Hal-Hal Yang Tidak Pernah Dibayangkan Saat Menjadi Ibu

Friday, March 9, 2018

[SP] Ruam Popok Hal-Hal Yang Tidak Pernah Dibayangkan Saat Menjadi Ibu



Dulu banget yah, saat belum nikah, trus udah nikah tapi belum punya anak, kalau dengerin kakak ipar saya ngobrol sama adek saya yang notabene udah punya anak duluan, saya suka yang jetlag sendiri. Ehmmm gimana yah, omongannya itu kadang yang saya pikir “ Ya elah kayak gitu aja dipusingin”. Tapi ngga saya ucapin sih ya, karena takut dimarahin hahahaha.

Kayak soal menyusui, kalo mereka lagi curhat-curhatan soal puting lecetlah, payudara bengkak, perlekatan bayi, etc,etc, duh sampe mikir “ Ribet amat sih tinggal nenenin doang, buka beha, sorongkan ke mulut bayi”.

Ternyata setelah punya anak, ya ampuuun saya kayak ketulah gitu, segala hal yang dulu keliatan remeh malah bisa banget jadi bahan pikiran, sampe bahan penambah stress huhuhu.



Beberapa hal nih yang mungkin kamu-kamu para wanita muda yang sekarang cuma peduli sama koleksi warna lipstick dan ketahanannya saat makan mie ayam, kalian harus tahu hal-hal remeh ini bisa membuat kalian rela punya lipstick satu warna ajah, wahahahahah #ketawasirik.


1. Masalah PUP


Yow, jangan salah ya para wanita muda. Kalau kalian pikir pup itu Cuma masalah kotoran yang menjijikkan, maka hey hey tunggu dulu.

Setelah punya anak, percaya ngga percaya, pup menjadi hal yang paling aware diperhatikan sama mama baru. Saya dulu juga gitu. Waktu dijelasin sama temen soal macam-macam PUP, sok cuek. Eh ndilalah Tara dari lahir ngga pup-pup sampe berhari-hari, hwaaaa, baru deh googling soal pup .

Baru tau ternyata pup aja ada macam-macamnya dan ada tahapnya. Mulai dari mekonikumlah, pup encer, warna pup, bentuknya. Tiba-tiba saya jadi terobsesi sama pup Tara ahahahahaha. Tiba-tiba pusing kalo anaknya ngga pup. Tiap hari pulang kerja nanya ke ART. “ Udah pup berapa kali hari ini, bentuknya gimana?, warnanya apa”?



Wahahahaha. Sungguh random hidupku. Karena you know mom, dari frekuensi bayi pup kita bisa tahu ASI kita cukup ngga nih, terserap dengan baik ngga. Karena logikanya, jika ada kotoran yang keluar, maka pastilah ada ASI yang bayi telan. Wow amazing.



2. Pipis

Yah sebelas dua belas dengan masalah PUP. Frekuensi bayi pipis juga jadi indicator kecukupan ASI. Gegara ini, saya jadi searching banget normalnya bayi itu pipis berapa kali sehari. Kemudian takjub sendiri. Karena yah beda-beda tiap harinya cuy.

Hari pertama sekali pipis, hari kedua dua kali pipis, makin lama makin banyak. Sampe dicatat segala bok, ya ampuuuun amazing.

Di samping soal jumlahnya ya juga soal warnanya dan aromanya, ah elah, pipis aja sampe saya perhatikan dengan seksama banget lho.

Dua hal tersebut bener-bener kayaknya ngga kepikiranlah menjadi hal maha penting bagi mama muda. Makanya kalo diingat-ingat sekarang sering ketawa sendiri.

Dan karena pentingnya masalah pup dan pee tadi, jadi saya aware banget juga dengan kondisi pantat Tara dan Divya. Ngga mau banget nunggu diapernya penuh baru ganti. Pokoke gitu melihat udah agak gembung aja, ganti.

Milih popoknya pun ngga sembarangan. Pilih yang paling lembut. Bulan-bulan pertama ngga peduli banget sama harga popok, yang penting mana yang paling lembut dan paling nyaman. Sungguh ibu-ibu impulsive.



Trus, khawatir banget sama ruam popok. Karena ya ampuuuun kalian yang pernah ngalamin pasti tau deh rasanya, kalau anak kena ruam popok itu pengen nangis banget. Tara dulu pernah kena ruam popok, sekitaran vagina sampe pantatnya merah-merah gitu dan agak bengkak. Tiap dicebokin abis pup nangis jejeritan, dipakein popok nangis kejer, huhuhuhu saya sampe ngga tega kalo mau makein diapernya lagi. Kelihatan meringis-meringis gitu anaknya. Padahal peralatan tempur perpopokan Tara lengkap banget. Segala cream-creaman komplit.

Ternyata oh ternyata si mba di rumah kadang kelamaan ganti popok Tara. Jadi missal dia pup atau pipis didiemin dulu sampe penuh banget. Padahal kulit bayi kan msih sensitive ya, jadi kalau terlalu bersentuhan dengan kotoran yang mana ada kandungan ammonia, ada bakteri, ya jelaslah meradang.

Padahal saya sediain diaper cream lho untuk pencegahan, tapi mbanya ngga ngerti kalo itu untuk pantat, jadi dikiranya lotion biasa, jadi ya cuma dipakein ke tangan, kaki sama badan Tara aja. Kray. Diriku langsung merasa gagal.



Makanya giliran Divya lahir, ngga mau kecolongan lagi. Dari awal udah wanti-wanti sama mba di rumah, kalau sebelum makein popok harus dipakein diaper cream dulu biar ga ruam popok, biar ga lecet, biar pantatnya lembut, biar ga kesakitan, walah mamaknya udah trauma lihat anak ruam popok. Trus kasih petatah petitih soal ruam popok.


Penyebabnya nih :

1. Kondisi pantat dan daerah sekitar popok lembab, kemudian terlalu lama kontak dengan zat ammonia yang terdapat dalam feses maupun kencing bayi.

2. Pemakaian popok yang terlalu ketat, sehingga terjadi gesekan berlebihan antara kulit bayi dan diaper.

3. Memakai diaper yang terbyat dari plastic atau karet dalam jangka waktu lama sehingga menyebabkan iritasi.

Tuh mam, murah sih boleh murah tapi sering-sering diganti.

Trus ngasi tau juga ke mba nya apa kegunaan diaper cream biar aware dari awal.

1. Daily usage : digunakan setiap kali ganti popok untuk mencegah bakteri penyebab ruam muncul.

2. Curative : membantu mengurangi kemerahan dan iritasi saat ruam popok muncul.


Untuk diaper creamnya sendiri aku pake Sleek Baby. Soale ya dari awal dulu punya anak taunya ya Sleek Baby. Ya untuk nyuci bajuah, nyuci botol. Jadi gitu Sleek ngeluain produk diaper ya udahlah sekalian pake Sleek Baby.

Karena memang kandungan Sleek Baby Diaper Cream sudah teruji secara dermatologis efektif membunuh bakteri penyebab iritasi terutama pada daerah popok, Formulanya aman dan lembut untuk kulit sensitive bayi.




Nih Tips dari saya ya mam agar jangan sampai deh anak kita kena ruam popok, karena itu sungguhlah menyiksa :

1. Pilih popok yang nyaman untuk bayi.


Untuk bayi baru lahir ngga ada salahnya mami-mami muda beli ukura kecil diaper berbagai merk, cobain satu-satu. Tapi kalau mau gampang sih, lihat aja yang ada label premium, atau yah yang harganya mayan mahallalh hahahaha.


2. Gunakan Air Saat Membilas Kotoran Bayi

Nah kadang yah ortu tuh mau praktis jadi pup anak diseka aja pake tissue basah. Padahal banyak tissue basah yang kandungan alkoholnya tinggi, kalau kulit bayinya sensitive malah jadi iritasi, dan tentu saja menurut saya jadi kurang bersih.

Saran saya, beli bola-bola kapas. Taruh air bersih di wadah tertutup gitu. Biar ga rempong, taruh saja di kamar biar ga bolak-balik ke kamar mandi. Saat bayi pup, cara membersihkannya :

- Basahi bola kapas

- Seka pantat bayi

- Ulangi sampai bersih.

- Kapas yang udah kena kotoran jangan dicelup lagi ke wadah air. Jadi celup, seka, buang. Biar arinya tetap bersih.

- Kalau udah selesai, keringkan dengan handuk.

- Bersih men



3. Pakai Diaper Cream




Beneran saya bilang jangan anggap sepele. Selalu mam pakai diaper cream terlebih dahulu sebelum memakai popok. Ini tujuannya menjaga kelembaban pantas bayi, di samping itu biar kulit bayi ngga kering saat bergesekan dengan popok, sehingga mencega iritasi. Lagian diaper cream juga mengandung zat anti bakteri sehingga bisa membasmi sisa-sisa bakteri dari pup atau peenya si bayi.

Cara pakainya. Oleskan di daerah sekitar popok, meliputi pantat, selagkangan, dan paha


4. Ganti Popok Sesering Mungkin

Iyes, jangan nunggu sampe bocor baru diganti. Gitu tahu udah dipipisin ya diganti aja. Jangan nunggu penuh karena baru pipis sekali misalnya. Karena makin ngga diganti berarti pantat bayi kita lebih lama dong bersentuhan dengan pipis atau pupnya sendiri. Seperti yang saya sebut di atas, padahal kotoran kan mengandung ammonia dan mengandung bakteri, jadi memang bikin iritasi.




Kalau dilakukan, mudah-mudahan anaknya bebas ruam popok deh. Alhamdulillah ya DIvya tuh sama sekali ngga pernah kena ruam popok. Soalnya bundanya udah pengalaman, hahahahah.

Hwaaaa, memang pengalaman mengurus bayi itu warbiasyak deh. Hal-hal remeh kayak pup dan pipis aja bisa bikin pusing tujuh keliling, hahaha.

Kalau kalian gimana mam, punya cerita sekitar hal-hal yang ngga pernah kalian pikirkan ngga sebelum punya bayi. Atau samaan nih sama saya, anaknya pernah kena ruam popok. Cerita dong.






8 comments on " Hal-Hal Yang Tidak Pernah Dibayangkan Saat Menjadi Ibu"
  1. Tingkyu... buat catatanku nanti. Ini bikin anaknya belom, tapi udah mencatat banyak hal. Hehe...

    ReplyDelete
  2. Wahh sama aja win, dulu aku juga pake krem khusus dan baru tahu kalo sleek ada kremnya, ini baru ato dr dulu mmg ada ? Di rumah pake sleek utk urusan cuci baju sama botol anak2, skr ada krem popok keren !

    ReplyDelete
  3. Kalau pakai diaper terus memang rentan ruam popok. Anakku jg pakai krim anti rush dan memang bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. aku pake cloth diaper jd lumayan sih berkurang ruam popoknya. mungkin krn pantatnya jadi lebih bernapas

    ReplyDelete
  5. aku semenjak hamil jadi jadi suka baca-baca cerita orang-orang yang punya anak, kalo blogwalking senengnya ke blog-blog soal parenting gitu, karena anaknya belom lahir juga suka heran kalo baca cerita ibu-ibu yang keliatan too much worries haha... tapi emang begitu ya punya anak, hal sesepele apapun jadi perhatian. wuuuh jadi gak sabaaar

    ReplyDelete
  6. Kata orang tua zaman dahulu, lebih baik pakai popok kain supaya gak memicu timbulnya ruam. Zaman sekarang lebih praktis, tapi diapers juga harus sering diganti

    ReplyDelete
  7. kalo udah punya anak masalah poop dan pee aja jadi pikiran ya mba, hehe.. penting nih buat bekal aku nanti kalo udah ada anak juga

    ReplyDelete
  8. kalau aku pake vco kak.. katanya lebih alami drpd cream2 gtu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature