Seandainya Saya Anggota DPD RI

Saturday, December 31, 2011
MySpace
Menurut saya menjadi anggota DPD RI itu adalah sebuah pekerjaan yang mulia sekaligus berat. Mulia, karena tidak sembarangan orang bisa meraihnya, berat karena tidak mudah untuk bisa mengakomodir keinginan begitu banyak orang dengan tingkat kepuasan yang berbeda-beda.

Sebenarnya keinginan rakyat itu bukan hal yang berlebihan bahkan sangat sederhana terhadap pemimpinnya.

Masalah listrik misalnya, harapan masyarakat hanyalah listrik jangan sering padam. Lebih khusus lagi jangan sampai padam saat final piala dunia. 
MySpace

Atau, keinginan nasabah bank. ATM jangan offline, kemudian kalau transaksi di teller harus cepat dan petugasnya harus segar dan cantik.
MySpace.  
Very simple.

Contohnya lagi, keinginan masyarakat Medan, bisa jadi hanya tiga hal saja; jangan ada jalan yang berlubang, kalau hujan tidak banjir dan………….. PSMS selalu menang.
MySpace

Bolehlah saya mengandaikan, 

Gunung tidak harus tinggi yang penting ada pertapanya
Gua tidak perlu dalam yang penting ada emasnya.
Pria tidak perlu tampan, yang penting bagus kepribadiannya ( mobil pribadi, rumah pribadi, hhahahah)
MySpaceMySpaceMySpace
Jadi bagi saya lebih penting program kecil yang penuh arti daripada program besar yang tidak jelas tujuannya

Seandainya saya Anggota DPD RI…… 

MySpace

Hmmm pertama-tama saya akan mohon ampun dahulu kepada Allah SWT , karena pastinya akan banyak amanah yang tidak dapat saya penuhi persis sesuai apa yang diinginkan, karena saya bukanlah Spiderman yang sekonyong-konyong ada di TKP kapanpun dimanapun.
MySpace

Kedua, saya tidak akan sekali-kali mengumbar janji SEJUTA DOLAR, jadi ga usah la buat janji mengentaskan kemiskinan, kalo ada pengemis aja ga pernah ngasih. 
Atau berjanji, mengumrohkan 200 orang yang terpilih, kalau dananya ya dari uang rakyat juga.
MySpace

Berhati-hatilah, jangan sampai mencederai kepercayaan rakyat. Ketidakpercayaan muncul dari rasa kecewa. Rasa kecewa bersumber dari tidak terpenuhinya keinginan dan kebutuhan. Prinsip yang sangat sederhana untuk diketahui seorang pemimpin.

Maka dari itu, penuhi lima kebutuhan dasar semua manusia.


Sandang dan pangan yang cukup. 

Ingat kata pepatah “ Perut yang lapar, akan membawa amarah 
MySpace
jadi kenyangkan dulu rakyat. Lindungi harga pangan, pastikan ketersediaannya, tindak tegas pedagang yang nakal, yang suka menumpuk bahan dagangan untuk menaikkan harga.
MySpace

 
Kemudian perhatikan kebutuhan papan mereka. 
Rakyat miskin,seberapa kerasnya pun mereka bekerja, tidak akan pernah sanggup membeli rumah dari developer-developer rumah minimalis yang lagi ngetrend itu. 



 


Jadi saya akan bangunkan rumah susun bersubsidi dengan harga murah, bisa beli boleh sewa. Yang penting jangan ada lagi rakyat yang tidur beratapkan langit.
MySpace


Jika tiga kebutuhan yang sangat mendasar tersebut sudah terpenuhi, pendidikan menjadi sorotan berikutnya.

Tidak selamanya pendidikan gratis itu baik untuk seluruh warga. Lebih baik , menerapkan subsidi silang. Dengan kata lain, tidak setiap anak dibebaskan uang sekolah.

Kasihan kaaan, anak Direktur Inalum atau anak Manajer Lonsum, kalau harus nerima dana BOS dari pemerintah, Apa kata DUnia????? 
MySpace

Tempatkan sesuai dengan porsinya. Karena saya yakin adalah sifat dasar manusia senang merasa lebih dari orang lain.

Dan yang terakhir, jika semua komponen sudah terpenuhi, tidak perlu harus ke Ancol,makan bersama keluarga pun sudah merupakan rekreasi dari penatnya aktivitas. 




Dengan kondisi yang demikian, lazimnya tidak akan ada lagi,kejahatan. 
Seperti kata bang napi,
” kejahatan bukan hanya karena ada kemauan tapi karena ada kesempatan.” 
MySpace


Jadi hilangkan saja kesempatan itu.

Pantas tidak saya jadi anggota DPD RI?
MySpace


Ibuku adalah ............

Wednesday, December 21, 2011



Ibuku adalah …………………….. sebuah bentuk cinta yang tak masuk akal

Saat tetangga sakit, ibuku adalah orang yang dengan segera akan membangunkan ayahku di tengah malam untuk mengantar si sakit dengan kendaraan yang dimilikinya. Bukan kendaraan mewah, hanya sebuah kijang second yang semua orang di kampungku tahu, bahwa si empunya dengan suka rela akan meminjamkannya pada mereka.

Saat namaku terpampang di Koran, sebagai salah satu peserta UMPTN yang lulus, ibuku langsung mengadakan acara syukuran malam harinya. Aku ingat, saat itu aku tidak mau ada kenduri di rumahku, aku bilang, “ aku malu”, itu bukan hal luar biasa yang harus diumumkan ke semua orang. Tapi ibuku, selalu ingin berbagi saat rezeki sekecil apapun singgah di hidupnya.

Mengingatnya, ada ngilu di hatiku. Betapa aku sering tidak peka pada rasa bangganya.

Pun saat wisuda sarjanaku. Aku bersikeras tidak mau berdandan di salon, dan di foto di studio foto. Ibuku bilang itu akan jadi kenang-kenangan. Namun bagiku, wisuda bukanlah hal luar biasa yang harus diabadikan, karena semua orang juga mengalaminya. Jadinya, satu-satunya foto wisuda ku yang ada hanyalah foto yang diambil oleh fotografer universitas.

Ya, aku terlalu malas untuk berurusan dengan hal-hal seperti itu.

Ia hadir di setiap awal langkahku. Tak pernah ingkar sekalipun.

Ibuku selalu ada di setiap fase hidupku.

Ia bukan type penyemangat di balik layar. Pertama kali aku mengikuti test untuk mencari pekerjaan setelah lulus, ia mengantarkanku ke tempat ujian. Di luar dugaan ternyata ibuku menunggui sampai aku selesai ujian. Katanya, biar aku semangat. Ah ibu

Apa yang dilakukannya, terkadang tidak masuk akal bagiku.

Bahkan saat aku diterima bekerja di perusahaan tempat aku mencari nafkah sekarang, ibu lagi-lagi mendampingi di hari pertama kerjaku. “ Ibu takut kalau nanti penempatanmu di pelosok desa, kamu belum tahu tempatnya”, katanya

Saat itu usiaku…. 22 tahun, bukan usia yang pantas untuk diantar ke tempat kerja.

Tapi itulah ibuku dengan segala keunikannya.

Saat hati remajaku mengharu biru. Ibu tiba-tiba hadir di depan asramaku. Perjalanan delapan jam Medan-Sibolga tak menyurutkan langkahnya. Tidak ada nasehat panjang lebar seperti yang kuperkirakan. Tidak ada pertanyaan mengapa dan bagaimana. Yang dilakukannya hanya mengajak makan martabak mesir kesukaanku, Sorenya aku sudah bisa tersenyum manis lagi di depan teman-temanku.

Ibuku adalah …………… sebuah cinta yang tak pernah terucap

Entah sejak kapan tepatnya aku menyadari, ternyata aku tak pernah mengucapkan kata “ ibu, aku cinta kamu”. Aku lebih sering berkata “ ibu, aku rindu” untuk menggantikan kata cinta yang ingin keluar.

Dan aku lebih suka menunjukkan cintaku dengan berbuat hal-hal yang membuat sudut-sudut bibir ibuku tertarik beberapa senti ke belakang dengan binar bahagia di matanya.

Mungkin bagi sebagian orang, begitu mudah mengucapkan kata cinta. Namun, setelah kupikir-kiri lagi, bukan hanya kata cinta yang tak pernah kuucapkan, kata maaf pun baru berbilang angka saja keluar dari bibirku. Tepatnya saat lebaran tiba. Entah…..

Dalam sebuah lagu, kasih ibu sepanjang masa, maka bagiku kasih ibu tak ada masanya.

Menjejaki hidup ibuku, seperti masuk ke dunia “ ah itu hanya ada di dunia sinetron “.
Selama 28 tahun aku menghirup udara dunia ini, hanya separuhnya kuhabiskan benar-benar berada satu atap dengannya. Selebihnya, aku lebih banyak berada jauh dari jangkauan matanya. Namun kasihnya tak terbatas gugusan pulau yang merentangi.

Darinya, aku mengetahui kata “ berjuang sampai titik keringat terakhir”. Bukanlah sebuah slogan, tetapi benar nyata dan benar ada.

Bagaimana pun sulitnya kondisi keuangan kami, pendidikan merupakan hal yang paling harus diperjuangkan. Tidak ada hal yang bisa menghalanagi cita-cita kami , keempat anaknya. Dengan terseok-seok, bahkan sedikit jatuh dan lebam disana-sini akhirnya di tangannya kami tuai keberhasilan.


Ibuku adalah……. Sebuah cawan kasih yang tak pernah kering.

Ibuku adalah…… Sebuah melodi yang tak pernah sumbang

Ibuku adalah…… Sebuah pelita yang tak pernah padam

Terima kasih ibu…………………..











Beda..... Siapa Takut !!!

Sunday, December 18, 2011
Bagaimana ya kalau dapet pasangan yang beda dengan diri kita?

Kalau mau lihat pasangan beda karakter, beda selera, beda gaya, ga usah susah nyarinya ( lihat aja pasangan dibawah ini).




Masih inget lagunya siapa tuh yang penyanyinya udah meninggal,yang liriknya gini nih
“aku suka singkong kau suka keju”

Nah kalo aku dan suamiku beda lagi. Kalu dibuat daftar kira-kira seperti ini :





Awalnya susah juga mengakomodir perbedaan-perbedaan. Kalau mau masak, bingung sendiri ( maksudnya yang bingung yang masakin, yang jelas bukan aku ), terpaksa masak dua jenis lauk yang berbeda, aku ga bisa makan tanpa sambal, dia…. Langsung mules kalo kena sambel.Di tambah lagi aku paling suka ikan laut, dia ogah banget. Belum lagi sayurnya, hadeh masa tiap hari makan pecel ( kalau gudeg ga ada yang bisa masaknya), padahal bagiku makan tuh paling nikmat kalau ada kuah gulainya atau minimal sayuran berkuah la.Tapi berhubung dia ga suka santan diambillah jalan tengah, sayur bening hehehe.

Bulan-bulan pertama, kita seperti dua orang yang berusaha keras saling mengklopkan diri. Susahnya kalau lagi jalan ke Mall, saat tiba waktu makan pasti riweh, dia maunya makan di KFC, aku ogah banget makan KFC kalau ga dalam keadaan darurat. Akhirnya kuputuskan, aku ga akan pernah makan KFC kalau ga sama suamiku. Jadi jangan harap akau mau makan di restoran cepat saji itu selain kalau lagi bersamanya. Hmm ralat deh , kecuali di tempat itu ga ada restoran yang murah, bolehlah si Jagonya ayam ini jadi pilihan, hahaha tetep aja intinya ngirit.

Satu-satunya selera makan kami yang sama adalah mie ayam. Thanks God, seneng banget waktu tau, jadinya kalau lagi ga ada kerjaan sore-sore, kita hunting mie ayam sampe ke ujung-ujung kampung deh.

Kalau masalah hobi sih ga ada masalah, karena dia hobinya tidur, jadi saat ia tidur aku puas-puasin deh baca buku. Dan kalau hari minggu dia ke bengkel, just drop me to gramedia. Asik kaan??

Jadi, siapa bilang beda karakter ga bisa bersama?
Justru perbedaan yang membuat kita lengkap kan? Like kunci and gembok, ato enzim dan substratnya ( yang ini harus diteliti lagi kebenarannya, biar keren aja)

Ada satu moment yang membuatku bahagia banget punya sifat cerewet dan hobi banget ngobrol.

Hari itu suamiku, test kompetensi di kantornya, hanya untuk evaluasi berkala. Waktu ditanya, apa yang membedakanmu hari ini dengan beberapa tahun yang lalu?

Setelah menjawab panjang lebar tentang kompetensi diri, kematangan berpikir dan bla bla bla , di akhir jawabannya dia bilang gini nih

“ Dulu saya sangat tertutup dan tidak berani berbicara di depan umum, namun sejak menikah dengan istri saya, saya jadi terbiasa berbicara dan lebih berani mengutarakan perasaan saya”.

Kenapa? Apa yang membuatmu jadi terbiasa berbicara?

Hmm, setiap saya pulang kerja,istri saya selalu minta saya cerita situasi di kantor, kalo ga dijawab dia ngambek, jadinya tiap hari saya harus nyeritain semuanya.

Wuih, keren banget kan jawaban suamiku, hehehe. Gimana gak ya. Dulu sempat frustasi dengan sifat pendiamnya. Ditanya mau makan apa mas?, jawabnya terserah. Capek-capek aku cerita panjang lebar, dia nya Cuma tersenyum. Pokoknya kalau dihitung jumlah kosakata yang dikeluarkan kita berdua dalam satu percakapan, 5 : 300 kata.parah ga tuh.

Ini ilustrasinya.
Suami baru pulang kerja, buka pintu.... kriiieeeet, rebahan di kursi

Aku : “ Capek mas?”, sambil nyodorin teh hangat
Suami: ‘ga kok”
A: tadi di kantor ada masalah ga mas, temen kerjanya ada yang ngeselin ga?”
S : Ga
A: Diem
S: Diem
Krik krik krik

A: Tadi ngapain aja mas, ada rapat ga, ato ada mesin yang rusak ya?
S: ya gitu
A: Gitu gimana,
S: ya gitu
Krik krik

A: Apel pagi mas ngomong apa, ngarahinnya apa. Ngasih semangat itu penting lo mas, biar anak buahnya kerja dengan senang hati
S: hmm, iya

*****

A: mas, kalau ngolah kelapa sawit tuh, setelah di masukin ke boiler trus diapain yah, gimana caranya kok bisa jadi minyak sih, jelasin dong mas prosesnya, biar ade kalau ditanya orang ngerti gitu lho ( ini sebenernya siapa yang sarjana teknik kimia ya )

S: kalau ade mau tau, ikut mas aja ke pabrik

Gubrak,…Hadeh, Gatot nih hari ini strategi membuat dia mengeluarkan minimal 20 kata dalam tiap buka mulut.

Aku harus ubah strategi pikirku, kalau dibiarin lama-lama aku bisa kehilangan perbendaharaan kata nih. Akhirnya aku ubah pola percakapannya jadi kayak gini,

A: Mas, ade tuh ya suka banget baca, nih buku kesukaan ade. “ Bidadari-bidadari surga’ karangannya tere liye. Tau ga mas ceritanya tuh tentang bla bal bla……………. ( 500 kata deh pokoknya).

S: bagus ya de ceritanya ( 4 kata)

Puih, jangan Tanya berapa kali pola pertanyaan kuubah, kukombinasi dan ku modifikasi.
Aku udah ga inget lagi, di minggu ke berapa pernikahan kami, suamiku akhirnya dengan ikhlas berbicara panjang lebar seperti yang kumau

Jadi….. beda karakter? Siapa takut



Happy Wedding Anniversary ke-8 mba Naqy dan suami, semoga dilimpahi keberkahan pada keluarganya
      Tulisan ini diikutkan pada GiveAway Ajari Aku Cinta 





Nostalgia Dudul

Saturday, December 17, 2011
Iseng-iseng ngetik nama sendiri di google ( narsis dot com tingkat akut), eh ga tau nya nemu yang kaya gini

Apa rekasimu jika menemukan tulisan seperti diatas.

Bangga….????
Seneng ….???
Berasa keren gitu ………….

Whehehehe, sebenernya malu juga waktu bacanya. Tulisan diatas dipost-kan oleh salah seorang teman SMU ku yang bernama Umi Salmah di website angkatan. Coba perhatikan baik-baik

“Aku bukan WIndi Windiastuty, cewek cantik, pinter,anak UA yang jadi inceran cowok-cowok”,

Ckckckck ternyata keren banget yah gw dulunya. Tapi……………….ih kok ga ada satu katapun yang nyerempet-nyerempet akhlak ku sih.

“Inceran?”, sialan banget, berasa kaya buruan aja gw

Nah lho ketauan banget kan, jaman nya SMA dulu cowok-cowok tuh sukanya sama atribut-atribut gak penting gitu. Cewek-cewek juga ngirinya sama hal-hal gak mutu gitu. Padahal waktu itu aku dah berjilbab lho, kok ga ada kata-kata, solehah, alim, pinter ngaji. Heghhh, nostalgia…… parrraaah.

What the hell lah,

Pernah nonton serial jepang “Proposal Daisakusen “ ga?.



Nah Soundtracknya tuh keren gila…. Judulnya CHIISANA KOI NO UTA

Ga usah aku share bahasa Jepangnya yah, kalo di translate kira-kira gini nih lagunya


In this wide universe, there is
A big world in a blue earth
A small memory of love will reach
You who are living in a small island

Time has passed since I met you
The letter with my piled up feelings increases
Without us realising, it is already echoing between us
Sometimes we’re full of intensity,
sometimes we’re
full of sadness


These feelings echoes distantly
This gentle love song will change the world
Look, the person who is important to you
Is right beside you
I just want you to receive
This echoing love song
Listen, listen, listen to this echoing love song

You’ve realized even when we walked
In the dark, the moonlight will shine on us
I won’t let go of you hand
I swear that these strong feelings will last for eternity
In the depths of forever, I’ll definitely say

These same words without any change of feelings
Even if it’s still not enough, it’ll change into tears
And it’ll change into joy that I can’t put into words
I’ll just hold you, I’ll just hold you

If it’s a dream don’t wake up, if it’s a dream don’t wake up
The time I’ve spent with you will become an everlasting star

Look, the person who is important to you
Is right beside you
I just want you to receive
This echoing love song
Listen, listen, listen to this echoing love song


Ceritanya tuh tentang seorang cowok yang udah lama bersahabat dengan seorang cewek yang diam-diam sangat dikaguminya. Namun karena ketidakberaniannya mengungkapkan perasaan, maka akhirnya si cewek menikah dengan orang lain. Nah pada hari pernikahan si cewek, si cowok merasa nyeseeeel banget kenapa dulu ga pernah bilang cinta sama si cewek, akhirnya dia mohon sama Tuhan untuk diberi kesempatan balik ke masa lalu agar bisa mengungkapan perasaannya ke si cewek. Singkat cerita Tuhan mengabulkan permohonanannya dan dia kembali ke masa mereka SMA, namun walaupun sudah ada kesempatan tetep aja dia ga berhasil nyatakan cinta, yang bisa dilakukannya hanya memperbaiki kenangan si cewek akan dirinya sehingga semua yang dulunya dia bikin si cewek kesel berubah menjadi kenangan-kenangan manis. Hmm so sweet banget lah filmnya

Ngerasa ga dulu kayak gitu, waktu seakan berhenti sejak ketemu si Dia, berasa ketemu belahan jiwa dan seluruh waktu yang dihabiskan bersama yakin banget bakal berakhir dengan happy ending. Pokoknya semua kata-katanya terngiang-ngiang siang malam. Semua yang dilakukannya manis banget, dan dia adalah the most important person yang selalu ada kapan pun , dimanapun, hehe.

Dan hal yang terparah dari semuanya adalah janji-janji konyol yang sempat terucap saat malam perpisahan.

“ aku janji, 10 tahun ke depan ( kalo kurang panjang bisa ditambah jadi 15 tahun ato 20 tahun ) aku bakal jadi orang sukses dan kita bakal ketemu lagi di tempat ini”

Norak abis…..hmm walau gitu tetep aja pengen senyum-senyum sendiri kalo ingat masa-masa super duper konyol itu. Seperti kata obi mesakh

‘ tiada masa paling indah, masa-masa di sekolah’
Tiada kisah paling indah, kisah-kasih di SMA’

Banyak orang bilang masa SMA masa yang tak terlupakan, baah aku malah pengen banget ngilang dari masa-masa SMA. Biar ga ada cerita sama si X, Y ,Z. Bikin rusak pasaran aja di mata suami.












Antara Rokok, Indonesia, dan Suamiku

Saturday, November 19, 2011



DILARANG MEROKOK!!!!

Percuma rasanya tulisan tersebut terpampang besar-besar di setiap sudut tempat ini. Tanpa malu-malu asap rokok mengepul dari mulut-mulut egois yang tak peduli dengan sekitarnya. Dengan tergesa kukeluarkan tissue dari tas tanganku untuk melindungi paru-paruku dari racun mematikan itu.

“ Perhatian, mohon kepada para pengguna bandara untuk tidak merokok pada tempat-tempat ber-AC, perlu diketahui bahwa ruangan ini dilengkapi dengan alat detector asap”

Terdengar suara lembut mendayu-dayu dari speaker , dan hei lihatlah, bukannya mematikan rokoknya ,mereka malah tertawa-tawa sambil menghembuskan rokok semakin beringas. Biarlah, mungkin sudah terlanjur, pikirku sambil berharap itu adalah sisa isapan terakhirnya. Tapi wow ternyata aku terlalu berposistif thinking, setelah habis satu batang, masih berlanjut dengan yang berikutnya. Hhuuuft, aku hanya bisa mendesah pasrah, memandangi mereka dengan pandangan paling mematikan di dunia.

Pemandangan ini pasti bukan aku saja yang pernah melihatnya, betapa slogan-slogan, famplet, himbauan pemerintah dan pengelelola tempat-tempat umum untuk tidak merokok di sembarang tempat, tak pernah diindahkan oleh para perusak udara ini. Kenapa sih mereka tidak cukup meracuni tubuhnya sendiri tanpa harus mengkontaminasi orang lain, umpatku dalam hati.

“ Kenapa mba?, sebel ya sama rokok “, aku terkaget mendengar suara di sebelahku.
Tanpa menunggu jawabanku, ia melanjutkan celotehannya.

“ Mba tahu tidak, perokok pasif itu lebih berbahaya lho daripada perokok aktif, maka untuk mengurangi resiko perokok pasif, aktiflah merokok.”

Whehehe, udah sinting kali nih orang di sebelahku, Malas aku menanggapinya. Bukannya bikin tenang, malah menambah emosiku saja nih orang pikirku.

“ Oh ya, mungkin mba tidak tahu juga ya, merokok itu menghindarkan dari perbuatan jahat lho. Kenapa saya bilang gitu mba?, coba deh mba perhatikan , tidak pernah ditemui orang yang membunuh, mencuri dan berkelahi sambil merokok kan ?.” Sambungnya sambil tersenyum.

Hmm aku mulai terusik dengan analisa sembarangan pria di sampingku ini.

“Disamping itu mba, merokok bisa mengurangi resiko kematian, coba cek deh dalam berita tidak pernah ditemui orang yang meninggal dalam posisi merokok. Bener ga mba ?”, lanjutnya sambil tertawa.

Diam-diam aku tersenyum juga dalam hati. Meski agak sedikit nyeleneh, nih orang bener juga pikirku.

“Lagi pula mba, bagi kami pria, rokok itu baik untuk basa-basi
,kalau ketemu orang misalnya di Halte kita bisa tawarkan rokok. Kalau basa-basinya nawarin uang kan boros, hahahaha”
Trus ya mba, rokok itu juga bisa menjadi indikator kesehatan, biasanya orang yang sakit pasti dilarang dulu merokok. Jadi yang merokok itu pasti orang sehat."

“ orang aneh”

“Tambahan lagi, perokok itu membantu shooting film keji, biasanya rokok digunakan penjahat buat nyundut jagoan yg terikat di kursi… "hahaha penderitaan itu pedih Jendral..!!!"

Aaaarghhh, semakin ngaco aja nih orang. Tampaknya dia masih punya seribu satu alasan yang membenarkan para perokok. Tidak bisa dibiarkan nih.

“Wah, bener juga ya mas, kalau boleh saya tambahkan nih ya,
merokok itu juga membantu program KB dan mengurangi penyelewengan karena konon katanya merokok bisa menyebabkan impoten, bener ga mas?” tanyaku sembari tersenyum manis.

“Uhuk.. uhuk…, ehmm bener juga sih mba”

Tampaknya ia tidak siap dengan serangan balikku.

“Trus ya mas, setahu saya merokok bisa membuat awet muda, karena konon orang yang merokok berat belum sampai tua udah mati duluan kena kanker paru-paru. Fakta lain …sekitar 30% orang meninggal di dunia adalah perokok. 70%-nya bukan perokok..!! Maka merokoklah agar masuk ke golongan yg lebih sedikit itu, setuju mas?”

Ia melongo menatapku.
Hahaha , akhirnya aku tak tahan juga untuk tidak terbahak.
………………………………………………………………………….


“ Indonesian is crazy. Look at them , xixixixi “

Sekonyong-konyong aku mendengar cekikikan asing di sebelah kananku. Sontak kulihat. Dan guess what?,
dua bule sedang menenteng kameranya sambil tertawa-tawa geli merekam orang-orang yang merokok dengan santainya tepat di depan tulisan “NO SMOKING”. “tepok jidat, tutup muka ,pura-pura gak lihat”.

Oh bangsaku, bagaimana mungkin kita mau bermartabat di mata dunia, untuk urusan kecil saja sudah dilanggar, gimana lagi peraturan-peraturan besar lainnya.
Jadi jangan terlalu cepat telunjuk-telunjuk kita arahkan ke pejabat negeri ini, ke pemerintahan negeri ini. Jangan-jangan kita punya andil dalam kekacauan yang ada.

Saya jadi teringat dengan kisah di sebuah kerajaan antah berantah.

Tersebutlah sebuah kerajaan yang rakyatnya hidup dengan makmur, karena begitu berlimpah sumber daya alam yang mereka miliki. Kerajaan tersebut subur, dengan udara segar yang bisa dihirup setiap harinya. Namun karena rakyatnya tidak menghargai apa yang mereka miliki,senang merusak alam, beberapa puluh tahun kemudian, kerajaan tersebut mengalami krisis energy, udara tercemar dimana-mana, sehingga untuk bernafas pun mereka harus berhemat.

