Ngeblog Panggilan Jiwa, bukan Panggilan Kantong :)

Monday, October 27, 2014
Hari ini hari blogger nasional. Wih, makin banyak aja ya hari-hari yang harus diperingati. Tapi seneng banget, ternyata blogger juga disedian harinya cuy,udah kayak hari jurnalis atau hari wartawan gitu :)

Sebagai blogger yang udah lama vakum, ngga eksis lagi,  tenggelam dalam dunia " jadi emak-emak-an", rasanya hari ini ngga susah-susah amat lah meluangkan waktu sejenak untuk mengisi kembali catatan di blog kesayangan saya ini. Soalnya masih pengen diaggap blogger xixixi.

Dari tadi siang ngintip-ngintip tulisan blogger lain, baru ngeh kalau di dunia blogging lagi heboh ya soal kata kunci yang ambigu, fee tulisan , alexa rank , job review. Weeew, pusing bacanya. Yah sampai saat ini, saya masih ngga terlalu peduli sama semua muanya itu. Bagi saya ngeblog ya ngeblog aja, ngga ada beban apa-apa . makanya page rank blog ini yaaa ngga bisa dibanggain sama sekali. Nerima job review juga baru 2 kali doang, itu pun dengan honor seuprit, cuma cukup buat beli mie ayam 10 mangkok hahaha. Tapi yang penting saya senang, hati riang, 

Mungkin bagi yang niat serius cari uang dari ngeblog, alexa rank itu penting banget ya, saya salut banget tuh sama para blogger yang begitu konsisten nulis sampai alexa rank nya rampiiing banget. Mungkin suatu saat, kalau saya niatin blog ini buat cari duit saya bakal belajar ah sama para blogger keren tersebut. Saat ini sih belum punya niat kesitu, dibawa happy aja.

Awal ngeblog tuh sekitar tahun 2007 atau 2008 gitu kalau ngga salah inget. Ngeblognya di Friendster. Aslinya saya suka nulis-nulis ngga jelas gitu di komputer kantor, girang banget waktu tahu kalau bisa curhat online hahaha, maruk lah, apa-apa diceritain. Gitu ada yang komen, langsung berbunga-bunga. Berhubung dulu belum punya laptop sendiri, jadi ngeblognya pake fasilitas wifi kantor, makanya suka banget disuruh lembur sampe malam, sekalian internetan :)

Friendster collaps, ngeblognya pindah ke wordpress, pernah juga di multiply, tp bentar doang, trus nemu blogspot, ya udah menetap disini.

Saya ngeblog itu, niatnya ngga ada mulia-mulianya sama sekali. Karena benar-benar , tujuan ngeblog itu awalnya cuma nulis isi pikiran saya aja, sekaligus latihan nulis. Ngga ada lah kepikiran buat sharing atau supaya orang lain dapat mengambil manfaat dari blog ini. Belum nyampe kesitu saya. Masih blogger unyu-unyu. Nulisnya juga masih sok-sok puitis gitu, kadang garing kriuk-kriuk, kadang sok pinter, kadang sok baik, kadang sok bijak. Pencitraan lah.Terserah mau anggap gimana.

Tapi tiba-tiba semua berubah

Sekitar tahun 2010, saya mulai ikutan group di FB. Dari group itu ketemu sesama pencinta buku yang suka nulis dan suka ngeblog. Trus dapat info lomba-lomba nulis true story. Waah maruk banget, semua lomba antologi saya ikutin, beberapa menang, banyakan kalahnya. Nah tulisan-tulisan itu sayang banget kalau ngga diarsip, maka jadilah blog ini sebagai dokumentasi tulisan-tulisan itu. Dan pertualangan sebagai blogger pun dimulai.

Hmm, berarti sudah hampir 6 tahun saya ngeblog disini. Dari blogger cupu yang ngga punya temen, ngga punya pengunjung, sekarang punya buanyaaaaaak banget sohibul blogger yang asik-asik. 

Tapi nih, jujur ya, dari pengalaman saya ngeblog selama ini, ternyata memang ada namanya seleb blog. Iya, itu tuh para blogger yang ngehits banget lah. Dari pegamatan saya, mereka jadi seleb blog karena beberapa alasan. Ada yang karena punya banyak blog sehingga beredar dimana-mana. Ada yang karena tulisannya emang cihuy abis, dan kebanyakan sih blogger yang sering banget wara-wiri di lomba blog dan wara-wiri juga jadi pemenang. Daaan semua itu ada masa expirednya. Percaya deh sama saya, hahaha.

Tahun 2010-2013, blog ini pun beberapa kali sempet mejeng menang di lomba blog, dan wuiiih gara-gara menang lomba, banyak banget yang suka berkunjung kesini. Kalau nulis sesuatu, langsung ada yang komen, yah minimal saat ngeshare di FB atau twitter pasti adalah yang mampir. Seneng banget, berasa gimanaaa gitu.

Namun, setahun belakangan, sejak jarang ikut lomba apalagi menang, ditambah jarang update blog, blog ini jadi sepi banget. Hiks sedih juga sih, berasa ditinggalin, hahaha gaya banget sayah ini.

Tapi yah, balik ke niatan awal saya ngeblog, yang memang tanpa tendensi apa-apa. Jadi walau sedih tapi ngga sampe kecewa-kecewa gitu. Biasa aja. Saya nulis ya apa adanya saja. Seperti diri saya yang tak suka basa-basi, seperti itulah blog ini. Bisa jadi sesuatu yang saya anggap bermanfaat, ternyata hanya sampah di mata blogger lain, bisa jadi pula postingan yang saya anggap iseng malah bermanfaat, tergantung sudut pandang pembaca. Yang pasti saya menghindari menulis hal-hal yang berbau pornografi, yang provokatif atau yang berbau sara. 

Sepanjang ngeblog sih, banyak banget hal bermanfaat yang saya dapat, teman baru, ilmu pastinya. Iya karena keseringan ikut lomba, jadi banyak baca, banyak blogwalking walau ngga komen, dan jadi belajar gaya-gaya menulis orang lain.

Menurut saya, menjadi seorang blogger itu harus jujur dalam arti tulisannya ngga bohong, dan harus menebar aura positive karena blog kita bisa dibaca siapa saja, jadi kita punya tanggung jawab moral terhadap pembaca. Bukan berarti semua postingan harus wise gitu, tapi tidak menulis yang bisa membawa mudharat. Karena tulisanmu cerminan dirimu.

Jadi... di hari blogger nasional ini, saya mau ngucapin banyak-banyak makasih buat para blogger yang suka mampir disini, yang pernah komen, maupun yang sudah mengikuti blog sayah. Mohon maaf yang sebesar-besarnya kalau selama ini ada tulisan yang menyindir, menyakiti atau ternyata kalian merasa huang-buang waktu kesini dan ngga mendapat hal yang bermanfaat disini, tsaaah. 

Mohon maaf juga untuk temen-temen yang ngga sempet saya BW-in blognya. Semata hanya karena saya ngga begitu gape nulis komen pake hape, sementara online pake laptop cuma sesekali kalo luang, dih alesan ajah. Ya sudahlah, pokoknya saya minta maaf lah.

Selamat hari blogger nasional untuk para seleb blog, para dewa Seo, banci kontes, beauty blogger, masterchef wanna be blogger, blogger buku, travel blogger, pokoknya semua blogger, baik yang kenal maupun yang belum kenal.

Keep writing, keep blogging, kita semua setara di mata Alexa xixixi, karena ngeblog itu panggilan jiwa bukan panggilan kantong :)

Gambar dari sini











12 comments on "Ngeblog Panggilan Jiwa, bukan Panggilan Kantong :)"
  1. kayak roda sepeda aja sih sebenernya, kadang di atas, kadang di bawah. Tapi kita bisa lho menahan roda itu untuk tetap di atas atau tetap di bawah :)
    Selamat hari blogger nasional, ngeblog terus ya Mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, makasi, semoga bisa ngeblog teruuuuus

      Delete
  2. Ahhhh...aku pun berawal dr friendster..
    Yg paling terasa patah hati sih waktu ditinggalin mp, hiks. Mudah-mudahan ga kejadian di blogspot

    ReplyDelete
    Replies
    1. friendster mana friendster hahaha, ketauan umurnya mak :)

      Delete
  3. ngeblog banyak manfaatnya yak...nambah teman, nambah pengetahuan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa nambah duit juga maaak kalo diseriusin . tp yang paling saya suka dari ngeblog, tambah temen itu lah

      Delete
  4. Iiih, mak Windi kereeen banget deh... Emang benerr siiih, ngeblog kudu datang dari hati. Kalo sekedar ngubek2 masalah duit, kagak ada "soul"-nya, hihihi....

    Hayuk, aktif ngeblog lagi ya kakaaak... *ngomong ama diri sendiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maaaak. ayuk ah ngeblog lagi, ngga usah dipikir2 materinya, ntar ngeblognya jadi ngga enak, penuh beban :)

      Delete
  5. Numpang lewat ya gan :)

    http://idr-poker.blogspot.com/

    http://beritaolahraga108.blogspot.com/

    http://lihatberitaakurat.blogspot.com/

    http://liatberitabola.blogspot.com/

    http://beritaolahraga1081.blogspot.com/

    http://infobolakakiterbaru.blogspot.com/

    http://beritasportsterpercaya.blogspot.com/

    http://seputarberitabola108.blogspot.com/

    http://beritaterbaruseputarolahraga.blogspot.com/

    http://agen-bola-sbobet-jagad303.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. Benar sekali mbak windi, saya rasa ngeblog memang really panggilan hati, meski kl ada buat kantong sih syukur hehe, salam kenal dr Bandung

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature