makan pakai lontong, telurnya jangan dimakan, kalau mau makan telurnya lontongnya jangan dimakan., simple.

Hampir dua mingguan lah kemarin saya kembali ber FC ria. Saya bikin pola kalau siang makan nasi+sayur+protein nabati ( awalnya saya tetap taruh teri nasi di kotak bekal saya, belum bisa cyiin makan ngga pakai ikan-ikanan). Trus malamnya baru saya makan ikan/ayam/daging/telur + sayur. Ngga pakai nasi. Mula-mula sih nasinya dimakan juga tapi dkiiiit, udah hari ketiga bisalah tanpa nasi pas makan malam. Lumayan lancar sih. Soal menu juga saya ngga bingung lagi, karena di buku food Combining ini juga disertakan dengan resep-resep praktis makanan ala FC, termasuk cara memasaknya. Terbantu bangetlah jadinya.



Aneka Resep Mudah di Buku FC

Setelah baca buku Food Combining ini, saya jadi tercerahkan tentang pola makan FC. Ngga seperti yang saya bayangkan selama ini ternyata. Dan sekaligus juga mengubah pola pikir saya bahwa tujuan ber FC itu memang bukan untuk diet, tapi untuk kesehatan. Menjadi langsing adalah bonusnya. Oke siplah.

Dan ternyata sodara-sodara, baru kira-kira dua bulan saja saya merubah pola makan saya selama ini yang sesuka hati guweh menjadi pola makan teratur, seimbang gizi, seimbang porsi, eh langsung dapat bonus. Bukan langsing sih tapi bonus penghuni baru di rahim saya atas kehendak-Nya, xixixix toss dulu sama teman kantor yang ngasih saran. Alhamdulillah.

Makanya saya bilangin deh, ngatur gaya hidup jadi sehat itu ngga ada ruginya sama sekali. Banyaklah caranya. Food combining ini salah satunya. Kalau masih belum ngerti dan pengen tahu lebih banyak lagi soal FC, buku Food Combining ini rekomended banget lah untuk dibaca. Soalnya bahasanya mudah dipahami, dan contoh-contohnya lebih konkrit, jadi ngga ngawang-ngawang. Di Gramedia udah tersedia kok, ngga susah nyarinya. Oke deh, selamat ber FC ria yah bagi yang mau memulai, siapa tahu bisa cepet hamil kayak saya, eeeaaaa






29 comments on "Dapat Rezeki Gara-gara Food Combining"
  1. waa... ada resepnya juga ya bukunya.. mantap. aku jg nih, FC yg konsisten cuma dr bgn tdr smp jam 12 aja alias sarapan buah doang. sisanya berantakaannn. btw, selamat ya mak atas kehamilannya smg menular ke aku. hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada resepnya juga. penting ini bagi emak yang suka bingung nentuin menu makanannya;). Makasi maaak, aamiin semoga nular semoga nular

      Delete
    2. iya ada resepnya juga. penting ini bagi emak yang suka bingung nentuin menu makanannya;). Makasi maaak, aamiin semoga nular semoga nular

      Delete
  2. Pengen deh ikut ber-FC ria. Huhuhu... belom bisa ninggalin kopi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh di bukunya dibilang gpp juga lho minum kopi, tapi porsinya dikurangi dikit2. aku dah berkurang bgt kebiasaan minum kopinya mak, sekarang kuganti dengan teh herbal. apalagi krn lagi hamil, jadi memang ngurangi kopi. sekalianlah hahaha

      Delete
  3. Wahh, bersyukur banget, ya. Bisa dapet penghuni baru di perutnya. Semoga bisa sehat selalu, baik yang di dalam perut maupun ibunya.

    Baru pertama mampir. salam kenal.

    ReplyDelete
  4. Kau juga rencana pengen ber-FC nih maak, tapi bojo kayaknya yang belum sanggup hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lah mak, kupikir2 emang masuk akal sih rumus2 di FC itu. si Tara aja udah ku FC kan dikit2 xixixix

      Delete
  5. wah, bisa di tularin neh resep cepet hamil dgn FC ke kakak, selamat ya maaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bisaa bisaa. Masuk akal kan yah

      Delete
  6. Aku juga pengen FC. Masih maju mundur manis..hihihi..

    ReplyDelete
  7. Aku fc juga...tp msh fifty2...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp mba. Dikit2 aja nyobanya. Ntar lama2 jd biasa dan bs full fc

      Delete
  8. Bener mak bukunya mak wid... mudah dipahami gak berat trus gambarnya juga keren n ceria

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gambarnya seger2 jadi semangat pas nyobain :)

      Delete
  9. Halo mak Salam kenal. Jadi pengin nyoba nih mak, biar lebih sehat ya secara aku udah kurus dari sononya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jg mak. Iya mak coba deh biar lebih sehat plus cantik eh hahaha

      Delete
  10. Sebagai orang Aceh yang notabene kalau makan belum lengkap kalau gak pakai ikan, ini memang sulit untukku, untuk kami sekeluarga. Aku udah nerapin FC sejak setahun lalu, tapi cuma yang sarapan buah doang sama jeruk nipis peras d pagi hari, ahahaha.... sesekali bolehlah gantiin ikan sama tempe. Masih sama-sama lauk sih :D Nah kalo ini ganti ke protein nabati, aku lebih pilih ini dah daripada juklak yang satu lagi itu, yang protein hewani + sayur doang. Masih merasa gimanaaaa gitu kalo makan gak pakai nasi,wkwwkkk....
    Btw, fotomu cantik di situ win :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu ky. Sesama org sumatra. Ga makan nasi berarti blm makan hahahah. Tp kalo bertahap kyknya lama2 jd biasa juga :)

      Delete
  11. Aku lagi belajar merutinkan makan buah, kalo sayur memang sering masuk di menu. Tapi buah kadang2 aja, hehe :D FC an emang biar sehat ya, mba. berat badan turun itu hanya bonusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo makan buah enak la. Ga disuruh juga aku bisa habis sepiring gede sendiri. Ayo la coba fc

      Delete
  12. keren ya bukunya teman kita ini..mau juga donk punya buku itu..secara BB ku sekarang meledak lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba beli bukunya. Bukunya segeeeer

      Delete
  13. sama mba wind, aku hamil kedua juga pas lagi 'sehat-sehat'nya :) selamat yaaa.. semoga diberikan kemudahan, kelancaran, dan kesehatan sampai persalinannya nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mungkin krn kita lg sehat2nya makanya subuuuur hahaha. Aamiin makaai doanya mak

      Delete
    2. Iya ya mungkin krn kita lg sehat2nya makanya subuuuur hahaha. Aamiin makaai doanya mak

      Delete
  14. Mraktekinnya masih berat ya mak, makan lontong opor tp ga makan lontongnya,hahaha..sumpah eman2, apalagi klo tugas luar breng bapak2 yg sukanya makan sate kambing,hadeh jd ikut2an makan mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature