Negeri Fatamorgana

Saturday, August 11, 2012
Sudah seminggu ini di kantor saya sibuk sekali. Terutama di bagian lobi bawah. Ada yang berubah. Keramik di dinding dibongkar. Meja resepsionis di geser. Mesin-mesin ATM dipindahkan. Para pekerja bangunan wara-wiri kesana-kesini. Ada apa gerangan ???.















Usut punya usut ternyata RI 1 mau datang ke kantor saya. Oh, pantesan heboh. Dari tiga hari lalu sudah diwanti-wanti sama atasan, kalau ntar hari Jum'at jangan lupa saat keluar kantor kudu pake tanda pengenal, kalo ngga nanti ga bisa masuk gedung.

Saya jadi ingat, beberapa tahun yang lalu saat saya masih berada di kota kecil bernama Tebing Tinggi, RI 1 juga pernah berkunjung ke kota itu. Tujuan kunjungannya saat itu berkenaan dengan program KUR ( Kredit Usaha Rakyat) yang diluncurkan. Peserta rombongan terdiri dari Gubernur Sumatera Utara dan direktur utama 5 bank BUMN terbesar. Wih. 

Dulu itu jalan dari Medan menuju Tarutung, di beberapa bagian banyak yang berlubang, tidak rata pokoknya kurang nyaman lah untuk pengendara kendaraan. Hal itu berlangsung bertahun-tahun. namun tiba-tiba , sim salabim,  jalan raya sepanjang Medan sampai Parapat tiba-tiba mulus lus dalam sekejab. Ngga pake lama. 

Dan saya seperti mengalami dejavu, saat melihat lobi kantor yang dalam waktu hanya 3 hari saja sudah berubah bak baru lagi. 

Pagi kemarin ( hari Jum;at ), saya berangkat kantor lebih pagi, khawatir telat kalau lift yang digunakan dibatasi. Karena denger-denger gedung bakal disterilisasi. Saat tiba di halaman kantor, udah ada beberapa paspampres yang hilir mudik. Dan yang membuat saya terbelalak takjub, tuh lantai di lapisi karpet merah mulai dari tangga hingga di depan lift. Daaaaan, si karpet masih diplastiki, hihihi lucu .





Dan begitulah, akhirnya hari ini si bapak datang ke kantor saya, tepat waktu sesuai jadwal . Panser-panser berderet di belakang kantor. Para paspampres siap siaga, polisi berjaga-jaga di tiap pintu masuk dan keluar. Dan yang paling lucu dari kedatangan si bapak adalah kenorakan penghuni kantor yang begitu antusias foto-foto, Dimana coba?????. Yup di depan mobil dengan plat polisi RI 1. jiiaha.







Hmm, entah untuk ke berapa kali si bapak akan selalu disambut dimanapun dengan penampakan yang dikondisikan bagus, indah, tertata dan teratur. Segala sesuatu terlihat seperti yang diinginkan. Dengan kondisi ideal. Instan. 

Sebenarnya ada untungnya juga kalau pejabat pemerintah atau siapa saja yang berpengaruh di negeri ini berkunjung ke suatu daerah atau suatu tempat. Perhatikan saja, pasti tiba-tiba semua tertata dengan rapi. jalan-jalan menjadi bersih. Fasilitas yang kiranya akan digunakan, akan diganti baru. Tapi ya gitu, itu hanya sementara. Sama dengan kita yang langsung beres-beres rumah kalau mau lebaran. Kenapa? karena mau ada tamu. Setelah lebran lewat?. Yah balik lagi ke kondisi semula.

Apakah beliau tahu semua itu? Dan sampai kapan, pemimpin negeri ini mau saja disuguhin dengan fatamorgana?. Kalau seperti itu, darimana ia bisa melihat kondisi bangsa yang sesungguhnya. 

Tanya kenapa??
11 comments on "Negeri Fatamorgana"
  1. mengena banget, andai si bapak baca tulisan ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga akan baca la green. Kan dia dengernya yang bagus2 aja ;))

      Delete
  2. Karena tiap manusia ingin menampilkan yang terbaik .
    Ambil sisi positif saja jika kantor bapak baik dalam hal penyambutan tamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya mah seneng2 aja. secara kantor jadi lebih bagus. BTW saya ibu-ibu, hhuhuhu entah sudah ke berapa kali saya dituduh bapak2. padhl ya fotonya udah pake jilbab :))

      Delete
  3. Ahhhhh,,,, aku kehilangan moment2 ini. :(
    Tau2 liat 'kemegahan' hasil proyek sangkuriang ini...
    Kira2 akan bertahan berapa lama ya,, soalnya propertinya bukan permanen tuh. Serba palsu jadinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp lah yu, lumqayan jadi bagusan. xixix gara2 lobi berubah, sampe ada yang utun lift udah nyampe lantai 1 ga mau turun, kirain salah lantai wkwkwk

      Delete
  4. Ha ha ha,..jadi inget wkt kita nerima RI 1 di Tebing Tinggi,...ga bisa bawa kendaraan ke kanor,...sterilisasi,....ada penembak jitu (kayak di filem-filem gitu) nangkring di gedung sebelah,...... tp Pak SBY n Bu Ani emang cakep bgt ya aslinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bang raja salah pokus. Tapi iya sih, SBY dan bu Ani cakep dan terlihat berwibawa.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature