Anak dan Rasa Takut, Ayo Hadapi Bersama

Monday, October 19, 2020



Barusan baca-baca artikel soal parenting ya. Nah ada judul artikel yang menarik yaitu mengenai monster rasa takut pada diri anak. Di situ ditulis bahwa anak-anak itu punya ketakutan yang berbeda-beda tergantung usia dan pengalaman hidupnya.

Misal anak yang sering ditakut-takuti akan hantu, maka biasanya takut kegelapan, dan kemungkinan takut pergi ke dapur sendirian, dan bisa jadi juga takut ke kamar mandi sendirian.

Anak yang suka dimarahin karena hal-hal sepele akan takut untuk mengemukakan pendapat.

Nah, berkaca dari itu, aku jadi melihat dong yah ke anakku. Apakah selama ini ada ketakutan-ketakutannya yang aku tidak tahu. Karena jujur aja yah, anakku si Tara itu kayak ngga ada takutnya sama sekali. Ke dapur sendirian berani, mandi sendiri ya hayuk, apalagi mainan yang menguji adrenalin, kelar deh sama dia semua. Mulai dari wall climbing, flying fox, monkey bar dan segala panjat-panjatan.

Sampe kadang-kasang aku pikir ya si Tara ga punya rasa takut. Atau kalaupun ada ya bukan sesuatu yang dikhawatirkan. Jadi tadi malam pas pillowtalk aku tanyalah, apa Tara punya rasa takut terhadap sesuatu.

“ No bunda, I don’t have”

Hahaha sombong banget.

“ Masa ngga ada sama sekali?”

“ Hmmm ada ding, Tara takut dengan singa dan harimau, Tara takut dimakan “


Hahahaha, jadi itu gaes ternyata ketakutannya si Tara, harimau dan singa. Trus aku pancing lagi, kalau sama ghost takut ngga?

“ Ngga, hantu kan ga ada bunda, itu cuma ada di film”

Hahaha ngakak banget dengar jawaban Tara. Dan aku lega banget. Ya emang karena selama ini aku juga ngga pernah nakut-nakutin anak-anakku. Makanya mungkin mereka ngga ketakutan untuk hal-hal yang memang belum ada.

Nah karena kadang ada juga ibu-ibu yang suka DM, nanyain kok Tara bisa pemberani banget gitu, aku mau share beberapa tips dari aku yah.


1. Ngomong Jujur dan Kasih Penjelasan

Jadi pernah Tara pas mau ke dapur, tiba-tiba ada bunyi kemeresek gitu, hwaaa si Tara langsung lari sambil teriak. Kadang ada nih orangtua yang malas jelasin ke anak trus cari cara gampang bilang “ Iya hantu itu”, ya apa ngga anaknya besok-besok disuruh ke dapur bakal takut?

Kalau aku, aku jelasin aja. “ Oh itu tadi tikus Tara, makanya kita ngga boleh biarain ada sampah dan kotoran di dapur. Ya udah biar tikusnya ga muncul lagi besok-besok, tiap malam Tara bantuin bunda buang sampah ya.

Dengan bicara jujur sekaligus memberikan penjelasan, anak akan tau konsep sebab akibat juga. Sekarang kalau misal tiba-tiba ada tikus lagi di rumah (heran juga sih kadang dia ilang sampe berbulan-bulan, tau-tau ntar tikusnya muncul lagi hahahah), Tara bakal langsung ngomong “ Bunda, kayaknya kita lupa buang sampah deh makanya tikusnya datang lagi”. Jadi bukan malah takut tapi nyari solusinya. Udah kayak bu Tejo ih, solutip.


2. Memberi Kepercayaan




Nah ini biasanya berhubungan dengan kemandirian dan tanggung jawab. Misal anak mau mandi sendiri. Sebenernya males kan yah, karena mereka kalau mandi sendiri udahlah lama, berantakan, ngabisin air, bikin belepotan rumah lagi, plus teriak-teriak, hahaha.

Nah sebenernya kan ga papa kalau kita kasih kepercayan kepada anak bahwa dia udah bisa lho mandi sendiri. Perkara kamar mandi jadi berantakan tinggal dibilangin ke anak, supaya diberesin kembali.

Ini juga pernah kejadian, Tara mau flying fox pas lagi jalan-jalan ke hutan pinus Jogja. Aku tuh takut banget waktu Tara minta main flying fox, soalnya arenanya tuh di antara pohon-pohon gitu lho, mana tinggi banget lagi pohonnya. Tapi di depan Tara ya aku sok cool, malah nyemangatin, “Oke Tara semangaaat bunda videoin dari bawah ya”.

Karena tiap dia mau nyoba mainan baru aku ngga pernah larang,Tara tuh jadi beranian banget anaknya. Nyobain bola air ya berani, nyobain mainan yang roda mirip sepatu roda itu pun anteng aja. Iyes karena kita kasih dia kepercayaan dan ya ngga ikutan panikan.


3. Menenangkan

Suatu hari di sekolah bu guru ngajarin materi soal gempa bumi. Kayaknya nyangkut banget nih materi gempa bumi di ingatan Tara. Selama seminggu dia bahas soal gempa bumiiii terus. Dia bilang dia takut kalau tiba-tiba gempa bumi terus ketimpa atap rumah gimana bunda?.

Nah yang kulakukan adalah ngajak Tara nonton youtube soal gempa bumi, gimana bisa terjadi sampai apa yang harus dilakukan. Jadi aku jelasin, bahwa kalau terjadi gempa bumi misalnya di sekolah, Tara harus lari secepatnya ke luar gedung jika memungkinkan. Kalau ngga, Tara harus cari segitiga triangle (aku contohin dengan bersadar di lemari) biar ga ketimpa bangunan. Dan dengerin instruksi ibu guru. Ini sambil dipraktekin.

Abis itu aku tenangkan dia dengan bilang bahwa gempa bumi itu memang bisa saja terjadi dan merupakan bencana alam, jadi ga perlu panic, tetap tenang. Kalau di rumah kejadiannya, bunda dan papa pasti akan bawa Tara keluar rumah secepatnya.

Wow, Taranya nangkep banget lho dijelasin begini, besok-besoknya malah bisa jelasin ke adeknya, hahahah.


4. Memberi semangat dan Membantu Kesulitannya.


Ini awalnya takut, tapi karena akunya anteng, Tara malah berani, dan ketagihan.


Awal-awal ada pelajaran renang di sekolah, Tara suka minder, dia bilang “ Bunda Tara tuh suka ya berenang tapi teman-teman Tara udah bisa semua renang, tara ya ngga bisa”. Ya udah aku ajak aja dia berenang tiap minggu di dekat komplek rumah. Tiap berenang, Tara aku biarin memilih metode yang dia berani. Awal-awal beraninya pakai ban, ya udah kasih ban. Besok-besok minta papan seluncuran ya udah dikasi papan berenang. Lama-lama bisa dong yah ngga pakai alat bantu lagi.

Eh malah pas ada lomba renang di sekolah, Tara juara dua, hahahaha. Jadi hepi banget. Saat anak merasa ngga mampu memang tugas kita sebagai orangtua menyemangatinya dan membantu kesulitannya

5. Memuji


Ini main piano malu-malu, tapi karena tiap pagi aku minta Tara mainin dan bilang
" Wow bagus, ayo mainin lagi" lama-lama ya bagus beneran .


Iyes ini nih yang kadang kita lupa lakukan. Kita aja sebagai orang dewasa seneng ya kalau hasil kerja kita dipuji atasan di kantor, atau hasil masakan kita dipuji suami. Anak-anak juga gitu. Makanya sering-sering puji anak untuk pencapaiannya, apalagi pencapaian yang sebelumnya dia juga under estimate sama dirinya.

Kayak Tara tuh susah banget melakukan rolling up ke depan saat pelajaran olahraga. Aku lihat tiap malam dia bergulingan di kasur, hahaha. Ngga ada nyerahnya, sampai akhirnya dia bisa rolling ke depan dan belakang. Pas dia bisa aku langsung tepuk tangan dan muji-mujilah. “ Waaaah pinternyaaa, bunda dulu ngga bisa lho, coba ajarin bunda dong biar bisa kayak Tara’

Untuk hal-hal lain juga gitu, hargai setiap hal-hal baik yang dia lakukan. Mau bikinin adek susu, ucapin terima kasih. Mau beresin mainan bilang keren, tidur cepat juga dipuji, biar dia tau bahwa kita menghargai apa yang dia lakukan.

Kayaknya 5 hal itu deh yang sering aku lakukan, dan memang terbukti anakku Tara tuh jadi anak yang mandiri dan pemberani. Kalaupun ada hal baru yang ditakuti paling Cuma sebentar, dia akan mencobanya, kalau gagal ya paling nangis sambil ngadu sama aku. Abis itu nyoba lagi sampai bisa.



6. Kasih Nutrisi yang cukup






Gimana pun juga, anak-anak itu butuh energy yang cukup ya untuk aktivitasnya. Tapi kadang sebagai ortu tuh kita masalah makan anak bisa jadi tricky bangat. Kayak tara, dia tuh makan susah-susah gampang. Iya banyakan susahnya. Sebenernya gampang banget makan asal menu kesukaan dia, yaitu ayam goring, dan nasi ga pake apa-apa. Hadeeeeh, iya Tara tuh suka aja makan nasi putih. Kalau ngga piinter-pinter emang parno sih anakku akan kekurangan gizi. Makanya ya suka banget nonton yutub sama Tara untuk cari-cari tau apa nih makanan yang lagi dia pengen.

Kemarin nonton video Ryan bikin Gyoza dia pengen gyoza, Ya udah aku selipin aja sayur di Gyozanyanya. Trus pas lihat Ryan makan roti gulung sosis, dia pengan. Ya udah aku bikinkan roti gulung sosi, selipin telur juga di gulungannya. Jadi walau penuh krbo tapi protein dan sayuran juga tetap ada. Plus kutambahin susulah biar kalsium dan vitaminnya juga terpenuhi. Apalagi kemarin sempet baca liputan hari anak nasional yang bertandang ke rumah pak Habibie. Di situ pak Habibie bilang kalau dia dulu kecil suka minum susu makanya bisa on otaknya kalau berfikir, hahahaha.

Ya berhubung memang kalau anak minum susu itu rasanya kayak tersugesti dapat tambahan energy, ya aku pun kasih susu ke Tara.

Jadi gitulah frens kira-kira tips dari aku. Kadang-kadnag emang amazing sih ya sama anak-anak. Kok bisaaa mereka sestruggel itu hahaha.




Buibu, gimana? Punya cerita nih bagaimana mendukung anaknya biar jadi anak yang pemberani dan ngga takut menghadapi tantangan atau hal baru? Yuks cerita di komen.

Custom Post Signature