Menyadari keadaan yang semakin memburuk, para ilmuwan pun membuat alat berupa kubah raksasa yang mampu menutupi seluruh wilayah kerajaan. Kubah raksasa ini dilengkapi dengan mesin-mesin canggih yang bisa mengeluarkan udara bersih untk menyuplai kebutuhan oksigen rakyatnya. Mesin –mesin ini membutuhkan bahan bakar minyak untuk beroperasi.

Maka keluarlah titah raja, agar setiap keluarga menyumbangkan bahan bakar minyak yang ada di rumah mereka. Maka ditentukanlah hari dimana mereka harus mengumpulkan minyak yang ada. Minyak tersebut akan dituang ke dalam corong raksasa.

Salah seorang rakyat, sebutlah namanya Abdul berfikir, “ kalau kuserahkan minyak yang ada di rumahku. Besok-besok keluargaku masak pakai apa”. Akhirnya ia punya ide untuk mengisi cangkir tempat minyak dengan air biasa. “ Ah kalau hanya satu cangkir air pasti tidak akan ketahuan” pikirnya.

Maka pada hari yang telah ditentukan, berbondong-bondonglah rakyat di kerajaan itu menyerahkan persedian minyak mereka. Beruntung bagi Abdul, dia berhasil lolos dari pemeriksaan penjaga sehingga air di cangkir yang dibawanya ikut bercampur ke dalam corong raksasa.

Setelah semua minyak terkumpul di dalam corong, maka raja memerintahkan untuk mulai menghidupkan mesin pembuat oksigen itu. Semua orang menahan nafas, antusias menunggu saatnya mereka bisa menghirup udara bersih lagi. Saat dinyalakan tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari mesin tersebut krosak krosak grhhhh , nnggenng shhhh. Alih-alih menyala, mesin raksasa itu malah rusak dan mati. Raja sangat marah, rakyat kecewa, ilmuwan terheran-heran.

APA YANG TERJADI??? APA YANG SALAH???.

Tahukah kalian ??.
Ternyata bukan hanya Abdul yang menukar minyak di cangkirnya dengan air. Hampir seluruh rakyat di kerajaan itu melakukan hal yang sama dengan Abdul.

Can you imagine that ?

Hal kecil yang dilakukan berjamaah, maka dampaknya pun akan universal.

Nah kembali ke masalah diatas. Aku rasa mungkin hal ini lah yang sedang melanda negeri ini. Dimana setiap orang tidak peduli, merasa apa yang dilakukannya hanya hal kecil yang tidak akan berpengaruh. Bisa kita bayangkan bagaimana kalo 200 juta penduduk Indonesia merokok di sembarang tempat, apa yang terjadi?. Atau 100 juta saja dari kita membuang sampah sembarangan. Bisa dibayangkan berapa ton sampah yang akan menumpuk.
Seberapa pun kecilnya andil kita dalam melakukan kebaikan, itu akan berpengaruh besar terhadap kesehatan negeri yang sedang sakit ini. Bisa kita analogikan , kalau satu orang saja menyisihkan uang jajannya sebesar Rp 2000 sehari untuk fakir miskin, dikali 100 juta orang ( anggap 100 juta sisanya orang miskin tersebut), maka dalam sebulan terkumpul RP 6 trilyun rupiah. Dan jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, tidak mustahil dapat menciptakan lapangan-lapangan kerja yang nantinya bisa menjadi sumber penghasilan bagi mereka. Kemiskinan pun bisa kita usir jauh-jauh dari negeri ini.

Nah lho, tiba-tiba saja aku sudah menjelma seperti politikus yang sedang berorasi berusaha memenangkan hati calon pemilih.

*******************

Ting nong ning nong

“Perhatian perhatian, para penumpang pesawat udara dengan nomor penerbangan JT 323 tujuan Denpasar, silahkan masuk ke pesawat udara”

Kembali terdengar suara merdu itu memenuhi udara yang telah sesak dengan gas karbon dioksida bercampur nikotin.

Wah tak terasa ternyata aku sudah berceloteh panjang lebar, sudah saatnya berangkat. Kurapikan laptop miniku yang dengan setia menjadi tumpahan uneg-unegku. Hegggh dengan berat kulangkahkan kaki mengikuti antrean penumpang lain. Tapi hei dimana suamiku dari tadi ya. Hmm kelihatannya harus kutambahkan satu lagi daftar pengaruh rokok dalam listku, dapat menyebabkan seorang istri lupa akan keberadaan suaminya, hahaha.

But seriously, where is he ? . Ku tolehkan kepalaku kanan kiri mengitari seluruh ruangan ini mencari-cari sosoknya.

Ibarat kata pepatah, “ Kuman di seberang lautan tampak di depan mata, Gajah di pelupuk tidak terlihat”.

Di kejauhan kulihat seorang pria yang dengan santai sedang bersandar di dalam ruangan bertuliskan;


,sambil menghisap entah sudah batang yang ke berapa.
Ooooh suamiku, ampuuun deh.


Cat: Beberapa kalimat bersumber dari joke2 di internet cuma ga tau siapa yang nulis

My Lovely Wedding

Wednesday, April 20, 2011
Tamu undangan sudah pulang. Handai tolan sudah raib, Gegap gempita perhelatan sudah berakhir Aku tersenyum-senyum sendiri. Teringat prosesi akad nikah tadi pagi. Aku tidak menyangka dia membawakanku 20 tangkai mawar. Ya 20 adalah angka keramat kami, cincin pertunangan kami beli pada tanggal 20, dia melamarku di tanggal 20 dan kami menikah di tanggal 20. Dan mawar itu aku pakai sebagai hiasan di jilbabku. Ah ternyata dia romantis juga.

Dari pagi hingga malam ini dia terus mengenggam tanganku. Seperti takut kehilanganku. Duh seneng banget.


Dan ehm.......... ini dia, masuk ke kamarku. Kami saling menatap. Dia tersenyum-senyum sendiri, sepertinya salah tingkah. Tapi sungguh aku sendiri tidak tahu apa yang harus kulakukan. Lalu dia mengajakku berwudhu.. Ah dia kan laki-laki yang shalih. Pasti ia ingin mengajakku solat berjamaah.


Tentu itu yang akan dilakukannya. Maka akupun mengikutinya, berwudhu dan sholat berjamaah di belakangnya. Ketika selesai sholat dan ia berdoa, aku bergumam mengaminkannya.

Ada yang nyesak di dada ini, Tangiskah ? Mungkin. Ia berdoa untukku,agar aku menjadi istri yang shalehah, ia berdoa semoga kami menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rohmah, ia juga berdoa semoga kami dikarunia keturunan yang sholeh sholehah.. Aku benar-benar terharu, meskipun terselip sedikit takut. mampukah aku menjadi makmum yang taat?

Lalu setelah ia berdoa ia meletakkan tangannya di atas kepalaku.
Ya Allah, aku tak tahu apa yang kurasakan. Rasa takut, bingung, bahagia , dan entah apa lagi, bercampur.Sepertinya aku tidak mampu lagi mengidentifikasi perasan-perasanku.

Setelah itu kucium tangannya, dan ia mencium keningku, ah indahnya.


****

Hari ini 3 tahun sudah kita bersama. Hmmm aku lebih suka mengatakan baru 3 tahun kita bersama.

Tiga tahun yang sangat berwarna.

Warna kuning saat kau uring-uringan terbakar cemburu, warna merah saat kau marah karena aku tak mengangkat teleponmu, warna biru saat kita saling merindu, warna hijau saat kita galau memutuskan langkah kedepan, dan warna-warna lain yang melengkapi lukisan keluarga kecil kita.

Semakin aku mengenalmu, semakin dalam syukurku kepada-Nya.

Aku kadang bertanya, mengapa kau memilihku ? ah.. kita tidak perlu tahu mengapa kita dicintai ,bukan ? cukuplah prasangka baikmu tentang aku, menjadikan alasan dicintai.

Ternyata jatuh cinta itu lebih mulia dari yang aku kira. Sebab orang-orang yang mencintai karena Allah akan memandang cinta sebagai sebuah jalinan pengabdian dan penyemangat kebaikan. Bukan keterpaksaan apalagi sekedar roman picisan.

Baru tiga tahun kita bersama, masih panjang perjalanan yang harus kita lalui. Kuharap kau tidak letih berjalan bersamaku. Namun bila kau mulai lelah, cepat katakan padaku, akan kusiapkan air dingin untuk menyegarkanmu. Dan bila kau lihat aku mulai terseok-seok, pegang lah tanganku.Karena genggamanmu akan menguatkan kita bersama


Happy Anniversary suamiku.

Untukmu Lelakiku

Thursday, March 31, 2011

"Ingin kubunuh pacarmu

Saat dia peluk tumbuh indahmu
Di depan teman-temanku
Hatiku terbakar jadinya cantik
Aku cemburu”

Kepada lelakiku…..
Kutuliskan ini untukmu
Agar kau tau catatan hatiku

Cemburu itu ibarat soda kue,cintaku. Kalau kurang maka roti tak akan mengembang dengan sempurna.
Kau tau kan aku paling suka roti hangat yang baru keluar dari oven,sama seperti taunya aku pada roti keju favoritmu. Tapi jika berlebihan, maka adonan akan terasa pahit. Entahlah aku juga tidak tau, karena aku tak pernah memasak kue untukmu.

Lelakiku….

Apa yang meresahkanmu??
Saat akad menyatukan kita. Telah kuikhlaskan kau menjadi imamku.
Aku adalah makmummu. Maka tindak-tandukmu akan kuikuti. Sujudmu adalah sujudku.
Surgaku adalah keridhaanmu, jadi bagaimana mungkin aku akan melampauinya??

Sayangku….

Aku pernah dengar kata-kata di film RIndu Rndu Aisawa beberapa tahun lalu. “ jangan pernah percaya pada orang yang memintamu untuk mempercayainya”.

Aku tak memintamu mempercayaiku,

Aku seorang wanita biasa, terkadang aku melihat setiap masalah dari sudut pandangku yang beberapa derajat lebih sempit dari pandanganmu. Karena itu sayang, maklumilah jika aku melanggar batas yang kau tentukan. Bukan karena aku tak menghormati tapi semata karena terkadang aku salah mengukur.kau tau kan aku pernah cerita padamu, kalau nilaiku selalu rendah di pelajaran ilmu ukur dan ilmu ruang

Sayangku,….

Tahukah kau, Jarak ini menyesakkanku,
Ingin ku lompati selat sunda , agar bisa didekatmu selalu, mendampingi langkah kakimu

Rindu ini membunuhku
Ingin kuhunuskan pisau bermata dua pada rasa ini, biar ia terkoyak, dan aku bisa menyentuhmu, menggantikan dengan rasa yang kau perlu

Lelakiku,…

Aku adalah wanitamu, seseorang yang dipercayakan Tuhan untuk kau bimbing
Luruskan jika jalanku sudah diluar jalur.
Tenangkan hatimu sayang. Tak ada yang perlu kau khawatirkan.
Aku ingin menjadi bidadari yang mendampingimu di Surga.
Jangan pernah kau ragukan itu


Sayangku…………….
Apa yang meresahkanmu?. Hati ini milikmu, Raga ini telah kuserahkan padamu

Ketika aku harus memilih

Wednesday, March 2, 2011
Aku pernah berfikir,

Bahwa setiap manusia pasti ingin memiliki seorg kekasih. Kekasih yang akan terus bersamanya, sehidup semati, dalam suka maupun duka tak akan terpisahkan.

Sekarang, aku memilih amal sholeh sebagai kekasihku. Karena ternyata hanya amal sholeh-lah yang akan terus menemaniku, bersamaku, bahkan menemaniku dalam kuburku, kemudian amal sholehku pula lah yang menemaniku menghadap Allah.


Aku pernah berfikir,

Setiap manusia pastilah punya goresan masalah dengan manusia lain, sehingga wajar jika manusia memiliki musuh masing-masing.

Kini aku memilih menjadikan setan sebagai musuh utamaku, sehingga aku lebih memilih melepaskan kebencian, dendam, rasa sakit hati, dan permusuhanku dengan manusia lain.

Aku pernah selalu kagum pada manusia yang cerdas, dan manusia yang berhasil dalam karir, atau kehidupan duniawinya.

Sekarang aku mengganti kriteria kekagumanku ketika aku menyadari bahwa manusia hebat di mata Allah, adalah hanya manusia yg bertaqwa. Manusia yg sanggup taat kpd aturan main Allah dlm menjalankan hidup dan kehidupannya.

Dulu aku akan marah dan merasa harga diriku dijatuhkan, ketika orang lain berlaku zhalim padaku, menggunjingkan aku, menyakiti aku dengan kalimat kalimat yg disengaja untuk menyakitiku.

Sekarang aku memilih utk bersyukur dan berterima kasih, ketika meyakini bahwa akan ada transfer pahala dr mereka untukku jika aku mampu bersabar...

Dan aku memilih tidak lagi harus khawatir, karena harga diri manusia hanyalah akan jatuh di mataNya, ketika dia rela menggadaikan dirinya untuk mengikuti hasutan setan.

Dulu aku yakin, dgn hanya khatam Al Qur'an berkali kali maka jiwaku akan tercerahkan.

Kini aku memilih untuk mengerti dan memaknai artinya dengan menggunakan akalku, dengan mengaktifkan qolbuku dan mengamalkannya dalam keseharianku, maka pencerahan itu baru bisa aku dapatkan.

Ketika aku harus memilih...

Bantu aku Yaa Rabb, utk selalu memilih yg benar di mata-Mu. Amin

Beri aku Jawaban

Wednesday, February 16, 2011


Sesuatu yang tidak pasti akan menimbulkan berbagai prasangka, bisa baik bisa buruk. Saya yakin tak ada satu pun orang di dunia ini yang suka jika berada dalam ketidak pastian, apalagi dalam situasi menunggu dengan tidak pasti ( too much words "tidak pasti")
Menunggu saja sudah menyiksa apalagi ditambah menunggu yang tidak pasti. Saya mengalaminya saat ini. Berada dalam posisi tidak tahu apa yang harus dilakukan, Tidak bisa memutuskan untuk bergerak atau diam saja,semuanya serba abu-abu.

Mengeluh hanya membuat semua bertambah keruh
Mengumpat bukan solusi yang tepat
Meradang memancing yang lain tambah garang,

Marah ... pasti
Kesal .... ga usah ditanya lagi

Trus harus bagaimana, apa aku harus lari ke hutan lalu ke pantai ( kenapa tiba-tiba AADC yah )

Hai si pembuat keputusan
Aku tak peduli apa yang kau rencanakan
Akan kubiarkan kau berfikir panjang
Menimbang hal yang kau sudah tau takarannya
Menggantung aku yang sudah tergantung

Terserah apa maumu
jangan salahkan aku yang mulai acuh
jangan salahkan jika aku kehilangan empati padamu

jalan ini memang berliku, tak perlu kau jelaskan lagi
jalan ini tidak mudah, itu pun aku tau

yang tidak aku tau, kapan ini akan berakhir
dimana ini akan berujung
Jawab aku....... jangan mengelak lagi
karena aku sudah muak


MIGRAIN

Monday, February 14, 2011


Apa sih migrain itu?

Migrain adalah nyeri kepala berdenyut yang kerapkali disertai mual, muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedua sisi kepala sekaligus.

Migrain kadang kala agak sulit dibedakan dengan sakit kepala jenis lain. Sakit kepala akibat gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher mempunyai gejala yang hampir sama dengan gejala migrain.



Migrain dapat timbul bersama penyakit lain misalnya asma dan depresi. Penyakit yang sangat berat, misalnya tumor atau infeksi, dapat juga menimbulkan gejala yang mirip migrain. Namun kejadian ini sangat jarang.

Ada berapa macam migrain?

Migrain dibagi dalam dua golongon besar yaitu :
* Migrain Biasa (migrain tanpa aura) :
Kebanyakan penderita migrain masuk ke dalam jenis ini. Migrain biasa ditandai dengan nyeri kepala berdenyut di salah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai berat dan semakin parah pada saat melakukan aktifitas. Migrain ini juga disertai mual, muntah, sensitif terhadap cahaya, suara, dan bau. Sakit kepala akan sembuh dalam 4 sampai 72 jam, sekalipun tidak diobati.

* Migrain Klasik (migrain dengan aura ) : 
Pada jenis klasik, migrain biasanya didahului oleh suatu gejala yang dinamakan aura, yang terjadi dalam 30 menit sebelum timbul migrain. Migrain klasik merupakan 30% dari semua migrain. 

Tipe migrain yang lain meliputi : 
*Migrain Haid, 
yaitu migrain yang terjadi beberapa hari sebelum haid, selama haid, atau sesudah haid. Biasanya wanita yang mengalami migrain ini mengetahui bahwa migrain yang dideritanya berhubungan dengan siklus haidnya. Migrain haid dapat berbentuk migrain biasa atau pun migrain klasik. 

*Migrain Komplikasi, 
yaitu migrain yang disertai gejala gangguan sistem saraf, misalnya rasa baal dan geli, kesulitan berbicara atau mengerti pembicaraan, ketidakmampuan menggerakkan lengan atau kaki. Pada migrain komplikasi, gejala syaraf tetap bertahan walaupun migrain telah sembuh.

Apa penyebab migrain?

Penyebab pasti migrain masih belum begitu jelas. Diperkirakan, adanya hiperaktiftas impuls listrik otak meningkatkan aliran darah di otak, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi. Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migrain yang diderita. Telah diketahui bahwa faktor genetik berperan terhadap timbulnya migrain.

Apa saja gejala migrain?

Gejala Awal
Satu atau dua hari sebelum timbul migrain, penderita biasanya mengalami gejala awal seperti lemah, menguap berlebih, sangat menginginkan suatu jensi makanan (mislanya coklat), gampang tersinggung, dan gelisah.

Aura
Aura hanya didapati pada migrain klasik. Biasanya terjadi dalam 30 menit sebelum timbulnya migrain. Aura dapat berbentuk gangguan penglihatan seperti melihat garis yang bergelombang, cahaya terang, bintik gelap, atau tidak dapat melihat benda dengan jelas. Gejala aura yang lain yaitu rasa geli atau rasa kesemutan di tangan. Sebagian penderita tidak dapat mengucapkan kata-kata dengan baik, merasa kebas di tangan, pundak, atau wajah, atau merasa lemah pada satu sisi tubuhnya, atau merasa bingung. Penderita dapat mengalami hanya satu gejala saja atau beberapa macam gejala, tetapi gejala ini tidak timbul bersamaan melainkan bergantian. Suatu gejala aura biasanya menghilang saat nyeri kepala atau gejala aura yang lain timbul. Namun kadang-kadang gejala aura tetap bertahan pada permulaan sakit kepala.

Sakit kepala dan gejala penyerta
Penderita merasakan nyeri berdenyut pada satu sisi kepala, sering terasa dibelakang mata. Nyeri dapat berpindah pada sisi sebelahnya pada serangan berikutnya, atau mengenai kedua belah sisi. Rasa nyeri berkisar antara sedang sampai berat. Gejala lain yang sering menyertai nyeri kepala antara lain :

* Kepekaan berlebihan terhadap sinar, suara, dan bau
* Mual dan muntah
* Gejala semakin berat jika beraktifitas fisik 

Tanpa pengobatan, sakit kepala biasanya sembuh sendiri dalam 4 sampai 72 jam.

Gejala Akhir
Setelah nyeri kepala sembuh, penderita mungkin merasa nyeri pada ototnya, lemas, atau bahkan merasakan kegembiraan yang singkat. Gejala-gejala ini menghilang dalam 24 jam setelah hilangnya sakit kepala.

Apa yang dapat mencetuskan migrain?

Migrain dapat dicetuskan oleh makanan, stres, dan perubahan aktivitas rutin harian, walaupun tidak jelas bagaimana dan mengapa hal tersebut dapat menyebabkan migrain. Pencetus migrain antara lain :

* Konsumsi makanan tertentu seperti coklat, MSG, dan kopi
* Tidur berlebihan atau kurang tidur
* Tidak makan
* Perubahan cuaca atau tekanan udara
* Stres atau tekanan emosi
* Bau yang sangat menyengat atau asap rokok
* Sinar yang sangat terang atau pantulan sinar matahari. 

Siapa saja yang menderita migrain?

Sekitar 28 juta orang di AS menderita migrain. Di seluruh dunia, migrain mengenai 25% wanita dan 10% pria.
Wanita dua sampai tiga kali lebih sering terkena migrain dibanding laki-laki. Migrain paling sering mengenai orang dewasa (umur antara 20 sampai 5o tahun), tetapi seiring bertambahnya umur, tingkat keparahan dan keseringan semakin menurun. Migrain biasanya banyak mengenai remaja. Bahkan, anak-anak pun dapat mengalami migrain, baik dengan atau tanpa aura. Resiko mengalami migrain semakin besar pada orang yang mempunyai riwayat keluarga penderita migrain.

Bagaimana mendiagnosis migrain?

Dokter akan menanyakan riwayat kesehatan dan gaya hidup penderita dan melakukan pemeriksaan fisis. Tidak ada tes laboratorium yang dapat mendukung penegakan diagnosis migrain. Migrain kadangkala sulit untuk didiagnosis karena gejalanya dapat menyerupai gejala sakit kepala lainnya. Sebagai contoh, beberapa orang didiagnosis dengan sakit kepala akibat gangguan sinus, padahal sebenarnya mereka menderita migrain.

Dokter anda mungkin menggunakan kriteria International Headache Society untuk mendiagnosis migrain. Anda didiagnosis migrain jika anda mengalami 5 atau lebih serangan sakit kepala tanpa aura (atau 2 serangan dengan aura) yang sembuh dalam 4 sampai 72 jam tanpa pengobatan dan diikuti dengan gejala mual, muntah, atau sensitif terhadap sinar dan suara.

Dokter anda akan memeriksa gejala yang anda alami dan memutuskan apakah anda perlu menjalani pemeriksaan lanjutan untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit lain yang menyebabkan sakit kepala anda. Tes tersebut antara lain :

* MRI atau CT Scan, yang dapat digunakan untuk menyingkirkan tumor dan perdarahan otak.
* Punksi Lumbal, dilakukan jika diperkirakan ada meningitis atau perdarahan otak. 

Bagaimana pengobatan migrain?

Pada tahap awal anda dapat menggunakan antinyeri yang dapat dibeli bebas tanpa resep, seperti parasetamol, atau obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, atau natrium naproxen, untuk mengurangi gejala migrain.

Dokter biasanya menganjurkan untuk lebih dahulu menggunakan NSAID untuk melihat apakah obat ini mampu mengurangi nyeri sebelum memberikan obat anti migrain golongan lain yang harus dibeli dengan resep, yang mempunyai banyak efek samping.

Anda juga dapat mencoba mengurangi frekuensi timbulnya migrain dengan mengenali dan menghindari pencetus yang dapat menyebabkan migrain.

Jenis-jenis obat migrain antara lain :
Anti Migrain – digunakan untuk menghentikan serangan migrain, meliputi :

* Anti-Inflamasi Non Steroid (NSAID), misalnya aspirin, ibuprofen, yang merupakan obat lini pertama untuk mengurangi gejala migrain.
* Triptan (agonis reseptor serotonin). Obat ini diberikan untuk menghentikan serangan migrain akut secara cepat. Triptan juga digunakan untk mencegah migrain haid.
* Ergotamin, misalnya Cafegot, obat ini tidak seefektif triptan dalam mengobati migrain.
* Midrin, merupakan obat yang terdiri dari isometheptana, asetaminofen, dan dikloralfenazon. Kalau di Indonesia dijumpai kombinasi antara asetaminofen (parasetamol) dan profenazon. 

Pencegah Migrain – digunakan untuk mencegah serangan migrain, meliputi :

* Beta bloker, misalnya propanolol
* Penghambat Kanal Kalsium, yang mengurangi jumlah penyempitan pembuluh (konstriksi) darah
* Antidepresan, misalnya amitriptilin, antidepresan trisiklik, yang terbukti efektif untuk mencegah timbulnya migrain.
* Antikonvulsan 

Jika migrain yang anda derita ringan sampai sedang, anda hanya perlu antinyeri yang dijual bebas untuk menghilangkan gejala. Jika migrain anda sedang sampai berat, anda perlu antimigrain yang dibeli dengan resep. Jika anda sering mengalami serangan migrain, dokter mungkin menyarankan untuk meminum obat pencegah migrain.

Beberapa obat pencegah migrain dapat menimbulkan efek samping ringan sampai berat pada beberapa penderita. Penderita yang mempunyai gangguan jantung atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini. Pasien yang berumur lebih dari 65 tahun, obat pencegah migrain tidak dianjurkan.

Biasanya anda perlu mencoba beberapa jenis obat sebelum anda menemukan salah satu yang paling cocok dengan anda.

Jika anda mengalami mual atau muntah sebagai efek samping pengobatan antimigrain, dokter anda juga biasanya meresepkan obat anti mual muntah seperti proklorperazin atau metoklopramid, untuk mengurangi gejala tersebut.

Walaupun obat-obatan biasanya merupakan pengobatan utama migrain, terapi pelengkap biasanya dapat membantu mengurangi gejala dan frekuensi serangan migrain. Terapi pelengkap antara lain :

* Akupuntur, yaitu dengan menusukkan jarum yang sangat halus ke kulit pada titik tertentu untuk menimbulkan aliran energi di sekujur tubuh. Tindakan ini dapat membantu relaksasi otot dan mengurangi nyeri kepala.
* Teknik Relaksasi, yang dapat membantu mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari. 

Apa yang dilakukan jika terapi tidak membawa hasil?

Jika migrain tidak sembuh walaupun sudah mendapat pengobatan, perlu untuk merubah jenis obat. Jika belum sembuh juga, tes tambahan seperti MRI atau CT Scan perlu dilakukan untuk menyingkirkan penyebab lain.

Apa yang dapat anda lakukan di rumah?

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengurangi frekuensi serangan dan mengurangi gejala, misalnya mengurangi stres dan mengenali pencetus migrain, kemudian menghindarinya.

* Atasi stres yang anda alami, karena migrain lebih sering terjadi pada masa-masa stres.
* Mengikuti latihan relaksasi untuk mengunragi ketegangan otot.
* Menyediakan obat antinyeri yang dapat dibeli bebas di toko obat.
* Buatlah catatan harian mengenai sakit kepala anda. Hal ini dapat membantu anda untuk mengenali pencetus, kemudian menghindarinya. Dari catatan ini juga dapat diketahui apakah migrain anda semakin sering atau bertambah berat.
* Jika anda memperkirakan bahwa migrain yang anda alami mempunyai hubungan depresi atau kecemasan, cobalah minta pertolongan untuk mengatasi depresi dan kecemasan ini. Berkurangnya depresi dan kecemasan terkait dengan berkurangnya frekuensi serangan migrain. 

Bagaimana cara mencegah migrain?

Cara terbaik untuk mengatasi migrain adalah dengan menghindarinya. Dengan mengenali dan menghindari pencetus, jumlah serangan dan tingkat keparahan migrain dapat dikurangi. Memang, beberapa pencetus di luar kemampuan kita untuk mengontrolnya, tetapi ada beberapa diantaranya yang dapat kita hindari. Hal-hal berikut dapat membantu anda untuk mencegah migrain :

* Mengenali pencetus migrain dengan membuat buku harian
* Tidur dan beraktifitas secara teratur
* Makan teratur, dan menghindari makanan yang dapat mencetuskan migrain
* Mengatasi stres
* Menghindari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun pasif 

Pencegahan dapat pula dilakukan dengan obat-obatan, walaupun dapat terjadi efek samping dari ringan sampai sedang. Obat ini juga biasanya agak mahal. Tetapi, obat ini kadangkala efektif untuk mencegah dan mengurangi keparahan migrain, sehingga memperbaiki kualitas hidup.

Siapa saja yang beresiko tinggi menderita migrain?

* Mempunyai keluarga yang menderita migrain
* Wanita, tiga kali lebih sering dibanding pria.
* Remaja atau dewasa muda
* Menderita depresi, gangguan cemas, asma, atau epilepsi. 

Hubungi Dokter Anda Jika ….

* Sakit kepala anda tidak membaik dalam 1 atau 2 hari, atau anda sering terbangun pada malam hari.
* Sakit kepala anda semakin hebat atau menjadi lebih sering
* Timbul gejala baru
* Ada masalah dengan pengobatan anda
* Anda mengalami sakit kepala setelah aktifitas fisik, aktifitas seksual, batuk, atau bersin
* Aktifitas anda terganggu oleh sakit kepala anda (misalnya, anda seringkali harus absen dari pekerjaan atau sekolah). 

Segera ke rumah sakit jika …

1. Anda mengalami sakit kepala sangat hebat yang terjadi tiba-tiba yang tampaknya tidak seperti sakit kepala yang pernah anda alami.
2. Anda mengalami demam dan kaku leher
3. Anda mengalami mual dan muntah yang hebat sehingga tidak bisa makan atau minum.
4. Anda mengalami gejala strok, antara lain : 

* Kebas, paralisis, atau kelemahan pada wajah, lengan atau kaki yang tiba-tiba.
* Merasa pusing dan oyong
* Perubahan penglihatan yang mendadak
* Gangguan berbicara atau memahami kalimat sederhana
* Gangguan berjalan atau berdiri. 

sumber : http://www.wartamedika.com/2006/01/migrain.html

Sebuah Pertanyaan tentang Cinta

Saturday, February 12, 2011



Di sebuah taman di tengah kota.angin sedang bergulat dengan gundahnya.
Sudah berhari-hari ini ia ingin menumpahkan kekesalannya, tapi ia tidak tahu kepada siapa ia harus berbicara . Biasanya pepohonan hanya diam kalau ia bercerita. Rumput-rumput hanya akan cekikikan mendengar keluh kesahnya.

Tiba-tiba ia teringat si Mentari yang hari ini tampaknya sedang bergembira. Ia bersinar hangat menandakan suasana hatinya sedang berbunga-bunga..

“aku ga butuh cinta” kata angin kepada Mentari. Cinta hanya membuat menderita,keluhnya lagi


Mentari mendengarkan sambil bersandar di awan

Kau lihat Tari gadis di tepi kolam sana. Aku mengikutinya dari kemarin.Cinta telah meninggalkannya. ,sekarang dia sendiri.

“Hmmm,”gumam Mentari sambil menoleh ke arah yang ditunjuk angin.

“ aku ga butuh cinta” Angin terus bergerak,kali ini ia berbicara kepada dedaunan.
“ cinta tidak setia. Dia hanya hadir saat dirimu sedang indah.

” Lihatlah mawar disana. Saat ia memerah,menawarkan harumnya,berebut kumbang-kumbang itu membelainya.mencumbunya,bercengkrama dengannya. Tapi sekarang!! lihatlah , tak satupun yang menemaninya,

Mentari mendengarkan takjim,awan-awan mulai bergerak, sinar mentari yang tadinya hangat mulai menyengat.
” ah aku kasihan padanya,sebaiknya kurengkuh saja dia dalam ragaku,agar tak terlihat lagi keputusasaan dalam layunya”

“Kau tau,Tari”,angin masih bercerita,
“kemarin siang aku menyempatkan diri ke pemakaman seorang artis ternama negeri ini. Seolah-olah mendung menggelayuti wajah para pelayatnya.
Kekasihnya begitu bersedih.Air mata tak berhenti membasahi wajah cantiknya, dan kau pasti tau apa yang ditangisinya.

Cinta, Tari.

Cinta itu membuat menderita,dia hanya meninggalkan luka menganga yang entah kapan sembuh.
Coba kalau dia bukan seseorang yang dicintainya,ceritanya pasti lain.Mungkin ia cuma akan menghapus sudut matanya dengan jari-jari lentiknya.

“Kalau begitu,untuk apa ada cinta??“ Tanya Angin . “Bukankah harusnya cinta membuat kita bahagia,? Tapi ,mana ?.aku hanya melihat kehancuran karena cinta.

Atas nama cinta kepada Sang Khalik, Sekelompok ormas membantai saudara sendiri. Apakah itu cinta??

Lalu dimana cinta saat kemarin seorang tukang becak mati kelaparan?? “ teriak angin.
Mentari hanya tersenyum,

“ Tari kenapa kau tersenyum? Apa kau mengejekku? Angin bertiup gusar, menggoyang daun asoka yg dilewatinya.

“Tak ada yang tidak bermanfaat di dunia ini,” sahut mentari

Baiklah akan kuceritakan kepadamu sebuah cerita tentang cinta.

Dahulu kala Tuhan menciptakan dua makhluk bersamaan,yaitu Nafsu dan Akal. Nafsu diberi kebebasan untuk berkeliaran di muka bumi ini,sedangkan Akal ditugaskan untuk selalu mengawal kemana Nafsu melangkah. Namun tampaknya Nafsu tidak suka berdekatan dengan Akal,menurutnya Akal terlalu banyak pertimbangan,kuno, ga asik.

Nafsu selalu berusaha menghindari Akal.terkadang dia pergi saat Akal lagi lengah.Tapi Akal selalu siaga,karena dia sudah berjanji pada Tuhan untuk tidak pernah membiarkan Nafsu tanpa pengawasannya. Nafsu sangat membenci Akal. Dia ingin bebas,Dia selalu memojokkan Akal dengan tipu muslihatnya,. Selama ini Akal selalu bersabar dengan perlakuan Nafsu yang semena-mena terhadapnya.

Hingga suatu hari Akal melihat Nafsu sedang bercengkrama dengan sepasang remaja di sudut taman.Nafsu begitu gembira bersama mereka,tertawa begitu akrab,Akal memperingatkan Nafsu untuk meninggalkan mereka.namun Nafsu tak menggubrisnya.
Mereka bertengkar hebat. Nafsu menghardik Akal,bahkan Akal dihempaskannya hingga terjatuh membentur pinggir kolam. Meninggalkan luka-luka di tubuh Akal .Akal babak belur, harga dirinya tercabik-cabik. Dia tak sanggup lagi. Akal pergi meninggalkan Nafsu.Dia sudah capek menghadapi Nafsu yang semakin lama semakin beringas .

Kemudian Akal mendatangi Tuhan .
” Tuhan,aku minta maaf,aku tak sanggup lagi mengawal Nafsu. Berikanlah aku pasangan hidup yang baru”.keluh Akal kepada Tuhan.

Sambil tersenyum Tuhan membelai Akal,” Aku tau tugasmu begitu berat,tak mudah memang mengawal Nafsu,dia kuciptakan dengan sifat-sifat unik yang lain dengan dirimu,karena itulah Aku menjadikan kalian berpasangan,agar kau bisa menjaganya,bisa membimbingnya, karena kau kuberi kelebihan ilmu darinya.

“ tapi Dia sudah keterlaluan Tuhan, “ kini Akal mulai terisak-isak, Dia tak pernah menghargaiku,aku selalu diacuhkannya. Sering dia mengejek dan menertawaiku. Dia bilang aku udik, aku penakut.” Akal mulai histeris.

Tuhan hanya tersenyum mendengarkan Akal. “ baiklah,kalau itu maumu,akan kuberikan kau jalan keluar. Bagaimanapun juga kau kuciptakan untuk mengawal Nafsu,jadi sampai kiamat kelak tugas itu harus kau laksanakan. Namun untuk menemanimu akan kuberi kau teman baru. Dia akan membantumu karena dia suka berbuat apapun tanpa pamrih. Kau akan bekerja sama dengannya,dia sangat kuat namun kadangkala dia begitu lemah. Aku harap kau cocok dengannya.”

Lalu Tuhan menciptakan Cinta untuk menemani Akal dan Nafsu
Nafsu sangat gembira mendapat teman baru seperti Cinta. Cinta begitu lembut,indah dan tidak suka ngatur seperti Akal.

Hari-hari berlalu ,Nafsu dan Cinta sering pergi bersama. Terkadang bertiga dengan Akal,namun tak jarang mereka hanya berduaan. Sejak ada Cinta,Nafsu mulai berubah,ia tidak seberingas dulu lagi. Cinta dengan kelembutannya selalu membelai Nafsu saat ia marah,menenangkannya saat Nafsu gundah. Namun terkadang Cinta akan sangat keras pada Nafsu jika ia mulai berontak.

Akal juga sangat senang dengan Cinta. Cinta telah membuat tugasnya lebih ringan. Bahkan sejak ada Cinta ia dan Nafsu mulai akrab. Nafsu mulai mau mendengarkannya,walau terkadang masih sering membandel.namun Akal selalu mengingat kata-kata Cinta bahwa memang sudah sifatnya Nafsu itu suka melawan, jadi menghadapinya harus dengan kesabaran.

Begitulah akhirnya persahabatan diantara mereka terjalin. Cinta dan Akal selalu menemani Nafsu kemanapun,dan tidak pernah terpisah. Mereka saling melengkapi. Akal kadang sangat kaku,maka Cinta akan melunakkannya.Demikian juga saat Cinta mulai goyah karena rengekan Nafsu maka Akal akan mengingatkannya.

Hmmmm, Angin masih bertiup,kali ini sepoi-sepoi karena terlena dengan cerita sang Mentari.

“ begitulah cinta itu “ kata Mentari pada Angin.

dia diciptakan untuk mendamaikan perselisihan. Melunakkan kekerasan, menjembatani perbedaan.

Jadi jika sekarang kau lihat bentuk cinta yang tidak seperti itu,maka itu bukan kesalahannya.
Terkadang Nafsu mengalahkan Cinta, maka hancurlah semua.
Suatu saat bisa juga Akal terlalu mendominasi sehingga Cinta harus mengalah.”

Angin mulai terdiam, dipandanginya sang mentari yang sedari tadi tersenyum padanya.

“ terima kasih Tari,kau sudah menyadarkanku,

tak seharusnya aku menyalahkan Cinta, Cinta itu tidak pernah salah,hanya saja terkadang ia berada di tempat yang tidak tepat. Baiklah aku akan menceritakan kisah ini kepada siapa saja yang kutemui,agar mereka lebih bisa menghargai Cinta.”

Angin perlahan meninggalkan taman kota tersebut dengan wajah yang berseri-seri. Orang-orang di taman itu mulai beranjak pergi. Lampu-lampu kota mulai dinyalakan . Mentari pun bangkit menuju ke peraduannya. Tugasnya hari itu telah selesai. Sudah saatnya ia berganti tugas dengan sang rembulan yang akan menceritakan kisah cinta yang baru.

Tewasnya si tukang Becak

Sunday, January 30, 2011

http://news.okezone.com/read/2011/01/24/340/417079/diduga-kelaparan-tukang-becak-tewas-di-dalam-becak

Pagi ini baca berita tentang seorang tukang becak yang tewas karena diduga kelaparan,
trus banyak banget yg nge-post di FB,kaskus,dll dan kebanyakan komentnya langsung menghubungkan dg statement sibuya tentang gajinya yang ga naek-naek,menghujat si bapak dengan caci maki

saya sih ga membela sibeye atau siapapun,tapi c'mon friends,kenapa kita selalu menyalahkan orang,nyalahkan pemerintah ,DPR,dkk atas apa yang terjadi.



Memangnya apa yang sudah kita perbuat.Bukannya kita semua juga turut bertanggung jawab.Mungkin di sekitar kita juga masih banyak orang2 yang kekurangan,yang kelaparan,yang ga punya tempat tinggal,Trus apa semua jadi tanggung jawab pemerintah,Trus tanggung jawab kita apa dong?

Saya sangat sedih dan ga bisa ngomong apa2 saat membaca berita diatas,rasanya menohok banget. Padahal tadi siang saya bisa makan nasi ayam+es teh+bahkan masih ditambah beli buku ke gramedia yang kalo dijumlahin mungkin bisa buat makan 15 orang pengemis di jalan.

Saya cuma mau sharing sama temen2 penghuni RT,saya juga belum banyak berbuat apa2 untuk saudara2 kita yang kekurangan.saya juga belum banyak berbuat untuk bangsa ini.Tapi alangkah lebih baik kalo kita tidak selalu menghujat orang lain untuk hal-hal yang kita sendiri pun belum tentu bisa memperbaikinya.

maaf kalo ada kata2 yang kurang berkenan.wassalam

Sahabat Terbaikku



Katanya ini hari persahabatan sedunia yah

Mumpung lagi ada momentnya,aku mo ngucapin sepatah dua patah kata buat sahabat2ku yang sudah mewarnai kehidupanku. " EHm ehm ,test te"

Yang pertama, dia belum lama menjadi sahabatku , baru 2 tahun 9 bulan ini dia menemani hari-hariku,tapi rasanya tak kan ada yang bisa menggantikan dirinya. Rasanya tak putus syukurku kepada Allah SWT karena sudah melimpahkan kasih sayangNya kepadaku melalui diri sahabatku ini. Selalu mendukungku, menyempurnakan kehidupanku dan menggenapkan jiwaku. Terima kasih telah menjadi tempatku bersandar dari hiruk pikuknya dunia suamiku Teguh sutrisno



Lalu,sahabatku berikutnya adalah dua orang yang selalu menemaniku sejak umurku dua tahun .mereka sahabat tanpa cela,selalu menanti kepulanganku.tak peduli atributku,tak menuntut kesempurnaanku. Dua orang itu adalah Puji Sri Justika dan Diah Puspa Dewi]

Kemudian,sepasang suami istri yang telah memberi banyak tawa di kehidupanku melalui bidadari kecilnya Carissa Almaghfirah. Siapa lagi kalo bukan winanda winawan dan Roslina Harahap

Dan duniaku tak akan pernah sama andai aku tidak bertemu dengan sahabat-sahabat seperti kalian

@Fati Hairany:ga perlu dihitung kebersamaan kita.ga perlu diukur kedekatan kita.cukup aku dan kamu yang merasakannya.

@Tiyas Suastika : sahabatku yang paling berjasa menggenapkan dienku.terima kasih telah menunjukkan jalan ke tempat si empunya tulang rusukku

@Camelia Rizkika] : sahabat sekaligus kakak yang tak pamrih memberi dukungan dan mendampingi perjalanan ku ke istana baruku

@Sari Murdiyati,Asti Murdaningsih,Eko Sunarti.Dwi Kesumawati R.jasmi Budi Utami,Intan Ariyanto,Irma Fitriani ,Fitri Sulistiyorini,All tekim 2000 Ceria :
tak mudah menyelesaikan kuliah,setidaknya itu menurutku.namun semua terasa ringan berkat uluran tangan kalian.berkat genggaman tangan kita yang saling mendorong untuk maju mengalahkan congkaknya dunia mahasiswa

Eqa WIdy,Eliza Rs,Martha Novida Rita,Evi Novita.Maida Joice,Welzink Hutabarat:
dunia kerja adlah dunia penuh intrik, penuh tantangan. Tapi di tengah2 kalian rasanya seperti di taman bermain,tiada hari tanpa canda.rumah kedua mungkin itu kata yang tepat saat menghabiskan waktu 9 jam dalam sehari,5 hari dalam seminggu

Deby Gurendo,Rina Nur Aisah,Mariko Barus,Gilang Puspita,Gita Nasra,Andani
Magustyani,Risty Rachmonicha,Anita 'An Zahra,Indah Siko ,all PPS BRI :
Kepintaran bukan segalanya,kepandaian tak menentukan kesuksesan seseorang. Bagiku bertemu dengan orang2 hebat seperti kalian suatu anugrah tak terbilang,membuka mataku akan luasnya cakrawala,tingginya bintang yang bisa diraih.semua perjuangan ini pasti berbuah manis

Mastarida Lfs,Reeana EQy.Inez Deryanie.Marisa Gumay Sari Sinaga,Uli Marina,Hanny Pratita,Fien Prasetyo,Sri Mawarti Ginting,Siska Seno
istri2 tangguh yang tak pernah lelah menjalani rutinitas.pada diri kalian kutemukan semangat pengabdian.tak sekedar pendamping tanpa peran

Dan untuk seluruh sahabatku yang tak tersebut karena keterbatasan character.trima kasih telah melengkapi puzzle hidupku. Mungkin aku masih akan menemukan kepingan2 puzzle lain untuk membuat lukisan diriku sesuai garis tanganNya.namun tanpa jejak kalian semua tak akan pernah sama

Custom Post Signature