Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Ngebeat Inflasi

Saturday, July 16, 2022

 Baca sebelumnya di sini 

Nah jika suatu negara mengalami inflasi, apa yang bisa kita lakukan untuk ngebeat inflasi?

1. Review Budget Pengeluaran


Tunda pengeluaran yang tidak penting dan mendesak. Evaluasi kembali budget yang sudah disusun. Jika diperlukan bisa mengurangi budget dengan cara ganti merk ke yang lebih murah, atau kurangi frekuensi pembelian.

Misal beli kopi seminggu 5 kali dikurangi jadi 3 kali
Biasa pakai merk tertentu ganti jadi merk toko yang biasanya lebih murah.

Sehingga penghasilan yang ada tetap bisa memiliki daya beli yang sama.

2. Tingkatkan Penghasilan





Seketat-ketatnya kamu mengurangi pengeluaran, biasanya tetap tidak bisa mengejar inflasi, maka nambah penghasilan adalah jalan agar pengeluaranmu masih bisa tercover.

Meningkatkan penghasilan bisa dengan cara menambah sumber income dari side hustle atau meningkatkan income dengan pindah kerja misalnya.

Penghasilan bertambah adalah cara paling cepat ngebeat inflasi.

3. Lunasi Utang Berbunga Tinggi dan Floating Rate



Jika inflasi tidak bisa dikendalikan, kemungkinan BI akan menaikkan suku bunga acuan, maka bank-bank akan mengikuti. Jika memang ada dana, lunasi utang-utang berbunga tinggi yang kalian miliki. Terutama utang dengan suku bunga floating yang akan jatuh tempo, prioritas kamu selesaikan atau kurangi.

Jika berencana membeli rumah dengan KPR, pilih suku bunga fixed yang panjang.

4. Atur Kembali Strategi Investasimu




Cek investasi yang sudah dijalankan. Jika waktu penggunaan sudah dekat, bisa mulai dipindahkan ke produk-produk dengan risiko rendah.

Jika masih lama, jangan panikan, pelajari sebab musabab portofolio kita merah, kalem jangan emosi.

Biasanya masa seperti ini akan diikuti aksi pemerintah mengeluarkan surat utang, bisa jadi alternatif kalau dana investasimu sudah terkumpul atau ingin memperoleh pasif income dari dana idlemu.

Gimana? apakah kalian sudah melakukannya?



Kita memang lagi mengalami masa-masa menantang. Ingat ada hal-hal yang bisa kita kendalikan dan ada yang tidak bisa Yang bisa kita kendalikan, lakukan mitigasi.

Yang ngga bisa kita kendalikan, Let It Go. Khawatir boleh, cemas boleh tapi jangan berlebihan. Semangat semua
7 comments on "Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Ngebeat Inflasi"
  1. Sehingga penghasilan yang ada tetap bisa memiliki daya beli yang sama.
    please visit link Tel-U

    ReplyDelete
  2. Nice way to save inflation as mentioned in this article. Being a Student I know most students face severe financial hardships while attending college, and the cost of essentials like food and transportation has only increased due to inflation. Thankfully, students combat inflation by creating a budget, renting textbooks, taking cheap Online Assignment Help UK using student discounts, and exploring distance learning.

    ReplyDelete
  3. Invest diversified, take actual assets into consideration, and keep up with market developments to fight inflation. Explore resources for MBA Assignment Help that offer in-depth analysis and practical techniques to help you overcome financial obstacles with wise decision-making.

    ReplyDelete
  4. Thank you for this great blog. I truly appreciate your technique for writing a blog. I like all the points you made. Also, If you are a student then this "thesis formatting service" is helpful for you.

    ReplyDelete
  5. Inflation is definitely a challenge we're all facing lately, and it's crucial to find ways to beat it! One strategy I've found effective is investing in assets that tend to appreciate over time, like real estate or stocks. Diversifying your portfolio can also help mitigate the impact of inflation on your finances. If you need the best assignment service, I geneouly suggest you use accounting dissertation writing service i guess enough from my side.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature