Cara Menghilangkan Malware

Sunday, December 9, 2012
Alhamdulillah blog saya udah bisa diakses lagi. Selama 3 hari kemarin ya ampuun panik banget rasanya. Apalagi saya kan lagi buat giveaway di blog, huhuhu kemrungsung ga bisa buka blog sendiri. Gara-garanya tuh si biangkerok malware yang menginfeksi blog saya. Karena udah berhasil menyingkirkannya, saya ingin berbagi cara agar kalau ada temen blogger yang terkena malware bisa segera melewati ujian berat tersebut, halah. Kemarin saya juga dibantu para blogger yang sudah mengalami nasib serupa lebih dulu. Ubek sana ubek sini, akhirnya bisa mengenyahkannya.

Kalau ada yang belum tau, malware itu sejenis perangkat lunak yang menyusup ke dalam jaringan komputer, blog, website kita tanpa ijin pemiliknya dan dapat merusak sitem komputer. Saya ngga ngerti bahasa komputernya apa, tapi yang pasti dia sejenis virus. Biasanya terjadi kalau kita membuka website, blog yang terkena malware juga, maka blog kita juga akan terkena. Nah kalau blog kita teridentifikasi oleh google mengandung malware tadi maka otomatis google akan memberi peringatan kepada setiap pengunjung yang akan membuka blog kita dengan peringatan seperti ini nih :


kalau blog kamu sudah terkena malware , coba cara berikut :

  • Masuk ke google master tools.  ( kamu harus sudah buat akun google terlebih dahulu, kalau belum, silahkan buat dahulu ). kalau sudah terdaftar otomatis akan muncul nama blog kamu, sebelumnya kamu harus verifikasi akun dulu. Cara verifikasi akun :Klik ADD SITE, entry alamat blogmu, klik CONTINUE. Setelah itu akan muncul gambar berikut :

            pilih alternative methode ( cara ini yang paling mudah menurut saya ). lalu akan muncul gambar berikut :


pilih HTML tag, trus di klik, nah muncul metatag nya. Meta tag nya itu silahkan dicopy ( yang saya lingkarin merah ). Trus buka template blog kita. Klik HTML nya. ntar di HTML tersebut cari headnya


copykan metatag tadi diantara head dan title. setelah selesai simpan di blog anda. balik lagi google master tools dan klik verify. Selesai, blog anda sudah terverifikasi
  • Sekarang anda berada di dashboardnya webmastergoogle, klik healthmalware. Ntar muncul hasilnya.    Kalau memang ada malwarenya google akan memberi notifikasi. Tapi kalau ngga ada akan muncul pesan : Google has not detected any malware in this site.
  • Kalau memang ada yang terinfeksi, cobalah menghapus semua link, widget atau html yang teridentifikasi malware. Kemarin saya penyebabnya ada di bloglist yang saya pasang di blog.
  • Kemudian scan blogmu di sini :http://www.unmaskparasites.com/ . Masukin nama alamat blogmu. ntar muncul hasil scannya. Kalau emang ada yg suspicious akan diberitahu disini (tulisannya ntar berwarna merah ). Kalau kemarin contohnya saya teridentifikasi terkena virus yg berasal dari www.swfcabin.com
  • Buka layout blogmu, trus cari yang mengandung link tersebut. Pertama cari di semua gadget yg kamu pasang di HTML nya, periksa satu persatu. Kalu ketemu, segera hapus gadget tersebut. 
  • Kemudian scan ulang. InsyaAllah blogmu sudah bisa dibuka kembali dan terbebas dari malware. kalau belum tunggu sampai 1 sampai 2 x 24 jam. lalu lihat lagi.
  • Trus banyak-banyak berdoa semoga blog kita ga pernah terkena malware lagi. Salah satu cara nya sering2 mengecek kesehatan blog di webmaster google melalui menu health tadi.
Udah gitu aja.  Kesimpulan saya sih, kalau blogmu terkena malware, don't be panic, stay calm  dan ikuti langkah2 tadi. Awalnya sih saya panik banget, tapi ternyata caranya ngga begitu susah kok. Dan satu lagi, kalau mau gampangnya sih coba buka aja pake browser lain, Mozilla misalnya atau internet explorer, soalnya krmn blog saya dibuka pake chrom ga bisa tapi pake Mozilla bisa. 

Selamat mencoba, semoga membantu ;)



46 comments on "Cara Menghilangkan Malware"
  1. wah wah.. sangat membantu sekali.. thank's yaa udah posting hal yang berguna banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba. iya soalnya aku kemarin jg sempet panik, jadi kepikiran buat postingan ini.
      salam kenal juga mba ;)

      Delete
  2. makasih sharingnya mba Windi, salam kenal

    ReplyDelete
  3. oya, aku waktu itu buka pake mozilla tapi dapet peringatan malware dari antivirusku, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti mozilla nya versi yang tinggian kali yah mba. aku buka pake mozilla bisa

      Delete
  4. Terima kasih sharingnya mba, smoga bernilai ibadah! :)

    ReplyDelete
  5. waahh.. nice sharing,.. tq yaa.. ;)

    ReplyDelete
  6. Wah, insyaAlloh bermanfaat Mbak :)

    ReplyDelete
  7. While at first introduce it would do an intensive PC infection sweep to guarantee that there is no infection stowing away anyplace in your pc. After that it would do infrequent PC infection outputs to keep up the cleanliness of your PC. https://how-to-remove.org/malware/ransomware-removal/locky-virus/

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature