Jalan-jalan Ke Bangkok 4 Hari 3 Malam (3)

Tuesday, April 23, 2019


Ternyata postingan jalan-jalan di Bangkok ini panjang juga yah. Ampun dah.

Baca Jalan-Jalan Ke Bangkok Hari Kedua dulu yah.

Jadi selama dua hari kemarin udah keliling Pattaya dan tempat-tempat wisata yang ada di Pattaya. Kata orang-orang sih, tempat-tempat yang aku kunjungi kemarin itu semacam tempat wajib yang pasti dibawa tour guidelah kalo kita pake tour ke Bangkok.

Aku suka sama pengaturan kunjungan oleh Travel Aira yang aku pake karena di tiap tempat tuh waktunya lumayan, sekitar sejam-an, jadi ngga keburu-buru banget. Namun saranku yah, kalo kalian ngga pake jasa travel, beberapa tempat kemarin bisa banget kalian skip, kayak yang ke Big Bee Farm, ke Erawady, ataupun ke Germ of Jewellery.

Seru sih tapi kalo ngga dikunjungi juga ngga apa-apa, karena ya bukan wisata khas Bangkok kan yah hahahaha. Lagian kalo ke situ duitya pas-pasan juga males.

Oke lanjut ya hari ketiga.

Malam kemarin kami nginep di hotel di Pattaya. Hotelnya lumayan, enak, bersih, tapi sarapan ngga enak. Aku ngga suka sarapannya.Tapi gpp, karena aku masih punya sambal teri wakakakakak. Beneran kalian harus bawa sambal teri fren.

Jam 8-nan mba Maya si travel guide kami udah jemput ke hotel. Tujuan pertama ke pantaaaaaai, yeaaaay.

Pantai Pattaya



Pattaya ini sebenernya memang wisata pantai kan yah. Sekilas menurutku mirip seperti gambaran hollywood di film-film, apalagi ditambah dengan tulisan PATTAYA segede bagong di bukitnya, persislah kayak tulisan HOLLYWOOD yang terkenal itu.

Di pantainya itu juga banyak bersandar kapal-kapal yang kalo aku lihat sepertinya kapal-kapal pribadi. Jadi kalau kalian penggemar Dawson Creek, nah di pantai Pattaya ini suasananya mirip di Capeside, tempat Dawson dan teman-temannya main, hahhaha. Ketauan ya bu usianya berapa.



Oya FYI, di sekitar Pattaya Beach ini banyak tempat-tempat pertunjukan khas Thailand. Itu lho pertunjukan kayak Thai Girls Show, atau pertunjukan Lady Boy gitu.

Nah di paket tourku ngga masuk tuh ngunjungi tempat itu, tapi kalau kita mau pergi sendiri ke situ juga ga masalah.

Pas mau pergi, dari kantor temen-temenku udah nitip pesen, ntar aku harus nonton Thai Girl Show. Aku baca-baca di blog-blog orang katanya seru sih, tapi ya kurleb bilang kalo itu pertunjukan keahlian vegi cewe buat atraksi, uuugh. Jadi ya gimana yah, kalau tadinya pergi sama suami mungkin aku mau nonton, tapi karena sama temen-temen kantor yang mana ciwi-ciwi semua, jadi yaaaaaa kita putuskan ngga nonton hahahahaha. Sebab udah capek juga mahal ternyata, 900 bath, sekitar 450 rb. Mayan yah.

Mungkin kalo kalian ada yang ke sana, boleh ya cerita gimana pertunjukannya hahahah.

Kata mba Maya, jenis pertunjukannya tuh macem-macem. Kalo yang lady boy, ya pertunjukan oleh cowo yang oplas jadi cewe, banci gitulah. Tapi bancinya cakep-cakep. Ada satu tempat kata mba Maya di situ, bancinya dijamin cakep semua, ngga akan ada yang jelek, namanya Angelica. Nah coba ke situ yah.

Tapi kalo mau nonton harus booking dulu gengs, biar dapet tempat yang oke.

Nah, lalu ada Thai Girl Show itu. Kalo Thai girl show yang atraksi cewe-cewe tapi menggunakan veginya. Mungkin agak sedikit ekstrimlah kalo denger penjelasan mba Maya. Kayak yang buka tutup botol pake vegi, lempar-lemparan bola dsb. Agak linu dengernya.

Ada satu lagi, aku lupa namanya. Tapi ini pertunjukan khusus dewasa. Mba Maya bilang, di pertunjukan itu semua pemainnya tanpa busana. Jadi ya aku tida bisa cerita juga yah karena mba Mayanya sendiri cerita sambil malu-malu. Mungkin risih karena di rombongan kami banyak yang berjilbab kali yah.

Kemarin malam, selesai makan, menuju hotel aku perhatikan banyak banget cafe-cafe di pinggiran pantai Pattaya ini. Asik sih sepertinya, jadi keliatan banget kehidupan malamnya semarak. Di sepanjang jalan itu poster-poster pertunjukan-pertunjukan yang mungkin bakal disukai para pria terpampang nyata tanpa malu-malu, hahahaha. Bisa dibilang Pattaya surga wisata bagi para pria kali yah. 

Bagi ciwi-ciwi yang ogah nonton atraksi ekstrim-ekstrim tersebut, tenaaaaang, masih banyak kesenangan lain di Pattaya. Apalagi kalo bukan Thai Massagenya.



Aku kemarin sempet kan yah nyobain Thai Massagenya emang enak banget menurutku. Badan dikretekin kayak mau lepas sih tulangnya hahahaha, tapi abis itu ringan. Jadi kalian harus coba Thai Massagenya.

Jadi begitulah, kalo kalian ke Bangkok, jangan lupa ke Pattaya, nginep sekalian biar bisa menikmati kehidupan pantai dan kehidupan malam ala turis di Thailand. Balinya Thailand kali yah.

Ngga usah ew ew, karena ya memang itu sih wisata yang ditawarkan.


Makanan Kering

Puas menikmati pantai Pattaya, capcuss menuju Bangkok. Sebelumnya mampir dulu di tempat jualan segala jenis makanan kering. Ini oleh-oleh khas Bangkok.

Di toko itu segala makanan kering dari permen, keripik, manisan, ada semua. Unik-unik sih, karena ada kerupuk cumi, kerupuk kulit babilah, keripik mangga, durian, rumput laut. Semualah, lupa aku sankin banyaknya. Harganya bervariasi dari mulai 80 bath sampe 450 bath.

Untuk oleh-oleh cukup oke sih. Yang perlu diperhatikan pas belanja, jangan sampe kebeli makanan yang mengandung babi aja sih.Tapi tenang aja, mereka udah pisahin tempatnya, ntar dikasi tau barisan makanan mana yg mengandung babi.

Makan Siang

Abis belanja, makan siang. Sekali lagi menunya tetep ada tom yam.

Menunya enaaak, sesuai sama lidah kita. Yang menarik, mau makan di manapun kami, pasti selalu ada telur dadar di meja. Aku tanya ke guidenya, dia bilang memang dipesennya khusus buat kami, karena pengalaman dia, orang Indonesia suka sekali telur dadar katanya. Good. Karena memang aku suka sih, xixixi.

Wat Arun

Abis makan siang, langsung tembak ke Bangkok menuju Wat Arun.

Dari tempat makan siang ke Wat Arun itu sekitar empat puluh menit. Udara lagi hot-hotnya.

Wat Arun itu salah satu vihara terbesar di Bangkok. Wat Arun ini terletak di komplek kerajaan  sepertinya. Karena di sekitarnya ada Wat Pho dan ada Grand Palace , istana raja.

Wat Arun sendiri artinya adalah Vihara fajar, karena konon katanya ditemukan pada saat fajar.

Untuk menuju Wat Arun kita harus naik perahu, karena Wat Arun itu letaknya di seberang sungai. Naik perahunya 4 bath doang, sekitar dua ribuanlah. Mau naik perahunya antri gengs. Kalo kalian ke sana dengan temen-temen, usahakan ngantrinya sebaris jangan pisah-pisah karena sistemnya, saat perahunya penuh langsung berangkat-penuh berangkat, kan ga asik kalo terpisah sama temennya.

Komplek Wat Arun itu jalan masuknya kayak keraton Jogja gengs. Aku curiga jangan-jangan yang membuatnya contek-contekan sama candi Borobudur, karena agak mirip sih bangunannya. Cuma kalo Borobudur kan warnanya ya warna batu doang gitu yah. Nah Wat Arun ini megaaaaaaaah banget dan guedeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee banget.

Warna warni gitu, jadi kelihatan mewah dan megah.

Pokoke gede bangetlah menurutku.

Pas ke situ cuaca ajegile lagi puanas banget. Kepalaku kayak mau pecah sangkin panasnya. Saranku yah kalo kalian ke sini, pake topi, pake kacamata. Karena beneran silau dan bikin sakit ubun-ubun. Aku sendiri ga sanggup buat naik-naik ke candinya (aku nyebutnya candi aja yah). Padahal kayaknya seru sih menjelajah ke dalam-dalamnya, ga tau juga apa ada stupanya yah kayak di Borobudur.

Di sekeliling Wat Arun ini banyak tempat belanja. Mulai dari kaos-kaos, celana bangkok, tas-tas, gantungan kunci dsb. Harga di sini lebuh murah daripada belanja di Pattaya. Jadi kalau kalian mau beli oleh-oleh boleh juga di sini.

Tapi semurah-murahnya di Wat Arun menurutku masih lebih murah di pasar Pratunam (teteup). Aku kemarin beli celana bangkok gitu di situ, karena pas ke Wat Arun aku pake jeans item. Sangkin panasnya aku gerah sendiri, jadi beli celana yang longgar biar semriwing kalo ditiup angin hahahaha.

Ealaaaah taunya beneran semriwing, karena ternyata celananya belah dong yah sampe paha. Kapok lu. Lain kali kalo belanja celana lihat-lihat dulu yah ada sobekannya ga di dalemnya.

Kalo mau foto ala-ala kerajaan Thailand juga di sini disedian kostum Thailand. Bayar 150 bath. Aku ga nyobain karena ngga tertarik juga sih dan karena PANAAAAAAAAS. Gila aku ga tahan banget sama panasnya. Mukaku udah kayak kebakar rasanya. Makanya di situ juga ga lama,cepet-cepet doang, trus aku sama temen-temenku balik nyebrang sendiri. Mba tour guide masih nungguin rombongan yang satunya.

Kami nyebrang duluan karena pengen masuk ke Wat Pho. Wat Pho ini ngga masuk dalam itinerary tour, jadi kami beli sendiri.

Wat Pho

Wat Pho ini vihara juga, letaknya ya di seberang Wat Arun. Tadi sebenernya kita lewati sebelum naik perahu.

Di dalam Wat Pho ada buddha yang lagi tiduran. Iya yang terkenal itu lho. Sebenernya patung Buddha tidur gini ada sih di setiap negara yang ada pemeluk buddhanya. Di Indonesia aja ada gengs di Mojokerto dan di Bogor. Tapi ya biarlah ya mumpung di Bangkok sekalian lihat Buddha tidur di Wat Pho.

Masuk Wat Pho bayar 200 bath, gratis air mineral. Masuk ke viharanya harus buka sepatu dan berpakaian sopan. Kalo kalian ke sini pake celana pendek, jangan lupa beli celana-celana bangkok yang ada di sekitar situ. Ngga mahal kok, sekitar 100 bath sampe 150 bath.

Nah begitu masuk ke viharanya kita langsung disambut sama kepala Budha yang lagi gegoleran. Bentuk budhanya itu panjaaaaaaang banget dan gedeeeee. Jadi kalau gitu masuk mau langsung foto ya ngga bakal dapat foto buddha tidurnya.

Saranku, kalau mau dapat foto Budhanya secara utuh kalian harus jalan dulu sampe ujung kaki Budha, baru deh ambil foto dari situ. langsung dapat full body.

Abis foto, di situ ada kendi-kendi berjejer. Lupa aku jumlahnya berapa, pokoke banyaaaak. Nah di depan kendi2 itu ada meja tempat koin-koin berada. Kalian bisa tukar koin-koin itu dengan 20 bath. Trus cemplungin deh si koin-koin itu ke kendi.

Konon katanya, yang bisa masukin si koin-koin ke kendi itu sampe habis di ujung kendi, keinginannya bakal terkabul, dan bakal balik lagi ke Bangkok, halah, hahahaha.

Sayangnya koinku habis sebelum nyampe ujung, karena sangkin semangatnya gitu lho, hahahaha.

Abis itu ya udah keluar dari kuil, pake sepatu, ambil air mineral gratisan. Dan silahkan menikmati bangunan Wat Pho dari luar. Bagus buat pepotoan karena eksotis dan cantik gengs candi-candinya ini.

Abis dari Wat Pho, perjalanan dari tour lanjut ke MBK.

MBK

MBK itu mall yang paling terkenallah sepertinya di Bangkok. Tempat belanja barang-barang bagus di Bangok, sekaligus di bawahnya ada juga pasarnya. JAdi mirip Medan mall gitu kalo di Medan, karena di bawahnya ada pasar baju-baju harga miring yang kayak di Sentral. Di bawah mallnya itu juga ada lapak-lapak kayak food court yang menjual aneka makanan khas Thailand. Khasanya ya aneka mangga dan seafood-seafood. ENak-enak, aku nyobain udangnya yang segede-gede gaban. Belinya seharga 200 bath. setara 100 ribulah. Oke juga, karena ya seafood kan emang mahal ya.

Oleh tour guide kami dikasi waktu sampe makan malam di situ. KArena udah belanja juga kemarin-kemaron, maka aku sama temen-temenku mutusin untuk ke Madam Toussad aja. karena sekomplek banget sama mallnya.

Jadi si Madam Toussad itu letaknya di mall sebelah MBK. Naik aja ke lantai tas, trus ntar ketemu lobi luar di atas, jalan aja menuju mall sebelahnya. Ntar tanya ajalah di mana Madam Toussadnya.

Masuk ke Madam Tossad tiketnya 300 bath.

Di dalam, yah seperti yang sudah sering kalian lihat di postingan orangg. isinya adalah patung-patung lilin orang-orang terkenal. Aku yang kaget, ternyata patung lilin Anggun ada di situ lho, hahahaha, mantap juga yah si Anggun. Trus Shah Rukh Khan, lalu ada si Mark Facebook. Ga ketinggalan patung lilin Obama dan Sukarno, mantaplah. overall dengan tiket segitu, mayanlah.

Capek foto-foto sama artis, kami makan di bawah MBK, trus nunggu bis jemputan untuk makan malam.

Makan malamnya kali ini dibawa ke hotel. Makan sepuasnya maning. Ah laaf sih sama menunya, enak-enak dan banyak variasinya, jadi bebas milih. Dan yang pasti halal.

Abis makan, bis harusnya balik langsung ke hotel bersama pseerta tour lain. Tapi aku sama temen-temenku punya prinsip "Pantang pulang sebelum gempor". Dan mengingat kami masih segar, jam juga masih jam 8 malam, dan bath di tas belum abis, mari kita belanja lageeeeeee, hahahaha.

Iyes, kami balik maning ke Neon market. Naik Grab ajalah, dapetnya Pajero lagi. Ke Neon, sekitar 150 bath. Alah cincailah cuma 75 ribu ini.

Di Neon, kali ini aku nyari baju-baju untuk Tara dan Divya. Kaos-kaos, dan baju-baju ala Thailand gitu lucu-lucu. Aku dapet mayan banyak untuk anakku, hepi banget. Pokoke kami berhenti belanja, karen bath di domoet abis, dan cuma nyisa untuk ongkos balik hotel, wakakakaka, parah ya mamak-mamak kalo udah dilepas di pasar.

Akhirnya jam 11-an kami balik hotel, packing, tidur, karena besok mau bali, yeaaaay.

Pulang ke Medan

Pesawat kami ke Medan sebenernya masih jam 12. Pengennya masih jalan-jalan lagi ke pasar. Tapi karena duit udah ga ada, ya udah, nunggu dijemput travel, sarapan sambil leyeh-leyeh. Jam 9 diantar ke bandara, check-in.

Sebelum check-in, kami cek berat bagasi dulu. Karena kan tiket pesawat ga sekalian bagasi. Kami beli terpisah 50 kg. takutnya lebih kan zonk kalo harus nambah maning. Pas ditimbang, ya salam memang lebih wahahahahaha.

Jadilah di bandara heboh, utak atik bagasi, biar yg masuk bagasi dan yang ditenteng ke kabin bisa klop tanpa nambah biaya lagi. Untungnya matematika kita kan jagoan ya. kali-kali, tambah-tambahnya udah tamat, jadi bisa oke semua.

Bagasi beres, ceckin, masuk imigrasi, nunggu deh di boarding room.

Eh di boarding roomnya ternyata banyak counter kosmetik gengs, wahahahahaha, ya udahlah masa ke Bangkok ga beli kosmetik samsek sih, kan kurang afdol. Jadi aku belanja maning, Beli lipstik dan masker. 200 bath gitulah. masih wajarlah ya harganya.

Dan akhirnyaaaaa penerbangan kami dipanggil, masuk pesawat, and bhay Bangkok, see you next time.

Next, aku tulis ringkasan itinerarynya yah beserta biayanya. Tungguin.

3 comments on "Jalan-jalan Ke Bangkok 4 Hari 3 Malam (3)"
  1. Ahh Mba Win kayak sinetron aja cerita nya.. bikin penasaran terus..

    ReplyDelete

  2. bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
    ayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
    di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature