Less Judgemental

Saturday, May 12, 2018
Jujur aja ya dulu tuh saya gampang banget ngejudge orang. Ngejudge level, ya kalo salah ya salah lah, ngga pake alasan-alasan. Mungkin dulu saya mainnya kurang jauh, pulangnya kurang malam, makanya nemu orang ya cuma di circle saya doang, jadi cupet abis.

Bukan berarti ga bersyukur lo. Bersyukur banget karena artinya saya ketemunya sama orang-orang baik yang hidupnya lurus-lurus aja kayak jembatan Suramadu.

Nah kemarin saya dapet gambar di bawah ini dari seorang temen, hasil ngobrol panjang lebar sama doi di suatu siang panas yang magabut banget.



Ngga bisa lebih setuju lagi deh dengan semua kalimat di situ.

Kalo inget-inget gimana tabiat saya dulu, kadang malu sendiri sama umur.

Makin tambah umur, makin banyak pindah sana-sini, pindah bagian, pindah unit kerja, ketemu orang dari berbagai daerah, dari berbagai latar belakang pergaulan, mau ngga mau membuka mata saya banget lho, bahwa ya hidup itu bener-bener ga hitam putih doang. Apalagi sejak beberapa tahun ini, saya banyak ngobrol sama anak-anak ya di kantor, ya di luar kantor yang usianya jauh di bawah saya, jadi tau gimana dunia anak-anak generasi milenial saat ini. #gwmerasatua.

Jadi viewnya lebih luas, karena bisa melihat segala sesuatu dari sisi generasi milenial sampe generasi baby boomers. Bisa melihat dari sisi pelaku, korban, penonton sampe dari sisi penilai, halah.

Dulu aja yah kalau lihat ada temen kantor yang males-malesan kerja, dalam hati langsung membatin " Ih apaan sih nih orang, makan gaji buta doang kerja, duduk-duduk doang, ngga produktif. Yang kayak gini kok bisa lulus sih masuk kerja di sini"

" Ngeliat orang telat mulu kalo janji, langsung ngejudge , dasar ngga bisa nepatin janji"

Beneranlah senyinyir itu.

Tapi ternyata suatu saat ya saya juga ada di posisi dia. Ada masa-masa memang males banget di kantor, males banget kerja, pengennya melamun doang, pengennya kalo bisa main sosmedan doang. Itu biasanya kalau saya lagi punya masalah yang saya belum nemu jalan keluarnya, jadi bawaanya ya gitu, males-malesan.

Setelah saya pikir-pikir sekarang, ya pantes temen saya itu dulu ogah-ogahan kerja, karena dia jauh dari keluarga, mungkin dia kepikiran keluarganya yang jauh, mungkin lagi bimbang mikirin mau resign atau lanjut, atau lagi nyari jalan, gimana biar bisa pindah deket keluarga.

Dulu juga saya yang kayak mandang sepele gitu sama orang yang ngga kompeten di bidang tugasnya.

" Ya Tuhaaan, ni orang males banget sih belajar. Apa susahnya sih mempelajari bidang kerjanya dia ini. Wong semua ada SOP nya, ada petunjuknya, tinggal baca, pelajari, kelar"

Tapi ternyata yah memang ada suatu kondisi yang kadang membuat kita bukannya ngga mau mempelajari, tapi gegara males aja lihat atasannya trus jadi males juga berbuat maksimal di kerjaan. Atau kadang, ternyata ya memang itu bukan bidang kita, udah belajar sungguh-sungguh juga ya ngga nyantol. Ga tau apa ya, diam-diam rasanya pengen nangis, karena ya kok ngga mudeng juga yah sama kerjaan ini. Belum lagi karena ternyata memang kehabisan waktu menyelesaikan rutinitas kerjaan sampe ngga punya spare waktu untuk upgrade diri, huhuhu

Itu soal kerjaan. belum soal kehidupan sehari-hari.

Dulu juga, saya langsung ngejudge banget orang-orang yang bermain api di lingkungan sekitar saya.

" Ya elah, ngga bisa jaga diri banget sih jadi orang. Emang apa sih yang mau dicari di hidup ini"

Beneran senyebelin itu. Sampe pernah ada temen saya yang ngga berani ngobrol ke saya, karena takut dijudge langsung oleh saya, namun suatu saat dia kelepasan ngomong, dan saya marah dong yah " Eh, sebentar sebentar, kamu tadi bilang apa, kok kayaknya aku ngga pernah denger soal itu deh. Apa aku kelewatan ceritamu"

" Ya iyalah gimana gw mau cerita sama elu, yang ada lu pasti ngejudge gw duluan, mending gw diem"

Gila, saya langsung berasa tercubit-cubit hati ini. "Hah apa aku semengerikan itu ya, kalau menghadapi problema orang, duh"

Pokoke, saya beberapa tahun lalu bener-bener senyebelin itu.

Kemarin ngobrol sama temen saya yang udah kenal lama lah, udah kenal saya bertahun-tahun. Trus dia kasih testimoni tentang diri saya . "Jujur ya Win, gw lihat lu berubah banget lho sekarang. Bawaannya lebih santai, dengerin masalah orang juga ngga nyolotan, dan yang pasti lu sekarang ngga suka ngejudge, what happened to you"

Gara-gara omongan dia, ya saya jadi kepikiran juga. Iya ya what happened to me ya. Karena saya juga ngerasain sih. Saya sekarang kalau dapat cerita tentang seseorang, dalam hal apapun, bisa kalem gitu mendengarkan. Trus ngga langsung memberi penilaian.

Kayak pas saya denger cerita temen yang bercerai, tetangga yang bercerai, saudara yang bercerai. Kalau dulu, udahlah pasti reaksi saya pasti "Haaaah kok bisa, siapa yang salah, karena apa, dst dst"

Sekarang yang bisa kalem.

( Baca :  Tentang Perceraian )

" Mas, aku denger si anu bercerai yah"
" Iyah, kok ade tau, denger dari siapa"
"Ya denger aja"

hmm hmmm, hening sesaat

" Kenapa, kok diem dek"

" Ngga papa mas, salut aja  mereka berani bikin keputusan. Semoga yang terbaik yah mas untuk mereka"

" Iya, mungkin akan sama-sama bahagia dengan kondisi sekarang"

END.

Padahal tau kan yah, keponya saya gimana. Sekarang ga tau deh, udah ngga kepoan dalam hal begini. Kalau suami saya mah emang kalem ya dari dulu. Dia tau berita-berita heboh gitu mah kalem, diem, padahal misal diceritain orang yang bersangkutan langsung, tapi ngga tergoda untuk berghibah bersama saya istrinya ini.

Kenapa?

Karena saya bener-bener melihat gimana kompleksnya hidup orang-orang yah. Yang pergaulannya di circle orang-orang lurus mungkin ngga akan terbayangkan deh dengan berbagai intrik-intrik kehidupan. #yaampunbahasagw.

Karena kayak yang pernah saya obrolin sama Annisast dulu. Jadi mereka tuh dulu suka gemes sama saya, karena saya mikirnya semua orang menikah karena cinta. Ya Tuhan betapa lugunya diriku.

" Astagaaaa mba Win, ngga semua orang yah nikah karena cinta. Nih denger yah, aku wartawan, kerja di media, jadi banyak banget tau hidup orang-orang di luar sana. Ada yang nikah karena status, ada yang nikah karena bisnis, karena dijodohin, karena hamil duluan, karena didesak keluarga, karena ya udahlah daripada ngga ada yang lain". Kemudian Icha merepet sepanjang jalan kenangan kepadaku.

Aku lagi mellow. Ini kami lagi bahas apa ya kok lupa.


Sungguh ya, padahal usia dia jauh lebih muda dari aku tapi saat  diceramahin gitu  berasa kok aku sungguh tolol.

Terkadang memang lebih baik ngga tau apa-apa deh dibanding tau sesuatu trus jadi sedih sendiri, hahahaha Tapi semakin banyak tau membuat kita semakin kaya cerita, dan semakin ngga gampang ngejudge orang.

Makanya saya seneng kalau ada yang DM aku di instagram, cerita tentang masalahnya. Walau mungkin saya ga selalu bisa kasih jawaban memuaskan, tapi setidaknya jadi ikut empati sih, jadi ikut mikir " Oh ada ya orang yang masalahnya begini", sungguh deh beneran, kalau kamu tau segala macam masalah hidup orang, niscaya bakal ngga bisa tidur semalaman.

Nah kembali ke kalimat di meme di atas.

Seringnya kita seperti itu yah, kalau kejadiannya aja sama orang udah deh langsung sok jadi hakim yang paling tau. Ngetok palunya paling kenceng. "Pokoknya lu salah, udahlah"

Ini di kerjaan juga sering terjadi lho. Saat anggota kita berbuat fraud, apalagi yang berbau-bau finansial. Kadang tergoda banget untuk ketok palu langsung bilang " Elu salah, udah ngga ada ampun "

Padahal kalau pun doi salah, sebenernya masih adalah kesempatan baginya untuk menjelaskan kronoligisnya. Menjelaskan kenapa dia berbuat demikian. Kecuali orangnya berbohong yah. Kalau udah bohong mah, ya udahlah mau gimana lagi.

Nah, giliran kita yang mengalaminya. Wow kita bisa jadi pengacara paling handal untuk diri sendiri, mencari pembenaran-pembenaran yang bisa menenangkan hati.

" Ngga ah aku ngga salah, kondisinya aja yang membuat seperti ini "

" Ngga ah, aku punya alasan tepat kok kenapa melakukannya"

Yang paling parah , kalau sampai kita malah menimpakan kesalahan kepada orang lain.

" Ya gimanaaa?, aku tuh berbuat seperti ini, karena dia begitu, ya reaksiku seperti inilah"

" Coba kalau dia ngga gitu, pasti aku ngga begini"

dst dst.

Padahal yang berbuat kita, kenapa jadi orang lain yang bersalah. Itu kan namanya ngga bertanggung jawab yah.

Padahal yang namanya hati mah ngga bisa dibohongi. Saat kita salah, mau mulut ini membela setengah mati, in deep deep inside hati kita  pasti ada suara yang berbisik " Ah elah, lu udah salah ngaku aja nape"

Serapuh itu yah manusia.

Iya serapuh itu, karena memang manusia itu sesungguhnya paling cinta ya pada dirinya sendiri. Ngga ada orang lain di dunia ini yang lebih dicintainya dari diri sendiri. Makanya segala daya upaya bakal dibuat untuk membuat dirinya tenang. Huuuft.

Inti postingan ini apaaa?

Kadang saya kalo nulis memang ngga pake inti sih, pengen nulis aja, jadi ngga usahlah kalian pikir kali apa intinya yah, hahahaha.

Namun ada beberapa tips, berdasar pengalaman dan ngobrol dari orang-orang sekitar, yang mungkin bisa kita terapkan untuk less judgementallah sama orang lain.

Jangan pernah meremehkan masalah orang

Iya, kadang ya orang-orang ngejudge itu karena berpikir bahwa masalah orang lain itu sepele, bahwa rasa sakit yang diderita orang itu ah elah apa sih.

Ya kayak soal perceraian tadi. Mungkin bagi kita "Ya ampun apaan sih, masa gegara masalah komunikasi aja bisa cerai". Ya kita kan ngga tau, komunikasinya seburuk apa, dan kita juga ngga tau sepenting apa komunikasi bagi salah satunya.

Kalau di kalangan ibu-ibu nih yag paling sering. "Yah cuma karena puting lecet aja ngga mau nyusuin anaknya, gw dong sampe berdarah-darah keukeh tetap ngotot nyusuin". zzz zzzzz. 

Ingat hal ini " Semua orang baik sampai ia membuktikan yang sebaliknya"

Ngga ada orang di dunia ini yang bangun pagi, trus berangkat dari rumah dan berkata " Gw akan menjadi brengsek hari ini ".

Saya dapat kalimat di atas itu dari seorang penulis yang saya kagumi. Yup, pokoke kita latihan meset pikiran kita bahwa semua orang baik, sampai dia membuktikan yang sebaliknya. Selama dia ngga membuktikannya, ya dia baik, jadi ngga ngejudge apapun yang dilakukannya.


Ulangi Mantra : "Dia sama seperti saya"

Ini mayan berhasil untuk saya. Kalau ada orang yang entah gimana bikin kita muter bola mata sangkin ngga mengertinya kenapa dia berbuat seperti itu, ulangi mantra dalam hati.

" Semua orang ingin bahagia, sama seperti saya"
" Semua orang susah mengakui kesalahan, sama seperti saya"
" Semua orang ingin kelihatan baik, sama seperti saya"


Cara Orang Berbeda

“Orang-orang mengambil jalan yang berbeda mencari kepuasan dan kebahagiaan. Hanya karena mereka tidak ada di jalan Anda, bukan berarti mereka tersesat. ”

Itu kalau ngga salah quotenya Dalai Lama yah. CMIIW, koreksi kalau salah. Menyadari bahwa semua orang punya cara masing-masing, kadang bisa mengerem keinginan ngejudge hidup orang lain.

Nah ini sering banget saya lihat sama temen-temen yang baru-baru resign dari kantor. Hari ini resign, besok udah bikin status di sosmed, betapa hinanya kerja di tempat anu, lalalala. Bahwa mencari duit harusnya ngga gitu-gitu amat, blah blah blah.

Pokoke kita ngga boleh ngga gitu. Semua orang punya cara masing-masing. Kalau jalannya ngga sama dengan kita bukan berarti dia tersesat atau ngga tau jalan, tapi yah caranya aja berbeda. Just that.


Ingat-Ingat Perilaku Sendiri

Pokoke tiap mau menjudge orang, ingat-ingat lagi kelakuakn sendiri.

" Kok si bos kerjaannya marah-marah aja sih sama gw". 

Inget, jangan-jangan kita saat merasa tertekan juga gitu.

" Kok, mereka abai sih sama instruksi gw"

Inget-inget, jangan-jangan kita kalau kebanyakan dikasi perintah, juga bebal jadinya.



Kalau cara-cara di atas bisa sukses dilakukan, mudah-mudahan kita jadi orang yang berkurang deh kebiasaan menjudge orang sembarangan.

And finally, remember that judging a person does not define who they are, it defines who you are
 
Ini cuma sebagai pengingat diri saya sendiri aja. Bahwa kalau belum mengalami sendiri suatu masalah biasanya kita memang susah berempati, gampang ngejudge dan gampang banget ngga peduli dan masa bodoh. Giliran kena ke kita baru deh berkelit sana-sini.

Moga aja tulisan ini bisa ngingetin saya kapanpun untuk kurang-kurangi ngejudge orang, kurang-kurangi memberi penilaian terhadap hal-hal yang kita ngga mengerti, termasuk masalah hidup orang.


















2 comments on "Less Judgemental"
  1. Mba tulisan simpel yang nyelekit (in a good way) dan aku suka bagian mba bilang kalau mba pernah di fase sejudgmental itu kaena memang kita berproses yah. Thank you for your tought ya mba beneran food for our soul hehe :)


    www.petitesecondroom.com

    ReplyDelete
  2. tiap orang punya fase buat jd lebih baik ya mbak, dan aq juga ngalamin fase judging sana sini, :D
    tp alhamdulillah, malah makin tuwir dan banyak diskusi sana sini, makin lebih banyak diem.no comment, khusnudzann aja terus sm orang, tiap orang punya strugglenya masing2 soalnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature